Modal usaha toko kosmetik

Cara Menentukan Modal Usaha Toko Kosmetik

95 views
Bagikan artikel ini

Kosmetik pada masa sekarang dapat dibilang merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh banyak orang, terlebih di kalangan perempuan. Setiap orang pun pasti akan selalu memiliki keinginan yang tinggi untuk senantiasa tampil cantik dan rupawan. Tingginya minat masyarakat pada produk kosmetik pun tentu membuat para pebisnis tertarik untuk merintis karir pada bisnis ini. Lantas, apa sajakah modal usaha toko kosmetik yang harus dipenuhi sebelum memulainya?

Modal usaha toko kosmetik
Modal usaha toko kosmetik

Langkah untuk Menentukan Modal Usaha Toko Kosmetik

1. Mengetahui Modal Investasi Toko Kosmetik Online

Modal yang dibutuhkan untuk membuka toko kosmetik online bisa dibilang tidak terlalu banyak dan bahkan cenderung lebih praktis daripada bentuk toko yang lain. Hal ini disebabkan karena toko kosmetik online tidak membutuhkan biaya membangun etalase toko, sehingga modal yang diperlukan pun dapat dikurangi.

Anda dapat menjalankan bisnis dari rumah apabila telah memenuhi modal usaha toko kosmetik secara online ini. Peralatan yang perlu Anda gunakan untuk menjalankan bisnis secara online pun bisa dibilang termasuk sangat sederhana karena Anda hanya perlu laptop dan smartphone saja.

Modal usaha toko kosmetik online ini meliputi biaya yang bersifat tetap sehingga bisa dijadikan investasi di kemudian hari. Karena hanya membutuhkan laptop dan smartphone saja, Anda tinggal melakukan estimasi harga kedua barang tersebut. Biasanya, laptop membutuhkan modal investasi sebesar Rp 5 juta dan smartphone umumnya memiliki harga sekitar Rp 3 juta.

2. Mengetahui Modal Operasional Toko Kosmetik Online

Sementara itu, modal operasional yang dibutuhkan saat menjalankan toko kosmetik online ini cukup terjangkau. Anda hanya perlu membeli produk kosmetik sebesar Rp 10 juta, lalu tinggal memenuhi kebutuhan lain seperti biaya listrik dan kuota internet sebesar Rp 200 ribu.

Modal usaha toko kosmetik online juga harus mempertimbangkan biaya yang diperlukan untuk melakukan iklan atau promosi di media sosial yakni sebesar Rp 300 ribu. Selain itu, Anda juga bisa membayar biaya iklan di marketplace sebesar Rp 500 ribu.

Modal usaha toko kosmetik
Modal usaha toko kosmetik

3. Mengetahui Modal Investasi Toko Kosmetik Offline

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk merintis toko kosmetik secara offline atau dengan membuka etalase toko sendiri. Modal usaha toko kosmetik offline biasanya terdiri atas investasi awal dan juga modal operasional saat toko sudah dijalankan. Apabila Anda ingin mencoba membuka toko yang jauh lebih besar, tentu saja Anda pun juga harus mempersiapkan gaji karyawan Anda.

Modal usaha toko kosmetik offline sebagai investasimeliputi beberapa biaya yang memiliki sifat tetap, dan ada beberapa rincian tentang seberapa modal yang harus dikeluarkan pada kurun waktu satu bulan setelah toko mulai dirilis.

Biasanya, Anda harus mempersiapkan uang sebesar Rp 2 juta untuk membangun etalase toko. Lalu, persiapkan pula kursi, meja, dan juga rak sebagai alat untuk menaruh barang kosmetik dan tempat para kasir. Barang tersebut apabila dikalkulasikan dapat mencapai sekitar Rp 1,7 juta. Belum lagi, Anda juga harus mempersiapkan biaya untuk merenovasi ruang sebesar Rp 750 ribu.

4. Mengetahui Modal Operasional Toko Kosmetik Offline

Berbeda dengan modal investasi, modal operasional yang dibutuhkan untuk memulai usaha toko kosmetik offline meliputi beberapa hal seperti sewa lokasi, biaya telepon, listrik, upah karyawan, dan biaya produk kosmetik yang akan segera dijual suatu saat nanti.

Anda dapat membangun toko di rumah atau daerah sekitar tempat Anda tinggal untuk menghemat biaya sewa lokasi ini. Sama seperti modal investasi, modal usaha toko kosmetik offline terdiri atas beberapa hal.

Pertama Anda harus melakukan pembelian kosmetik dengan estimasi biaya sebesar Rp 10 juta, lalu biaya air, listrik, dan telepon yang harus digunakan untuk membantu aktivitas di toko sebesar Rp 200 ribu. Selain itu, Anda pun harus menentukan seberapa besar jumlah upah yang ingin Anda berikan pada karyawan, dalam rentang biaya Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta.

Tidak hanya itu saja, modal usaha toko kosmetik offline juga harus memenuhi biaya lain-lain yang bisa mencapai Rp 100 ribu. Sewa lingkungan pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit yakni berkisar antar Rp 2 juta sampai Rp 5 juta.

Modal usaha toko kosmetik
Modal usaha toko kosmetik

5. Menentukan Supplier

Dalam membuka toko kosmetik, hal paling krusial yang perlu dipenuhi tentu adalah supplier barang kosmetik yang nantinya akan ditaruh pada toko Anda. Stok kosmetik yang didapat dari mereka kemudian bisa Anda jual sehingga sangat penting untuk memilih supplier yang sesuai.

Modal usaha toko kosmetik yang juga harus memenuhi kebutuhan supplier tentu harus mempertimbangkan banyak hal. Anda harus memilih supplier yang memiliki kredibilitas terpercaya sehingga tidak akan ada masalah yang ditimbulkan saat pengguna mencoba menggunakan produk tersebut.

Selain itu, pertimbangkan pula seberapa besar harga beli yang ditetapkan oleh supplier tersebut. Jarak jauh dan dekat dari lokasi toko Anda pun juga harus menjadi salah satu pertimbangan sehingga apabila Anda kehabisan stok kosmetik, Anda tidak perlu berangkat jauh-jauh untuk mengambil barang kosmetik tersebut dan biaya perjalanan pun akan menjadi jauh lebih hemat.

6. Memprediksi Keuntungan yang Kemungkinan Diperoleh

Karena semakin banyaknya kompetitor yang semakin muncul dan menjadi saingan, Anda perlu berhati-hati untuk memilih produk kosmetik agar selalu sesuai dengan selera pasar sehingga keuntungan yang diperoleh pun akan semakin besar.

Dalam memenuhi modal usaha toko kosmetik, Anda harus memprediksi keuntungan yang kemungkinan bisa Anda peroleh di kemudian hari sehingga jumlah modal yang dikeluarkan pun tidak akan terlalu sia-sia. Mengingat konsumen perempuan senantiasa setia pada produk yang mereka sukai, Anda harus melakukan riset yang lebih mendalam terhadap kebutuhan pasar.

Modal usaha toko kosmetik
Modal usaha toko kosmetik

7. Menggaet Investor

Terakhir, Anda dapat menggaet investor yang berasal dari keluarga, rekan kerja, atau investor asing. Demi membuat modal usaha toko kosmetik terpenuhi dan membuat beban keuangan berkurang, tentu investor yang sanggup menginvestasikan uangnya pada bisnis kosmetik Anda dapat menjadi salah satu bantuan yang sangat menguntungkan.

Untuk membuat para investor tertarik pada bisnis Anda, usahakan membuat prospek dan konsep toko kosmetik yang Anda miliki menjadi sangat menjanjikan. Lalu presentasikan kepada calon investor tersebut bahwa uang mereka pasti akan tetap terjamin keuntungannya apabila mereka melakukan investasi pada bisnis yang nantinya Anda jalankan.

Meskipun begitu, Anda pun harus mengetahui bahwa langkah ini juga memiliki beberapa risiko karena Anda harus bisa memenuhi harapan para investor tersebut dalam membuat bisnis menjadi selalu sukses. Untuk itu, persiapkan diri dan bisnis Anda secara matang sehingga mampu meraih keuntungan dalam waktu yang sudah diperkirakan.

Modal usaha toko kosmetik
Modal usaha toko kosmetik

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai modal usaha toko kosmetik yang perlu Anda ketahui. Dengan melakukan riset dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kosmetik dan biaya yang diperlukan, tentunya Anda pun bisa menjalankan bisnis kosmetik dengan lebih terencana.