cara menarik perhatian pelanggan

Cara Menarik Perhatian Pelanggan Dengan Sebuah Ledakan

Ketika anda sudah yakin bahwa pasar akan menerima produk anda, maka kini saatnya meluncurkan Masterpiece Anda ke pasar dengan sebuah ledakan. Cara menarik perhatian pelanggan adalah dengan sebuah ledakan. Kenapa perlu ledakan? Karena setiap hari pasar dihujani jutaan produk dan semuanya berusaha menarik perhatian. Kalau aksi yang anda lakukan hanya seperti riak gelombang yang kecil tentu saja aksi itu tidak akan berhasil menarik perhatian pasar. Berbeda kalau anda membuat ledakkan dengan gelombang besar pasti akan menarik perhatian pelanggan. Maka anda harus berani membuat ledakan, karena itulah cara menarik perhatian pelanggan dan pasar yang paling efektif. Lalu bagaimana caranya menciptakan ledakan perhatian itu? Yuk kita cari tahu di artikel ini.

cara menarik perhatian pelanggan
Cara menarik perhatian pelanggan

Cara Menarik Perhatian Pelanggan Dengan menciptakan Ledakan Perhatian

Bagaimanakan cara mernarik pelanggan dengan ledakan perhatian? Dan hal-hal apa sajakah yang harus diperhatikan? Berikut point-point penting yang harus diperhatikan.

Ciptakan Ledakan Perhatian

Ketika anda hendak presentasi di depan atasan sajikan sebuah presentasi yang isi dan tampilannya sangat memukau. Buat mereka terkagum-kagum dengan apa yang anda tunjukkan. Tambahkan video yang bisa membuat mereka terpana dan terkejut karena tidak menduga sebelumnya anda mampu melakukan itu. Poles laporan anda dengan infografis dan data-data yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

Buatlah mereka merasakan langsung manfaat dari produk Masterpiece anda. Cara menarik perhatian pelanggan yang tidak kalah pentingnya yaitu selesaikan masalah mereka. Bantu mereka supaya bisa merasakan beban hidupnya menjadi lebih ringan dengan kehadiran Masterpiece anda. Jadikan diri anda sebagai solusi yang seolah-olah Tuhan kirimkan untuk mereka dari langit. Anda tentu saja tidak boleh bergerak setengah hati ya dalam melakukan semua itu. Anda harus menginvestasikan waktu, pikiran, tenaga dan juga uang untuk memastikan ledakan masterpiece anda bisa dirasakan goncangannya oleh pasar, sehingga calon pengguna akan datang berbondong-bondong mencoba produk atau layanan anda.

cara menarik perhatian pelanggan
cara menarik perhatian pelanggan

Apple dikenal sebagai perusahaan yang mampu meluncurkan produknya dengan cara menarik perhatian pelanggan yang luar biasa sukses. Pada tahun 1984 mereka meluncurkan Macintosh dengan menayangkan video pendek pada saat berlangsung pertandingan Super Ball di Amerika Serikat. Saat itu kondisi keuangan Apple sebenarnya sedang tidak baik. Steve Jobs menggunakan sisa uang miliknya untuk membayar sutradara terkenal Ridley Scott membuat video tersebut. Hasilnya kemunculan itu dianggap sebagai peluncuran produk paling fenomenal sepanjang masa.

Tanggal 9 September 2014 Apple kembali meluncurkan Masterpiece terbarunya yaitu sebuah Smartwatch bernama Apple Watch. Jauh hari sebelumnya majalah, koran televisi, internet dan media sosial sudah dibuat sibuk membahas produk yang masih dirahasiakan bentuknya itu. Hebatnya lagi bukan hanya dunia teknologi yang dibuat heboh oleh berita Apple Watch tapi juga dunia fashion. Pada hari peluncurannya ribuan orang hadir menyaksikan Tim Cook CEO Apple yang baru pada saat itu, untuk menayangkan Apple Watch.

Bukan hanya wartawan, tetapi banyak artis terkenal, atlet dan juga pejabat tinggi yang hadir. Dan 1 tahun sejak peluncurannya lebih dari 4,5 juta unit Apple Watch terjual dan langsung menguasai 74% pasar Smartwatch dunia. Apple memang tidak pernah tanggung-tanggung ketika meluncurkan produk barunya. Mereka selalu berani menyuguhkan sesuatu yang spektakuler dengan cara menarik perhatian pelanggan dan pasar yang menarik. Persiapan peluncurannya pun direncanakan sampai memperhitungkan hal-hal yang detil seperti bagaimana Steve Jobs berlatih berminggu-minggu lamanya agar dia bisa tampil memukau di hadapan khalayak pada saat meluncurkan produk produknya.

cara menarik perhatian pelanggan
cara menarik perhatian pelanggan

Mungkin kita tidak punya merk yang kuat seperti Apple atau sumber daya yang besar seperti Apple tapi kan kita bisa belajar dong dari Apple tentang bagaimana membuat sebuah ledakan. Kalau kami menyimpulkan setidaknya ada lima pelajaran yang bisa kita ambil dalam cara menarik perhatian pelanggan:

Baca Juga :  Zack Snyder's Justice League vs Avengers: Fakta Film Superhero Terbaik

1. Fokuslah pada manfaat untuk pengguna bukan pada fitur produk

Apple tidak pernah mempromosikan sehebat apa processor, memory atau kartu grafisnya. Mereka fokus terhadap usaha menunjukkan bagaimana produk mereka bisa pada hidup para penggunanya. Bagaimana produk itu dapat memudahkan hidup pelanggan dan menjadi solusi atas kebutuhan mereka.

2. Kemas Masterpiece anda sebagus mungkin

Cara menarik perhatian pelanggan berikutnya yaitu buatlah pengguna bangga memiliki produk itu dan ingin menunjukkannya kepada orang lain. Sehingga dengan begitu secara otomatis pelanggan akan membeli dan mencintai produk anda.

3. Buat agar prospek jadi terinspirasi

Buatlah agar prospek menjadi terinspirasi untuk menjadi lebih dari dirinya sekarang. Kemudian jadikan masa bisa ada itu sebagai jalan untuk mewujudkannya. Faktor emosi ini akan mendongkrak nilai dari Masterpiece anda.

4. Persiapkan peluncuran masterpiece dengan baik

Persiapkan peluncuran Masterpiece dengan baik anda sebaik mungkin. Beranikan diri anda untuk melakukan atau menyuguhkan hal-hal yang besar. Investasikan waktu, tenaga, pikiran dan uang anda disitu. Ingat ya, anda sedang berusaha membuat ledakan sehingga anda harus All Out dalam semua itu.

5. Manfaatkanlah media massa

Cara menarik pelanggan yang tidak kalah penting yaitu manfaatkanlah media massa seperti TV, Radio, majalah atau koran sebagai daya ungkit promosi anda. Termasuk media berbasis internet yaitu online news, forum, media sosial dan jangan lupa juga dekati para blogger. Karena mereka pun punya pengaruh yang kuat terhadap pasar. Peluncuran Masterpiece tidak harus berlangsung di gedung mewah dan disiarkan secara langsung oleh televisi nasional karena intinya bukan disitu, intinya adalah bagaimana ledakan itu bisa dirasakan getarannya oleh para early adopter yang jadi sasaran anda.

cara menarik perhatian pelanggan
cara menarik perhatian pelanggan

Dengan kekuatan internet dan media sosial saat ini anda bisa kok menciptakan sebuah ledakan tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Nah bagi anda sebagai seorang karyawan yang memunculkan masterpiece anda didalam perusahaan tempat anda bekerja, usahakan target pasar anda misalnya atasan anda bisa merasakan ledakan itu. Pastikan ledakan itu juga dilihat oleh sebanyak mungkin pimpinan lainnya yang bisa menjadikan solusi untuk manajemen. Dalam hal ini maka ajang rapat tahunan bisa jadi anda manfaatkan sebagai panggung peluncuran Masterpiece anda.

Jadi buatlah sebuah ledakan dengan melakukan kelima hal cara menarik perhatian pelanggan diatas yang disebut tadi maka niscaya peluang anda akan lebih besar supaya Masterpiece anda bisa dilirik oleh banyak orang. Setelah ledakan itu bisa dirasakan guncangannya oleh target pasar anda, berikutnya edukasilah pasar anda. Beritahukan dan bimbing pengguna tentang bagaimana menggunakan masterpiece anda secara optimal, sehingga mereka bisa memperoleh manfaat yang paling maksimal.

cara menarik perhatian pelanggan
cara menarik perhatian pelanggan

Edukasi Pasar Dengan Baik

Peluncuran saja memang tidak cukup karena pekerjaan anda belum selesai. Lanjutkanlah cara menarik perhatian pelanggan dengan mengedukasi pasar karena langkah itu sangat penting. Terlebih jika Masterpiece yang anda perkenalkan itu merupakan sesuatu yang revolusioner yang belum pernah ada sebelumnya. Ledakan yang anda ciptakan saat peluncuran, baru bisa membuat orang lain melirik dan tertarik. Namun apakah mereka yang terguncang oleh ledakan itu kemudian terkonversi menjadi pelanggan setia? Nah itu belum tentu, kenapa? Karena sangat tergantung dari aksi anda dalam mengedukasi pasar.

Untuk melakukannya anda bisa memanfaatkan berbagai event seperti pameran, seminar atau bisa juga dengan menulis secara aktif diberbagai forum atau portal berita di internet yang relevan dengan produk atau pasar anda. Tentu saja anda bisa gunakan media sosial ya untuk memperkuat jangkauan dan juga intensitas dari pesan-pesan anda. Sekarang ini sudah tidak zamannya lagi ya nyebar brosur ,memasang spanduk atau baliho atau bahkan iklan di media masa.

Dalam hal ini anda harus lebih kreatif. Cara menarik perhatian pelanggan yang dilakukan oleh Uber yaitu memanfaatkan para driver dan pelanggannya untuk mengedukasi pasar. Uber memberikan voucher kepada siapa saja yang berhasil menarik pelanggan baru. Menciptakan ledakan itu ibarat kita berlari sprint, dibutuhkan energi besar yang terkonsentrasi dan semua itu dikerahkan secara masif,all-out dalam tempo yang singkat. Sementara mengedukasi pasar itu sama seperti lari marathon.

Baca Juga :  Pilihan Aplikasi Main Saham Terbaik yang Mudah Digunakan
cara menarik perhatian pelanggan
cara menarik perhatian pelanggan

Sumber daya yang ada harus dikeluarkan sedikit demi sedikit dan konsisten, sebab yang penting adalah seberapa jauh kita berlari dan bukan seberapa cepat kita bisa sampai di garis finish. Bagi anda yang menjual jasa atau produk masterpiece ke perusahaan atau disebut dengan Business to Business (B2B) diperlukan strategi yang sedikit berbeda. Anda perlu memperbanyak kontak langsung dengan prospek anda.

Presentasikan Masterpiece anda kepada anggota asosiasi industri pada saat mereka sedang melakukan sebuah pertemuan. Dan juga berikan layanan Pro Bono pada perusahaan-perusahaan yang jadi prospek anda. Intinya semakin banyak mereka menerima kontak langsung dari anda, semakin besar peluang mereka untuk membeli produk atau layanan anda. Maka setiap kali bertemu dengan prospek anda, perlakukan momen tersebut sebagai ajang peluncuran Masterpiece anda. Lakukan cara menarik perhatian pelanggan dengan menciptakan ledakan, buat mereka tercengang, lakukan apa yang sebelumnya kita sudah bahas dari proses launchingnya produk Apple. Khususnya langkah nomor 1 sampai dengan langkah nomor 4. Ingat ya lakukan keempatnya setiap kali anda bertemu dengan mereka.

Pelanggan corporate itu berbeda dengan pelanggan publik, karena publik itu emosional. Begitu mereka terpukau dan emosi mereka terpancing mereka bisa langsung memutuskan untuk membeli Masterpiece anda. Sedangkan kalau pelanggan corporate itu rasional, terlebih mereka harus menimbang-nimbang, membandingkan dan bahkan mendiskusikannya dulu dengan pihak-pihak terkait sebelum kemudian akhirnya memutuskan. Maka dari itu anda perlu terus menggempur mereka pada setiap terjadi kontak sampai akhirnya mereka menilai bahwa tidak ada pilihan yang lebih baik daripada apa yang anda tawarkan.

cara menarik perhatian pelanggan
cara menarik perhatian pelanggan

Dapatkan Tipping Point

Terlepas dari rencana anda mau menjual ke pasar publik atau corporate, tetap saja anda perlu mengedukasi pasar secara terus menerus sampai tercipta tipping point. Tipping Point adalah sebuah titik kejadian ketika semua hal berubah secara drastis dan sekaligus. Artinya pada saat itu hampir semua orang di pasar yang anda bidik berbondong-bondong mencoba masterpiece anda.

Ada sebuah kabar gembira datang dari penelitian yang dilakukan Rensselaer Polytechnic Institute. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa untuk bisa mencapai tipping point tadi, anda cukup mempengaruhi 10% populasi saja. Dari populasi kecil itu akan terbentuk bola salju yang akan mendorong terciptanya tipping point. Populasi yang perlu disasar cukup para early adopter, karena 68% populasi pasar tidak lain adalah early majority dan late majority sangat tergantung pada respon dari early adopter itu. Untuk memperbesar peluang tercapainya tipping point, Malcolm Gladwell menyarankan anda untuk fokus mengedukasi tiga kelompok orang saja:

  1. Maven

Kelompok pertama disebut dengan Maven, yaitu orang yang pintar dan pendapatnya dijadikan rujukan oleh orang lain.

  1. Connector

Yang kedua adalah connector, yaitu orang yang punya jaringan luas dan punya andil di berbagai bidang.

  1. Salesman

Salesman yaitu orang yang berkharisma dan pandai mempengaruhi orang lain.

Satu hal yang juga tidak kalah penting dalam cara menarik perhatian pelanggan adalah anda harus konsisten menjaga merk dan positioning Masterpiece anda. Untuk dapat menjaganya, maka apapun yang dilakukan atau dikatakan oleh anda atau oleh perusahaan anda semuanya harus semakin menguatkan merk dan positioning yang anda bangun. Hal itu diperlukan agar pasar semakin tertarik dan percaya pada masterpiece yang anda tawarkan.

Kalau masterpiece anda adalah tentang kecepatan, maka kecepatan harus selalu tercermin dari apapun yang anda atau perusahaan anda lakukan. Atau katakan begitupun kalau yang dijual adalah kemewahan, maka kemewahan itu juga harus tercermin secara konsisten dalam diri anda dan perusahaan anda. Hal ini penting karena pada saat mengedukasi pasar, bukan hanya ucapan anda yang diperhatikan oleh pasar, melainkan juga apa yang anda lakukan atau perusahaan anda lakukan.

Dalam hal ini, National Geographic Channel atau Nat Geo menjadi sebuah contoh yang bagus Nat Geo konsisten menjadikan ilmu pengetahuan sebagai konten utama dan satu-satunya pada semua tayangan yang mereka miliki. Setiap tayangan Nat Geo berbau ilmu pengetahuan, sebab hal itu merupakan merk dan positioning yang mereka pertahankan. Bahkan ketika Nat Geo membuat tayangan berbasis video di YouTube seperti yang banyak dilakukan oleh stasiun TV di seluruh dunia, mereka tidak mengorbankan idealisme dan positioningnya.

Baca Juga :  Cocok Buat Anak Desain! Inilah Tips dan Contoh Resume Desainer Baju

Nat Geo menayangkan program seperti Science of Stupid dan Danger Decoded. Apapun kondisinya, Nat Geo akan selalu berupaya membuat ilmu pengetahuan yang biasanya membosankan menjadi sebuah tontonan yang indah dan seru. Fokus dan singularitas Nat Geo itu membuat posisinya jadi semakin kuat dimata pasar. Semakin kuat positioning anda, maka semakin hidup masterpiece anda di benak pelanggan dan semakin besar pula peluang tipping point akan terjadi.

cara menarik perhatian pelanggan
Cara menarik perhatian pelanggan

Sajikan Dengan Indah

Dalam cara menarik perhatian pelanggan, pada saat anda menciptakan ledakan maupun ketika mengedukasi pasar, pastikan masterpiece anda tersaji secara indah sehingga menjadi pengalaman mengesankan yang tidak terlupakan. Keindahan yang anda tampilkan pada saat peluncuran akan membuat para early adopter melirik anda. Sementara keindahan yang ditunjukkan pada saat mengedukasi pasar akan mengkonversi mereka menjadi pelanggan, itulah cara menarik perhatian pelanggan yang elegan.

Keindahan yang anda sajikan pada saat mereka menggunakan produk atau layanan anda akan membuat mereka menjadi evangelist yang akan mempromosikan masterpiece anda pada para early majority dan late majority yang mengisi 68% dari pasar. Namun sebaliknya jika anda gagal menyajikan keindahan itu sehingga realitas yang dialami pelanggan berbeda dengan ekspektasi yang telah terbangun saat peluncuran dan edukasi, maka produk atau layanan anda tidak akan pernah bisa menyeberangi jurang untuk bisa diterima oleh para early majority apalagi late majority. Bahkan kegagalan itu bisa menghancurkan bisnis anda dalam waktu singkat.

cara menarik perhatian pelanggan
cara menarik perhatian pelanggan

Itulah yang terjadi dengan LippoShop.com yang merupakan salah satu pionir e-commerce di Indonesia. Pada akhir tahun 2000 LippoShop diluncurkan dengan janji yang sangat memukau. Kepada publik mereka menawarkan layanan belanja yang praktis, cukup lihat daftar barang di internet, klik atau telepon barang akan langsung diantar. Tawaran itu mereka sodorkan melalui iklan besar-besaran di berbagai media massa.

Berhasilkah LippoShop? Ternyata kurang dari satu tahun sejak peluncurannya tepatnya pada tanggal 31 Agustus 2001, secara resmi LippoShop.com ditutup. Ternyata pelanggan LippoShop banyak yang mengeluh karena barang yang sudah mereka pesan dan dibayar lunas tidak kunjung diterima. Tentu saja mereka kecewa karena ekspektasi yang terbangun antara lain melalui iklan tidak sesuai dengan kenyataannya. Mulai dari infrastruktur pemesanan, pergudangan sampai dengan pengiriman barang ternyata tidak terkelola dengan baik.

Alih-alih menikmati keindahan, para pelanggan justru merasakan kekecewaan demi kekecewaan. LippoShop kehilangan momentum dan terus merugi sampai akhirnya menyerah karena cara menarik perhatian pelanggan yang mereka lakukan malah sebaliknya dari yang mereka harapkan. Pengalaman LippoShop menjadi pelajaran yang sangat berharga. Sebelum luncurkan masterpiece, pastikan bahwa anda sudah memiliki infrastruktur yang siap menyajikan masterpiece Anda seindah mungkin pada seluruh titik moment of truth pengalaman pelanggan yang berinteraksi dengan anda.

cara menarik perhatian pelanggan
cara menarik perhatian pelanggan

Penutup

Terkait perusahaan yang mahir menyajikan keindahan, selain Uber kami juga mencontohkan Apple. Menurut kami, semua produk Apple itu bukan hanya terlihat indah namun pengalaman yang diperoleh pada saat menggunakan produk-produk itu pun juga terasa indah. Mereka bekerja dalam sebuah ekosistem yang terjaga sempurna, termasuk ketika anda belanja di Apple store, retailer resmi yang mereka miliki. Pengalaman yang kami temukan juga terasa indah, mulai dari proses memilih, konsultasi dengan staf sampai dengan membayar barang yang dibeli. Itu semua adalah pengalaman indah yang tidak terlupakan.

Bagaimana jika anda sudah terlanjur membeli produk Apple dan dua minggu kemudian berubah pikiran? Anda bisa kembali ke Apple Store tempat anda membeli produknya, kemudian kembalikan produk tersebut. Uang anda akan di refund secara utuh tanpa ada pertanyaan apapun dari mereka. Hebat ya! pantas saja ya kalau saat ini pasar menilai Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia. Teman-teman, sudah saatnya anda jadi Apple di profesi dan industri anda. Saatnya anda jadi berani dan indah dengan cara menarik perhatian pelanggan yang tepat.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat!