bisnis fotocopi

Analisa Prospek Bisnis Fotocopian

Usaha fotocopi saat ini masih menjadi suatu kebutuhan masyarakat karena masih banyak urusan yang menggunakan jasa tersebut untuk mengurusi dokumen-dokumen yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai profesi seperti pelajar, pekerja kantoran, mahasiswa dan lain-lain pastinya tidak pernah lepas dari fotocopian sehingga anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keuntungan. Sebelum memulai bisnis fotocopian, sebaiknya anda mengetahui prospek bisnisnya dengan menggunakan cara-cara yang akan dibahas pada artikel berikut.

bisnis fotocopi
Bisnis fotocopi

Analisa SWOT Bisnis Fotocopian

            Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis fotocopian bisa dianalisa dengan menggunakan metode analisa SWOT usaha foto kopi untuk mengetahui segala seluk beluk yang dimiliki. Untuk itu, anda bisa menggunakan format ini untuk menggali lebih dalam potensi yang dimiliki oleh usaha fotocopian yang akan anda jalani.

– Strength (kekuatan)

            Pertama-tama anda harus mencari tahu strength yang dimiliki usaha anda. Kekuatan usaha fotocopi contohnya sumber daya manusia yang dimiliki beserta keunggulan dari kuantitas dan kualitasnya, modal yang cukup untuk mendirikan usaha, kemampuan membuat konsep dan praktik yang baik dan terstruktur, memperoleh hasil fotocopi yang bagus karena mesin terawat dan tinta yang berkualitas, dan kemampuan untuk mengembangkan usaha karena usaha awal berkembang dengan baik dan menghasilkan banyak keuntungan.

– Weakness (kelemahan)

            Selain itu, anda juga harus melakukan pengecekan atas kelemahan bisnis yang akan anda jalankan. Weakness yang biasanya dimiliki oleh bisnis fotocopian adalah jam kerja harus disesuaikan dengan kegiatan anda yang lain, kurangnya bahan baku yang murah dan berkualitas, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Tips Pilih Broker Investasi Saham Terbaik, Mudah dan Aman!

– Opportunity (peluang)

            Opportunity dalam bisnis ini tergolong banyak seperti pelajar dan mahasiswa yang lebih senang memfotocopi materi dibandingkan dengan membeli buku yang harganya cukup mahal, dibutuhkan oleh hampir semua orang, mampu menerima pekerjaan besar, dan lain-lain.

– Threats (tantangan)

            Adapun threats yang bisa anda hadapi saat memutuskan untuk bergerak di bidang bisnis fotocopi adalah belum adanya pemahaman mengenai karakter konsumen secara umum, terdapat banyak pesaing yang bergerak di bidang bisnis yang sama, dan lain sebagainya yang hadir sebagai tantangan yang akan menentukan kehidupan bisnis anda selanjutnya.

Target Pasar Bisnis Fotocopi

            Bisnis fotocopy banyak digunakan oleh orang lain sebagai media memperoleh banyak keuntungan. Bisnis ini terlihat simpel dan mudah dilakukan, namun menariknya mampu menjangkau hampir semua kalangan yang membutuhkan. Berikut ini merupakan peluang pasar yang bisa anda dapatkan saat memutuskan mendirikan usaha ini:

– Pelajar dan mahasiswa

            Pengguna jasa fotocopi banyak berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa, pasalnya penggunaan jasa ini digunakan untuk mencetak tugas yang diberikan. Pelajar dan mahasiswa seringkali menggunakan jasa scan dan printing menyangkut segala kebutuhan pendidikan yang mereka perlukan. Selain itu, mereka juga membutuhkan jasa fotocopi untuk melengkapi berkas-berkas administrasi yang diperlukan dalam urusan pendidikan mereka.

– Karyawan kantoran

            Target pasar lain adalah karyawan kantor dari suatu instansi, baik pemerintah maupun swasta sangat membutuhkan jasa fotocopi dalam berbagai urusan terkait. Anda bisa menyediakan berbagai jasa yang diperlukan untuk mendapatkan banyak keuntungan tentunya dengan berbagai strategi untuk menggaet mereka untuk menggunakan jasa yang anda tawarkan.

– Masyarakat secara umum

            Masyarakat umumnya memerlukan jasa fotocopi untuk melengkapi berkas-berkas yang mereka butuhkan seperti fotocopi KTP, akta lahir, ijazah, dan lain-lain. Hal ini pastinya bisa menambah keuntungan yang akan anda dapatkan apabila mereka berlangganan menggunakan usaha anda untuk mengurus berbagai keperluan yang mereka butuhkan.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat Dan Halal Tanpa Modal Yang Patut Dicoba!
bisnis fotocopi
Bisnis fotocopi

Tips Usaha Fotocopian yang Bisa Anda Terapkan

            Bergelut di usaha fotocopian terlihat sangat sederhana dan mudah dilakukan, namun tetap harus mempertimbangkan beberapa langkah jitu untuk menarik pelanggan. Anda bisa menggunakan tips berikut ini agar usaha anda berjalan dengan baik dan mampu berkembang dengan pesat.

– Memilih lokasi yang strategis

            Lokasi yang strategis akan mempengaruhi laku atau tidaknya bisnis anda. Anda harus mendirikan bisnis fotocopi di tempat banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut. Meskipun sebenarnya bisnis ini bisa dilakukan di mana saja, namun anda juga harus mempertimbangkan jumlah pengguna jasa fotocopi yang berada di suatu wilayah tersebut.

            Anda bisa memilih lokasi yang strategis di mana banyak orang yang membutuhkan jasa anda seperti di wilayah persekolahan atau kampus, di dekat kerja kantoran, dekat daerah kost, dan lain-lain yang memiliki banyak jumlah pengguna jasa tersebut. Dengan memiliki banyak pelanggan, anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

– Berilah layanan yang berkualitas

            Hasil yang anda tawarkan kepada pelanggan sangat erat kaitannya dengan kepuasan. Para pelanggan pastinya memilih bisnis fotocopi yang memberikan hasil yang berkualitas, jernih, jelas, tajam, serta memiliki tinta dan kertas yang tebal. Untuk itu, anda bisa menggunakan mesin fotocopi yang berkualitas uang bisa memberikan pelanggan kepuasan saat menggunakan jasa yang anda tawarkan.

– Mengutamakan pelayanan yang baik

            Selain kualitas produk, pelanggan juga sangat menilai dari segi pelayanan. Pelayanan yang baik pasti akan sangat disukai para pelanggan. Anda bisa memberikan pelayanan yang baik seperti respon yang ramah, penyelesaian masalah yang baik apabila pelanggan anda memiliki kendala saat menggunakan jasa yang anda tawarkan, serta bertanggung jawab atas kesalahan yang anda atau karyawan anda lakukan.

Baca Juga :  Usaha Sampingan Online Tanpa Modal Untuk Pemula

– Menghitung modal dan keuangan yang anda miliki

            Dalam menjalankan bisnis, anda perlu menghitung keuangan anda untuk menciptakan kondisi keuangan yang stabil dan keuntungan yang optimal. Anda bisa memperhitungkan antara modal awal yang anda butuhkan, simulasi keuntungan yang akan anda dapatkan per periode waktu tertentu, serta dana darurat yang anda perlukan apabila ada kerusakan perangkat yang anda gunakan.

bisnis fotocopi
Bisnis fotocopi

Penutup

            Begitulah informasi yang bisa anda baca dan gunakan dalam membangun usaha bisnis fotocopi yang masih memiliki prospek yang bagus untuk anda lakukan. Usaha ini sangat sesuai anda lakukan apabila anda ingin mendapatkan penghasilan yang besar tanpa harus melakukan hal yang rumit, karena salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah kemudahan dan kesederhanaan pekerjaan yang akan dilakukan.