financial forecasting

Financial Forecasting: Pengertian, Metode Hingga Manfaatnya!

Dalam dunia bisnis atau perusahaan, istilah financial forecasting sangat diperlukan dalam perancangan strategi baru ketika memasuki periode baru. Hal ini berguna untuk mengestimasi kondisi finansial perusahaan tersebut dalam satu periode ke depan atau periode mendatang.

Namun yang perlu Anda pahami, financial forecasting ini berbeda dengan budgeting dalam perusahaan. Karena metode ini tidak digunakan untuk menganalisis perbedaan perkiraan keuangan, dan tidak berkaitan juga dengan kinerja aktual suatu perusahaan.

Lalu untuk apa ada financial forecasting ini? Fungsinya adalah untuk memprediksi jumlah pemasukan dan pengeluaran dari suatu perusahaan dalam periode mendatang. Biasanya dihitung untuk perancangan keuangan dalam satu tahun ke depan atau satu periode.

financial forecasting
Financial forecasting

Metode-Metode Dalam Financial forecasting

Seperti analisis-analisis keuangan lainnya, cara analisis ini juga memiliki metode-metode khusus yang dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang valid. Hal ini akan sangat membantu perusahaan untuk meramalkan laba dan rugi dari bisnis atau usaha yang dilakukan.

Dalam analisis ini, maka laporan keuangan yang akan digunakan terdiri dari tiga jenis. Yaitu, income statement, balance sheet, dan cash flow, ketiga laporan tersebut yang akan membantu proses analisis dan perancangan strategi keuangan perusahaan dalam periode yang akan datang.

1. Metode Historical Financial Forest

Metode pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan analisis ini dalam financial forecasting adalah dengan historical financial forecast. Metode yang pertama ini akan mendorong para analis untuk menggunakan laporan dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Ketahui Cara Menghitung Persentase Kepemilikan Saham dengan Benar

Laporan yang digunakan ini akan dianalisis menggunakan data yang sudah tersaring dalam proyeksi keuangan perusahaan tersebut di periode yang akan datang. Analisis ini sangat diperlukan untuk melihat beberapa aspek keuangan, mulai dari laba rugi, neraca, hingga laporan arus kas.

Dengan menggunakan metode ini, dokumen-dokumen yang tersedia dapat digunakan untuk menentukan bagaimana bisnis perusahaan tersebut sudah mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. 

Lebih dari itu, metode ini dapat memproyeksikan secara cukup akurat mengenai bagaimana kondisi perusahaan di masa yang mendatang. Hal ini sangat berguna untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di dalam perusahaan, terutama mengenai keuangan.

financial forecasting
Financial forecasting

2. Research Based Financial forecasting

Untuk metode yang kedua ini, biasanya digunakan oleh para financial analyst atau analisis keuangan dalam menjalankan bisnis atau perusahaannya. Namun metode riset ini memang tidak lebih mudah daripada jenis riset sebelumnya.

Karena dalam metode ini, mereka tidak hanya melihat laporan keuangan saja untuk memproyeksikan kondisi keuangan perusahaan tersebut. Analisis keuangan menggunakan metode ini mengharuskan dilakukan penelitian terhadap performa dari seluruh divisi di perusahaan.

Tidak hanya itu, metode ini juga memerlukan riset terhadap kinerja serta produktivitas dari kompetitor perusahaan. Sehingga hasil analisisnya akan lebih kompleks dan valid. Karena akan didapatkan hasil mengenai tren konsumen dan pengaruh perkembangan teknologi.

financial forecasting
Financial forecasting

Apa Saja Manfaat Financial forecasting?

Berdasarkan penjelasan pada paragraf sebelumnya, maka financial forecasting ini memiliki berbagai manfaat, terutama berkaitan dengan pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat financial forecasting yang dapat dirasakan oleh suatu perusahaan:

1. Perencanaan Keuangan Dengan Lebih Terstruktur

Dalam dunia bisnis, perencanaan keuangan merupakan salah satu hal pokok yang harus dipahami oleh perusahaan. Oleh karena itu, dengan adanya financial forecasting ini, maka tujuannya untuk merencanakan keuangan di masa mendatang dengan lebih baik.

Baca Juga :  11 Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan, Berkah dan Untung Untuk Bisnis Anda

Manfaat ini akan Anda dapatkan karena metode ini melakukan proyeksi mengenai pendapatan atau pemasukan perusahaan, biaya operasional, serta arus kas perusahaan di masa mendatang. Maka dengan begitu, perusahaan dapat membuat rencana keuangan yang lebih akurat.

Selain itu, perusahaan juga dapat mengelola keuangan dengan lebih efektif, dan bisa mengoptimalkan profitabilitas atau keuntungan dengan pengelolaan keuangan yang efektif, efisien, dan akurat tersebut.

2. Pengambilan Keputusan Keuangan Lebih Tepat

Financial forecast juga akan membantu perusahaan untuk bisa mengambil keputusan dengan lebih cepat dan tepat, tentunya dalam hal keuangan. Hal ini sangat berguna ketika misalnya sedang menangani proyek-proyek besar perusahaan.

Hal ini juga menjadi strategi bisnis di perusahaan tersebut, untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan perusahaan. Sehingga pengambilan keputusan mengenai suatu proyek misalnya, akan lebih cepat dan tepat.

3. Pengelolaan Arus Kas Lebih Terstruktur

Financial forecasting juga memungkinkan perusahaan memiliki pengelolaan arus kas yang lebih baik dan lebih terstruktur. Hal ini sangat diperlukan untuk memperkirakan arus kas di masa yang akan datang, serta merencanakan pemasukan dan pengeluaran dengan lebih efisien. 

Dengan begitu, maka jelas saja manfaat utama yang akan didapatkan oleh perusahaan adalah meminimalisir risiko kerugian yang bisa ditimbulkan karena pengelolaan arus kas yang tidak efektif. 

4. Untuk Menilai Risiko Keuangan Perusahaan

Risiko keuangan menjadi hal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Dalam hal ini, financial forecasting juga memiliki peran besar dalam membantu perusahaan menilai risiko keuangan terkait keputusan yang mereka ambil.

Dengan memperkirakan potensi hasil yang akan didapatkan dari suatu proyek misalnya, maka dengan financial forecasting ini, perusahaan bisa menilai risiko jika mengambil keputusan tersebut. 

5. Untuk Mendapatkan Dana Dari Investor

Investor juga memiliki peran yang penting dalam suatu bisnis atau usaha, karena berkaitan dengan kebutuhan modal usaha. Maka metode analisis tersebut juga memiliki peran penting dalam hal ini, karena dapat menarik investor untuk berinvestasi.

Baca Juga :  Cara Jualan Makanan Online, Omset Dijamin Semakin Besar!

Bagaimana bisa demikian? Karena investor akan lebih percaya dengan perusahaan yang memiliki rancangan keuangan yang jelas. Oleh karena itu, dengan perancangan keuangan yang jelas, akan semakin banyak investor yang tertarik untuk bergabung.

financial forecasting
Financial forecasting

Tanya Jawab Seputar Financial Forecasting

Apa itu financial forecasting?

Financial forecasting adalah proses perkiraan pendapatan, pengeluaran, dan kinerja keuangan suatu perusahaan atau individu untuk periode waktu tertentu di masa depan. Ini membantu dalam perencanaan keuangan dan pengambilan keputusan bisnis.

Mengapa penting melakukan financial forecasting?

Financial forecast penting karena membantu perusahaan atau individu untuk merencanakan anggaran, mengidentifikasi tren keuangan, dan membuat keputusan investasi yang bijak. Hal ini juga dapat membantu dalam menilai kelayakan proyek bisnis.

Apa perbedaan antara financial forecasting jangka pendek dan jangka panjang?

Financial forecasting jangka pendek biasanya meliputi periode waktu satu tahun atau kurang, sementara proyeksi keuangan jangka panjang melibatkan periode waktu yang lebih lama, seringkali lima tahun atau lebih. Proyeksi jangka pendek lebih fokus pada operasi sehari-hari, sementara jangka panjang lebih terkait dengan visi jangka panjang dan strategi bisnis.

Apa yang dibutuhkan untuk membuat financial forecasting yang akurat?

Untuk membuat financial forecasting yang akurat, Anda memerlukan data historis keuangan, pemahaman yang baik tentang industri dan pasar, serta asumsi yang rasional tentang faktor-faktor seperti pertumbuhan pendapatan, biaya, dan perubahan pasar. Perangkat lunak keuangan juga sering digunakan untuk membantu dalam proses ini.

Bagaimana cara mengukur keberhasilan financial forecasting?

Keberhasilan financial forecast dapat diukur dengan membandingkan hasil aktual dengan proyeksi yang telah dibuat. Jika hasil aktual mendekati atau sesuai dengan proyeksi, maka proyeksi tersebut dapat dianggap berhasil. Namun, jika terdapat perbedaan yang signifikan, perlu dievaluasi dan diperbaiki untuk proyeksi masa depan.

Jika Anda berkecimpung di dunia bisnis atau perusahaan, maka memahami financial forecasting menjadi hal yang sangat penting. Jika dilihat dari manfaatnya, maka analisis ini dapat memberikan banyak manfaat bagi suatu bisnis atau perusahaan.