pertanyaan interview kerja fresh graduate

6 Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate Beserta Jawabannya Yang Tepat

Sebelum kamu melakukan interview kerja, khususnya bagi para fresh graduate, kamu perlu mengetahui beberapa pertanyaan interview kerja fresh graduate beserta jawabannya yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa melewati aktivitas ini dengan lebih mudah, dan bahkan kamu juga bisa mendapatkan penilaian yang bagus dari pihak recruiter-nya.

Seperti yang sudah kita semua ketahui, sebelum kamu diterima kerja di sebuah perusahaan tertentu, kamu pasti akan melewati proses interview terlebih dahulu, yang di dalam proses tersebut kamu akan diberikan beberapa pertanyaan untuk dijadikan penilaian apakah kamu sudah sesuai dengan posisi pekerjaan yang sedang dicari tersebut.

Bahkan, dari setiap pertanyaan yang ada di pertanyaan interview kerja fresh graduate ini biasanya ada juga yang sedikit menjebak, sehingga kamu harus bisa menjawabnya dengan melontarkan rangkaian kalimat yang mampu membuat pihak recruiter yakin dengan kemampuanmu.

Maka dari itu, di awal artikel kami mengatakan bahwa sebelum kamu menghadiri undangan interview kerja, kamu perlu mempelajari beberapa pertanyaan interview kerja fresh graduate yang umumnya akan ditanyakan dalam proses tersebut. Apalagi, sebagai seorang fresh graduate tentu kamu masih belum memiliki pengalaman apapun dalam dunia kerja, jadi tentu saja pemahaman seperti ini akan menjadi poin terpenting dalam aktivitas mencari kerja yang kamu lakukan.

pertanyaan interview kerja fresh graduate
Pertanyaan interview kerja fresh graduate

6 Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate Beserta Jawaban Lengkapnya

Jika kamu ingin sukses di pengalaman interview kerja yang hendak kamu lakukan, maka kamu perlu memahami informasi tentang keenam pertanyaan interview kerja fresh graduate yang ada di bawah ini. Dengan memahami penjelasan yang ada di bawah ini, kamu tidak akan takut lagi untuk menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak recruiter. Lalu, apa sajakah pertanyaan yang umumnya muncul dalam proses interview kerja bagi para fresh graduate? Berikut jawaban lengkap yang bisa kamu pahami kapan saja dan dimana saja:

Baca Juga :  Begini Contoh Membuat Lamaran Kerja yang Baik & Benar

1. Ceritakan tentang dirimu!

Umumnya, pertanyaan pertama yang akan diajukan oleh pihak recruiter adalah yang berkaitan dengan dirimu sebagai pelamar pekerjaan tersebut. Ketika pertanyaan ini diajukan oleh pihak recruiter, kamu tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal dan berikan jawaban yang apa adanya saja.

Ketika pihak recruiter mengajukan pertanyaan ini, kamu bisa menggambarkan secara detail terkait kepribadian dan kemampuan yang kamu miliki. Awali jawabanmu dengan menyebutkan nama, umur, asal kampus, dan jurusan yang kamu ambil. Setelah itu, kamu juga bisa menyebutkan beberapa prestasi yang sudah berhasil kamu raih. Dengan begitu, pihak recruiter akan lebih tertarik untuk memilihmu.

2. Apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki?

Untuk pertanyaan interview kerja fresh graduate yang kedua ini, akan lebih berfokus ke kelebihan dan kekurangan yang ada dalam dirimu. Kelebihan dan kekurangan ini bisa meliputi beberapa aspek tertentu, sehingga disini kamu wajib bisa mengenali kepribadian dan kemampuan yang ada dalam dirimu.

Umumnya, pertanyaan pertama yang akan diajukan oleh pihak recruiter dalam hal ini dimulai dengan kelebihan yang kamu miliki. Untuk menjawab pertanyaan interview kerja fresh graduate yang satu ini, kamu bisa menyebutkan kemampuan yang kamu miliki, sikap kepemimpinan dalam dirimu, peran seperti apa yang bisa kamu lakukan dalam sebuah tim, dan lain sebagainya.

Sementara itu, setelah menceritakan tentang kelebihanmu, biasanya kamu juga akan dituntut untuk memberitahu tentang kekurangan yang kamu miliki. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu tidak boleh berbohong. Kemas rangkaian kalimat dengan tepat, supaya kekurangan tersebut bisa menjadi kelebihan yang tak terduga.

3. Apa alasanmu melamar ke perusahaan ini?

Pertanyaan ini juga selalu muncul ketika kamu menghadiri proses interview atau wawancara kerja. Pastikan jawaban yang kamu ucapkan sudah dirangkai dengan sebaik mungkin tanpa mengurangi kejujuran yang ada di dalamnya. Salah satu jawaban yang bisa kamu jadikan contoh adalah katakan saja bahwa kamu merasa satu visi dan misi dengan tujuan perusahaan tersebut, sehingga kamu berpikir perusahaan itu bisa menjadi tempat belajar yang tepat untuk dirimu.

Baca Juga :  Contoh Melamar Kerja Online agar Mudah Diterima

Biasanya, seorang recruiter akan melihat dari jawaban ini untuk menilai apakah kamu memiliki keterampilan yang sesuai atau tidak. Selain itu, kepribadian dalam dirimu juga bisa terlihat secara jelas dalam pertanyaan ini, sehingga tidak mengherankan jika pertanyaan ini selalu dipertanyakan di setiap proses interview kerja.

pertanyaan interview kerja fresh graduate
Pertanyaan interview kerja fresh graduate

4. Apa yang kamu lakukan di waktu senggang?

Untuk pertanyaan interview kerja fresh graduate ini bertujuan untuk menilai apakah kamu termasuk tipe seseorang yang produktif atau tidak. Ketika kamu menjawab pertanyaan yang satu ini, pastikan kamu bersikap apa adanya, tetapi pastikan jawabanmu tersebut bermakna positif. Sebab, jawaban dari pertanyaan ini akan menjadikan nilai tambah tersendiri bagi dirimu, ketika kamu menjawabnya dengan beberapa kegiatan yang positif.

Namun, jika kamu menjawabnya dengan bermalas-malasan, tentu perusahaan akan berpikir lagi apakah harus menerimamu menjadi bagian dari perusahaan atau tidak. Yang pasti hal ini tidak akan menguntungkan buat dirimu.

5. Kenapa kamu memilih jurusan ini saat kuliah?

Pertanyaan interview kerja fresh graduate yang satu ini, akan menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki, sehingga ketika kamu mendapat pertanyaan seperti ini dari pihak recruiter, kamu perlu menjawabnya dengan benar dan meyakinkan. Pastikan kamu menjawabnya dengan rangkaian kalimat yang baik, karena ketika kamu melakukan hal ini, maka jawabanmu itu bisa menjadi nilai plus tersendiri bagi dirimu. Dengan begitu, peluang untuk kamu bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut juga akan semakin meningkat.

6. Apakah kamu siap untuk bekerja lembur?

Beberapa perusahaan tertentu memang menerapkan sistem lembur yang bisa dilakukan oleh pekerjanya. Maka dari itu, tidak mengherankan jika salah satu pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak recruiter juga akan sangat berkaitan dengan sistem kerja yang satu ini.

Baca Juga :  Tampil Percaya Diri dengan 12 Tips Interview Kerja Online ini

Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri untuk bisa lembur ketika sudah mulai bekerja di perusahaan tersebut. Jika dirimu sudah siap, maka kamu bisa mengatakan bahwa kamu siap untuk bekerja lembur. Namun, jika sistem lembur ini membuatmu berpikir kembali apakah perusahaan ini sesuai dengan keterampilan dan kebutuhanmu, maka kamu bisa mengatakan yang sejujurnya bahwa kamu masih belum siap.

Kamu tidak perlu khawatir jawaban dari pertanyaan ini akan menjadi penentu yang paling besar untuk kamu diterima atau tidaknya. Sebab, ketika kamu memiliki keterampilan yang sangat menjanjikan dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar, maka jawaban dari pertanyaan ini tidak akan terlalu penting bagi pihak recruiter.

pertanyaan interview kerja fresh graduate
Pertanyaan interview kerja fresh graduate

Kesimpulan

Yang terpenting ketika melakukan proses interview kerja adalah sikap percaya diri dan keberanian yang maksimal. Pastikan kamu berpakaian rapi ketika mengikutinya, supaya pihak recruiter bisa tertarik untuk mengenalmu secara lebih dalam lagi. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari beberapa pertanyaan interview kerja fresh graduate yang ada di atas, supaya kamu tidak bingung ketika salah satu pertanyaan tersebut benar-benar muncul di proses wawancara kerjamu.