Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia

Contoh Lowongan Pekerjaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Menarik

4 views
Bagikan artikel ini

Bagi sebuah perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan di bidang tertentu, memasang iklan lowongan pekerjaan merupakan cara terbaik untuk mencari kandidat karyawan yang dibutuhkan. Anda sebagai pencari kerja pun pasti sudah banyak melihat beragam contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia di berbagai media.

Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia
Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia

Cara Membuat dan Contoh Lowongan Pekerjaan Bahasa Indonesia yang Menarik

Adanya iklan lowongan pekerjaan berfungsi sebagai pemberitahuan kepada masyarakat umum bahwa perusahaan yang memasang iklan tersebut sedang membutuhkan karyawan dengan spesifikasi sebagaimana yang sudah ditentukan. Beragam contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia mungkin sudah Anda lihat dalam berbagai bentuk dan jenis.

Nah, jika Anda memperhatikan berbagai contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia yang ditemukan di berbagai media, ada beberapa komponen penyusun yang tidak boleh terlewatkan. Sebelum mempelajari lebih lanjut contoh-contohnya tersebut, perhatikan dulu tips membuat lowongan pekerjaan yang baik dan menarik berikut.

1. Buat Judul Singkat

Bagian paling awal yang pasti dilihat saat Anda menemukan contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia adalah judul. Untuk membuat judul lowongan pekerjaan yang baik, sebaiknya tidak terlalu panjang. Judul yang pendek namun mengandung unsur jenis dan posisi yang dibutuhkan justru lebih efektif.

Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia
Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia

2. Logo dan Nama Perusahaan

Lowongan pekerjaan yang baik seharusnya menyertakan logo dan nama perusahaan. Hal tersebut berfungsi agar lowongan pekerjaan tersebut lebih dipercaya. Selain itu, dengan mencantumkan logo dan nama perusahaan, calon kandidat jadi bisa mencari tahu informasi perusahaan tersebut.

3. Cantumkan Deskripsi Pekerjaan (Job Description) Singkat

Aspek selanjutnya yang harus dicantumkan pada contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia yang baik adalah deskripsi pekerjaan. Hal ini perlu dicantumkan sehingga nantinya kandidat pelamar bisa mengetahui deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan jika diterima mengisi posisi pekerjaan yang dibutuhkan.

Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia
Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia

4. Persyaratan dan Kriteria Pelamar yang Dibutuhkan

Aspek berikut ini adalah aspek yang pasti dan harus ada dalam setiap contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia yang baik, yaitu kriteria atau persyaratan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Meski perusahaan memiliki kriteria tertentu, sebaiknya untuk poin ini, kriteria yang disebutkan tidak terlalu banyak. Dengan begitu, perusahaan bisa menjaring lebih banyak kandidat dan mencari yang paling sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan perusahaan.

5. Jika Dibutuhkan, Cantumkan Lokasi Kerja atau Penempatan

Poin berikutnya yang sebaiknya dicantumkan di dalam lowongan pekerjaan adalah lokasi kerja atau jika memang dibutuhkan lokasi penempatan kerja. Terkadang ada perusahaan yang menempatkan karyawan di kantor pusatnya, di tempat produksi atau bagian lain dari perusahaan.

Poin ini perlu untuk dicantumkan sebab bisa menjadi poin pertimbangan tertentu bagi kandidat pelamar. Misalnya, jika ada poin penempatan di luar kota, kandidat bisa mempertimbangkan apakah akan melamar atau tidak.

6. Gaji dan Fasilitas yang Disediakan

Cantumkan berapa kisaran gaji dan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan. Poin ini memang tidak selalu ada dalam setiap contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia. Namun, poin ini bisa dicantumkan untuk membuat agar lowongan pekerjaan tersebut menjadi lebih menarik.

Dengan mencantumkan kisaran gaji dan fasilitas yang ditawarkan pada posisi yang dibutuhkan, kandidat pelamar akan jadi lebih tertarik untuk melamar. Biasanya, fasilitas yang dicantumkan pada lowongan pekerjaan selain gaji misalnya fasilitas asuransi, tunjangan, hari libur, kendaraan untuk operasional dan lain sebagainya.

7. Jangan Lupa Mencantumkan Bagaimana Cara Melamar

Poin selanjutnya yang juga sangat penting dan harus dicantumkan pada lowongan pekerjaan adalah bagaimana cara melamar. Tanpa adanya informasi ini, semenarik dan sebagus apapun lowongan pekerjaan yang dibuat akan percuma. Hal tersebut akan membuat kandidat tidak tahu bagaimana cara memasukkan lamaran tersebut.

Untuk itu, di dalam lowongan tersebut harus dituliskan alamat lengkap kantor, email dan nomor telepon lengkap. Setelah menuliskan bagaimana cara kandidat melamar, misal harus dikirim ke kantor langsung atau melalui email, maka selanjutnya kandidat bisa mengirimkan sesuai dengan alamat email atau alamat kantor yang tersedia.

Nah, setelah mengetahui poin-poin apa saja yang harus ada pada lowongan pekerjaan yang baik dan menarik, selanjutnya perhatikan contoh-contohnya. Berikut adalah beberapa contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia yang baik dan menarik.

LOWONGAN KERJA

MASHITTA

Restoran Korea dengan pilihan menu dan rasa otentik

Dibutuhkan Posisi:

Waiter/Waitress

Kualifikasi:

  • Pria / Wanita
  • Usia 19-25 tahun
  • Penampilan Menarik
  • Minimal lulusan SMA/SMK / Sederajat
  • Rajin, Komunikatif, Jujur, Ramah dan

Dapat Bekerja Secara Individu atau dalam Tim

  • Penempatan Restoran Mashitta Surabaya

Kirim lamaran, CV dan pas foto berwarna terbaru 4×6 ke alamat:

Restoran Mashitta

Jln. Gatot Subroto No. 25 Surabaya

Contoh di atas adalah contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia sederhana yang sering ditemui di berbagai media. Berikut ini adalah contoh lain dari lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi pekerjaan di sebuah perusahaan. Karena itu kriteria dan persyaratannya juga lebih banyak dari contoh sebelumnya.

RUMAH SAKIT HUSADA PERSADA

Jl. Mayjend Sungkono No. 35 Balikpapan

DIBUTUHKAN SEGERA

PERAWAT

  • Usia maksimal 29 tahun
  • Pendidikan Terakhir D3 Keperawatan (Diutamakan Ners)
  • Memiliki Sertifikat PPGD/BTCLS
  • Memiliki Sertifikat kamar bedah / Hemodialisa / ICU (untuk unit khusus)
  • STR Aktif

Surat lamaran dan CV dapat dikirimkan ke bagian HRD Rumah Sakit Husada Persada

Jl. Mayjend Sungkono No. 35 Balikpapan

Atau

Email ke: rsuhusadapersada@gmail.com

Subjek: Lamaran Posisi Perawat

Contoh lowongan pekerjaan 3:

PT. BANK PEMBANGUNAN NEGERI

KANTOR CABANG KEBUMEN

Jl. Pembangunan No.15 Kebumen 

KESEMPATAN BERKARIR

PT. Bank Pembangunan Negeri adalah perusahaan perbankan yang melayani transaksi perbankan dan keuangan masyarakat, membuka kesempatan berkarir dan bergabung bersama kami, sebagai tenaga frontliner.

Persyaratan:

  • Pendidikan Minimal D3 PTN/PTS Terakreditasi
  • IPK Minimal 3,00 untuk PTN dan 3,25 untuk PTS
  • Usia Maksimal 25 tahun (belum berulang tahun yang ke-26 saat seleksi administrasi dilakukan).
  • Belum menikah
  • Berpenampilan Menarik
  • Tinggi Badan

Laki-Laki : 165 cm

Perempuan : 155cm

  • Mampu mengoperasikan computer minimal Microsoft Word dan Excel
  • Bersedia ditempatkan di Unit Kerja Bank Pembangunan Negeri di seluruh Kebumen

Berkas lamaran dimasukkan ke dalam amplop coklat ditulis posisi yang dilamar di pojok kiri atas dengan melampirkan:

  • Surat lamaran kerja yang ditujukan kepada pimpinan cabang Bank Pembangunan Negeri
  • CurriculumVitae (CV)
  • Copy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  • Copy KTP, kartu keluarga dan akta kelahiran
  • Copy SKCK yang sudah dilegalisir
  • Surat keterangan sehat
  • Pas photo 4×6 (3 lembar)
  • Photo 3R seluruh badan (1 lembar, tanpa editing)

Lamaran dikirimkan ke Kantor Cabag Bank Pembangunan Negeri cabang Kebumen Jl. Pembangunan No.15 Kebumen selambat-lambatnya tanggal 25 Februari 2021.

Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia
Contoh lowongan pekerjaan bahasa indonesia

Penutup

Itu tadi adalah penjelasan tentang bagaimana cara membuat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik serta beberapa contoh lowongan pekerjaan Bahasa Indonesia yang baik. Dari penjelasan tersebut semoga bisa membantu Anda dalam memahami bagaimana cara membuat iklan lowongan pekerjaan yang baik dan menarik.