fitur google classroom

Berikut Fitur Google Classroom Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Pembelajaran

Salah satu aplikasi telekonferensi yang saat ini banyak sekali digunakan yaitu Google Classroom. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Salah satunya dalam segi fitur yang begitu lengkap. Fitur Google Classroom tersebut disediakan memang bertujuan untuk memudahkan segala bentuk aktivitas pembelajaran secara online. Bagi Anda yang merasa penasaran apa saja fitur-fitur yang dimiliki oleh Google Classroom, maka berikut ini akan dijelaskan dengan lebih rinci.

fitur google classroom
Fitur google classroom

Apa Saja Fitur Google Classroom yang Tersedia Untuk Pembelajaran Guru dan Siswa

Single View

Fitur pertama yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa untuk dapat menampilkan tugas-tugas yang diberikan oleh para guru mereka yaitu Single View. Single View ini juga bisa membuat para guru untuk memantau status yang telah diberikan kepada para peserta didiknya.

Bahkan tugas peserta didik yang hilang, diberikan nilai dan perlu untuk dilakukan revisi bisa diketahui dengan menggunakan fitur Google Classroom tersebut. Sehingga dengan kemampuan tersebut tentu perkembangan tugas yang telah diberikan kepada para siswa akan dapat dipantau progresnya setiap waktu.

Jika sudah ada tugas yang diselesaikan, maka dapat langsung dikoreksi. Penilaian pun bisa diberikan oleh guru setelah mereka mengoreksi tugas tersebut.

fitur google classroom
Fitur google classroom

Konferensi Online

Google Classroom pun juga sering dipakai untuk mengadakan kelas online. Sehingga dengan begitu mampu menyampaikan materi pelajaran secara live. Kelas online atau disebut juga dengan konferensi online merupakan fitur baru dari Google Classroom.

Para guru nantinya memungkinkan untuk membuat konferensi online menggunakan Google Meet. Bahkan para pengajar pun juga dapat menambahkan panggilan sebanyak 250 dengan hangout. Google Classroom dapat menambahkan pemirsa hingga sebanyak 100.000 orang untuk melakukan siaran langsung.

Baca Juga :  Cara Menyusun Berkas Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Semua fitur Google Classroom tersebut bisa langsung dipakai sesuai dengan keperluan tanpa harus melakukan upgrade ke dalam versi premiumnya. Karena memang di sini Google Classroom bersifat free.

Penyusunan Kelas Online

Para guru yang mengajar melalui Google Classroom nantinya dapat membuat kelas dengan jumlah yang banyak sekaligus. Karena itulah, aplikasi yang satu ini memang sangat cocok untuk digunakan oleh para dosen. Oleh karena di dalam aplikasi tersebut tersedia fitur Google Classroom untuk melakukan penyusunan yang dikenal dengan nama fitur penyusunan kelas online.

Para pengajar nantinya akan leluasa untuk membuat kelas sebanyak-banyaknya sesuai dengan yang dibutuhkan. Dan kemudian menyusun kelas-kelas tersebut dalam kategori tertentu. Satu kelas dengan kelas lain selanjutnya akan mempunyai kategori yang berbeda. Sehingga dengan begitu tentu akan lebih mudah bagi para guru untuk masuk ke kelas yang sesuai dengan jadwal.

Announcement

Fitur pengumuman atau announcement ini akan membantu para guru untuk dapat memberikan info penting pada para peserta didik. Umumnya pengumuman tersebut akan berisi mengenai batas waktu untuk mengumpulkan tugas, waktu pelaksanaan tes ataupun informasi yang sifatnya penting lainnya.

Tenaga pendidik juga dapat menjadwalkan announcement yang nantinya hendak mereka berikan pada para peserta didik. Setiap kali terdapat announcement yang di sini sifatnya sangat penting dan ingin disampaikan di kelas online, maka para guru nantinya bisa memanfaatkan fitur Google Classroom tersebut. Cukup dengan sekali ketik dan share, informasi yang berbentuk video pun sudah dapat diakses oleh seluruh siswa.

fitur google classroom
Fitur google classroom

Penilaian Langsung

Dengan fitur Google Classroom penilaian langsung para guru dapat memberikan penilaian dan juga evaluasi untuk tugas-tugas yang telah dikumpulkan oleh para siswa. Ada banyak sekali sistem penilaian yang dapat diberikan, antara lain yaitu penilaian kategori, penilaian total poin dan tempat penilaian. Bahkan para siswa pun dapat melihat penilaian yang telah diberikan oleh para guru terkait.

Baca Juga :  Mudah dan Praktis, Ini Beberapa Syarat Membuat NPWP untuk Melamar Kerja

Penilaian dapat disesuaikan dengan keperluan para guru. Siswa bisa langsung mengetahui nilai yang keluar tersebut, sehingga tentunya semua bersifat real time dan tak perlu harus menunggu lama untuk bisa mengetahui nilai akhir yang mereka peroleh dari mengumpulkan tugas secara online.

Transfer Kelas

Pihak guru atau administrator nantinya juga dapat mentransfer kelas ke pengajar lain tanpa di sini harus membuat kelas baru. Tenaga pendidik yang baru pun juga dapat melihat aktivitas yang dilakukan sebelumnya di kelas itu. Sehingga dengan begitu fitur Google Classroom tersebut dapat dipakai jika terdapat satu keperluan, sehingga dengan begitu kelas akan dilimpahkan pada guru lain.

Pengajar baru nantinya tidak akan mengalami kesulitan ataupun kendala dalam mengikuti alur pembelajaran online yang telah berjalan. Sehingga dapat tetap diteruskan, serta suasana belajar mengajar pun akan tetap kondusif. Hal itu dikarenakan semua data pembelajaran telah tersimpan secara otomatis dan dapat diakses oleh siapa pun dan kapan pun itu.

fitur google classroom
Fitur google classroom

Google Formulir

Skor ujian ataupun kuis yang dilakukan oleh siswa nantinya dapat diimpor oleh guru ke Google Formulir. Dengan begitu seorang tenaga pendidik akan bisa memberikan nilai secara real time. Bahkan para pendidik pun juga dapat mengimpor nilai-nilai tersebut ke Google Classroom.

Melalui fitur tersebut lah nantinya para pengajar tidak akan lagi lupa untuk segera memberikan nilai pada ujian ataupun kuis yang dilakukan para siswa. Hal itu dikarenakan setiap kali tugas sudah dikumpulkan oleh para siswa, maka akan muncul notifikasi.

Ketika telah dikoreksi dan diberikan nilai, akan muncul tanda khusus. Dengan begitu tentu akan lebih memudahkan bagi para pendidik untuk melihat mana kira-kira tugas yang memang belum dikoreksi atau dinilai.

Baca Juga :  Cara Melamar di Jobstreet Agar Cepat Memperoleh Kerja

Selain itu, fitur Google Classroom tersebut memungkinkan guru untuk mengecek satu persatu siswa yang masih belum menyerahkan tugasnya. Sesaat setelah para peserta didik mengumpulkan tugas, maka guru pun juga bisa melakukan penilaian secara real Time.

Integrasi Kelas

Dengan adanya fitur integrasi kelas akan memudahkan dalam mengintegrasikan aplikasi lain sepertiCode.org, Excite, dan Quizizz. Saat Anda membutuhkan maka Google classroom dapat langsung secara otomatis terhubung dengan aplikasi-aplikasi lain.

Hal tersebut tentu akan lebih memudahkan kegiatan belajar daring, karena akan lebih kaya materi. Para tenaga pendidik nantinya dapat menghubungkan aplikasi lain yang memang berhubungan dengan materi yang telah diajarkan.

fitur google classroom
Fitur google classroom

Assignment

Untuk fitur Google Classroom yang terakhir yaitu penugasan atau assignment. Fitur yang satu ini bermanfaat sebagai tempat bagi para tenaga pendidik untuk memberikan materi pelajaran pada para siswa siswi. Materi yang nantinya bisa di-share cukup beragam dan bisa dalam bentuk video, teks dan lain sebagainya.

Bagan materi yang ada di dalam Google classroom dapat terintegrasi langsung dengan Google Drive, YouTube dan juga Google Docs. Jadi dengan begitu dimana pun nantinya materi pelajaran disimpan, maka akan dapat terintegrasi secara langsung dengan Google Classroom.

Hal tersebut tentunya akan memudahkan bagi para pengajar agar tidak perlu repot-repot memindahkan file materi tersebut. Hanya cukup menyimpannya di satu tempat saja, serta tinggal membagikan kan di Google classroom. Sehingga dengan begitu akan lebih meminimalkan kemungkinan tenaga pendidik keliru dalam pembagian tugas.

fitur google classroom
Fitur google classroom

Penutup

Itu tadi ulasan lengkap mengenai apa saja fitur Google Classroom. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi tidak berbayar dan menawarkan berbagai macam keunggulan bagi para penggunanya, wajar saja jika Google Classroom banyak digunakan saat ini.

Baca Juga : Makin Produktif Dengan Dukungan Perangkat Pembelajaran Daring