Cara buat lowongan kerja di facebook

Panduan Cara Buat Lowongan Kerja di Facebook Tanpa Repot

7 views
Bagikan artikel ini

Di era teknologi modern seperti sekarang, ada banyak media yang bisa digunakan untuk memposting lowongan pekerjaan. Berbeda dengan jaman dahulu yang mana jika ingin mencari lowongan pekerjaan harus membawa lamaran kerja dan mendatangi kantor perusahaan satu persatu tanpa mengetahui ada atau tidaknya lowongan disana. Salah satu media yang bisa digunakan adalah facebook. Simaklah cara buat lowongan kerja di facebook berikut ini.

Begini Cara Buat Lowongan Kerja di Facebook dengan Mudah

1. Membuka situs facebook

Langkah pertama yaitu membuka situs facebook www.facebook.com. Setelah itu, log in dengan akun Anda. Masukkan nama facebook atau alamat email dan password ke dalam kolom log in yang disediakan. Pastikan nama facebook atau alamat email dan password yang Anda masukkan semuanya benar supaya log in sukses.

Cara buat lowongan kerja di facebook
Cara buat lowongan kerja di facebook

2. Cari halaman lowongan kerja

Setelah log in sukses, cara buat lowongan kerja di facebook langkah selanjutnya adalah mencari halaman lowongan kerja yang terdapat di bilah sebelah kiri pada beranda facebook. Halaman tersebut dapat Anda temukan di bagian ‘Jelajahi’. Scroll ke bawah sampai menemukan tulisan ‘Lowongan Kerja’. Klik tulisan tersebut.

Cara buat lowongan kerja di facebook
Cara buat lowongan kerja di facebook

3. Muncul halaman lowongan kerja

Ketika Anda klik tulisan ‘Lowongan Kerja’, maka akan muncul halaman lowongan kerja. Namun pastikan Anda sudah mempunyai fan page jika ingin memposting lowongan pekerjaan. Perlu diingat bahwa jika memasang iklan lowongan pekerjaan di browse handphone, sebelumnya harus di setting dengan mode desktop terlebih dahulu.

4. Masuk ke halaman pages jika sudah mempunyai fan page

Apabila Anda sudah memiliki fan page, maka langkah cara buat lowongan kerja di facebook adalah klik simbol 3 garis horizontal yang terdapat di pojok kanan halaman facebook. Kemudian, klik bagian ‘pages’. Setelah itu pilih fan page yang telah Anda buat di bagian Owned Pages.

5. Cari bagian ‘buat lowongan kerja’

Setelah Anda masuk ke fan page yang Anda pilih, carilah tulisan ‘buat lowongan kerja’ di bagian pojok kanan atas halaman fan page. Setelah Anda klik ‘buat lowongan kerja’, maka akan muncul pop-up berupa data-data yang harus Anda isi.

6. Mengisi data-data informasi lowongan pekerjaan

Cara buat lowongan kerja di facebook yang selanjutnya adalah mengisi data-data informasi lowongan pekerjaan. Data-data yang harus Anda isi tersebut antara lain:

  • Foto

Bagian ini sifatnya wajib. Yang mana para pelamar kerja akan mengetahui icon perusahaan Anda maupun foto yang dapat disesuaikan dengan pekerjaan yang akan Anda bagikan.

  • Jabatan

Jabatan atau posisi kerja bisa Anda isikan dengan yang sedang Anda butuhkan. Misalnya, Anda membutuhkan seseorang untuk mengisi posisi atau jabatan sebagai Admin, maka di kolom jabatan Anda bisa isi dengan ‘Admin’. Sesuaikan dengan jabatan yang sedang Anda butuhkan, jangan memasukkan dua jabatan sekaligus.

  • Lokasi

Cara buat lowongan kerja di facebook selanjutnya adalah mengisi kolom lokasi sesuai dengan lokasi perusahaan Anda atau bisa juga diisi dengan lokasi interview calon pekerja apabila lokasi interview dan lokasi perusahaan Anda berbeda.

  • Gaji

Kolom ini bersifat opsional/pilihan. Artinya, kolom ini jika tidak diisi pun tidak masalah karena tidak bersifat wajib. Jika Anda memilih untuk mengisinya sebagai informasi utama berapa gaji yang akan didapatkan oleh calon pekerja nantinya, Anda bisa mengisinya dengan gaji harian/mingguan/bulanan.

  • Jenis Pekerjaan

Di bagian jenis pekerjaan, Anda bisa sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang Anda buka lowongannya. Apakah pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan full-time/part-time/kontrak/dan lain sebagainya. Pilihlah salah satu dengan disesuaikan kebijakan perusahaan mengenai jenis lowongan pekerjaan ini.

  • Perincian

Kolom perincian ini adalah cara buat lowongan kerja di facebook yang mengharuskan Anda mengisi penjelasan mengenai persyaratan yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan tersebut dan juga tugas/job desk yang nantinya akan dikerjakan oleh calon pekerja saat diterima bekerja dalam beberapa kalimat maksimal 5000 kata.

Di bagian kolom ini, tuliskan secara singkat saja namun jelas tentang persyaratan atau kualifikasi apa saja yang Anda butuhkan dari calon pekerja untuk mengisi lowongan jabatan yang Anda buka. Kualifikasi tersebut bisa berupa persyaratan umur, gender, pendidikan terakhir, dan pengalaman bekerja sebelumnya.

Kemudian untuk tugas/jobdesk, tuliskan secara singkat, padat dan jelas dengan numbering/bulleting mengenai apa saja gambaran tugas/jobdesk yang nantinya akan dikerjakan oleh calon pekerja yang Anda terima. Kolom ini bersifat wajib agar pelamar kerja tidak membludak dan semua pelamar sesuai dengan yang dipersyaratkan.

  • Pertanyaan Tambahan

Cara buat lowongan kerja di facebook selanjutnya yaitu mengisi kolom pertanyaan tambahan untuk calon pelamar kerja yang dapat dijawab secara singkat dalam 1-2 kalimat maksimal 200 kata. Kolom ini bersifat opsional. Bagian pertanyaan tambahan bisa berupa pilihan yes or no, pilihan ganda, atau text/uraian singkat.

Cara buat lowongan kerja di facebook
Cara buat lowongan kerja di facebook

7. Menerbitkan postingan lowongan kerja

Setelah Anda mengisi data-data berupa informasi lowongan pekerjaan, maka di bagian paling bawah dari kolom-kolom isian akan ada tulisan yang mengharuskan Anda memilih salah satu, antara ‘promosikan kiriman’ atau ‘terbitkan postingan lowongan kerja’.

Jika Anda ingin memposting lowongan pekerjaan tanpa mempromosikannya, klik di bagian ‘terbitkan postingan lowongan kerja’. Anda bisa share lowongan kerja yang telah Anda posting ke akun profil Anda, grup, maupun ke akun teman dan keluarga. Perlu diingat bahwa setiap lowongan pekerjaan hanya aktif selama 30 hari saja.

Cara buat lowongan kerja di facebook
Cara buat lowongan kerja di facebook

8. Cek postingan lowongan kerja yang telah Anda buat

Setelah Anda klik ‘terbitkan postingan lowongan kerja’, cara buat lowongan kerja di facebook setelahnya adalah mengecek postingan lowongan kerja yang telah Anda buat. Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan lowongan kerja yang telah berhasil Anda buat sebelumnya.

9. Mengoreksi postingan lowongan kerja

Anda perlu mengecek satu persatu dengan teliti tentang postingan lowongan kerja yang telah Anda buat. Apakah ada yang harus Anda koreksi atau tidak. Jika memang ada yang perlu dikoreksi, di bagian samping kanan postingan lowongan kerja Anda pilih ‘Edit’. Selanjutnya, koreksilah postingan Anda yang perlu direvisi. Setelah itu klik OK.

10. Melihat detail postingan lowongan kerja

Jika Anda penasaran masih ada yang perlu direvisi atau tidak seputar lowongan pekerjaan yang Anda posting, cara buat lowongan kerja di facebook langkahnya adalah dengan klik bagian judul atau nama jabatan. Ketika Anda klik, maka detail postingan lowongan kerja Anda akan ditampilkan secara lengkap.

11. Melihat rincian semua pelamar

Anda bisa melihat rincian pelamar kerja yang melamar lowongan pekerjaan Anda di bagian ‘Lamaran’ yang terdapat di daftar menu bagian samping. Di bagian tersebut Anda bisa melihat semua pelamar dan klik setiap nama pelamar jika ingin melihat rinciannya. Anda bisa juga bisa mengunduh PDF berupa berkas lamaran kerja yang telah diupload oleh pelamar tersebut.

Cara buat lowongan kerja di facebook
Cara buat lowongan kerja di facebook

12. Menutup postingan lowongan kerja

Cara buat lowongan kerja di facebook yang terakhir adalah menutup postingan lowongan kerja dengan cara klik ‘Tutup Postingan Lowongan Kerja’ di bagian samping kanan lowongan kerja yang telah Anda posting. Hal tersebut Anda lakukan jika sudah menemukan pelamar yang sesuai kualifikasi atau mencegah membludaknya pelamar kerja.