beasiswa double degree

Kuliah Dengan Beasiswa Double Degree Sudah Bukan Mimpi Lagi!

Kuliah dengan Beasiswa Double degree Sudah Bukan Mimpi Lagi – Anda pasti sudah familiar dengan pepatah “Kejarlah ilmu sampai ke negeri China”. Pepatah tersebut mengajarkan kepada kita bahwa mengenyam pendidikan itu penting. Ilmu yang kita dapat selama kita belajar dari tingkat rendah sampai ke jenjang perguruan tinggi. Pasti mempunyai banyak manfaat untuk bekal kehidupan kita. Maka tidak heran jika sekarang ini, pendidikan strata satu atau sarjana dianggap kurang bergengsi.

Perkembangan zaman dan tuntutan dari revolusi industri 4.0 juga mewajibkan Anda mempunyai ilmu yang cukup untuk bisa bertahan di masa sekarang. Bahkan muncul ungkapan bahwa bertahan saja tidak cukup, tapi berikan kontribusi maksimal untuk lingkungan Anda.

Jika Anda merasa memiliki kualitas yang cukup baik, tetapi terkendala biaya untuk melanjutkan studi Anda, Anda tidak perlu khawatir lagi karena jutaan beasiswa tersedia diluar sana. Anda hanya perlu memiliki modal kemauan dan kemampuan.

beasiswa double degree
Beasiswa double degree

Beasiswa Double degree (dual degree)

Double Degree adalah gelar sarjana yang dimiliki seseorang yang telah menempuh dua program studi dalam waktu yang bersamaan. Program studi yang diambil bisa sama dan berbeda asal masih berada di jenjang yang sama.  Masa pendidikan untuk gelar double degree sendiri adalah 4 tahun. Di akhir masa studinya, siswa tersebut memiliki dua ijazah dari dua program studi yang telah diambil.

Ketika nanti siswa ini lulus dari program studi yang diambil, gelar yang diberikan tentunya akan double. Contohnya seorang mahasiswi mengambil program studi Sastra Inggris bersamaan dengan program studi Ilmu Fisika. Ketika ia lulus nanti, gelar yang akan didapatkan menjadi S.Hum.,S. Si. Menarik bukan?

Baca Juga :  Cara Menghadapi Masalah Ala Apollo 13

Pemerintah Indonesia sendiri sedang menggalakkan program dua gelar ini sebagai  cita-cita mewujudkan kemajuan pendidikan nasional. Upaya pemerintah untuk mendukung program ini adalah memberikan bantuan berupa beasiswa bagi calon siswa yang memenuhi syarat. Beasiswa Double degree ini adalah sebuah bentuk kerja sama di bidang pendidikan antara perguruan tinggi baik di dalam ataupun di luar negeri yang masuk dalam daftar yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku Pemerintah Indonesia.

beasiswa double degree
Beasiswa joint degree

Beasiswa Joint Degree

Keunikan program beasiswa joint degree memungkinkan Anda untuk mempelajari kombinasi studi yang memungkinkan Anda mendapatkan gelar yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Jika beasiswa double degree diperbolehkan untuk memilih dua peminatan yang berbeda, sedangkan beasiswa joint degree peminatan yang dipilih harus sama.

Untuk mendapatkan Joint degree, siswa akan menempuh masa studi 4 tahun, dengan pembagian 75% di perguruan tinggi awal dan 25% di perguruan tinggi lanjutan. Jika program kerja sama ini terkait dengan perguruan tinggi di luar negeri, Anda akan mendapatkan banyak sekali benefit. Di Indonesia, tidak semua perguruan tinggi mengaplikasikan program joint degree.

Jika menyelesaikan studi dengan Double degree, Anda akan mendapatkan dua titel. Sedangkan dalam program Joint degree, siswa yang telah menyelesaikan program studinya hanya mendapatkan satu gelar saja, tetapi diakui oleh dua institusi pendidikan.

Seperti layaknya program beasiswa double degree, beasiswa joint degree yang ditawarkan oleh Pemerintah juga banyak dan beragam. Beasiswa LPDP yang gencar digaungkan juga menawarkan program beasiswa Joint degree. Menariknya, beasiswa joint degree banyak melibatkan universitas atau institusi pendidikan di luar negeri.

Manfaat program double degree atau joint degree

Jika Anda tertarik dengan program ini, Anda akan merasakan banyak manfaat yang baik untuk masa depan Anda. Manfaat yang dapat diperoleh dengan mengambil program ini adalah:

Baca Juga :  Intel vs AMD : Kisah Rivalitas 50 tahun yang Sarat Pelajaran
  • Efisiensi waktu

Jika Anda bisa masuk dalam program double degree atau joint degree, Anda akan menghemat banyak sekali waktu Anda. Anda bisa memiliki dua gelar dalam satu waktu atau memiliki gelar yang diakui oleh dunia pendidikan internasional. Istilah “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui” benar-benar diterapkan jika Anda mengambil program ini.

  • Kesempatan berkarir yang luas

Dengan ijazah double degree atau joint degree yang Anda miliki, Anda mempunyai kesempatan berkarir lebih luas daripada sarjana reguler. Selain itu dengan ijazah dari perguruan tinggi luar negeri akan menambah nilai plus ketika perusahaan besar merekrut Anda.

  • Pengalaman bersekolah di luar negeri

Satu hal yang paling menarik yang akan Anda dapatkan adalah pengalaman tinggal di luar negeri. Seperti yang kita ketahui bahwa program ini adalah bentuk kolaborasi dengan institusi pendidikan di luar negeri. Ketika Anda melanjutkan studi di luar negeri, Anda harus memanfaatkan dengan baik waktu ini, pelajari budaya di sekitar Anda dan bawa ini sebagai bekal untuk Anda nantinya.

beasiswa double degree
Beasiswa double degree

Penutup

Dengan adanya beasiswa double degree maupun beasiswa joint degree, mengenyam pendidikan setinggi-tingginya sudah bukan impian belaka lagi. Gali informasi sebanyak mungkin. Karena dengan memilih program yang tepat, akan menjadi batu loncatan untuk Anda nantinya. Yuk persiapkan rencana kuliah keluar negeri dan dapatkan beasiswa double degree bersama Schoters sebagai bimbingan kuliah luar negeri yang terpercaya dan terlengkap.