hari baik untuk memulai usaha dagang

Inilah Hari Baik untuk Memulai Usaha Dagang dari Berbagai Versi

Siapa sih yang tidak menginginkan hari baik untuk memulai usaha dagang? Bisa diakui bersama jika mayoritas orang Jawa hingga kini masih mempercayai hal seperti itu. Tidak hanya mencari hari baik dalam membuka bisnis, tetapi mereka juga yakin dengan hari bagus dalam mencari rezeki.

Akan tetapi, kepercayaan itu tidak bisa dijadikan patokan utama dalam menjalankan usaha. Sebab hal yang sangat utama yaitu strategi serta usahamu dalam mengembangkan bisnis.

Menentukan hari baik bisa menjadi suatu ikhtiar kita supaya ke depannya mendapatkan suatu kebaikan. Terpenting harus tetap berpacu pada kerja keras dan strategi.

hari baik untuk memulai usaha dagang
Hari baik untuk memulai usaha dagang

Faktor yang Perlu Dicari Sebelum Menentukan Hari Baik untuk Memulai Usaha Dagang

Berdasarkan kebudayaan Jawa, hari baik dalam mengawali suatu usaha merupakan hari yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Tentunya hal itu sesuai dengan perhitungan budaya Jawa dari watak hari yang dilihatnya.

Watak hari sendiri merupakan sifat hari. Umumnya watak hari dipakai oleh masyarakat Jawa Kuno yang dijadikan dasar dalam memilih hari baik untuk memulai usaha dagang. Berikut ini merupakan watak hari menurut perhitungan primbon Jawa:

  • Senin: Dianggap sebagai hari baik dalam melakukan berbagai macam keperluan, termasuk dalam mengawali usaha. Sangat disarankan untukmu membuka bisnis di hari ini, Sebab perhitungannya juga baik.
  • Selasa: Meskipun dianggap baik, tetapi kamu perlu mempersiapkan segala macam kemungkinan baik hingga buruk.
  • Rabu: Tergolong hari yang baik untuk berdagang, tetapi bukan sebaik di hari Senin. Kemungkinan besar kamu bisa menemui berbagai tantangan, tetapi masih bisa diatasi dengan baik.
  • Kamis: Berdasarkan primbon, hari Kamis ini tergolong sukar. Disarankan untukmu untuk jangan mengawali usaha di hari ini. Jika usahamu buka di hari Kamis, ke depannya akan menghadapi kesusahan dan kesulitan.
  • Jum’at: Dinilai lebih buruk dibandingkan hari Kamis. Hari Jumat ini diyakini sebagai hari panas, yang membuat pelaku usaha menemui gangguan, kesulitan, hingga perselisihan.
  • Sabtu: Dari sekian banyak hari, berdasarkan primbon hari Sabtu ini diyakini sebagai hari paling berat dan sulit dalam mengawali suatu usaha.
  • Minggu:  Sebagai hari penutup, hari Minggu ini bersifat netral dalam memulai usaha. Bisa dianggap baik, tetapi bisa juga dianggap buruk.
Baca Juga :  Property Artinya Merujuk Pada Kepemilikan untuk Aset atau Investasi

Neptu hari berdasarkan perhitungan Jawa di antaranya Senin (4), Selasa (3), Rabu (7), Kamis (8), Jumat (6), Sabtu (9), Minggu (5). Sedangkan neptu pasaran antara lain Kliwon (8), Legi (5), Pahing (9), Pon (7), Wage (4). Tidak hanya itu, ada juga Pancasuda yang merupakan hitungan dari penjumlahan neptu hari dan pasaran lalu dibagikan lima. Pancasuda ini terdiri dari:

  • Sisa 1 (sandang: rejeki berlimpah).
  • Sisa 2 (pangan: cukup).
  • Sisa 3 (bejo: kaya tetapi kurang disenangi).
  • Sisa 4 (Loro: mengalami kerugian). 
  • Sisa 5 (Pati: bisnis akan mati).
hari baik untuk memulai usaha dagang
Hari baik untuk memulai usaha dagang

Cara Menghitung hari baik untuk memulai usaha dagang

Berikut ini adalah proses penghitungan hari baik untuk memulai usaha dagang.

Berdasarkan watak hari yang disebutkan sebelumnya, tentukan satu hari yang menurutmu bagus. Contohnya hari Selasa. Kemudian tentukan pasaran harinya, misalnya Pon. Jadi harinya Senin Legi. Lalu hitung total weton dari kelahiranmu, contohnya kamu lahir pada Sabtu Wage

 Carilah jumlah weton kelahiranmu dengan weton Ketika kamu memulai usaha. Misalnya weton kelahiranmu Sabtu (9) wage (4), sementara weton saat mengawali usaha Senin (4) pon (7). Totalkan keseluruhannya, 4+5+9+4 = 22 kemudian dibagi 5 sisanya jadi 2.

Menurut Pancasuda, jika sisa satu berarti pangan yang artinya cukup. Dengan begitu, kamu dapat mengawali usaha pada hari Senin Legi.

hari baik untuk memulai usaha dagang
Hari baik untuk memulai usaha dagang

Hari baik untuk memulai usaha dagang menurut Feng Shui

Menurut masyarakat Tiongkok, perhitungan hari baik ini mempunyai makna yang cukup mendalam terhadap karir serta kemakmurannya. Hal tersebut hampir serupa dengan primbon Jawa, hal yang menjadi kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa.

Feng Shui sendiri adalah ilmu yang mengkaji tentang energi dari alam semesta. Selain itu juga mengenai lingkungan yang saling terikat dan pengaruh terhadap keberuntungan suatu individu.

Baca Juga :  Ide Usaha Modal Ratusan Ribu yang Harus Anda Ketahui

Pada Feng Shui, hari yang tepat dan baik dalam membuka usaha dikenal dengan istilah Soen Lang Djit. Sementara untuk tanggal yang diyakini membawa keberkahan dan keberuntungan menurut Feng Shui yaitu tanggal kelipatan 4.

Menurut Feng Shui tanggal tersebut dapat membawa kebaikan di mana pun lokasi usahamu berada. Selain untuk usaha, hari tersebut juga dinilai baik dalam setiap aktivitas. Jika mencari rezeki di tanggal tersebut, maka akan lebih mudah mendapatkannya. Bahkan rezeki yang didapatkan akan terus menerus berdatangan.

Hari baik untuk memulai usaha dagang menurut Islam

Dalam Islam sejatinya, semua hari mempunyai keistimewaan dan kelebihannya masing-masing. Pastinya ada saja misteri dan hikmah yang didapatkan. Itu karena Allah selalu menciptakan sesuatunya tidak sia-sia.

Akan tetapi, terdapat saat-saat tertentu yang dinilai sangat baik saat ingin memulai suatu usaha. Hal tersebut sebagaimana terdapat pada kitab Syamsul Ma’arif Al-Kubra yang merupakan karya dari Syekh Ahmad Al-Buni. Adapun isi kitab tersebut yakni:

  • Hari yang tepat untuk memulai perniagaan yakni di hari Selasa. Sedangkan waktu yang tepat untuk memulainya sekitar jam 8-9 pagi.
  • Hari yang baik jika ingin memulai bisnis yakni di hari Jumat. Untuk jamnya sekitar jam 1-2 siang.
  • Tidak hanya itu, Hari Sabtu pukul 2-5 siang juga diyakini sebagai hari yang baik untuk memulai pekerjaan.

Menurut sang penulis dalam hari baik untuk memulai usaha dagang ,apabila usaha dimulai di salah satu dari hari tersebut, bukan tidak mungkin kamu akan terhindar dari kebangkrutan dan kerugian.

hari baik untuk memulai usaha dagang
Hari baik untuk memulai usaha dagang

Tanya Jawab Seputar Hari Baik Untuk Memulai Usaha Dagang

Apakah hari Selasa baik untuk jualan?

Sama halnya seperti Senin, Hari Selasa cukup baik untuk membuka bisnis.

Baca Juga :  Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Excel Terbaru

Usaha apa yg cocok untuk hari Minggu?

Usaha yang cocok menurut hari lahir ini adalah berdagang makanan, minuman, membuka warung makan/ rumah makan, dagang kue, roti, es, warung jajanan dll. Demikian informasi tentang ramalan usaha yang cocok untuk orang kelahiran hari Minggu.

Usaha apa yang cocok untuk hari Jumat?

Jika diruntut dari sifat, watak, dan karakternya, orang yang lahir di hari Jumat cocok bekerja sebagai petani, pedagang, pelaut, atau menjadi guru.

Hari Senin cocok usaha apa?

Usaha yang cocok menurut hari lahir pada hari Senin adalah berdagang barang yang dijadikan sebagai kebutuhan pokok pada manusia, contohnya sembako, sayuran, air, ikan, daging, bumbu dapur.

Usaha apa yang cocok untuk hari Selasa?

Usaha cocok untuk orang yang lahir pada hari Selasa ini yaitu usaha perabot rumah tangga. Mereka lahir pada hari Selasa mempunyai hal positif yang berkaitan dengan rumah, sehingga usah paling tepat sesuai sifat adalah usaha yang bergerak dalam bidang usaha perabot rumah tangga.

Apakah hari Rabu baik untuk memulai usaha?

Hari Rabu : Termasuk jenis hari baik, namun tidak sebaik hari senin ketika hendak berdagang. Ada kemungkinan akan menghadapi tantangan, namun Anda masih bisa mengatasi karena jenis hari rabu yang tergolong baik.

Penutup

 Nah, itulah macam-macam hari baik untuk memulai usaha dagang menurut berbagai versi. Pada dasarnya semua hari adalah baik, asalkan diawali dengan niat yang baik dari pelaku usaha sendiri. Semoga bermanfaat!