asuransi mobil all risk

Asuransi Mobil All Risk, Apa Saja yang Ditanggung?

Setiap orang menginginkan keamanannya terjamin. Apalagi bila mobil itu adalah mobil kesayanganmu. Sedikit saja terdapat goresan di body kendaraanmu, tentu dapat membuat anda cemas dan panik. Cara mengantisipasi seluruh kemungkinan dari kerusakan yang terjadi pun akan anda lakukan, misalnya saja melalui jasa penjaminan atau asuransi.

Penjaminan mobil juga menganjurkan berbagai pilihan yang pelayanannya sebanding sebagaimana dana penjaminan untuk mobilmu. Diantara seluruh pilihan itu kemungkinan pernah didapati mendengar seseorang mempertanyakan mengenai asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung? Pernahkah kamu mendapati pertanyaan semacam ini? Atau kamu justru telah memahami jawaban dari asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung?

Apakah malah anda sendiri masih mempertanyakan asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung? Jika anda pernah mempertanyakan hal itu tapi belum memperoleh jawabannya, beberapa uraian ini mungkin akan membantu anda. Setidaknya ketujuh poin berikut bisa mendatangkan gambaran untuk anda mengenai jawaban atas asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung.

Untuk melengkapi pembicaraan perihal yang ditanggung oleh jenis asuransi tersebut, nampaknya anda perlu tahu hal penting yang wajib untuk dilakukan. Perihal penting yang dimaksud adalah membaca dan memahami hak serta kewajiban maupun syarat dan ketentuan yang berlaku untuk jenis asuransi tersebut. Jangan sampai kamu kaget ataupun merasa ditipu oleh perusahaan penjaminan kendaraan bermotormu.

asuransi mobil all risk
Asuransi mobil all risk

Perihal yang Menjadi Tanggungan

Pemahaman selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah mengenai asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung? Inilah penjabaran singkatnya.

1. Kecelakaan

Apabila mobil masih berada pada usia pakainya, maka aktivitas pemiliknya akan sering melibatkan mobilnya saat melakukan perjalanan. Terkadang kondisi jalanan yang tidak bersahabat membuat mobilmu jadi berbenturan dengan kendaran lain. Entah benturan ringan maupun tabrakan lalu mengakibatkan kecacatan.

Baca Juga :  Toyota Way vs Tesla Way ,Apakah Toyota Way Mulai Usang?

Mungkin juga ketika diperjalanan mobilmu menghadapi laka lantas kemudian terjungkir dan membutuhkan perbaikan. Semua kecelakaan tersebut dapat dirimu klaim asuransinya apabila kamu tercatat sebagai nasabah asuransi tersebut. Selain itu apabila kamu mengalami kecelakaan mobil terpeleset atau terjerembap pun dapat dirimu klaim asuransinya.

2. Kejahatan seseorang

Asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung?  Kejahatan seseorang kepada kendaraan bermotormu yang dirimu ikut sertakan pada asuransi all risk juga akan ditanggung si perusahaan penjaminan. Apabila kamu tetap belum ada gambaran,cobalah membayangkan ketika kamu sedang menendarai mobilmu lalu tiba-tiba ada yang melempari mobilmu dengan batu besar. Dimana dampak dari lemparan batu besar tadi adalah kerusakan body mobil kesayanganmu. Kerusakan akibat kejahatan seseorang ini bisa kamu klaim asuransinya.

3. Pencurian baik dengan atau tanpa kekerasan

Jika terjadi suatu kasus pencurian di mobilmu maka kamu bisa mengklaim asuransinya mengenai harta benda yang telah diambil pencuri kepada pihak puerusahaan asuransi.

4. Kebakaran

Tidak ada yang pernah tahu kapan musibah datang. Terkadang kita jumpai berita bahwa sebuah mobil terbakar, maka kebakaran itu nantinya dapat dirimu klaim.  Bukan Cuma permasalahan tiba-tiba terbakar, tapi kendaraan bermotor yang tersambar kilat pun dapat termasuk pada kategori klaim disebabkan kebakaran.

5. Kecelakaan Feri

Untuk menyebrangi dari suatu tempat ke tempat, terkadang seseorang harus menggunakan feri. Segala sebab dan risiko selama dilakukan penyebrangan laut dengan feri maka hal tersebut dapat diklaim asuransinya.

6. Antar Jemput Kendaraan

Biaya derek dan antar jemput kendaraan ke dan dari bengkel terdekat juga nantinya menjadi tanggungan perusahaan penjaminan.

7. Pengecualian pada polis

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia telah menyusun mengenai aturan baku yang nantinya ditanggung ataupun perihal pengecualian apa saja yang dianulir si persahaan penjaminan. Sebagai ilustrasi kasus yang dianulir si perusahaan penjaminan yaitu apabila penyebab rusaknya adalah latihan mengendarai atau persoalan hilangnya disebabkan pencurian  yang diperbuat sanak keluarga.

Itulah perihal yang bisa diklaim ketika anda memakai penjaminan kendaraan bermotor jenis all risk. Di samping hal tersebut, sebenarnya ada hal lain yang dapat ditanggung dari rusaknya sebuah kendaraan bermotor. Anda dapat memperoleh pertambahan kebermanfaatan asuransi apabila melakukan pembayaran premi tambahan. Setelah melakukan perluasan manfaat maka penyebab kerusakan karena bencana alam, kericuhan, dll dapat anda dapatkan klaim asuransinya.

Baca Juga :  Contoh Aptitude Test untuk Rekrutmen Karyawan ala KitaLulus.com
asuransi mobil all risk
Asuransi mobil all risk

Harga Asuransi Mobil All Risk

Biaya asuransi mobil all risk pastinya membuat premi menjadi tinggi dibanding penjaminan pada produk lain. Tingginya premi ini merupakan konsekuensi atas banyaknya detail-detail yang perlu di atasi oleh asuransi all risk. Setelah pertanyaan  asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung sudah terjawab, maka bertanyaan berikutnya yaitu mengenai hal-hal yang menentukan harga asuransi mobil all risk.

Besarnya harga asuransi mobil all risk dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain harga kendaraan bermotor, pembagian area, serta persentase ketentuan tarif asuransi nasional. Jadi, untuk harga tak mungkin dipukul sama rata bagi semua wilayah di Indonesia. Untuk harga asuransi mobil all risk itu juga akan berbeda ketika kita berencana untuk memilih menambah perluasan kebermanfaatannya.

asuransi mobil all risk
Asuransi mobil all risk

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk

Pertanyaan asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung kini akan terjawab dengan tuntas ketika proses klaim ini di acc. Berikut ini cara klaim asuransi mobil all risk.

  1. Melengkapi dokumen administrasi. Dokumen ini meliputi SIM, STNK, form yang diisi lengkap, tanda pelaporan ke pihak berwajib, dll.
  2. Melakukan pelaporan kepada pihak penjaminan apabila diperlukan.
  3. Pihak bengkel akan menghubungi perusahaan asuransi.
  4. Perusahaan penjaminan akan menindaklanjuti dengan mengadakan pengamatan langsung serta menganalisis data pengajuan.
  5. Apabila pihak penjaminan menyetujui maka mobilmu akan langsung ditangani.

Ketika pertanyaan asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung dan anda tidak mendapat jawaban setelah proses ini, berarti ada faktor lain yang menyebabkan asuransi tidak disetujui. Sehingga pertanyaan asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung hanya dapat dipastikan ketika semua rangkaian diatas telah selesai dilakukan.

Segala kemungkinan mungkin saja terjadi, ketika pertanyaan asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung sudah sedikit terjawab mengenai perihal yang ditanggungnya. Akan tetapi mungkin ada hal-hal yang justru membatalkan pihak penjaminan agar menerima klaim yang kamu ajukan. Hal ini tentu saja juga dipengaruhi oleh dokumen, hasil observasi, serta identifikasi yang dilaksanakan oleh perusahaan penjaminan.

Tanya Jawab Seputar Asuransi Mobil All Risk

Apa asuransi All Risk?

Asuransi all risk menjadi satu asuransi perlindungan jangka panjang dan komprehensif, hal ini jadi jaminan kerusakan atau kerugian terhadap kendaraan bermotor kepentingan yang dipertanggungjawabkan secara langsung oleh kecelakaan, perbuatan jahat, orang lain, kebakaran, dan lainnya.

Baca Juga :  Kuliah Dengan Beasiswa Double Degree Sudah Bukan Mimpi Lagi!

Bagaimana sistem asuransi mobil?

Cara kerja asuransi mobil bekerja antara lain pada saat nasabah membayar premi kepada sebuah perusahaan asuransi, premi tersebut bersama dengan premi pemegang polis yang lain akan masuk ke dalam penghimpunan dana besar yang dibentuk oleh pihak asuransi.

Apakah uang asuransi mobil bisa kembali?

Jika Anda tidak melakukan klaim, maka perusahaan asuransi menjanjikan pengembalian uang premi yang telah Anda bayar. Tetapi, untuk menghindari kerugian biasanya perusahaan asuransi tidak akan mengembalikan uang langsung 100%. Pengembalian uang pada umumnya akan ditambahkan dengan syarat tertentu.

Bagaimana Cara Klaim asuransi mobil?

Syarat klaim asuransi mobil
1. Polis asuransi dalam bentuk asli dan fotokopi.
2. Fotokopi SIM dan STNK.
3. Bukti laporan kepolisian jika mobil mengalami kerusakan berat karena kecelakaan ataupun kehilangan.
4. Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan ditandatangani.
5. Kronologi kejadian secara tertulis.

Berapa lama proses asuransi mobil?

Proses klaim asuransi dan pengerjaan bengkel biasanya butuh waktu 3-5 hari, sementara jumlah klaim bisa saja setiap hari ada yang masuk jika nasabah perusahaan asuransi sudah banyak.

Berapa lama asuransi mobil berlaku?

Masa berlaku asuransi TLO ini biasanya adalah satu tahun dan uang pertanggungan jaminan akan terus berkurang di tahun berikutnya. Karena nilai mobil menyusut tiap tahunnya, maka saat akan bayar premi di tahun berikutnya, selalu cek kecocokan antara premi, nilai mobil dan uang pertanggungannya.

Berapa lama proses klaim asuransi mobil hilang?

Proses klaim asuransi mobil hilang biasanya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan sejak pengajuan klaim. Sebab, biasanya pihak asuransi akan memberi waktu kepada pihak kepolisian selama 60 hari untuk mengusut kasus pencurian mobil terkait sebelum memproses klaim asuransi lebih lanjut.

Apakah mobil hilang diganti asuransi?

Jika kendaraan hilang akibat dicuri, atau mengalami kerusakan yang biaya perbaikannya mencapai 75 persen dari harga pertanggungan, maka konsumen berhak mendapatkan 100 persen penggantian. Namun, perlu diketahui, penggantian yang diberikan asuransi berupa dana atau uang bukan unit mobil baru.

asuransi mobil all risk
Asuransi mobil all risk

Penutup

Meskipun anda sudah menggunakan asuransi mobil all risk, sebaiknya anda tetap waspada ketika berkendara. Kini masalah mengenai asuransi mobil all risk apa saja yang ditanggung tak akan menjadi pertanyaan besar lagi. Semuanya sudah dijelaskan secara singkat dan padat seperti uraian di atas. Mulailah langkah perlindungan mobilmu dengan mengasuransikannya dengan prosedur yang tepat. Tapi akan lebih baik lagi jika anda selalu memberikan perawatan secara berkala untuk mobil kesayanganmu. Dengan perawatan yang rutin ini akan membuat kondisi mobilmu lebih prima dalam jangka watu yang lama. Sehingga masa layanannya pun akan lebih lama ketimbang jika mobil anda tidak diberikan perawatan rutin. Semoga artikel ini bermanfaat.