Membuat lamaran kerja

Begini Contoh Membuat Lamaran Kerja yang Baik & Benar

20 views
Bagikan artikel ini

Salah Satu Persiapan Awal mencari kerja yaitu adalah Membuat Lamaran Kerja. Sungguh suatu hal yang penting dan perlu diperhatikan untuk mendapatkan pekerjaan idaman yang didamba-dambakan.

Wawancara merupakan tahap akhir yang harus dilalui oleh setiap orang yang mengikuti tes wawancara kerja. Namun tahap awal sebelum wawancara adalah membuat lamaran kerja. Kurangnya persiapan dan pengetahuan menjadi salah satu penyebab utama yang menyebabkan seseorang gagal dalam membuat lamaran kerja.

Salah Satu Persiapan yang baik dalam Membuat Lamaran Kerja yaitu dengan memperhatikan secara rinci penyusunan surat dan tata bahasa yang tepat. Sungguh suatu hal yang penting dan perlu diperhatikan agar calon pelamar kerja dapat berhasil dan dipanggil untuk melakukan interview kerja.

Berikut ini kami rangkumkan Beberapa Contoh Lamaran Kerja yang perlu dibuat dalam membuat lamaran kerja.

Membuat lamaran kerja
Membuat lamaran kerja

Membuat Lamaran Kerja Via Email

Hal utama yang biasanya dilakukan seseorang ketika baru saja lulus dari perguruan tinggi adalah secepatnya mencari kerja.

Banyak media yang menawarkan iklan lowongan kerja. Mulai dari iklan lowongan kerja di koran hari sabtu hingga iklan lowongan kerja di internet.

Untuk perusahaan yang beriklan di internet, biasanya akan memberikan pilihan kepada calon karyawan untuk mengirimkan surat lamaran melalui email.

Hal ini tentunya akan memudahkan calon karyawan dalam memasukkan surat lamarannya karena email tentunya lebih cepat, murah, dan mudah.

Berikut ini beberapa contoh menulis lamaran kerja via email

Membuat lamaran kerja
Membuat lamaran kerja via Email

Dalam membuat lamaran kerja via email ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah judul email atau subject email.

Membuat lamaran kerja
Membuat lamaran kerja via Email

Setiap perusahaan tentunya akan menerima puluhan hingga ratusan email setiap hari dengan maksud dan tujuan yang berbeda. Untuk memudahkan perusahaan dalam mengidentifikasi maksud dan tujuan email anda cantumkan subject email yang jelas.

Seringkali, perusahaan akan meminta para pelamar untuk menuliskan kode atau kalimat tertentu di subject email sehingga memudahkan identifikasi, untuk itu baca iklan lowongan dengan teliti.

Seringkali kita bingung apakah surat lamaran kita harus ditulis di badan email atau harus dengan attachment file tersendiri.

Untuk surat lamaran atau cover letter, anda bisa menuliskannya secara langsung di badan email.

Hal ini sudah sesuai dengan ketentuan umum dalam rekrutment beberapa perusahaan nasional atau multinasional.

Sedangkan untuk daftar riwayat hidup atau yang disebut juga dengan Curiculum Vitae, anda disarankan untuk menuliskannya dalam aplikasi Microsoft Word kemudian melampirkannya sebagai attachment.

Membuat Lamaran Kerja Via Surat

Pada saat melamar kerja, hal pertama yang dilakukan tentu adalah mengirimkan surat lamaran kerja.

Surat lamaran kerja adalah sebuah alat untuk menjelaskan segala kemampuan dan potensi diri anda sehingga perusahaan harus mengundang anda untuk wawancara.

Anda harus ingat bahwa surat lamaran kerja tidak bertujuan untuk membuat anda diterima namun lebih kepada membuka kesempatan bagi anda untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Maka, dalam surat lamaran tersebut anda harus mampu meyakinkan perusahaan yang anda tuju, bahwa anda layak untuk mengikuti tes selanjutnya.

Berikut ini saya jelaskan beberapa contoh lamaran kerja yang baik.

Membuat lamaran kerja
Membuat lamaran kerja via Surat

Contoh lamaran kerja yang baik terdiri dari cover letter atau disebut juga dengan surat lamaran kerja dan curiculum vitae atau yang dikenal juga dengan nama daftar riwayat hidup.

Cover letter biasanya merupakan surat utama dan curiculum vitae merupakan lampiran yang termasuk juga fotokopi ktp, pasfoto, atau dokumen-dokumen penunjang lain.

Dalam cover letter, usahakan menyebut nama perusahaan, nama posisi yang dilamar, serta darimana anda bisa mendapatkan iklan lowongan kerja di perusahaan yang bersangkutan. Pergunakanlah bahasa yang positif untuk mendeskripsikan diri anda dalam surat lamaran dan daftar riwayat hidup.

Membuat lamaran kerja
Membuat lamaran kerja via Surat

Jelaskan pula antusiasme anda pada pekerjaan yang dilamar dengan bahasa yang wajar dan tidak berlebihan.

Cek sekali lagi surat lamaran anda sebelum membuat lamaran kerja untuk menghindari kesalahan kecil yang akan menimbulkan kesan kurang teliti.

Contoh lamaran kerja yang baik tidak mengabaikan kolom hobi. Perusahaan biasanya akan tertarik pada orang yang mempunyai bakat atau minat yang unik.

Isilah kolom hobi dengan kegiatan yang berguna misalnya membaca, menulis, atau traveling yang akan menjadi nilai lebih jika anda melamar jenis pekerjaan lapangan

Membuat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Mendapatkan pekerjaan yang mapan di sebuah perusahaan terkenal dan bonafit tentu saja menjadi impian setiap orang. Untuk itu kita harus mempersiapkan diri untuk memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Salah satu kemampuan yang banyak disyaratkan oleh beberapa perusahaan nasional dan multinasional terkenal adalah kemampuan bahasa Inggris.

Di era globalisasi seperti sekarang, tentunya kemampuan bahasa Inggris menjadi salah satu skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Berikut ini beberapa contoh dalam membuat lamaran kerja bahasa inggris

Membuat lamaran kerja
Membuat lamaran kerja B.Ing
Membuat lamaran kerja
Membuat lamaran kerja B.Ing

Membuat lamaran kerja bahasa inggris pada dasarnya sama dengan surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia. Yang membedakan tentu saja pada bahasanya.

Sebelum membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, anda harus memastikan bahwa tidak ada kesalahan gramatikal dalam surat lamaran kerja anda.

Walaupun kecil, kesalahan gramatikal dalam surat lamaran kerja anda akan memberikan kesan bahwa anda orang yang kurang teliti. Untuk itu baca sekali lagi surat lamaran kerja anda sekali lagi sebelum anda mengirimkannya.

Tujukan surat kepada orang yang tepat. Jika anda tahu dengan pasti orang yang akan membaca surat lamaran kerja anda maka bisa langsung ditujukan kepada orang tersebut.

Jika anda tidak mengetahui siapa orang yang akan membaca surat lamaran anda, maka cukup ditujukan kepada “Dear Head Of Personalia” atau “Dear Recruitment Panel Members”.

Selalu cantumkan posisi apa yang anda inginkan serta darimana anda mendapatkan info lowongan kerja di perusahaan tersebut.

Membuat lamaran kerja
Cover Letter Membuat lamaran kerja B.Ing

Jika anda dipanggil untuk wawancara, maka persiapkan diri anda sebaik mungkin.

Hal terpenting dalam membuat lamaran kerja bahasa inggris adalah anda harus jujur dalam mempromosikan diri anda. Jika anda hanya menguasai bahasa inggris secara pasif maka tulislah apa adanya.

Selain membuat Lamaran Kerja, langkah selanjutnya anda juga harus memperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum tes wawancara kerja berikut.

3 Langkah Sukses Yang Harus Dilakukan Sebelum Tes Wawancara Kerja


Sebagai pencari kerja yang mendambakan sebuah pekerjaan idaman dan sudah hampir meraihnya tentunya tidak ingin bila harus mengalami kegagalan karena tidak bisa melewati tes wawancara kerja.

Gagal di bagian akhir pada saat tes wawancara kerja, padahal impian serta harapan sudah berada di atas awan, adalah sebuah sesuatu yang sangat menyakitkan.

Sebelum hal tersebut terjadi, maka sebagai pencari kerja yang sudah memasuki tahap tes wawancara kerja wajib melakukan persiapan-persiapan sebelum tes wawancara kerja itu dihadapi.
Langkah Sukses Yang Harus Dilakukan Sebelum Tes Wawancara Kerja

1.    Persiapkan materi yang sekiranya ada kemungkinan untuk ditanyakan sebaik mungkin.

Tentunya hal tersebut ditentukan dengan posisi yang akan kita inginkan. Misalnya kita melamar pada posisi marketing atau pemasaran.

Maka kita harus mempersiapkan materi-materi yang mungkin akan ditanyakan pada saat tes wawancara kerja yang berhubungan dengan pemasaran.

Hal tersebut sebagai bekal untuk menunjukkan bahwa kemampuan intelektual di bidang yang akan kita hadapi tersebut sudah cukup.

2.    Mempersiapkan mental sebaik mungkin.

Kebanyakan para pelamar atau pencari kerja mengalami tingkat stress dan tekanan yang tinggi pada saat akan melalui tes wawancara kerja.

Mereka merasa tidak percaya diri dan tidak mampu untuk melewati tes wawancara kerja. Padahal kita adalah apa yang kita pikirkan, begitu kata sebuah pepatah.

Maka, bila kita merasa diri kita tidak percaya diri, kita pun akan digiring untuk tidak percaya diri dan pada akhinya akan gagal.

Begitu pula sebaliknya, bila kita yakinkan diri kita sendiri untuk percaya diri dan yakin dengan apa yang akan terjadi pada saat tes wawancara kerja, maka hal tersebut akan sangat membantu kita dalam menjawab tes wawancara kerja secara optimal.

3.    Meyakinkan diri bahwa “berjuang keras itu wajib namun masalah hasil adalah di luar kuasa kita”.

Dengan memiliki motto tersebut seorang pelamar kerja tidak akan terbebani untuk harus diterima di perusahaan yang ia dambakan tersebut.

Fokus dia bukanlah untuk diterima kerja, namun berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik termasuk pada saat tes wawancara kerja.

Bila yang kita fokuskan adalah diterima kerja, maka kita akan lupa bahwa untuk diterima kerja diperlukan usaha maksimal dari kita. Bisa jadi kita akan berangan-angan terlalu tinggi dan malah lupa berusaha.

Namun bila yang kita fokuskan adalah berusaha sekuat tenaga memberikan apa yang kita bisa, maka justru tujuan akhir tersebut akan bisa kita raih dengan hasil yang sempurna. Dan kita pun bisa melewati tes demi tes termasuk tes wawancara kerja.

Tips Berpenampilan Yang Baik Pada Saat Tes Wawancara Kerja


Penampilan pada saat tes wawancara bukanlah suatu hal yang penting, namun penampilan adalah sesuatu yang akan dilihat pertama kali oleh orang lain. Bila penampilan kita acak-acakan itu artinya kepribadian kita tidak jauh beda dengan apa yang kita tampilkan

Begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu sangatlah penting untuk memperhatikan penampilan kita yang baik, sopan, serta rapi dan tidak terlalu berlebihan sebelum melaksanakan tes wawancara kerja.

Membuat lamaran kerja
Membuat lamaran kerja

Penutup


Beberapa persiapan di atas adalah sesuatu yang mungkin bisa dilakukan sebelum menjalani tes wawancara kerja yaitu hal yang terpenting adalah membuat lamaran kerja.

Bagaimanapun juga membuat lamaran kerja dan wawancara kerja adalah sesuatu yang akan dilewati oleh setiap pencari kerja, sehingga merupakan hal yang wajib bila setiap pelamar atau para pencari kerja memberikan yang terbaik pada saat membuat lamaran maupun menjalani tes wawancara kerja.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menjawab Wawancara Kerja Ketika Menghadapai Pertanyaan