menabung atau investasi

Tips Menentukan Menabung atau Investasi, Kenali Mana Yang Lebih Baik!

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang untuk kebutuhan, sedangkan investasi pengertiannya juga hampir sama. Namun, investasi dapat menghasilkan keuntungan lebih jika nilainya semakin naik. Bagi kamu yang sudah mempunyai penghasilan sebaiknya harus mengetahui apa saja tips dalam menentukan menabung atau investasi. Tentu hal ini akan berguna untuk mengelola keuangan.

menabung atau investasi
Menabung atau investasi

Beberapa Tips Menentukan Menabung atau Investasi

1. Pelajari perbedaan menabung dan investasi

Pada umumnya menabung dan investasi ini pengertiannya hampir sama, namun jika diteliti keduanya memiliki perbedaan. Orang yang menabung bisa menggunakan uangnya kapan saja karena bisa diambil sewaktu-waktu. Menabung juga dapat disimpan di rumah atau bank. Sedangkan investasi adalah penanaman modal dalam jangka waktu yang lumayan lama agar nilainya bisa bertambah.

Investasi sendiri biasanya disimpan di beberapa bursa yang memang khusus untuk penanaman modal. Tentu saat berinvestasi kamu tidak bisa langsung menggunakan uang tersebut karena dapat menyebabkan kerugian. Hal tersebut menjadi perbedaan yang harus diketahui sebelum memilih untuk menabung atau investasi agar kedepannya kamu tidak kebingungan saat memakai metodenya.

2. Menyusun tujuan

Menyusun tujuan ini penting sebelum menentukan menabung atau investasi agar kamu dapat menghitung pengeluaran dan pendapatan. Diketahui ada 3 tujuan yang harus dipertimbangkan dalam mengelola keuangan yaitu jangka pendek, menengah, dan panjang. Menentukan tujuan juga berguna agar kamu mempunyai target apa yang akan dicapai dan menyesuaikan dengan keuangan yang ada.

Menabung disarankan untuk orang yang memiliki tujuan pendek dan menengah karena uang dapat digunakan kapan saja sesuai keinginan. Akan tetapi jika kamu sudah merencanakan tujuan jangka panjang maka investasi adalah cara yang tepat. Biasanya orang yang mempunyai dana pensiun atau ingin mempunyai tabungan masa tua akan lebih memilih investasi karena nilai uang bisa naik.

Baca Juga :  Simak Bisnis Online Gratis Lewat Hp yang  Paling Sesuai Untuk Anda
menabung atau investasi
Menabung atau investasi

3. Tentukan efektivitas

Jika kamu sudah menentukan tujuan, maka dapat memikirkan apakah efektif menggunakan menabung atau investasi untuk mengelola uang. Tentu kamu tidak boleh salah pilih dan tentukan sesuai kebutuhan. Jika dana akan digunakan dalam waktu dekat maka efektif menggunakan tabungan karena mudah diambil melalui kartu ATM maupun datang langsung ke bank.

Akan tetapi jika dana tersebut tidak begitu diperlukan di waktu sekarang maka efektif menggunakan metode investasi. Investasi juga memungkinkan kamu mempunyai simpanan masa tua jika kedepannya sudah pensiun atau tidak bekerja. Maka dari itu sebagai pengguna yang baik harus teliti dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk menabung dan investasi.

4. Kenali keuntungan

Sebenarnya menabung atau investasi sama-sama memiliki keuntungan bagi penggunanya. Salah satu manfaat menabung adalah menambah jumlah dana cadangan atau darurat, bisa digunakan saat butuh mendadak, serta dapat disimpan di rumah atau bank. Tak hanya itu, kamu yang menabung di bank juga akan mendapatkan suku bunga tabungan meskipun nominalnya hanya sedikit.

Sedangkan keuntungan investasi yaitu nilai uang bertambah karena bunga yang didapatkan begitu besar sesuai kenaikan profit dan cocok untuk mempersiapkan dana masa depan. Kamu yang ingin investasi dapat bergabung ke bursa khusus. Biasanya kamu juga akan diajari tentang kenaikan investasi. Maka dari itu, mengenali keuntungan menabung dan investasi sangat penting dilakukan.

5. Ketahui resiko

Baik itu menabung atau investasi pasti mempunyai resiko masing-masing. Tingkat resikonya sendiri berbeda-beda ada yang besar maupun kecil tergantung jumlah uangnya. Resiko dari menabung yaitu nominal uang sulit berkembang karena bunga yang diberikan hanya sedikit. Lalu pada beberapa bank akan dikenakan biaya administrasi yang harus dibayarkan setiap bulannya dengan jumlah tertentu.

Investasi juga memiliki beberapa resiko salah satunya adalah turunnya nilai pasar saham yang bisa mengakibatkan nilai investasi tidak sesuai keinginan. Ada juga resiko inflasi yang membuat nilai tunai berkurang dan investor bisa rugi. Orang yang melakukan investasi ini harus bersabar dengan naik turunnya profit. Jadi kamu yang ingin mengelola uang harus jeli dalam mengenali resiko keduanya.

Baca Juga :  Panduan Trading Forex Pemula Termudah
menabung atau investasi
Menabung atau investasi

6. Alokasikan dana

Tips selanjutnya kamu harus menghitung berapa pengeluaran dan pendapatan tiap bulannya. Kemudian tentukan berapa persen untuk kebutuhan dan dana yang akan dimasukkan ke dalam tabungan atau investasi. Hal itu berfungsi agar jumlah uang yang dimiliki tidak habis begitu saja. Saat darurat pun tidak perlu takut kehabisan uang karena sebelumnya sudah menabung atau investasi.

Setelah itu, tentukan besarnya dana yang ingin ditabung untuk keperluan jangka pendek. Jika sudah, selanjutnya hitung berapa persen uang yang ingin diinvestasikan untuk kebutuhan di masa depan dalam jangka panjang. Kamu yang sudah berpenghasilan dapat menggunakan 2 metode ini. Namun jika kamu belum yakin memakai keduanya, maka dapat memilih salah satu saja sesuai kemampuan.

menabung atau investasi
Menabung atau investasi

7. Pilih jenis tabungan dan investasi

Bagi kamu yang ingin menabung atau investasi harus mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Tabungan di bank hanya berupa uang saja dengan jumlah minimal yang telah ditentukan. Namun nasabah bisa memilih jenis tabungan berupa giro, valuta asing, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat menggunakan ATM atau m-banking untuk melakukan proses transaksi sesuai keinginan.

Sedangkan jenis investasi bermacam-macam, kamu bisa menanam modal berupa uang, logam mulia, maupun saham. Semakin banyak dana yang diinvestasikan maka kemungkinan perolehan keuntungan bisa semakin besar. Tetapi tentu investasi dipengaruhi oleh naik turunnya profit yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Jadi kamu harus menentukan pilihan jenis tabungan dan investasi.

Baca Juga : Ketahui Lebih Dekat Pengertian dari Kredit Modal Kerja Adalah Suatu Fasilitas Kredit

8. Hitung suku bunga

Nasabah yang menabung di bank akan dikenai potongan biaya per bulannya sebagai imbal hasil terhadap bank tersebut. Namun kamu juga akan diberi suku bunga tabungan yang dapat menambah jumlah uang meskipun tidak terlalu banyak. Sedangkan pada investasi biasanya suku bunga yang diperoleh akan semakin besar, tetapi bisa pula turun tidak sesuai dengan harapan investor.

9. Amati perkembangannya

Jika sudah menerapkan metode menabung atau investasi kamu perlu mengamati perkembangannya. Kamu bisa mengamatinya setiap 6 bulan sekali untuk melihat apakah uang tersebut berkembang atau tidak. Hal tersebut sangat penting karena pasti semua orang ingin dana yang dimiliki jumlahnya bisa bertambah di waktu mendatang. Gunakan cara yang berbeda dalam melihat perkembangannya.

Baca Juga :  Investasi Rendah Risiko, Cocok Bagi Investor Pemula!

Tabungan dapat diamati dengan menghitung berapa suku bunga yang diperoleh setiap bulannya. Tak hanya itu setiap bulan kamu juga harus melihat berapa biaya potongan bank tersebut. Namun, pada investasi kamu dapat mengamatinya lewat naik turunnya profit saham. Biasanya investor mengeceknya secara berkala melalui HP karena profit tersebut sewaktu-waktu akan berubah.

menabung atau investasi
Menabung atau investasi

Tanya Jawab Seputar Menabung Atau Investasi

Menabung apakah termasuk investasi?

Menabung dan investasi adalah dua hal yang berbeda. Menabung merupakan menyimpan uang untuk kebutuhan jangka pendek yang bisa dicairkan atau diambil kapan pun, sedangkan investasi merupakan proses mengembangkan uang dengan tujuan jangka panjang.

Apa saja contoh investasi?

Produk Investasi
1. Reksadana. Jenis investasi ini merupakan yang paling banyak diminati.
2. Saham. Saham menjadi salah satu bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan
3. Emas. Selanjutnya adalah emas yang memiliki nilai peningkatan stabil setiap tahunnya, sehingga dapat menjadi alternatif jenis investasi aman.

Bagaimana cara menabung yang baik?

Bagaimana Cara Menabung yang Baik dan Benar?
1.Menyisihkan uang di awal
2. Gunakan metode menabung yang mudah
3. Buka rekening tabungan khusus
4. Tambah setoran tabungan dari dana nganggur
5. Singkirkan wish list tidak penting

Mengapa investasi lebih menguntungkan daripada menabung?

Hal ini disebabkan karena investasi jauh lebih fleksibel. Karena menjanjikan keuntungan yang lebih tinggi, tentu ada harga yang harus dibayar. Jika menabung hanya perlu membuka rekening tabungan, dan menyetorkan uang secara berkala, maka berinvestasi tidak sesederhana saat kamu menabung.

Apa yang dimaksud dengan investasi dan contohnya?

Investasi adalah aktivitas penanaman modal untuk dapat ditarik di masa depan dengan nilai yang lebih besar. Singkatnya, melalui investasi, seseorang berharap nilai dari suatu aset akan meningkat seiring waktu. Aset investasi dapat berwujud tenaga, waktu, emas, saham, reksadana dan sebagainya.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai tips untuk menentukan menabung atau investasi yang dapat diterapkan. Meskipun keduanya hampir sama, kamu harus menggunakannya sesuai kebutuhan dan kemampuan. Hal yang terpenting sisihkan uang untuk keperluan di waktu mendatang agar pendapatan tidak habis begitu saja. Gunakan informasi yang ada agar tidak salah memilih metode.

Baca Juga : Cara Investasi Properti Modal Kecil dengan Mudah