perangkat pembelajaran daring

Makin Produktif Dengan Dukungan Perangkat Pembelajaran Daring

Pada saat ini perangkat pembelajaran adalah hal yang sangat diperlukan untuk melaksanakan kegiatan belajar secara online. Walaupun di beberapa daerah di Indonesia sudah banyak yang mulai menerapkan kegiatan pembelajaran secara tatap muka, tetapi masih banyak yang memutuskan untuk melakukan pembelajaran secara online sambil menunggu keadaan stabil. Lalu apa sajakah perangkat pembelajaran daring yang perlu kamu miliki untuk mendukung kegiatan belajar secara online?

Berikut Beberapa Perangkat Pembelajaran Daring Pendukung Kegiatan Belajar

1. Laptop

Laptop merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang membutuhkan perangkat pembelajaran daring mobile ideal ketika proses pembelajaran secara online di rumah. Jenis dan model laptop yang simpel serta tidak memakan tempat, efisien, dan dapat dipindahkan ke mana-mana dapat memudahkan pelajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran daring dimana saja ia berada.

Laptop dapat dikatakan fleksibel sebab dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa akses ke daya stop kontak. Jadi, kamu tidak lagi perlu khawatir jika terjadi gangguan atau pemadaman listrik di daerahmu.

perangkat pembelajaran daring
Perangkat pembelajaran daring

2. Keyboard Tanpa Kabel

Perangkat pembelajaran daring yang juga dapat digunakan untuk mendukung kegiatan belajar secara online ialah keyboard nirkabel atau tanpa kabel. Keuntungan utama apabila kamu menggunakan keyboard nirkabel dapat dirasakan dalam hal kemudahan mobilitas. Kamu juga dapat menggunakan keyboard ini di tempat tidur, lantai kamar, hingga di pangkuan tanpa harus selalu berada di atas meja sebab keterbatasan dari panjang kabel.

Kelebihan lain yang dapat diperoleh ketika menggunakan keyboard nirkabel ini adalah kamu bisa menyambungkan keyboard nirkabel dengan handphone melalui fitur bluetooth, hal ini tentu saja dapat membuat kamu lebih leluasa ketika mengetik.

Baca Juga :  Tips dan Contoh Membuat Lowongan Pekerjaan
perangkat pembelajaran daring
Perangkat pembelajaran daring

3. Akses Internet

Di era yang serba modern ini, akses internet menjadi hak yang sangat penting, termasuk dalam kegiatan pembelajaran daring. Maka dari itu, dibutuhkan sistem komunikasi serta jaringan telekomunikasi yang stabil agar tidak menghambat proses pembelajaran daring.

Percuma saja apabila memiliki perangkat device yang memadai tetapi tidak memiliki akses internet yang baik atau stabil. Dengan koneksi internet yang tidak stabil, kamu akan lebih sulit dalam melakukan kegiatan pembelajaran daring. Akses internet dalam konteks pembelajaran daring dapat diumpamakan sebagai jalan yang menghubungkan pengguna dengan sistem pembelajaran online.

4. Stand Laptop

Jika kamu mudah lelah dan bosan dengan posisi ketika sedang menggunakan laptop, kemudian ingin bergerak secara leluasa, maka stand laptop dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat. Kamu dapat menyesuaikan sudut kemiringan dari laptop agar posisi tubuh menjadi lebih nyaman. Posisi nyaman dan rileks dapat membuat tubuh tidak mudah merasa lelah ketika menggunakan laptop.

perangkat pembelajaran daring
Perangkat pembelajaran daring

5. Headphone

Perangkat pembelajaran daring berikutnya ialah headphone. Benda kecil ini wajib dimiliki setiap pelaku pembelajaran online, hal ini dikarenakan dengan menggunakan headphone maka kegiatan belajar online yang memerlukan audio akan dapat diterima secara maksimal. Selain itu, headphone juga dapat membuat kamu lebih fokus ketika sedang melakukan pembelajaran daring.

perangkat pembelajaran daring
Perangkat pembelajaran daring

6. Webcam

Perangkat pembelajaran daring berupa webcam ini sering dianggap remeh dan jarang digunakan. Namun lain halnya, saat ini webcam menjadi peralatan yang banyak dibutuhkan dalam kegiatan belajar secara online. Webcam digunakan sebagai pendukung ketika melakukan pembelajaran daring baik pelajar, mahasiswa, guru, hingga dosen banyak memerlukannya untuk tampilan kamera yang lebih bersih. Pada umumnya, webcam memiliki resolusi yang lebih besar dengan kualitas gambar lebih tajam daripada kamera bawaan dari laptop atau komputer.

Baca Juga :  6 Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate Beserta Jawabannya Yang Tepat
perangkat pembelajaran daring
Perangkat pembelajaran daring

7. Kipas Laptop

Faktanya, sebagian besar pemilik laptop tidak menggunakan kipas khusus laptop pada bagian bawah laptop mereka. Padahal penggunaan kipas pada bagian bawah laptop ini dapat untuk memastikan bahwa laptop beroperasi pada suhu yang optimal. Bagi kamu yang sering memakai laptop selama berjam-jam, penggunaan kipas laptop ini sangat dianjurkan guna mengoptimalkan suhu laptop yang kamu gunakan.

8. Meja laptop

Pada saat kegiatan pembelajaran secara online, kamu pasti banyak menghabiskan waktu dengan duduk. Terlalu lama duduk adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan, oleh karenanya kamu dapat meminimalisir gangguan kesehatan dengan sesekali bergerak.

Kamu dapat lebih leluasa bergerak dengan menggunakan meja belajar kecil atau yang juga sering disebut dengan meja laptop. Dengan penggunaan perangkat pembelajaran daring berupa meja laptop ini kamu dapat belajar secara online dengan lebih nyaman dan fokus. Selain itu meja ini juga termasuk meja belajar portable yang memudahkan untuk dibawa kemana saja.

perangkat pembelajaran daring
Perangkat pembelajaran daring

9. Tablet

Saat ini desain tablet sudah banyak yang seperti dekstop dan laptop. Desainnya yang fleksibel dan ringkas dapat membuat kamu dapat mengikuti kegiatan pembelajaran secara online dimana saja. Mulai ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur dapat kamu gunakan sebagai tempat pembelajaran. Kamu dapat mengunduh segala aplikasi pendukung pembelajaran dari di dalam tablet tanpa harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

perangkat pembelajaran daring
Perangkat pembelajaran daring

10. LED Desk Lamp Nirkabel

Penggunaan lampu belajar tanpa kabel bisa menjadi salah satu perangkat pembelajaran daring yang banyak digunakan. Keberadaan lampu ini dapat membantu kamu dalam menerangi diri ketika sedang melakukan panggilan video dengan teman-teman sekelas ketika sedang pembelajaran secara online.

Baca Juga :  Cara Memakai Google Classroom Lengkap Untuk Guru Dan Siswa

Selain itu, LED desk lamp dapat pula digunakan selayaknya lampu belajar dan untuk menerangi ketika menulis. Kelebihan LED desk lamp ialah dapat mengatur secara manual kecerahan, mode lampu malam, serta suhu warna yang dihasilkan. Lampu ini juga lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan lampu belajar biasa.

11. Mouse Wireless

Selain keyboard nirkabel, ada baiknya kamu juga menggunakan perangkat pembelajaran daring berupa mouse wireless guna memudahkan untuk membawanya kemana-mana. Selain kemudahan dalam portabilitas dan mobilitas, penggunaan mouse wireless juga dapat membuat kamu merasa lebih nyaman dengan tanpa diribetkan dengan adanya kabel. Jika menggunakan mouse wireless, kamu juga akan merasakan pergerakan kursor akan lebih leluasa apabila dibandingkan dengan sensor pad yang biasa ada pada laptop.

perangkat pembelajaran daring
Perangkat pembelajaran daring

12. Bantal Punggung

Semua siswa yang pernah atau sedang belajar online, pastinya pernah mengalami adanya rasa sakit di punggung yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Hal ini biasa terjadi karena kamu salah dalam melakukan posisi duduk saat pembelajaran online dalam waktu yang lama. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat memanfaatkan perangkat pembelajaran daring berupa bantalan kursi punggung.

Tujuan dari penggunaan fasilitas atau perangkat ini adalah untuk mengurangi timbulnya rasa sakit atau ngilu akibat duduk terlalu lama dan dalam posisi yang salah. Penggunaan bantalan kursi punggung ini juga bertujuan agar pemakai tidak mudah lelah ketika duduk lama. Tips yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli bantalan kursi punggung yakni mencari bahan yang lembut serta nyaman.

Penutup

Nah, itulah beberapa perangkat pembelajaran daring yang perlu untuk kamu miliki guna mendukung kegiatan belajar secara online di rumah. Penggunaan beberapa perangkat di atas pastinya dapat membuat kamu semakin produktif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.

Baca Juga : Cara Membuat Webinar dengan Zoom yang Sangat Mudah