laporan posisi keuangan perusahaan jasa

Pengertian dan Jenis Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Jasa, Yuk Cari tahu!

Keberadaan dari laporan posisi keuangan perusahaan jasa merupakan hal yang cukup penting bagi setiap perusahaan jasa ini. Apabila Anda mengelola usaha di bidang jasa, maka sangat penting agar memahami jenis laporan keuangan tersebut dengan baik.

Perusahaan jasa sendiri merupakan sebuah perusahaan dimana bergerak di bidang penjualan jasa atau keahlian tertentu. Sebagai contohnya adalah salon, layanan pengiriman barang ataupun bengkel kendaraan bermotor.

Nah sama seperti keberadaan perusahaan barang, tetapi keberadaan perusahaan jasa juga membutuhkan laporan keuangan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silahkan simak penjelasan mengenai pengertian dan jenis laporan posisi keuangan perusahaan jasa berikut ini.

laporan posisi keuangan perusahaan jasa
Laporan posisi keuangan perusahaan jasa

Pengertian Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Jasa

Dalam menjalani aktivitas bisnis termasuk bisnis menyediakan jasa, maka keberadaan dari laporan posisi keuangan perusahaan jasa merupakan hal yang penting. Itulah mengapa pentingnya agar memahami lebih lanjut mengenai laporan keuangan tersebut.

Adapun laporan keuangan dari perusahaan jasa merupakan hasil suatu siklus akuntansi perusahaan. Nantinya keberadaan laporan tersebut akan berguna sebagai media komunikasi dengan berbagai pihak yang mempunyai kepentingan.

Keberadaan dari laporan tersebut nantinya dapat menggambarkan bagaimana data atau aktivitas keuangan dari perusahaan. Dengan begitu, maka pihak dengan kepentingan seperti investor dapat melakukan identifikasi kondisi perusahaan.

Baca Juga :  Apa Saja Bisnis Toko Online yang Menjanjikan?

Untuk membuat laporan posisi keuangan perusahaan jasa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laporan keuangan perusahaan sama. Sebab bentuk laporannya juga menggunakan catatan aktivitas atau tindakan dari perusahaan dimana berkaitan dengan keuangan di periode tertentu.

Di dalam laporan posisi keuangan perusahaan jasa biasanya juga akan terdapat sejumlah komponen penting seperti nama perusahaan, cakupan laporan keuangan, tanggal atau periode akuntansi dimana mencakup laporan keuangan hingga satuan angka yang digunakan.

laporan posisi keuangan perusahaan jasa
Laporan posisi keuangan perusahaan jasa

Jenis Laporan Keuangan Pada Perusahaan Jasa

Setelah memahami bagaimana pengertian di atas, berikutnya Anda harus memahami apa saja jenis dari laporan posisi keuangan perusahaan jasa ini. Laporan tersebut nantinya akan menyajikan akhir periode dimana terdiri dari laporan laba rugi, arus kas, neraca maupun perubahan modal.

Untuk jenis laporan posisi keuangan perusahaan jasa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laporan perusahaan barang. Agar tidak bingung lagi, berikut penjelasan mengenai jenis laporan keuangan tersebut.

1. Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Jasa : Neraca

Neraca (balance sheet) atau laporan posisi keuangan merupakan bentuk laporan keuangan dimana menyajikan informasi mengenai perubahan pada keuangan. Misalnya saja posisi keuangan dalam bentuk aset, kewajiban, liabilitas hingga modal di dalam satu periode akuntansi.

Di dalam proses penyusunan jenis laporan posisi keuangan perusahaan jasa ini, maka rekening lancar sebaiknya harus didahulukan proses penyusunannya dan barulah diikuti dengan rekening kurang lancar. Untuk menyusun neraca ini, maka dapat dilakukan dengan dua bentuk:

  • Pertama, neraca dapat dibuat dengan bentuk stefel yakni data disajikan secara vertikal dengan harga atau aktiva di bagian atas, sedangkan kewajiban dan modal di bagian bawah. Neraca jenis inilah sering disebut dengan laporan vertikal.
  • Sedangkan neraca yang tersaji dalam bentuk skontro atau bentuk data akan memperlihatkan harta atau aktiva di bagian kiri, sedangkan modal dan kewajiban di bagian kanan. Selain dikenal dengan sebutan skontro, neraca ini juga sering disebut sebalah-menyebelah.
Baca Juga :  Website Bisnis Online : Pengertian dan Langkah Pembuatannya

2. Laporan Laba Rugi

Jenis laporan posisi keuangan perusahaan jasa berikutnya adalah laporan laba rugi. Dimana laporan tersebut akan memberikan informasi mengenai semua pendapatan serta beban perusahaan di dalam satu periode akuntansi.

Biasanya laporan ini akan dibuat pada akhir periode dari perusahaan. Fungsi utama dari laporan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja dari perusahaan. Beberapa komponen yang terdapat di dalamnya antara lainnya:

  • Pendapatan
  • Harga pokok pendapatan
  • Beban usaha
  • Beban penjualan
laporan posisi keuangan perusahaan jasa
Laporan posisi keuangan perusahaan jasa

3. Laporan Arus Kas Perusahaan

Di dalam laporan posisi keuangan perusahaan jasa juga terdapat laporan arus kas perusahaan. Sesuai dengan namanya, laporan tersebut akan berisi arus kas masuk dan keluar dalam periode tertentu di perusahaan. Sedangkan tujuannya yakni menyajikan informasi secara detail kepada pihak tertentu yang akan menilai keuangan perusahaan.

Laporan tersebut biasanya akan berisi informasi arus kas di dalam kegiatan investasi, operasional maupun keuangan. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai laporan posisi keuangan perusahaan jasa:

  • Arus kas dari aktivitas operasional menjadi sumber utama di dalam komponen laporan keuangan. Arus kas inipun dapat meliputi penerimaan jasa dari penjualan jasa, pembayaran kas kepada karyawan hingga penerimaan kas dari pemasok
  • Arus kas dari kegiatan investasi merupakan penerimaan sekaligus pengeluaran dimana berkaitan dengan tujuan menghasilkan pendapatan di masa depan
  • Arus kas aktivitas pendanaan dimana berasal dari penerimaan kas emisi saham, penerimaan kas emisi obligasi hingga pelunasan pinjaman.

4. Laporan Perubahan Modal

Masih ada jenis laporan posisi keuangan perusahaan jasa yakni perubahan modal atau ekuitas. Ini merupakan laporan dimana menyajikan informasi mengenai semua perubahan yang terjadi pada modal perusahaan di dalam kurun waktu tertentu.

Di dalamnya juga terdapat beberapa unsur penting seperti modal awal, setoran atau penarikan, laba rugi bersih serta modal akhir. Di dalam hal ini, modal sebuah perusahaan dapat bertambah apabila laba perusahaan lebih besar dibandingkan prive.

5. Laporan Hutang

Terakhir ada laporan hutang yang akan menampilkan informasi berupa transaksi penambahan atau pengurangan hutang perusahaan. Selain itu, juga informasi berkaitan besaran saldo akhir hutang kepada setiap supplier.

laporan posisi keuangan perusahaan jasa
Laporan posisi keuangan perusahaan jasa

Tanya Jawab Seputar Laporan Posisi Keuangan Perusahaan Jasa

Apa itu laporan posisi keuangan perusahaan jasa?

Laporan posisi keuangan adalah dokumen yang menyajikan informasi mengenai aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Laporan ini memberikan gambaran tentang kondisi keuangan perusahaan jasa, termasuk sumber daya yang dimiliki dan tanggung jawab keuangan yang harus dipenuhi.

Baca Juga :  Mengenal Fintech Data Center: Infrastruktur Penting dalam Industri Fintech

Apa saja komponen utama yang terdapat dalam laporan posisi keuangan perusahaan jasa?

Laporan posisi keuangan umumnya mencakup tiga komponen utama, yaitu aset (termasuk aset lancar dan aset tetap), kewajiban (termasuk kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang), serta ekuitas pemilik. Komponen-komponen ini memberikan informasi tentang sumber daya perusahaan, kewajiban yang harus dipenuhi, dan investasi dari pemilik.

Mengapa laporan posisi keuangan perusahaan jasa penting?

Laporan posisi keuangan penting karena memberikan gambaran menyeluruh tentang kondisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu. Informasi ini sangat berguna bagi pihak-pihak yang berkepentingan, seperti pemegang saham, kreditur, dan manajemen, untuk membuat keputusan yang informasional dan strategis.

Bagaimana cara membaca dan menganalisis laporan posisi keuangan perusahaan jasa?

Untuk membaca dan menganalisis laporan posisi keuangan, langkah awalnya adalah memahami struktur dan komponen laporan. Selanjutnya, perhatikan tren keuangan dari waktu ke waktu, evaluasi rasio keuangan seperti likuiditas dan solvabilitas, serta tinjau catatan-catatan penjelasan yang biasanya disertakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

Apa perbedaan antara laporan posisi keuangan perusahaan jasa dengan perusahaan manufaktur?

Perbedaan utama antara laporan posisi keuangan perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur terletak pada sifat aset yang dimiliki. Perusahaan jasa cenderung memiliki aset yang bersifat non-fisik, seperti keahlian dan reputasi, sedangkan perusahaan manufaktur memiliki aset fisik seperti persediaan dan pabrik. Oleh karena itu, struktur laporan posisi keuangan keduanya dapat berbeda.

Tidak hanya perusahaan barang saja, tetapi keberadaan perusahaan jasa juga membutuhkan laporan keuangan di dalam menjalankan usaha agar berjalan dengan optimal. Karena itulah pastikan memahami dengan baik laporan posisi keuangan perusahaan jasa tersebut.