Cara melamar kerja via email

Tutorial Cara Melamar Kerja Via Email Yang Benar

30 views
Bagikan artikel ini

Seiring dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, menjadikan segala hal dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Termasuk dalam proses perekrutan karyawan yang kini dapat dilakukan secara online. Jika dahulu perusahaan mengharuskan pelamar mengirim langsung lamaran kerja ke kantor. Maka saat ini cara melamar kerja via email mejadi terobosan baru yang dimanfaatkan oleh perusahaan dalam merekrut karyawan baru.

Memang sangat disayangkan jika kecanggihan teknologi ini tidak dimanfaatkan secara maksimal. Selain lebih menghemat waktu, cara melamar kerja via email juga sangat efisien karena anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Anda pun juga dapat menggunakan PC,laptop maupun smartphone untuk mengirim lamaran lewat email. Berikut langkah-langkah mudah mengirim lamaran kerja melalui email.

Cara melamar kerja via email
Cara melamar kerja via email

Panduan Mengirim Lamaran Kerja melalui email

  1. Pertama, silahkan anda masuk ke akun Gmail terlebih dahulu. Jika sudah memiliki akun anda hanya perlu login saja, namun jika belum maka anda diharuskan membuat akun Gmail baru terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya klik tombol Compose yang terletak di sebelah kiri atas untuk mengirim email. Pada menu Compose ini juga dilengkapi dengan simbol plus “+” (plus). Yang artinya disinilah anda dapat menambahkan atau membuat pesan baru sebelum email dikirimkan.
  3. Setelah muncul halaman pembuatan email baru, di bagian paling atas terdapat kolom To atau kepada. Langsung saja ketikkan alamat email perusahaan penerima yang ingin dituju di kolom tersebut, kirimsaja@gmail.com.
  4. Dibawah kolom “To” terdapat kolom “Subject” email yang harus anda isi berupa posisi apa yang ingin anda lamar pada perusahaan terkait. Pada umumnya beberapa perusahaan yang menetapkan prosedur lamaran kerja melalui email akan memberikan kode-kode khusus terkait posisi apa yang ingin diisi oleh pelamar. Misalnya saja seperti kode AO untuk posisi Account Officer, kode SA untuk Store Associate, MKT untuk posisi Marketing dan masih banyak lagi.
  5. Kemudian masuk pada isi atau badan email yang juga wajib anda isi. Bisa dikatakan jika badan email ini menjadi pengganti dari surat lamaran kerja yang biasanya anda tulis secara manual di kertas. Badan email berisi tentang kalimat yang berkaitan dengan lamaran kerja, namun isinya tidak perlu sedetail layaknya lamaran kerja pada umumnya. Anda cukup memberikan penjelasan dengan bahasa dan kalimat yang sopan terkait permohonan lamaran yang dikirimkan. Yang harus diingat sekali lagi dalam cara melamar kerja via email, yaitu anda tidak boleh mengosongkan bagian badan email ini.
  6. Setelah selesai menuliskan kalimat lamaran kerja, lanjut ke lampiran atau attach. Ini menjadi bagian yang paling penting karena disinilah anda melampirkan segala persyaratan yang menjadi pendukung lamaran kerja. Caranya klik pada menu Paper clip atau attach, kemudian pilih beberapa file yang telah anda persiapkan untuk melengkapi persyaratan kemudian upload. Pastikan semua file-file yang terlampir tersebut terupload secara sempurna.
  7. Jika semua bagian email sudah terisi, maka telitilah kembali sebelum anda mengirimnya. Ketika anda sudah yakin bahwa kalimat lamaran kerja dan file persyaratan yang dilampirkan sudah benar maka klik “Send”. Pastikan juga jika email lamaran kerja tersebut benar-benar terkirim dengan mengeceknya pada folder sent. Jika email yang anda kirim tadi sudah berada di folder ini, maka tandanya email tersebut berhasil terkirim.
  8. Nah selanjutnya anda hanya tinggal menunggu saja respon dari pihak HRD terkait lamaran yang sudah terkirim. Jika beruntung, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama anda akan segera dipanggil.
Cara melamar kerja via email
Cara melamar kerja via email

Trik Agar Lamaran Kerja Via Email Cepat Diterima

Cara melamar kerja via email memang tidak ada bedanya dengan mengirim surat lamaran kerja secara langsung. Keduanya harus dibuat dengan sungguh-sungguh dan sebenar-benarnya. Namun dalam mengirim lamaran kerja menggunakan email anda bisa melakukan beberapa trik di bawah ini. Dengan melakukan trik tersebut peluang anda bisa diterima dalam perusahaan yang dituju akan semakin besar.

1. Persiapkan seluruh dokumen yang menjadi persyaratan

Pernahkan dokumen yang anda sertakan dalam lamaran kerja ternyata kurang karena terburu-buru dalam mengirim email? Inilah pentingnya mengapa anda harus mempersiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang diperlukan sebelum mengirim email. Pastikan jika dokumen yang disiapkan juga sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Biasanya beberapa dokumen yang harus dilampirkan sebagi berikut:

  • Surat lamaran kerja dengan bahasa yang sopan dan benar
  • CV (Curriculum Vitae) yang baik dan menarik
  • Scan ijazah dan transkrip nilai
  • Scan kartu identitas diri
  • Scan pas foto sesuai permintaan perusahaan
  • Scan sertifikat-sertifikat pendukung
  • pastikan anda tidak mengubah atau mengedit file asli
  • Pastikan jika file yang akan dikirimkan memiliki resolusi gambar yang baik, tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil
  • Pastikan format atau ekstensi file juga sudah sesuai dengan apa yang diminta oleh perusahaan. Seperti .pdf, .doc atau .jpeg.
  • Gunakan alamat email yang professional

Saat melamar pekerjaan di berbagai instansi, biasakan untuk menggunakan nama serta alamat email yang sesuai dengan nama lengkap anda. Dalam cara melamar kerja via email, hindari menggunakan alamat email dengan nama alias atau menambahkan kata lainnya pada email, sebab hal tersebut bisa saja menurunkan citra diri anda. Jika Anda belum memiliki alamat email yang sesuai dengan nama asli, maka buatlah alamat email baru menggunakan akun Yahoo ataupun Gmail.

2. Ikuti standar pengiriman email yang berlaku

Terdapat beberapa standar yang harus anda ketahui dalam mengirim lamaran kerja melalui email. Meliputi nama atau alamat penerima email yang dituju, subjek, isi atau badan email dan lampiran. Tulislah nama penerima email secara benar dan formal. Kemudian isi subjek sesuai dengan posisi yang anda lamar atau ikuti aturan yang diberikan perusahaan. Jangan lupa isi badan email dengan bahasa formal dan lampirkan dokumen pendukung yang diminta.

3. Waktu pengiriman email

Dalam mengirim lamaran kerja melalui email, anda juga tidak boleh mengirimnya secara asal saja lho. Sebaiknya kirim lamaran pada saat kantor dalam waktu jam kerja, yaitu antara pukul 09.00-12.00 dan 13.00-16.00. Cara melamar kerja via email tersebut akan menunjukkan bahwa anda adalah orang yang professional dan bersungguh-sungguh untuk melamar pekerjaan tersebut.

4. Pastikan alamat email perusahaan yang dituju sudah benar

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, sebaiknya cek dan pastikan bahwa alamat email perusahaan yang anda lampirkan sudah benar. Sebab jika anda salah menulisnya satu huruf saja, maka lamaran kerja yang dikirimkan tidak akan pernah sampai ke perusahaan. Oleh karena itu cek dan teliti dengan membacanya berulang-ulang dalam cara melamar kerja via email.

Cara melamar kerja via email
Cara melamar kerja via email

Penutup

Demikian bagaimana cara melamar kerja via email serta trik yang bisa dilakukan agar anda segera dipanggil oleh tim HRD. Jangan lupa untuk selalu mengiringi usaha dengan doa agar nantinya dalam melamar kerja anda selalu diberi kemudahan dan kelancaran. Jadi bagaimana apakah anda sudah siap untuk mulai mengirim lamaran kerja ke banyak perusahaan?