Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah

Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Mudah dan Cepat

61 views
Bagikan artikel ini

Memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang melimpah tentu saja menjadi impian semua orang. Setelah lulus sekolah ataupun kuliah, orang pasti akan bersikeras menyebar riwayat hidup mereka agar segera meraih pekerjaan yang layak. Namun, mencari pekerjaan dapat menjadi proses melelahkan yang dapat membuat Anda stres dan tertekan. Karena itulah, penting untuk mengetahui cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah untuk meningkatkan kesempatan Anda bisa diterima di tempat yang Anda inginkan.

Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah
Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah

Beberapa Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Mudah Bagi Fresh Graduate

1. Mengikuti Magang

Apabila membicarakan tentang cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah, jawaban yang paling sering muncul tentu saja harus memiliki riwayat hidup yang menarik. Pada umumnya, perusahaan pasti mencari calon pekerja yang sebelumnya telah memiliki riwayat pengalaman. Apabila Anda masih belum memiliki pengalaman, Maka mengikuti pelatihan magang tentu akan memberikan banyak keuntungan yang membuat perusahaan mempertimbangkan kemampuan Anda saat diterima.

2. Meningkatkan Skill yang Dimiliki

Selain magang, Anda juga bisa meningkatkan skill yang Anda miliki agar mampu menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan nanti. Tingkatkan skill dasar seperti kemampuan sosial, kerja sama dengan tim, kemampuan berbahasa, dan skill dasar lain agar Anda bisa dilirik oleh HRD saat memulai wawancara.

Tidak hanya itu, cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah juga bisa dilakukan dengan cara mengembangkan skill tambahan lain yang sesuai dengan jurusan Anda saat kuliah. Hal ini akan membuat Anda semakin dipertimbangkan karena Anda dipercaya menguasai apa saja yang Anda pelajari saat masih menjadi mahasiswa.

3. Menjadi Relawan

Saat Anda masih kebingungan harus melakukan apa, maka salah satu jalur alternatif cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah yang bisa Anda pilih adalah dengan mendaftar menjadi relawan. Dengan mengikuti kegiatan ini, Anda bisa menghabiskan waktu melalui berbagai proyek yang diadakan oleh organisasi non-profit.

Menjadi relawan dapat membuat Anda mempelajari beragam hal yang tidak dapat Anda kuasai selama kuliah. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memperkuat kemampuan komunikasi dan hubungan yang Anda miliki bersama komunitas lain.

Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah
Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah

4. Memperluas Relasi

Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah yang selanjutnya tentu saja dengan memperluas relasi yang Anda miliki. Tidak dapat dipungkiri, faktor yang satu ini sangat berpengaruh saat Anda berusaha mencari pekerjaan karena koneksi yang luas tentu akan mempermudah Anda dalam mendapatkan pekerjaan.

Karena itulah, pada saat masih menjadi mahasiswa Anda disarankan menjalin relasi yang baik dengan banyak orang di kampus baik itu kakak tingkat maupun teman dari jurusan lain. Mereka juga bisa membantu Anda mengetahui informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia tanpa harus kesusahan mencari di berbagai tempat.

5. Ikuti Job Fair

Keberadaan kegiatan seperti job fair juga sering digunakan oleh para pencari kerja sebagai salah satu cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Kegiatan ini memiliki keuntungan yang lebih dibandingkan dengan proses mencari kerja yang lain karena Anda bisa bertemu HR secara langsung sehingga Anda paham bagaimana harus menghadapi mereka.

Namun, butuh banyak pengorbanan saat ingin mengikuti kegiatan ini karena Anda harus mengeluarkan uang dan dokumen yang diperlukan. Selain itu, banyak sekali orang yang mengikuti kegiatan ini sehingga alangkah lebih baik apabila Anda mencari tahu perusahaan incaran terlebih dahulu dan persiapkan CV cadangan Anda..

6. Buat CV yang Menarik dan Jelas

Hal yang paling penting saat Anda ingin melamar kerja adalah Curiculum Vitae atau sering disingkat sebagai CV. Tak dapat disangkal, CV merupakan elemen penting apabila Anda mencari cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Selama ini, banyak penyari kerja yang gagal lolos seleksi administrasi karena CV yang terlalu ketinggalan zaman dan tidak memuat informasi yang jelas.

Karena itulah, Anda harus membuat CV yang memuat informasi dengan jelas. Sampaikan informasi tersebut secara singkat, namun jangan tambahkan informasi tidak penting karena hanya akan membuat CV Anda terlalu bertele-tele. Selain itu, penting untuk membuat CV Anda memiliki penampilan menarik akan bisa dilirik oleh para HRD.

Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah
Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah

7. Buat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Surat lamaran juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan apabila Anda ingin mencari kerja. Melalui surat lamaran, Anda dapat menawarkan diri pada perusahaan dengan cara menjelaskan dan meyakinkan mereka mengapa Anda layak untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Salah satu hal yang dapat membuat Anda semakin dipertimbangkan adalah dengan menunjukkan potensi diri Anda apa adanya tanpa terlalu berlebihan di surat lamaran. Jangan menyebutkan kelebihan yang sebenarnya belum bisa Anda buktikan. Tulis kelebihan dan kekurangan Anda tanpa penuh kebohongan disertai dengan pencapaian yang telah Anda miliki selama ini.

8. Daftar Ke Situs Pencarian Kerja

Karena teknologi yang semakin maju, situs-situs pencari kerja yang ada di internet pun kini juga berubah menjadi salah satu cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Kini, Anda tidak perlu kesusahan datang dari kantor ke kantor untuk menaruh surat lamaran karena Anda tinggal daftarkan diri ke situs pencarian kerja dan miliki akun di situ tersebut.

Dengan adanya sistem rekruitmen yang seperti ini, tentu saja akan membuat proses mencari kerja menjadi jauh lebih mudah dan lebih praktis. Anda dapat mengirim CV ke berbagai alamat email perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dalam waktu singkat, dan tunggu sampai mereka merespon CV Anda dalam beberapa waktu tertentu.

9. Cari Pekerjaan Sesuai Minat

Minat yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin digeluti biasanya terbukti akan membantu pekerja menjadi lebih produktif dalam menghasilkan sesuatu. Orang pasti akan menaruh usaha yang lebih keras apabila mereka menyukai apa yang mereka lakukan sehingga tidak akan membuat tekanan batin dan justru membawa kepuasan bagi diri sendiri.

Karena itulah, cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan hobi Anda agar Anda tidak merasa terbebani saat menjalankannya. Apabila Anda senang dengan pekerjaan yang Anda lakukan, tentu kualitas yang dihasilkan akan jauh lebih baik daripada orang lain yang bekerja tidak sesuai dengan minat mereka.

Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah
Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah

10. Gali Informasi dari Orang Lain

Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah yang terakhir adalah dengan cara menggali informasi dari orang lain. Anda bisa bertanya pada orang yang lebih berpengalaman di dunia pekerjaan tentang apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan saat bekerja.

Dengan mengetahui pengalaman yang mereka miliki, Anda bisa meminimalisasi kesalahan serupa yang kemungkinan Anda lakukan di kemudian hari. Selain itu, hal ini pun dapat menambah relasi yang Anda miliki.

Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah
Cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah

Penutup

Mencari pekerjaan memang tidak mudah. Selain membutuhkan usaha yang lebih, Anda pun juga diharuskan untuk mempersiapkan mental yang kuat agar tidak merasa kecewa apabila lamaran Anda ditolak oleh perusahaan. Karena itulah, penting untuk mengetahui cara mendapatkan pekerjaan dengan mudah agar membantu Anda mempersiapkan diri saat melamar pekerjaan di perusahaan nantinya.