pialang saham terbaik

Pilih Pialang Saham Terbaik! Jangan Asal Pakai Jasa Pialang Saham!

Pialang saham adalah istilah atau sebutan bagi seseorang yang berprofesi melakukan transaksi jual beli di pasar saham, atas perintah dari investor. Ada banyak perusahaan pialang saham di Indonesia, berikut informasi mengenai pialang saham terbaik.

Pialang saham disebut juga sebagai broker atau Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE), yang bekerja di bawah naungan Pedagang Perantara Efek (PPE). Pialang saham mewakili sekuritas dalam transaksi jual beli di Bursa Efek Indonesia (BEI) maupun transaksi di luar bursa.

pialang saham terbaik
Pialang saham terbaik

Apa Saja Tugas Pialang Saham Terbaik?

Perusahaan dengan pialang saham yang profesional melakukan tugas – tugasnya dengan baik. Profesi ini memang masih sangat kecil jumlahnya. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, per 24 September 2021, jumlah pialang saham di Indonesia hanya 7.359.

Jumlah tersebut masih sangat kecil jika dibandingkan dengan basis investor saham di BEI yang jumlahnya cukup tinggi, sekitar 2,7 juta investor. Salah satu penyebabnya mungkin karena untuk menjadi pialang saham, harus mendapatkan lisensi resmi dari OJK.

Nah, untuk mengantongi lisensi resmi OJK tersebut, tentu seorang pialang saham terbaik harus memiliki sertifikasi profesi pasar modal WPPE terlebih dahulu. Setelah itu baru diperbolehkan mengajukan permohonan lisensi resmi ke OJK.

Baca Juga :  Apa Saja Bisnis Toko Online yang Menjanjikan?
pialang saham terbaik
Pialang saham terbaik

Berikut Tugas – Tugas Pialang Saham!

Pada dasarnya, tugas pialang saham adalah menempatkan pesanan atas nama kliennya, saat melakukan transaksi di pasar. Pialang saham terbaik digaji berdasarkan kesepakatan dengan klien, baik individu maupun dari institusi. Berikut tugas pialang saham secara lebih rinci.

  • Melakukan transaksi jual beli saham sesuai dengan perintah atau keinginan investor.
  • Memberikan rekomendasi kepada investor mengenai saham apa yang tepat untuk dibeli atau dijual.
  • Serta, memberikan informasi, penjelasan, dan saran kepada investor mengenai proses jual beli saham, biasanya dilakukan secara berkala, dengan memantau perubahan kondisi pasar saham.

Berikut Peran Pialang Saham!

Selain tugas – tugas di atas, ada beberapa peran penting yang harus dilakukan oleh seorang pialang saham dalam melaksanakan tugas dari kliennya. Pialang saham harus memahami kondisi pasar saham dengan baik agar bisa memberikan informasi atau saran untuk investornya.

Seorang pialang saham juga harus memiliki kemampuan yang cepat dalam mengakses informasi. Seperti menggunakan layanan online atau internet untuk mempermudah pekerjaan, serta mendapatkan banyak informasi yang lebih akurat.

Bahkan kini sudah ada robo adviser yang mampu menyediakan manajemen investasi algoritmik melalui aplikasi antarmuka dari web maupun aplikasi seluler.

Perusahaan Pialang Saham Terbaik!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa perusahaan pialang saham harus mengantongi izin dari OJK dan memiliki izin usaha sebagai PPE, serta tercatat sebagai anggota dari BEI. Terdapat cukup banyak perusahaan pialang saham di Indonesia.

Namun untuk menangani transaksi jual beli saham, maka diperlukan seorang pialang saham yang kompeten, profesional, dan memiliki izin atau lisensi resmi dari OJK dan BEI.

10 Perusahaan Pialang Saham Terbaik

BEI merilis daftar 10 perusahaan pialang saham di Indonesia yang tercatat memiliki nilai transaksi saham terbesar selama 1 pekan, yaitu periode 31 Januari hingga 4 Februari 2022. Berikut adalah daftar perusahaan beserta besaran nilai transaksinya.

Baca Juga :  Aplikasi Tambang Crypto Pilihan, Cocok Untuk Pemula
  • Mirae Asset Sekuritas Indonesia (YP) dengan transaksi Rp 11,63 triliun.
  • UBS Sekuritas Indonesia (AK) dengan transaksi Rp 9,67 triliun.
  • JP Morgan Sekuritas Indonesia (BK) dengan transaksi Rp 5,24 triliun.
  • Indo Premier Sekuritas (PD) dengan transaksi Rp 4,83 triliun.
  • Mandiri Sekuritas (CC) dengan transaksi Rp 4,45 triliun.
  • Mandiri Sekuritas (CC) dengan transaksi Rp 4,45 triliun.
  • Semesta Indovest Sekuritas (MG) dengan transaksi Rp 3,37 triliun.
  • Maybank Sekuritas Indonesia (ZP) dengan transaksi Rp 3,08 triliun.
  • Credit Suisse Sekuritas Indonesia (CS) dengan transaksi Rp 2,66 triliun.
  • Nikko Sekuritas Indonesia (RB) dengan transaksi Rp 2,59 triliun.

BEI menjelaskan, berdasarkan data tersebut, kita bisa melihat bahwa transaksi investor asing mengalami pertumbuhan karena berbagai indikator yang ada di BEI pada minggu pertama di bulan Februari 2022.

pialang saham terbaik
Pialang saham terbaik

Apa saja kualifikasi yang harus dimiliki pialang saham terbaik?

Selain memiliki latar belakang pendidikan pada bidang yang selaras dengan saham dan keuangan. Ada beberapa kualifikasi atau karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pialang saham, berikut informasinya.

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Tugas pialang saham tentu berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, karena ia akan menjadi perantara dalam proses transaksi. Selain itu, pialang saham juga harus memahami situasi dan kondisi yang tepat untuk melakukan diskusi.

2. Tidak Memiliki Sifat Keras

Pialang saham juga tidak boleh memiliki sifat keras, seperti menekan keputusannya kepada investor, tanpa melakukan riset lebih lanjut. Hal ini tentu bisa menyebabkan kerugian bagi klien dan rusaknya jalinan komunikasi.

3. Memberikan Informasi yang Akurat

Pialang saham juga memiliki tugas memberikan update informasi dan rekomendasi kepada klien mengenai kondisi pasar saham secara akurat. Serta memiliki sifat sabar untuk menjelaskan hal tersebut kepada klien sampai klien bisa memahaminya.

4. Memiliki Lisensi Dari OJK

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa untuk menjadi seorang pialang saham, seseorang memerlukan izin resmi atau lisensi yang diberikan oleh OJK. Hal ini juga berkaitan dengan sertifikasi yang sudah dimiliki oleh pialang saham tersebut.

Baca Juga :  Ketahui Cara Menghitung Persentase Kepemilikan Saham dengan Benar
pialang saham terbaik
Pialang saham terbaik

Tanya Jawab Seputar Pialang Saham Terbaik

Berapa gaji pialang saham?

Gaji broker saham yang diberikan dari perusahaan biasanya berkisar Rp4.500.000 per bulan dengan jam kerja 40 jam per minggu. Namun, seorang broker saham dapat mendapatkan komisi yang jauh lebih besar, jika banyak orang yang bertransaksi saham.

Apa yang dimaksud dengan pialang saham?

Pialang atau broker adalah individu atau perusahaan yang berperan sebagai perantara jual dan beli saham di pasar modal atau perdagangan berjangka. Pialang biasanya bekerja pada sebuah perusahaan yang menjalankan aktivitas jual beli saham dan bekerja sesuai dengan etika bursa.

Apa sekuritas Terbaik?

Daftar Sekuritas Saham Terbaik Tahun 2022
1. BNI Sekuritas. PT Bank Negara Indonesia mengeluarkan perusahaan sekuritas dengan nama BNI Sekuritas.
2. BCA Sekuritas
3. Maybank Kim Eng Sekuritas
4. Mirae Asset Sekuritas Indonesia
5. Mandiri Sekuritas
6. Phillip Sekuritas Indonesia
7. PT Ajaib Sekuritas

Dimana beli saham yang aman?

Rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar OJK
1. Stockbit. Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah Stockbit.
2. IPOT. Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah IPOT.
3. Bibit. Aplikasi saham yang direkomendasikan adalah Bibit.
4. Bareksa
5. Mirae HOTS
6. RTI Business
7. MOST Mandiri
8. BCAS Best Mobile

Apakah pialang di gaji?

Rata-rata gaji Staf Kantor Pialang per bulan di Indonesia adalah sekitar Rp3.217.008, 10% lebih rendah dari rata-rata nasional.

Apa yang dilakukan pialang saham?

Makelar saham atau dikenal juga dengan broker saham atau pialang saham adalah orang yang memiliki izin atau lisensi melakukan transaksi jual-beli saham di bursa efek. Broker saham bertugas sebagai penghubung investor untuk transaksi jual beli saham, obligasi, dan mata uang asing di pasar modal.

Penutup

Berdasarkan informasi di atas, jelas bahwa, pialang saham terbaik berperan penting dalam proses transaksi jual beli saham yang dilakukan oleh seorang klien atau investor. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan jasa pialang saham yang profesional dan terpercaya.