Usaha toko plastik modal kecil

Tips Memulai Usaha Toko Plastik Modal Kecil

85 views
Bagikan artikel ini

Memilih ide bisnis memang mempunyai tantangan tersendiri bagi setiap orang yang ingin memulai usaha. Salah satu bisnis yang bisa Anda coba yaitu usaha toko plastik modal kecil. Usaha ini bisa Anda rintis dengan modal minim. Tidak perlu khawatir produk Anda tidak laku. Sebab, produk plastik masih sangat tinggi peminatnya.

Usaha toko plastik modal kecil
Usaha toko plastik modal kecil

Usaha Toko Plastik Modal Kecil

Jangan sampai keterbatasan modal menghalangi Anda untuk berbisnis. Menjalankan usaha toko plastik bisa dirintis dari modal yang kecil. Masyarakat kita sudah terbiasa memakai produk plastik dalam berbagai hal. Maka dari itu, toko plastik tidak akan pernah sepi konsumen. Jadi, usaha toko plastik modal kecil patut untuk Anda jalankan.

Selain bisa dijalankan dengan modal kecil, usaha toko plastik ini juga mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:

  • Kebutuhan plastik semakin meningkat sehingga bisa menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.
  • Tidak seperti kuliner, produk plastik tidak bisa basi.
  • Produk plastik merupakan barang yang awet dan bisa dijual kembali di waktu mendatang.
  • Harga produk plastik selalu mengalami kenaikan, sehingga nilai barang tidak akan mengalami penyusutan.

Selain kelebihan di atas, usaha toko plastik ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Diantaranya yaitu produk plastik mudah terbakar serta rentan terkena serangan tikus atau kecoa. Oleh karenanya, Anda perlu meletakkan atau menyimpan produk plastik di tempat yang benar-benar tertutup dan aman.

Usaha toko plastik modal kecil
Usaha toko plastik modal kecil

Tips Memulai Usaha Toko Plastik

Memulai usaha tentunya tidak mudah, diperlukan strategi yang tepat agar bisa bersaing dengan usaha yang lebih dulu ada. Untuk memudahkan Anda merintis usaha toko plastik modal kecil, perhatikan tips berikut ini.

Menentukan Produk Plastik

Yang pertama kali harus Anda lakukan yaitu mencatat produk plastik apa saja yang akan Anda jual. Karena modal usaha toko plastik terbatas, Anda bisa menganalisa terlebih dahulu produk plastik apa saja yang paling sering dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Misalnya saja seperti kresek berwarna-warni berbagai ukuran, plastik bening berbagai ukuran, plastik es batu, gelas plastik, dan sebagainya. Jika toko sudah mulai ramai, Anda bisa melengkapi produk yang dijual.

Menentukan Lokasi Usaha

Tips berikutnya yaitu Anda perlu memilih lokasi usaha yang strategis. Ketepatan dalam memilih lokasi usaha sangat menentukan perkembangan usaha Anda dalam jangka panjang. Peluang usaha toko plastik sangat baik asalkan kita dapat menentukan lokasi usaha dengan tepat. Agar usaha berjalan lancar, beberapa kriteria yang perlu Anda pertimbangan dalam menentukan lokasi usaha toko plastik modal kecil yaitu:

  • Tidak perlu tempat yang luas, yang penting lokasinya berada di dekat pusat keramaian, misalnya saja seperti dekat pasar.
  • Di pinggir jalan yang sering dilakukan banyak kendaraan, seperti jalan menuju ke pasar atau jalan menuju ke kota.
  • Jangan berjualan di dekat grosir toko plastik yang lebih besar agar tidak kalah saing.
  • Jangan membuka usaha toko plastik modal kecil di pinggir jalan raya yang kebanyakan dilalui kendaraan besar.

Akan lebih baik jika Anda sudah memiliki tempat usaha di pinggir jalan. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal tambahan untuk menyewa tempat usaha. Seperti yang kita tahu, harga sewa tempat usaha semakin mahal setiap tahunnya.

Mencari Stok Produk Plastik

Mencari penyetok barang yang terbaik dengan harga murah memang tidak gampang. Namun, hal ini sangat penting agar usaha Anda bisa bersaing terutama dalam hal harga jual. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari distributor ataupun grosir plastik.

Cara yang pertama yaitu dengan memanfaatkan jaringan internet. Anda dapat mencari informasi tentang penyedia plastik grosir melalui google. Setelah mengetahui daftar grosir terbaik di wilayah Anda, silahkan cek satu persatu dengan mendatanginya secara langsung. Kemudian Anda bisa membandingkan dan memilih manakah yang terbaik.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial. Toko grosir yang besar biasanya memiliki media sosial, seperti Instagram, Facebook, tweeter, dan sebagainya. Selain itu, tidak ada salahnya juga jika Anda mau mencari informasi dari saudara atau teman yang mempunyai usaha sejenis. Namun, sebaiknya carilah grosir plastik yang tidak terlalu jauh untuk menghemat biaya transport. Selain itu pelajari juga cara menata toko plastik agar usaha jual plastik anda dapat berjalan dengan baik.

Melakukan Promosi

Promosi merupakan hal penting bagi usaha toko plastik modal kecil yang Anda jalankan. Promosi dilakukan agar konsumen mengenal usaha toko plastik Anda sekaligus menarik banyak konsumen. Cara promosi yang bisa Anda lakukan adalah :

  • Memasang spanduk di depan toko yang berisi nama usaha, usahakan yang muda dilihat dan unik agar mudah diingat.
  • Memperkenalkan usaha toko plastik Anda kepada saudara, teman, maupun siapa saja.
  • Memberikan bonus menarik pada konsumen yang berbelanja dalam jumlah tertentu.
  • Membagikan kartu nama dan selebaran kepada pelanggan atau calon konsumen.
  • Memanfaatkan media sosial, misalnya seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran akan mempengaruhi usaha toko plastik modal kecil yang Anda miliki. Baik saat baru mulai dibuka hingga setelah berkembang di waktu mendatang. Beberapa strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan yaitu :

  • Dengan cara jemput bola, tawarkan produk plastik yang Anda jual ke warung atau toko-toko.
  • Menitipkan kartu nama atau memasang stiker di warung atau toko dengan seijin pemiliknya.
  • Menawarkan produk plastik ke industri makanan dan minuman rumahan, contohnya usaha UMKM.
  • Menawarkan produk plastik melalui media sosial.
  • Menjual produk plastik di toko online.

Memberikan Nilai Lebih

Biasanya konsumen akan lebih tertarik membeli produk yang bisa memberikan nilai lebih. Agar tidak kalah saing dengan toko lain, Anda bisa memberikan beberapa kelebihan, seperti :

  • Berikan harga yang bersaing.
  • Menjual produk plastik yang berkualitas, tidak rusak atau robek.
  • Menjaga kebersihan toko agar pengunjung merasa nyaman saat berbelanja.
  • Parkir harus gratis.
  • Menawarkan bonus dengan syarat tertentu.
Usaha toko plastik modal kecil
Usaha toko plastik modal kecil

Tips Melayani Pembeli Agar Laris

Berikut ini adalah tips dalam melayani pembeli agar usaha toko plastik Anda selalu didatangi banyak pelanggan.

Berpenampilan Rapi dan Bersih

Penampilan yang rapi dan bersih tentunya akan lebih enak dipandang. Sehingga pembeli akan merasa nyaman saat berinteraksi untuk berbelanja.

Selalu Ramah dan Sopan

Bersikap ramah dan sopan merupakan hal terpenting saat melayani pembeli. Pembeli akan merasa lebih dihargai bila dilayani dengan senyuman ramah dan sikap sopan. Jangan lupa mengucapkan terima kasih setelah pembeli selesai berbelanja.

Memaksimalkan Pelayanan

Terkadang, ada beberapa orang yang tidak sabaran mengantri. Meski begitu, pembeli yang lebih dulu datang tentu saja harus dilayani terlebih dahulu. Jika perlu, berikan nomor antrean agar bisa tertib. Selain itu, tidak ada salahnya menerima kritik dan saran dari pelanggan. Kritik dan saran yang membangun bisa dijadikan acuan untuk memaksimalkan pelayanan.

Berikan Perlakuan Sewajarnya

Jangan pernah membedakan konsumen yang membeli di toko plastik Anda. Baik karena penampilan, latar belakang, maupun dari jumlah pembelian.

Usaha toko plastik modal kecil
Usaha toko plastik modal kecil

Penutup

Demikian penjelasan mengenai usaha toko plastik modal kecil yang perlu Anda ketahui. Perhatikan juga management toko plastik agar bisnis anda dapat berjalan dengan baik dan terencana. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk menjalankan usaha. Selamat berwirausaha dan semoga sukses selalu! 

Baca Juga : Ini Dia Tips Buka Usaha Kelontong Modal Kecil