cara jual emas antam

Cara Jual Emas Antam Tanpa Ribet, Pasti Untung!

Berinvestasi dalam emas Antam menjadi pilihan yang populer di kalangan masyarakat karena potensi keuntungan jangka panjang yang ditawarkannya. Kita harus mengetahui terlebih dahulu cara jual emas Antam sebelum berinvestasi emas Antam. Emas dianggap sebagai instrumen investasi yang stabil nilainya dan tahan terhadap inflasi, serta harganya yang cenderung selalu naik dari tahun ke tahun.

Namun, ada kalanya seseorang ingin menjual emas Antam miliknya untuk alasan tertentu. Sebelum melakukannya, penting untuk mempertimbangkan waktu yang tepat agar tidak merugi. Berikut adalah prosedur dan tips untuk menjual emas Antam agar tetap menguntungkan.

cara jual emas antam
Cara jual emas Antam

Prosedur Cara Jual Emas Antam

Untuk membeli emas Antam dalam cara jual emas Antam ini, Anda dapat mengunjungi salah satu dari gerai-gerai emas Antam yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda akan diminta untuk menunjukkan identitas diri dan menyelesaikan transaksi pembayaran. Setelah transaksi selesai, Anda akan menerima emas Antam dalam bentuk batangan atau koin. Pembayaran dapat dilakukan dengan uang tunai atau dengan kartu kredit. Untuk pembelian dalam jumlah besar, Anda mungkin perlu memberikan informasi tambahan seperti alamat dan nomor telepon.

Sebelum melakukan transaksi buyback emas batangan Antam, ada beberapa hal yang perlu dipenuhi sebagai syarat. Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi dalam cara jual emas Antam:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Sertifikat dan nota pembelian emas Antam asli
  • Foto emas fisik (jika dijual selain ke program marketplace)
  • Nomor rekening
Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini Fungsi VPN untuk Keamanan Data

Untuk menjual emas Antam, Anda dapat mengikuti langkah-langkah cara jual emas Antam berikut:

  • Siapkan dokumen identitas diri seperti KTP atau SIM yang masih berlaku.
  • Kunjungi gerai emas Antam terdekat. Anda dapat menemukan lokasi gerai emas Antam di website resmi Antam.
  • Tunjukkan dokumen identitas diri Anda kepada karyawan gerai emas Antam dan berikan emas batangan atau koin Antam yang ingin Anda jual.
  • Karyawan gerai emas Antam akan melakukan pengecekan kualitas emas dan memberikan harga jual sesuai dengan harga pasar saat itu.
  • Setelah Anda setuju dengan harga jual yang diberikan, Anda dapat menyelesaikan transaksi dengan menyerahkan emas Antam dan menerima uang tunai atau transfer bank sebagai pembayaran.
  • Jangan lupa untuk mencatat transaksi dan meminta bukti pembayaran dari gerai emas Antam sebagai dokumentasi.

Persyaratan yang disebutkan sebelumnya berlaku umum untuk menjual emas batangan Antam, baik melalui Butik Antam, marketplace, atau jalur lainnya. Jika Anda ingin menjual emas Antam melalui Butik Antam, Anda harus melakukan pendaftaran di website resmi mereka dan menunggu proses verifikasi data sebelum mengambil nomor antrian untuk transaksi.

cara jual emas antam
Cara jual emas Antam

Tempat Aman Untuk Menjual Emas Antam

Beberapa tempat yang aman dan terpercaya untuk cara jual emas Antam diantaranya:

1. Gerai Emas Antam

Gerai resmi emas Antam di seluruh Indonesia merupakan tempat yang aman dan terpercaya untuk menjual emas Antam. Anda dapat menemukan lokasi gerai emas Antam di website resmi Antam.

2. Bank-bank Nasional

Beberapa bank nasional seperti BRI, BNI, dan BCA memiliki fasilitas jual beli emas Antam. Anda dapat menjual emas Antam melalui kantor cabang bank tersebut.

3. Dealer Emas

Dealer emas yang terdaftar di Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) adalah tempat yang aman dan terpercaya untuk menjual emas Antam.

4. Online marketplace

Terdapat beberapa online marketplace yang menyediakan fasilitas jual beli emas Antam. Namun perlu diingat untuk melakukan riset cara jual emas Antam dan memastikan legalitas dari penjual sebelum melakukan transaksi.

5. Lembaga Pemeringkat Efek

Lembaga pemeringkat efek di Indonesia yang terdaftar di Bapepam-LK, seperti Pefindo, Pemeringkat Efek Indonesia, atau PT Pemeringkat Efek Indonesia juga dapat dijadikan tempat yang aman dan terpercaya untuk menjual emas.

Baca Juga :  9 Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Untuk Menambah Pendapatan

Ingatlah bahwa selalu penting untuk melakukan riset dan memastikan legalitas dari penjual sebelum melakukan transaksi dalam cara jual emas Antam.

cara jual emas antam
Cara jual emas Antam

Kelebihan dan Kekurangan Emas Antam

Dalam berinvestasi emas Antam, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam cara jual emas Antam.

Kelebihan Emas Antam

  1. Nilai jual yang stabil dan cenderung naik dari tahun ke tahun.
  2. Tahan terhadap inflasi dan tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi yang tidak stabil.
  3. Dapat digunakan sebagai tabungan jangka panjang atau investasi.
  4. Dapat dibeli dalam jumlah kecil atau besar.
  5. Dapat digunakan sebagai jaminan dalam transaksi keuangan.

Kekurangan Emas Antam

  1. Harga yang cenderung mahal dibandingkan dengan investasi lainnya.
  2. Biaya pemeliharaan dan penyimpanan yang cukup tinggi.
  3. Risiko pencurian atau kerusakan jika tidak disimpan dengan baik.
  4. Dapat mengalami kerugian jika harga jual tidak sesuai dengan harapan.
  5. Nilai jual yang diterima mungkin tidak sama dengan nilai beli karena perubahan harga pasar.
  6. Dalam beberapa kasus, pembelian emas Antam dalam jumlah besar dapat memerlukan prosedur verifikasi yang panjang dan ketat.

Strategi Jual Emas Antam agar Untung

Untuk cara jual emas Antam agar untung, Anda dapat mengikuti beberapa strategi berikut:

  1. Timing: Pastikan dalam cara jual emas Antam pada saat harga emas sedang tinggi. Anda dapat memantau harga emas secara reguler melalui website resmi Antam atau situs harga emas lainnya.
  2. Jangan terlalu cepat menjual: Jangan terlalu cepat menjual emas Anda jika harga sedang turun. Ini dapat menyebabkan Anda merugi. Sebaiknya tunggu hingga harga emas kembali naik.
  3. Bijak dalam menentukan jumlah: Jangan terlalu banyak menjual emas Anda dalam satu waktu. Ini dapat menyebabkan harga jual Anda jatuh. Sebaiknya jual emas Anda dalam jumlah kecil-kecil.
  4. Jual pada tempat yang tepat: Jual emas Anda pada tempat yang aman dan terpercaya, seperti gerai emas Antam, bank nasional, atau dealer emas yang terdaftar di Bappebti.
  5. Bijak dalam menentukan harga: Sebaiknya jangan terlalu terpaku pada harga yang Anda inginkan. Anda harus realistis dan bersedia untuk menjual pada harga pasar saat itu. Namun jangan terlalu murah juga.
  6. Jangan terlalu terpengaruh isu pasar: Jangan terlalu terpengaruh oleh isu pasar yang beredar, karena akan membuat Anda salah dalam menentukan waktu yang tepat untuk menjual emas Anda.
  7. Jangan melakukan transaksi dengan pihak yang tidak dikenal: Jangan melakukan transaksi dengan pihak yang tidak dikenal seperti online marketplace atau lembaga tidak terdaftar.
Baca Juga :  Daftar Lengkap Peluang Usaha Modal 200 Ribu
cara jual emas antam
Cara jual emas Antam

Tanya Jawab Seputar Cara Jual Emas Antam

Apakah emas Antam bisa dijual di toko emas?

Emas Antam dapat diperjualbelikan dimana saja bahkan hingga ke luar negeri. Dengan demikian, emas Antam seharusnya bisa dijual kembali oleh pelanggan di toko emas berbagai daerah.

Berapa potongan kalau jual emas Antam?

Sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017, penjualan kembali emas batangan ke PT ANTAM Tbk dengan nominal lebih dari Rp 10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5% (untuk pemegang NPWP dan 3 % untuk non NPWP).

Kenapa harga emas di Antam lebih mahal?

Melansir dari berbagai sumber, emas Antam lebih mahal disebabkan oleh berbagai faktor yang memengaruhinya. Diantaranya yaitu faktor biaya produksi yang dikenakan oleh Antam. Biaya produksi tersebut diantaranya seperti pengolahan atau pemurnian emas, manufaktur, percetakan dan sertifikasi.

emas Antam Apakah Menguntungkan?

Emas batangan lebih menguntungkan karena Anda tidak dikenakan biaya pembuatan saat ingin dijual kembali. Anda dapat membeli emas Antam yang memiliki sertifikat 99,99% di Butik Antam atau Pegadaian. Namun, jika Anda mencari keuntungan investasi dalam jangka waktu yang pendek, emas bukan pilihan yang cocok.

Apakah emas Antam bisa dijual di Pegadaian?

Pegadaian sendiri menjual berbagai jenis emas, yaitu emas Antam, Antam Retro, Antam Batik, dan UBS. Ukurannya pun dijual beragam, mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram.

Penutup

Demikian cara jual emas Antam yang dapat Anda ketahui agar investasi Anda dapat berjalan dengan lancar. Investasi emas Antam dapat menjadi pilihan yang menarik untuk beberapa orang, terutama jika mereka mencari investasi jangka panjang yang stabil nilainya dan tahan terhadap inflasi. Emas Antam dapat digunakan sebagai tabungan atau investasi, dan dapat dibeli dalam jumlah kecil atau besar. Semoga bermanfaat!