Usaha online kecil kecilan

Usaha Online Kecil kecilan Untuk Menambah Penghasilan Anda

40 views
Bagikan artikel ini

Kebutuhan yang semakin banyak, ditambah dengan keinginan yang semakin banyak juga menjadikan orang berfikir untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan itu adalah dengan membuka usaha online kecil kecilan. Ini dirasa paling tepat karena Anda bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun sehingga akan lebih enteng.

Jangan khawatir tidak memiliki ide, karena artikel ini akan menyajikan banyak sekali daftar usaha online kecil kecilan sehingga Anda akan mendapatkan inspirasi. Daftar di bawah ini kebanyakan menggunakan modal yang kecil dan bahkan beberapa diantaranya gratis, sehingga sangat cocok bagi Anda yang bermodalkan sedikit.

Daftar Usaha Online Kecil-kecilan yang Harus Anda Ketahui

Bisnis online memang menggiurkan karena dengan begitu Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus datang ke tempat kerja itu sendiri. Selain itu bisnis online ini sangatlah fleksibel karena Anda bahkan bisa mengurusi kerjaan sampingan Anda yang satu ini sembari makan, menonton tv, dan lain sebagainya. Daftar usaha online kecil kecilan ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menjual langganan aplikasi premium

Tahukah Anda bahwa sekarang banyak aplikasi yang menawarkan banyak kelebihan jika pelanggannya berlangganan? Nah, Kita bisa memanfaatkan ini sebagai ladang uang Kita. Aplikasi yang biasanya diperjual-belikan langganannya antara lain adalah Spotify, YouTube, Netflix, Disney, viu, dan lain sebagainya.

Bisnis online yang satu ini bisa Anda jalani dengan modal Rp.0 saja, lho! Caranya mudah, temukan dropship member berlangganan aplikasi ini (secara online juga), dan kemudian mintalah diri bergabung menjadi reseller. Nantinya, kalau ada yang membeli aplikasi di Anda, Anda bisa menyuruhnya membayar terlebih dahulu ke Anda dan Anda bisa membayarkannya sebagian ke dropshipper Anda.

Usaha online kecil kecilan
Usaha online kecil kecilan

2. Jasa pengeditan tugas online

Jaman sekarang yang budayanya cenderung fast atas segala hal, terkadang menjadikan mahasiswa dan siswa tidak ingin repot-repot dalam menyempurnakan tugasnya. Anda bisa mengambil hal ini sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan karena Anda hanya perlu modal 0 rupiah saja untuk ini.

Untuk usaha online kecil kecilan yang satu ini, dibutuhkan skill editing Anda dan memahami aplikasi yang biasanya untuk mahasiswa dan siswa menyelesaikan tugas. Contoh aplikasinya adalah power point, word, excel, Corel, pdf, dan lain sebagainya. Untuk harga jasa sendiri, Anda bisa menentukan dari tingkat kesusahan dan deadline yang ditentukan pelanggan.

Usaha online kecil kecilan
Usaha online kecil kecilan

3. Admin online shop

Suatu toko online yang besar sering kali membutuhkan admin online shop sehingga ketika customer melakukan order, akan segera dijawab berbagai pertanyaannya. Lowongan sebagai admin online shop sendiri sangat banyak dan mudah ditemukan. Jika Anda adalah orang yang suka berinteraksi dengan orang lain, maka menjadi admin online shop bukanlah hal yang buruk.

Tetapi Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa admin online shop yang dimaksud adalah admin yang mengurusi masalah chat dan respon terhadap pelanggan saja. Hal ini dikarenakan beberapa online shop mewajibkan admin juga ikut dalam packing dan pengiriman barang.

Usaha online kecil kecilan
Usaha online kecil kecilan

4. Jasa desain dan membuat web

Baik institusi maupun perusahaan kini sangat menyadari tentang betapa pentingnya memiliki sebuah web untuk bentuk branding. Maka, tidak mengherankan bahwa jenis pekerjaan yang satu ini bisa dibilang bisnis yang sangat berpotensi. Jika Anda adalah tipikal orang yang menyukai desain dan mampu membuat web, maka tidak ada salahnya Anda mengambil pekerjaan ini.

Anda bisa membuka layanan ini saat sedang senggang atau saat weekend. Dengan begitu, Anda akan mencurahkan waktu kerja utama Anda dengan sebaik mungkin sembari mendapatkan juga pekerjaan sampingan yang satu ini.

Usaha online kecil kecilan
Usaha online kecil kecilan

5. Berjualan pulsa dan top up e-money

Bisnis berjualan pulsa seakan memang selalu menjadi usaha online kecil kecilan yang tak lekang oleh waktu, tetapi bagaimanapun memang tetap pantas dicoba. Tetapi sebaiknya Anda menambah fitur layanan jualan pulsa Anda dengan bisa top up uang elektronik seperti gopay, ovo, dana, dan lain sebagainya.

Akan lebih bagus lagi jika Anda membuka pembayaran lainnya seperti pembayaran listrik online, iuran, dan juga yang lainnya. Untuk membuka usaha ini Anda membutuhkan modal yang lumayan, tetapi jangan khawatir bahwa bisnis ini sangat laris manis sehingga akan mudah untuk balik modal.

Usaha online kecil kecilan
Usaha online kecil kecilan

6. Tutor online

Di jaman yang serba online ini, kenyataannya tutor online juga ada. Ini bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan bagi Anda yang menyukai pelajaran dan juga tergolong orang yang pintar. Tutor online adalah solusi bagi mereka yang ingin ada mentor yang mendampingi belajar, tanpa harus bertatap muka.

Lagi-lagi bisnis yang satu ini tidak mengeluarkan modal setitik pun, tetapi Anda membutuhkan keahlian dalam hal ini. Anda bisa mendapatkan uang sekaligus menerapkan ilmu yang selama ini Anda miliki.

Usaha online kecil kecilan
Usaha online kecil kecilan

7. Menjadi translator

Anda menyukai bahasa asing seperti bahasa Inggris, mandarin, jepang, dan lain sebagainya? Ketahuilah bahwa kegemaran Anda tersebut bisa mendatangkan cuan. Caranya adalah Anda menjadi seorang translator. Kenyataannya, banyak sekali orang yang membutuhkan jasa ini untuk menerjemahkan berbagai teks yang menggunakan bahasa asing.

Apalagi, jika Anda adalah orang yang sangat expert di bidang tersebut, maka dapat dikatakan tugas tersebut bukanlah tugas yang akan memakan waktu yang lama. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan, kan?

Usaha online kecil kecilan
Usaha online kecil kecilan

Tips Menjalankan Usaha Online Kecil kecilan

Sudah mendapatkan berbagai ide, kini saatnya Anda memikirkan bagaimana menjalankan usaha yang ingin Anda lakukan tadi. Dengan begitu, Anda bukan hanya dapat uang tambahan tetapi bisa menikmati pekerjaan Anda tanpa harus merasa sangat lelah. Tipsnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Ketahui sejauh apa kekuatan Anda, sehingga Anda tidak akan mengambil pekerjaan secara berlebihan
  2. Uang tambahan memang penting tetapi ketahuilah bahwa kesehatan Anda juga tidak kalah pentingnya
  3. Jika Anda memiliki dua pilihan pekerjaan sampingan, sebaiknya Anda memilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan tenaga Anda dan dirasa paling mudah supaya tidak membebani
  4. Sebaiknya jangan mengerjakan pekerjaan sampingan saat Anda sedang bekerja, kecuali Anda benar-benar senggang. Jangan sampai prioritas pekerjaan Anda berubah tanpa Anda sadari
  5. Anda bisa meninggalkan pekerjaan sampingan Anda kapanpun Anda mau, tetapi jangan lupa menyelesaikan tanggung jawab Anda yang berhubungan dengan orang (Misalnya Anda sudah dikontrak 5 bulan untuk menjadi tutor online, maka selesaikanlah)
  6. Pekerjaan sampingan haruslah sesuatu yang membuat Anda senang mengerjakannya, bukan tertekan.
  7. Jika pekerjaan sampingan membuat Anda tertekan, bisa jadi Anda salah dalam memilih usaha online kecil kecilan.
Usaha online kecil kecilan
Usaha online kecil kecilan

Penutup

Dari banyak daftar usaha online kecil kecilan di atas, yang mana yang menurut Anda paling tepat bagi Anda? Jika sudah menemukan usaha online yang tepat, jangan lupa juga membaca tips yang sudah ada di atas sehingga pekerjaan tambahan Anda tidak menjadi boomerang bagi Anda di kemudian hari. Semoga bermanfaat!