cara melamar di jobstreet

Cara Melamar di Jobstreet Agar Cepat Memperoleh Kerja

Di masa pandemi, mendapatkan pekerjaan bisa dibilang termasuk sebuah keajaiban sebab saking sulitnya memperoleh kerja yang tepat. Akan tetapi, keberadaan situs Jobstreet sudah membantu banyak calon pekerja untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah cara melamar di Jobstreet yang wajib diperhatikan agar bisa memperoleh kerja dengan cepat.

cara melamar di jobstreet
Cara melamar di jobstreet

Cara Melamar Pekerjaan di Jobstreet Agar Dilirik HRD

1. Buat Profil yang Mudah Dicari

Cara melamar di Jobstreet yang pertama bisa dilakukan yakni dengan membuat profil yang dimiliki mudah dicari dan dilihat oleh pihak perekrut. Meskipun kemungkinan besar ada banyak diantara kita yang tidak terlalu nyaman untuk menyajikan data-data pribadi ke khalayak luas, akan tetapi untuk meraih pekerjaan yang layak mau tidak mau hal tersebut harus dilakukan.

Di situs Jobstreet, tersedia dua pengaturan privasi yang bisa dipilih, yakni versi Tidak Dapat Dicari dan Dapat Dicari dengan Detail Kontak. Pilihlah opsi yang kedua sebab opsi tersebut sangat sempurna bagi para pelamar aktif yang memang membutuhkan pekerjaan dalam waktu cepat. Pastikan pula detail kontak kamu memang sudah yang paling baru.

2. Buat Deskripsi Singkat yang Menarik

Pihak perekrut pada umumnya akan mencari informasi yang sudah terpampang jelas pada akun kamu dan menilai sendiri apakah orang ini sudah memenuhi kriteria untuk menjadi kandidat karyawan mereka. Untuk itulah, cara melamar di Jobstreet yang tidak boleh dilupakan selanjutnya yaitu kamu harus mampu membuat deskripsi singkat yang menarik.

Baca Juga :  Pekerjaan dengan Gaji Besar Kerja Santai yang Jarang Dilirik Orang

Isi profil kamu harus mampu menggiring perekrut tersebut untuk mengetahui sisi terbaik kamu, sehingga isilah profil dengan prestasi-prestasi dan kemampuan istimewa yang memang sudah diraih sebelumnya. Pastikan pula bahwa prestasi tersebut ditulis dengan kata-kata singkat yang kuat dan mampu meyakinkan pihak perekrut.

3. Pilih Jenis Pekerjaan yang Sesuai Kemampuan

Banyak orang yang memilih untuk melamar pekerjaan secara acak karena mereka memiliki mindset yang cukup kurang tepat, yakni mereka bersedia melakukan pekerjaan apa saja yang penting mereka bekerja. Padahal, pihak perekrut yang ada di Jobstreet kemungkinan besar hanya mencari kandidat karyawan yang memang sudah ahli pada bidang-bidang tertentu saja.

Untuk itulah, cara melamar di Jobstreet yang selanjutnya yaitu kamu harus memilih jenis pekerjaan yang sudah sesuai dengan kemampuan dan yakin bahwa bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan tepat. Jangan pilih jenis pekerjaan yang melenceng dari kemampuan diri sebab kemungkinan besar kamu akan merasa kewalahan dan tidak mampu untuk melakukannya.

cara melamar di jobstreet
Cara melamar di jobstreet

4. Update Lamaran Pekerjaan

Apabila sudah mengirim lamaran pada pihak yang menyediakan lowongan pekerjaan, pastikan bahwa kamu selalu meng-update lamaran pekerjaan tersebut minimal sekali sehari. Cara melamar di Jobstreet ini penting untuk dilakukan agar bisa mengetahui apakah lamaran yang sudah kamu ajukan memperoleh feedback dari perusahaan atau belum.

Jika perusahaan memang tertarik dengan lamaran yang sudah diajukan, pastinya mereka akan segera menghubungi untuk melakukan tahapan yang selanjutnya. Untuk itu, kamu juga harus selalu rutin mengecek email dan jangan meninggalkan ponsel pada lokasi yang terlalu jauh sehingga informasi baru bisa segera diterima dengan cepat.

5. Buat CV yang Lengkap

Salah satu kesalahan fatal yang dilakukan oleh pihak yang melamar di Jobstreet adalah CV yang mereka buat tidak berisikan informasi yang lengkap dan dibutuhkan oleh pihak perekrut. Beberapa kesalahan yang seringkali terjadi yakni lupa tidak memasukkan tanggal dan tempat lahir, padahal informasi tersebut berguna untuk mengetahui latar belakang seseorang.

Baca Juga :  Cara Mengatur Gaji Pekerjaan Agar Keuanganmu Aman

Karena itulah, membuat CV yang informasinya lengkap termasuk ke dalam cara melamar di Jobstreet yang wajib dilakukan. Semakin lengkap informasi yang tersedia di CV tersebut, maka semakin tinggi pula kesempatan kamu untuk segera melangkah maju pada proses selanjutnya untuk menjadi karyawan di perusahaan itu.

CV seringkali dianggap sebagai sebuah kesan pertama yang dimiliki oleh pihak perekrut kepada calon kandidat karyawan. Karena itu, jangan pernah mengisi CV secara asal-asalan dan harus jelas agar bisa segera dipanggil untuk melakukan wawancara.

6. Perhatikan Masa Berlaku Lowongan

Lowongan pekerjaan yang tersedia di Jobstreet memiliki masa berlaku yang berbeda-beda dan hal tersebut juga perlu diperhatikan dengan jelas. Terkadang ada beberapa lowongan pekerjaan yang ternyata masa berlakunya sudah habis namun tetap terpampang di situs tersebut karena mereka lupa untuk menghapusnya.

kamu perlu membaca informasi lowongan pekerjaan dengan jelas sehingga tidak perlu menghabiskan waktu secara sia-sia untuk menunggu informasi yang ternyata tidak kunjung sampai. Cara melamar diJobstreet ini terbukti ampuh sebab ada begitu banyak pengguna yang terkadang tidak teliti dan tetap melakukan kesalahan tersebut.

cara melamar di jobstreet
Cara melamar di jobstreet

7. Pakai Foto yang Terlihat Profesional

Meskipun terdengar sepele, namun foto adalah salah satu hal paling penting yang seringkali dilirik oleh pihak HRD untuk mengetahui kualitas seorang calon karyawan perusahaan. Akan tetapi, banyak calon pekerja yang mengabaikan hal tersebut dan malah menghadirkan foto yang tidak terlalu jelas ataupun sesuai pada foto profil mereka.

Cara melamar di Jobstreet yang tepat agar bisa dilirik oleh pihak HRD yaitu dengan memakai foto yang terlihat profesional. Pakai kemeja yang mampu menonjolkan sisi profesionalitas kamu sehingga pihak perekrut dapat menilai bahwa orang ini adalah sosok yang patut dipercaya untuk mengurusi pekerjaan yang ada di perusahaan.

Baca Juga :  Inilah 10 Daftar Jurusan Kuliah Dengan Peluang Kerja Besar

8. Perhatikan Usia dan Pendidikan

Biasanya, sebuah lowongan pekerjaan akan memasang informasi mengenai batasan usia dan minimal pendidikan yang harus dimiliki oleh calon karyawan sebelum memutuskan untuk melamar ke sana. Karena itu, dalam cara melamar di jobstreet pastikan bahwa kamu memang memilih lowongan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan usia dan pendidikan yang dimiliki.

Tidak hanya itu saja, namun batas usia juga berguna untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat produktivitas seseorang yang bekerja di perusahaan. Apabila kamu memang berusia muda dan memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi, tidak perlu khawatir sebab kemungkinan besar kesempatan bekerja menjadi lebih tinggi sebab banyak karyawan yang mengutamakan usia muda.

cara melamar di jobstreet
Cara melamar di jobstreet

9. Menyertakan Pengalaman yang Relevan

Meskipun pengalaman kerja yang kamu miliki saat ini memang melimpah, namun tidak perlu menuliskan seluruh pengalaman tersebut ke dalam CV untuk melamar pekerjaan. Kamu bisa menyertakan pengalaman kerja yang memang relevan dengan bidang yang ingin dituju, sebab seorang perekrut pastinya melihat apakah kemampuan tersebut sesuai dengan yang diinginkan.

10. Memiliki Niat yang Serius

Cara melamar di Jobstreet yang terakhir dan tidak boleh diabaikan adalah kamu harus memiliki niat yang serius untuk melamar pekerjaan. Niat yang asal-asalan tidak akan membawa kamu meraih impian dalam waktu yang singkat.

cara melamar di jobstreet
Cara melamar di jobstreet

Penutup

Itulah beberapa cara melamar di Jobstreet yang dapat diterapkan dan dipahami. Seluruh cara dan tips di atas terbukti mampu membantu kamu untuk dilirik oleh pihak HRD yang mencari pekerja dengan kualitas tinggi. Pastikan juga kamu siap untuk langkah selanjutnya yaitu interview kerja. Untuk infonya dapat kamu simak di artikel tips interview kerja berikut.