Jualan online tanpa modal dan stok barang

Jenis-Jenis Usaha Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang, Apa Saja Contohnya?

125 views
Bagikan artikel ini

Memiliki bisnis sendiri merupakan cita-cita dari mayoritas masyarakat karena peluang untuk bisa bekerja dengan fleksibel dan bisa mendapat keuntungan dari bisnis itu untuk diri sendiri. Anda bisa mulai untuk berpikir bisnis apa yang akan anda rintis. Berbicara soal modal untuk memulai bisnis, bisnis online membuka peluang anda untuk memulai usaha di dunia digital dengan modal yang sedikit atau bahkan tanpa perlu modal. Oleh karena itu, di artikel ini akan membahas mengenai jualan online tanpa modal dan stok barang yang dapat anda lakukan.

Jualan online tanpa modal dan stok barangdal dan stok barang
Jualan online tanpa modal dan stok barang

Inilah Jenis-Jenis Usaha Online Tanpa Modal yang Dapat Anda Lakukan

1. Menjadi Dropshipper

Menjadi Dropshipper adalah salah satu cara jualan online tanpa modal dan stok barang yang cukup efektif dan juga memberikan keuntungan yang lumayan besar apabila anda mengerti dalam melakukannya. Apa itu Dropshipper? Menjadi seorang Dropshipper berarti anda menjual produk suatu toko, distributor atau bisnis lainnya yang setelahnya tiap pesanan akan diproses oleh mereka dan dikirimkan kepada pemesan tanpa melibatkan anda.

Yang perlu anda lakukan hanya mengelola dan mencari pelanggan yang ingin memesan kepada anda, kemudian anda menyampaikan pesanan pelanggan tersebut kepada toko pilihan anda, dan segala urusan kemasan, produksi, dan juga pengiriman akan dilakukan oleh toko tempat anda memesan produk itu.

Jualan online tanpa modal dan stok barang
Jualan online tanpa modal dan stok barang dropshipper

2. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis ini merupakan salah satu contoh jualan online tanpa modal dan stok barang. Perkembangan zaman yang semakin modern ini membuat banyak orang memerlukan jasa desain grafis. Walaupun bisnis ini bisa dilakukan di rumah, Tapi jangan pernah anggap sepele bisnis desain grafis. Sebuah desain bisa menjadi mahal apabila anda seorang desainer grafis profesional.

Untuk satu desain biasanya memasang tarif ratusan ribu rupiah atau bahkan bisa sampai jutaan rupiah. Walaupun terkesan berpenghasilan tinggi, nyatanya bisnis ini merupakan bisnis yang bisa kita rintis tanpa modal. Hanya berbekal skill desain, kita bisa meraup banyak keuntungan.

Jualan online tanpa modal dan stok barang
Jualan online tanpa modal dan stok barang design grafis

3. Bergabung Dengan Afiliasi

Hampir mirip dengan dropshipping, afiliasi adalah bisnis jualan online tanpa modal dan stok barang dengan cara menjual produk pihak atau toko lain. Bedanya, pendapatan anda berasal dari fee(komisi) penjualan barang tersebut. Biasanya besarnya komisi anda tergantung dari kesepakatan 2 pihak, bisa antara 20% sampai dengan 50%. Kunci kesuksesan bisnis tersebut adalah bagaimana caranya anda bisa mendapatkan persentase komisi yang besar.

4. Membuka Kursus Online

Anjuran pemerintah untuk kita tetap belajar dari rumah membuat usaha kursus online kian banyak dicari. Ini bisa jadi salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan. Bukan hanya siswa, para karyawan perusahaan juga membutuhkan jasa kursus online untuk belajar dan memahami skill skill baru. Kursus online merupakan sebuah website yang memuat berbagai macam materi pengetahuan yang bisa anda akses dengan system berbayar.

Ada yang system berlangganan dan aja juga yang hanya sekali beli. Banyak platform yang membantu anda mencipatakan kursus online dengan sistem yang sangat baik. Anda cukup fokus menunjukkan skiil yang anda tawarkan. Salah satu contoh platform yang dapat membantu anda dalam hal menawarkan kursus online adalah WordPress. WordPress memiliki banyak plugin yang membantu anda untuk mengelola kursus, membuat kelas sampai manajemen portal pembayaran.

Jualan online tanpa modal dan stok barang
Jualan online tanpa modal dan stok barang

5. Berjualan Ebook

Ini adalah bisnis jualan online tanpa modal dan stok barang yang bisa dilakukan hanya dengan skill menulis anda. Karena untuk saat ini bisnis berjualan ebook sedang marak dicari. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang memudahkan akses untuk membuka buku digital dimanapun dan kapanpun. Tidak hanya itu, apabila anda ingin membeli buku digital maka banyak sekali toko buku digital yang menjual ebook.

Untuk menekuni bisnis ini, Pastikan anda memiliki kreativitas yang dapat menarik para pembaca dalam mebuat sebuah buku digital. Tidak hanya isi dari buku tersebut, tetapi juga harus dari tampilan dan desainnya.

Jualan online tanpa modal dan stok barang
Jualan online tanpa modal dan stok barang e-book

6. Menawarkan Jasa Terjemah

Anda memiliki keahlian bahasa asing? Kenapa tidak membuka jasa terjemahan? Peluang bisnis ini sangat menjanjikan. Tidak seperti berjualan yang menawarkan barang untuk dibeli, Bisnis jasa terjemah ini adalah bisnis jualan online tanpa modal dan stok barang yang bisa anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Saat ini akses informasi di internet kian banyak. Namun, mayoritas informasi tersebut masih dalam bentuk bahasa asing.

Artinya, dalam hal ini peran para penerjemah sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dalam bahasa yang mudah dimengerti. Sebelum masuk ke dalam bisnis ini, pastikan anda memiliki sertifikasi yang diperlukan. Hal ini berkaitan dengan reputasi anda sebagai penerjemah. Jika semua sudah terlaksana, mulailah anda mencari klien untuk memberikan anda pekerjaan tersebut.

Jualan online tanpa modal dan stok barang
Jualan online tanpa modal dan stok barang

7. Menjual Kemampuan Anda

Salah satu bisnis jualan online tanpa modal dan stok barang yang paling mudah dan murah untuk dilakukan adalah menjual keahlian anda. Misalnya anda mahir dalam hal coding, maka coba tawarkan jasa membuat web ataupun membuat aplikasi kepada calon pelanggan anda, atau misalnya anda mahir dalam hal fotografi, maka anda bisa menawarkan jasa untuk foto pra-wedding ataupun foto untuk kebutuhan sosial media.

Banyak hal yang bisa anda tawarkan kepada calon pelanggan anda, terutama apabila anda membuka jasa yang memerlukan aktivitas fisik seperti service TV,AC,Radio, mesin cuci, kulkas dan barang elektronik lainnya yang mungkin bisa anda perbaiki.

8. Menjual Informasi

Tidak hanya barang berupa fisik saja yang bisa anda jual, informasi-informasi yang berguna juga bisa anda jual. Melalui blog atau website, anda bisa menjual informasi yang berguna. Salah satu contohnya adalah menjual artikel yang berisi tentang topik tertentu. Dalam hal ini, setelah anda menulis sebuah informasi, anda hanya perlu mempromosikan dan memajang di website anda. Jika ada yang tertarik dengan karya anda, anda hanya cukup mengirimkan file tersebut melalui e-mail kepada pembeli karya anda tanpa harus mengeluarkan uang untuk bisa bertemu dengan pembeli anda.

Dengan ini, anda dapat menyalurkan hobi menulis anda dan menjadi sebuah bisnis jualan online tanpa modal dan stok barang yang sangat menjanjikan. Tidak hanya tulisan saja, anda juga dapat menjual video pembelajaran atau tutorila yang telah anda buat.

9. Jasa Konsultasi

Merasa jago dalam sebuah bidang? Ini saat untuk anda menjual keahlian, tidak perlu malu karena cara ini dapat menambah uang tabungan anda. Seperti misalnya anda ahli dan paham mengenai SEO atau Search Engine Optimization, keahlian anda bisa berharga mahal. Anda bisa menawarkan jasa konsultasi melalui berbagai Chanel yang anda ketahui.

Jualan online tanpa modal dan stok barang
Jualan online tanpa modal dan stok barang

Penutup

Itulah berbagai bisnis jualan online tanpa modal dan stok barang yang dapat anda lakukan. Sebagian besar adalah bisnis yang mudah untuk anda lakukan dimanapun dan kapanpun. Sekali lagi, pilih bisinis yang ingin anda jalankan dengan kemampuan dan minat yang anda miliki. Sebab, proses untuk menjadi sukses dalam hal menjalankan bisnis tersebut tidak bisa secara instan, melainkan butuh proses waktu. Untuk cara jualan online tanpa modal dan stok barang bisa anda baca di artikel berikut : Bagaimana Cara Membuat Usaha Tanpa Modal? Ikuti Cara Membuat Usaha Tanpa Modal Ini