cara mengatur uang hasil jualan

Cara Mengatur Uang Hasil Jualan dengan Tepat dan Mudah

Sebagai pelaku usaha, Anda harus mempelajari cara mengatur uang hasil jualan dengan tepat. Dengan menerapkan cara ini, usaha Anda dapat berkembang ke arah yang lebih baik, sehingga tingkat kesuksesan dari usaha itu pun juga akan selalu meningkat.

Sebenarnya, untuk mengatur uang hasil jualan dari usaha Anda ini bisa dilakukan dengan mudah selagi Anda memiliki ketekunan yang baik. Selain itu, Anda juga perlu berpikir panjang, supaya uang yang menjadi hasil dari jualan itu bisa tersisihkan dan tidak digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lain yang tidak saling berkaitan dengan usaha Anda.

Sementara itu, kesuksesan dari sebuah usaha umumnya akan sangat bergantung dengan cara Anda mengelola hasil jualan tersebut. Maka dari itu, tidak mengherankan jika informasi terkait cara mengatur uang yang merupakan hasil jualan ini akan menjadi salah satu jenis informasi yang wajib diketahui oleh para pelaku usaha.

cara mengatur uang hasil jualan
Cara mengatur uang hasil jualan

Cara mengatur uang hasil jualan dengan tepat

Dengan menerapkan cara mengatur uang hasil jualan yang ada pada artikel ini, usaha Anda dapat berjalan secara lebih teratur dan tepat. Namun, hal ini akan berbeda jauh ketika Anda tidak menerapkan cara mengatur uang hasil jualan ini ke kehidupan nyata Anda. Maka bisnis atau usaha Anda tersebut bisa menjadi kacau.

Untuk memulai bisnis, Anda perlu memahami tentang cara-cara ini secara baik. Dengan begitu, Anda sudah memiliki gambaran besar bagaimana nasib usaha Anda di masa mendatang nanti. Untuk itu, Anda perlu memahami beberapa cara berikut ini, yaitu:

Baca Juga :  10 Pilihan Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

1. Edukasi diri dan lakukan perencanaan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatur uang hasil jualan adalah dengan mengedukasi diri sendiri serta melakukan perencanaan yang tepat dan matang. Sekarang, mari kita bahas secara satu per satu.

Untuk cara mengatur uang hasil jualan yang berupa edukasi diri sendiri, bisa berupa pembelajaran tentang cara membaca laporan keuangan dengan baik dan benar. Sebagai informasi tambahan, pada dasarnya laporan keuangan akan memiliki 4 bagian yang sama-sama memiliki peran yang sangat penting dalam suatu bisnis, dan keempat bagian tersebut adalah:

  • Laporan penghasilan usaha
  • Laporan arus kas usaha
  • Laporan neraca dalam usaha
  • Laporan modal untuk usaha

Keempat bagian yang ada pada laporan keuangan ini akan sangat penting untuk Anda pelajari. Sebab, laporan keuangan bisa menjadi acuan yang sangat penting untuk mengatur uang hasil jualan.

Sementara itu, untuk cara mengatur uang hasil jualan yang merupakan penghasilan dalam bentuk perencanaan yang tepat dan matang itu sendiri, bisa membantu Anda dalam memberikan gambaran besar terkait perjalanan bisnis Anda di masa mendatang. Ketika perencanaan ini sudah dilakukan secara tepat dan matang, maka kemungkinan besar usaha Anda dapat sukses di masa mendatang.

Namun, jika Anda tidak terlalu memperhatikan tentang hal ini, maka kecil kemungkinannya untuk bisnis Anda tersebut bisa meraih kesuksesan. Maka dari itu, sebagai pelaku usaha yang pintar, Anda harus bisa melakukan perencanaan yang tepat dan matang secara harian, mingguan, dan juga bulanan.

cara mengatur uang hasil jualan
Cara mengatur uang hasil jualan

2. Membuat buku catatan keuangan dan mengisinya secara rutin

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa sebenarnya buku catatan keuangan dalam sebuah usaha akan memiliki peran yang sangat penting untuk kesuksesan dari usaha tersebut. Sementara itu, fungsi utama dari memiliki buku catatan keuangan yang diisi secara rutin ini, dapat membantu Anda dalam mengawasi segala transaksi yang masuk maupun keluar.

Baca Juga :  Jenis Jenis Asuransi Jiwa Yang Perlu Anda Pahami

Dengan begitu, hal ini dapat menjadi bukti ketika ada pengeluaran yang tidak wajar. Maka dari itu, disini kami tekankan bahwa sebagai pelaku usaha Anda wajib mengisi buku catatan keuangan usaha secara rutin. Bahkan, saking pentingnya buku catatan keuangan ini bagi sebuah bisnis tertentu, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa sekecil apapun skala dari usaha Anda, Anda wajib memiliki buku catatan keuangan untuk kepentingan usaha.

Selain itu, untuk kesuksesan usaha Anda juga, Anda bisa membuat anggaran secara teratur, dengan contoh membuat anggaran setiap bulan atau setiap minggu. Dalam hal ini, Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan bisnis atau usaha Anda. Yang terpenting, Anda wajib memisahkan pengeluaran berdasarkan kelompoknya, serta memastikan bahwa seluruh kebutuhan usaha dapat terpenuhi dengan baik.

Fungsi lain dari membuat anggaran secara rutin adalah dapat meningkatkan efisiensi sebuah usaha tertentu, sehingga usaha dapat berjalan secara lebih teratur dan terencana.

3. Awasi arus kas keuangan dan putar arus kas dengan lebih cepat

Cara mengatur uang hasil jualan yang ketiga adalah dengan mengawasi arus kas keuangan serta memutar arus kas dengan lebih cepat. Setelah memiliki buku catatan keuangan yang telah mencatat segala transaksi yang berjalan dalam usaha, hal ini bukan berarti Anda hanya perlu mengisi buku catatan keuangan tersebut saja. Namun, Anda juga perlu mengawasi arus kas keuangan yang terjadi pada bisnis atau usaha Anda tersebut, dengan begitu pengeluaran dalam usaha bisa terdeteksi secara lebih tepat.

Sebenarnya untuk mengawasi atau memantau arus kas keuangan ini memang termasuk salah satu aktivitas yang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Anda akan memerlukan ketelitian yang tinggi, supaya Anda bisa memperhatikan semua yang berjalan pada arus kas keuangan tersebut.

Baca Juga :  Pemula Trading Crypto? Ketahui Keuntungan Dan Kerugiannya!

Selain itu, jika Anda merasa sudah mengawasi arus kas keuangan secara teliti, maka Anda bisa mulai mempercepat putaran arus kas tersebut. Meskipun opsi ini juga pada dasarnya sulit untuk dilakukan, tetapi aktivitas ini termasuk salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh para pelaku usaha.

Sebab, ketika putaran arus kas melambat, maka hal ini akan mengakibatkan perkembangan bisnis terhambat. Pasalnya, salah satu alasan mengapa putaran arus kas melambat adalah ketika termin penjualan kredit lebih lama jika dibandingkan dengan pembelian kredit. Maka dari itu, dalam membangun sebuah bisnis, Anda harus bisa menyeimbangkan segala aktivitas yang terjadi di dalamnya.

cara mengatur uang hasil jualan
Cara mengatur uang hasil jualan

4. Pisahkan uang pribadi dengan uang usaha

Bagi para pelaku usaha pemula, umumnya permasalahan ini sering diremehkan, sehingga sebagian besar dari mereka masih mencampur uang pribadi mereka dengan uang usaha mereka. Padahal, aktivitas ini sangat tidak boleh untuk dilakukan, jika Anda ingin mencari cara mengatur uang hasil jualan dengan baik.

Tujuan dari memisahkan uang pribadi dengan uang usaha ini adalah untuk menghindari modal bisnis yang terpakai untuk kebutuhan sehari-hari atau keperluan pribadi. Sebab, ketika Anda menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi seperti itu, maka risiko yang bisa Anda hadapi tidak akan main-main.

Jadi, Anda wajib menerapkan cara mengatur uang hasil jualan tersebut dengan metode yang tepat, supaya bisnis atau usaha Anda bisa semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

cara mengatur uang hasil jualan
Cara mengatur uang hasil jualan

Kesimpulan

Pada dasarnya untuk bisa mengatur uang hasil jualan dengan baik, Anda perlu mengetahui dan memahami cara-caranya dengan tepat. Maka dari itu, Anda bisa mencoba menggunakan cara mengatur uang hasil jualan yang ada di atas, dengan begitu kesuksesan dapat lebih mudah untuk Anda raih.