interview kerja bahasa inggris

Cara Menjawab Interview Kerja Bahasa Inggris Pada Saat Wawancara

108 views
Bagikan artikel ini

Untuk sebagian orang, bahasa kerap menjadi kendala dalam sebuah proses pencarian lowongan kerja. Padahal Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk melakukan proses interview kerja bahasa inggris. Bagi mereka yang mempunyai kemampuan berbahasa yang baik, mungkin tak menjadi masalah, namun bagi yang punya kemampuan bahasa buruk, bisa-bisa gagal diterima sebuah perusahaan hanya karena satu kendala saja, misalnya kemampuan berbahasa Inggris yang buruk.

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan sebagai standar penerimaan lowongan pekerjaan saat ini.

interview kerja bahasa inggris
Interview kerja bahasa inggris

Mengingat bahasa Inggris merupakan kebutuhan wajib yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis usaha terutama yang bersentuhan langsung dengan pihak asing.

Interview kerja Bahasa Inggris yang dilakukan di sebuah perusahaan bisa meliputi test tertulis maupun wawancara. Untuk test tertulis mungkin masih bisa Anda siasati karena hanya membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris pasif.

Anda tak perlu deg-degan, sebab rata-rata orang mempunyai kemampuan pasif berbahasa Inggris. Orang kerap terkendala pada sesi interview kerja bahasa Inggris karena memang kemampuan conversation dari bahasa Inggris mereka masih sangat kurang. Oleh karena itu dibutuhkannya persiapan dan latihan.

Interview kerja bahasa Inggris seringkali menakutkan bagi sebagian besar orang. Terlebih bagi mereka yang merasa berbahasa Inggris pas-pasan. Oleh karena itu kita harus terus mengasah kemampuan bahasa inggris sebagai modal di dunia pekerjaan saat ini.

Meskipun sekarang teknologi canggih dan perkembangan zaman memungkinkan setiap orang, bahkan sedari kecil, mahir berbahasa Inggris. Namun, bahasa Inggris yang bukan merupakan bahasa ibu kita, bagi sebagian orang merupakan kesulitan untuk mempraktekkannya.

Apalagi jika interview kerja bahasa Inggris dilakukan oleh pencari kerja dari luar negeri, maka semakin membuat was-was para pelamar kerja di Indonesia.

Kesulitan dialek atau aksen, kosakata yang minim adalah beberapa masalah klasik yang dihadapi para pelamar kerja yang kesulitan berbahasa Inggris, walaupun tersedia banyak media untuk wawancara kerja bahasa inggris secara otodidak seperti buku, Video interaktif, Data rekaman atau berlatih dengan teman.

Dan jika memiliki kemampuan untuk membayar lebih, sebagian orang akan mengambil les bahasa Inggris untuk memperlancar interview mereka nantinya.

Meski tidak semua langkah dapat merubah kemampuan dengan cepat alias instan, tetapi proses belajar yang dilakukan akan dapat menjadi modal untuk memperlancar interview tersebut.

Interview kerja bahasa inggris
Interview kerja bahasa inggris

Apa Tips Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris yang Bisa Anda Coba?

Berikut ini adalah tips interview kerja dalam bahasa inggris yang bisa anda coba :

1. Dalam Interview Kerja Bahasa Inggris Jujur saja tak perlu dibuat-buat. Anda harus menunjukkan kemampuan alami yang Anda miliki. Jangan lupa keluarkan kemampuan terbaik Anda, misalnya dengan mengingat vocab-vocab yang sebenarnya Anda ingat artinya. Mempersiapkannya dengan latihan-latihan percakapan secara sederhana dengan teman maupun orang terdekat anda.

Jangan lupa katakan bahwa Anda memang sedikit kurang dalam bahasa Inggris namun Anda punya semangat untuk belajar dan terus belajar.

2. Jika kemampuan Interview Kerja Bahasa Inggris Anda tergolong rendah, maka Anda perlu menciptakan suasana santai saat wawancara. Kuasai emosi pihak yang mewawancarai Anda, buat mereka menyukai penampilan Anda terlebih dahulu. Jangan sampai terlihat gugup ataupun tidak siap ketika melakukan interview. Setelah emosi terkuasai, maka tunjukkan sikap santai Anda dalam berbahasa meskipun terbilang patah-patah.

Jangan malu dalam Interview, tunjukkan rasa percaya diri yang tinggi dalam berbahasa meskipun bahasa Inggris Anda masih belum baik.

Ciptakan suasana santai dan jangan tegang. Terlebih jika orang yang mewawancarai Anda tergolong supel dan punya sikap humor yang tinggi, Anda bisa lebih mudah menguasai suasana.

3. Tips interview kerja bahasa Inggris yang pertama adalah mendengar dan berbicara bahasa Inggris.

Tidak perlu menggunakan video interaktif khusus jika anda tidak memilikinya, cukup dengan melihat tayangan berbahasa Inggris baik yang menggunakan teks maupun tidak. Apalagi saat ini belajar bahasa inggris dapat dengan mudah kita lakukan dengan sosial media yang ada di mana-mana.

Dengan demikian, anda semakin memahami percakapan bahasa Inggris. Untuk berlatih berbicara menggunakan bahasa Inggris, sebaiknya anda mengajak orang terdekat untuk membantu anda mempersiapkan interview kerja bahasa Inggris yang anda lakukan.

Tips interview yang kedua adalah Percaya Diri. Memiliki kepercayaan diri adalah faktor penting penentu kesuksesan interview yang anda lakukan.

Para pencari kerja akan kesulitan memahami bahasa Inggris anda jika anda gugup dan tidak percaya diri pada waktu interview. Sebaliknya, orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris minim akan dapat menjelaskan minat dan motivasinya dengan baik karena kepercayaan dirinya.

Sehingga pada saat interview kerja bahasa Inggris dilakukan para pencari kerja dapat memperoleh informasi yang baik tentang anda. Memupuk kepercayaan diri dapat anda lakukan sejak sekarang dengan berpedoman: nobody’s perfect.Dengan terus berlatih maka anda akan mendapat hasil optimal dari kerja keras yang anda lakukan.

Interview kerja bahasa inggris
Interview kerja bahasa inggris

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Mempersiapkan Diri Untuk Interview Kerja Bahasa Inggris

1. Buat Dialog. Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam mempersiapkan interview kerja bahasa Inggris agar lebih mudah dan lancar adalah dengan membuat perkiraan atau rancangan dialog dalam bahasa Indonesia.

Rancangan dialog yang dibuat diusahakan seperti layaknya wawancara di perusahaan dalam negeri. Kemudian terjemahkan dialog tersebut dalam bahasa Inggris. Anda bisa berlatih wawancara kerja bahasa Inggris tersebut dengan orang lain.

Walaupun hal tersebut tidak dapat dijadikan pedoman, tetapi konten di setiap wawancara kerja tentulah tidak jauh berbeda. Dengan menggunakan metode ini, anda bisa lebih siap dalam menjawab setiap pertanyaan di wawancara kerja bahasa Inggris yang akan anda lakukan.

Dan buatlah lebih dari satu macam dialog. Hal ini juga berfungsi menambah kosakata dan ketrampilan anda mendengar dan mengucapkan kata bahasa Inggris.

2. Memiliki Informasi tentang Perusahaan. Dalam interview kerja bahasa inggris ini selain menambah pengetahuan anda tentang visi perusahaan yang anda tuju, memiliki informasi mengenai perusahaan tersebut akan memudahkan anda dalam membuat dialog wawancara kerja bahasa Inggris.

Sehingga latihan yang anda lakukan semakin akurat dengan memperkirakan sebagian pertanyaan interview kerja bahasa inggris yang diajukan seputar perusahaan.

7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menghadiri Interview Kerja Bahasa Inggris

  • Kenali diri sendiri
  • Kenali informasi mengenai perusahaan
  • Hafalkan riwayat kerja yang dimiliki
  • Pahami berbagai pertanyaan yang diajukan
  • Datang tepat waktu
  • Penampilan yang baik
  • Bahasa tubuh yang baik
Interview kerja bahasa inggris
Interview kerja bahasa inggris

Penutup

Semoga persiapan dan tips tersebut dapat membantu anda dalam melakukan persiapan Interview kerja bahasa Inggris sehingga anda mendapat posisi atau jabatan yang anda inginkan.

Meski hasil Interview tersebut tidak selalu berjalan mulus tetapi dengan senantiasa berlatih maka anda telah meningkatkan skill dan kemampuan bahasa Inggris anda. Siapa tahu justru anda yang kelak menjadi pewawancara untuk interview yang anda lakukan di tempat anda bekerja. Good luck.