kompetensi
kompetensi

Ingin Karir Lancar? Ini Dia 5 Kompetensi yang Wajib Dimiliki!

Kompetensi atau kemampuan merupakan sebuah aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap orang, terutama di dalam dunia kerja.

Kompetensi sendiri merupakan sebuah bekal atau modal yang dimiliki oleh setiap orang untuk dapat bersaing dengan orang lain, terutama dalam bekerja.

Setiap orang mempunyai kompetensi yang unik dan mungkin berbeda. Hal itulah yang membedakan kemampuan setiap orang. Nantinya perusahaan akan memilih orang yang memiliki kompetensi paling sesuai dengan kualifikasi perusahaan.

Meskipun tidak sepenuhnya, namun lancar atau tidaknya karir seseorang dapat ditentukan dari kompetensi yang mereka miliki. Dalam kesempatan kali ini, Admin akan memberitahukan 5 kompetensi yang wajib dimiliki, jika ingin memiliki karir yang cemerlang.

Mari kita cari tahu bersama-sama.

kompetensi
Kompetensi karyawan

Kompetensi yang Wajib Dimiliki Dalam Dunia Kerja

1. Komunikasi

Kompetensi pertama yang wajib dikuasai di dalam dunia kerja yaitu komunikasi. Seperti yang kita ketahui, komunikasi merupakan faktor terpenting, tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tapi juga dalam dunia kerja.

Tanpa adanya kemampuan komunikasi yang baik, maka seseorang rentan untuk mengalami yang namanya miskomunikasi atau salah dalam menangkap informasi yang diberikan.

Kemampuan komunikasi yang terbatas juga mampu untuk menghambat pekerjaan, yang nantinya dapat berdampak pada jenjang karir yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

2. Beradaptasi

Kompetensi selanjutnya yang wajib dimiliki yaitu kemampuan dalam beradaptasi. Di dalam kehidupan ini, hanya orang-orang yang mampu beradaptasi yang dapat bertahan, begitu juga di dalam dunia kerja.

Kondisi dan keadaan di dalam dunia kerja, tentunya selalu berubah-ubah. Maka dari itu, orang-orang yang terlibat di dalamnya, dituntut untuk mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan, serta perubahan yang terjadi.

Baca Juga :  6 Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate Beserta Jawabannya Yang Tepat

3. Kolaborasi

Kompetensi yang ketiga yaitu kolaborasi. Kolaborasi sendiri merupakan sebuah kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain demi mencapai tujuan bersama.

Seperti yang kita ketahui, kerjasama merupakan salah aspek penting di dalam dunia kerja. Tidak selamanya kita akan bekerja secara sendiri. Ada kalanya, seorang karyawan akan bekerja di dalam sebuah tim atau kelompok.

Kemampuan kolaborasi yang baik, mampu memperlancar pekerjaan dan juga tujuan yang ingin dicapai oleh tim atau divisi tersebut.

4. Problem Solving

Problem solving adalah sebuah kemampuan dimana seseorang mampu untuk mencari jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Hal ini penting, sebab dalam bekerja, tentunya kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai macam situasi dan kondisi yang tidak kita harapkan.

Kemampuan ini akan membantu kita dalam keluar dari kondisi yang tidak diharapkan tersebut dan menyelesaikannya sesuai dengan situasi yang ada.

5. Kreatif

Kompetensi yang terakhir yaitu berpikir kreatif. Orang-orang yang kreatif tentunya memiliki banyak ide dan juga inovasi baru yang dapat membantu pekerjaannya.

Tak hanya itu saja, kreativitas juga dibutuhkan untuk dapat bersaing dengan talenta-talenta lain yang ada di perusahaan. Dengan berpikir kreatif, pastinya seseorang akan memiliki value yang lebih tinggi, dibandingkan dengan yang tidak, bukan?

kompetensi
Kompetensi karyawan

Itulah pembahasan mengenai 5 kompetensi yang wajib dimiliki, jika ingin memiliki karir yang lancar dan cemerlang. Pastikan Anda selalu mengasah dan menambah kompetensi yang Anda miliki.

Dari sisi perusahaan sendiri, melakukan pengelolaan kompetensi bagi karyawan memang sangat penting untuk dilakukan. Mudahkan pengaturan standar kompetensi karyawan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan dengan aplikasi HR LinovHR.

Semoga bermanfaat!