Kredit modal kerja adalah

Ketahui Lebih Dekat Pengertian dari Kredit Modal Kerja Adalah Suatu Fasilitas Kredit

30 views
Bagikan artikel ini

Pasti kalian masih asing dengan kalimat atau istilah kredit modal kerja. Dalam istilah perbankan, banyak sekali istilah-istilah yang jarang terdengar. Kredit modal kerja adalah salah satu istilah yang ada dalam dunia perbankan. Maka dari itu, simak terus artikel ini hingga bawah jika ingin mengetahui tentang kredit modal kerja.

Kita tahu bahwa jumlah wirausaha di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dan tersebar di mana-mana. Bagaimanapun juga, pengusaha tidak hanya bagi mereka yang memiliki bisnis dan modal besar. Melainkan juga mereka yang memiliki modal kecil atau bisnis kecil, juga disebut dengan pengusaha.

Kredit modal kerja adalah
Kredit modal kerja adalah

Sukses Dengan Kredit Modal Kerja

Maka dari itu, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Meski anda memulai bisnis dengan modal kecil. Terlebih lagi dengan anda yang hanya memiliki modal semangat, anda tetap bisa meraih impian sebagai pengusaha atau mempunyai usaha sendiri. Kemudian pemerintah sudah memiliki kebijakan dan kesempatan bagi masyarakat yang membutuhkan modal dan ingin membuka usaha.

Salah satunya adalah kredit modal usaha. Pada dasarnya, kredit modal kerja adalah merupakan sebuah fasilitas yang diberikan pada pengusaha pemula. Mulai dari UMKM hingga korporat. Hal ini bertujuan dalam rangka meringankan pembiayaan modal usaha atau modal kerja.

Kemudian pemberian kredit modal kerja ini bisa kepada badan usaha atau perseorangan yang tengah mengembangkan usahanya. Sebab fasilitas kredit modal kerja yang diberikan dalam memenuhi modal kerja dalam satu siklus usaha. Bahkan dengan jangka waktu maksimal hingga 1 tahun.

Hal tersebut yang selanjutnya membuat pemerintah meluncurkan aturan baru menjalin kerjasama dengan sejumlah bank di Indonesia. Aturan yang diluncurkan tersebut berkaitan dengan peminjaman modal bagi calon pebisnis atau pengusaha.

Selain itu, peminjaman modal sendiri dibagi menjadi dua, yaitu kredit investasi dan kredit modal kerja. Namun kali ini, kredit modal kerja adalah sesuatu yang menjadi fokus utama di artikel ini. Maka dari itu, simak terus kredit modal kerja dari pengertian hingga manfaatnya.

Kredit modal kerja adalah
Kredit modal kerja adalah

Pengertian Kredit Modal Kerja Adalah

Kredit modal kerja adalah sebuah fasilitas kredit modal kerja yang diberikan kepada calon pengusaha atau pebisnis dalam bentuk rupiah atau valuta asing. Kemudian dalam pemenuhan modal kerja tersebut, mempunyai siklus usaha yang harus habis dalam jangka waktu maksimal selama 1 tahun. Sedangkan dengan pemberian kredit modal kerja bisa kepada para pengusaha yang tengah mengembangkan usahanya atau kepada perseorangan.

Selain itu, bagi calon debitur harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Seperti calon debitur sudah mempunyai ijin usaha dan paling tidak usaha tersebut sudah berjalan selama satu tahun. Dengan adanya kredit modal kerja ini, diharap bisa membantu pengusaha kecil dalam memenuhi kebutuhan modal dalam meningkatkan usaha yang mereka miliki.

Sedangkan dengan pinjaman modal ini mempunyai jangka waktu yang cukup pendek, yakni hanya satu tahun saja. Kemudian dalam satu tahun pinjaman tersebut, pencairan kredit menjadi 70% dari kebutuhan modal. Lalu usaha tersebut menjadi jaminan atas pinjaman modal tersebut.

Sementara itu, terdapat beberapa jenis pinjaman dari kredit modal kerja. Seperti pinjaman rekening koran yang merupakan sebuah fasilitas bagi para calon debitur bisa melakukan penarikan menggunakan rekening korannya. Lalu ada juga plafon tertentu melalui cek atau BG.

Kemudian ada juga sejumlah pinjaman aksep yang dapat ditarik atau dikembalikan kapan saja, asalkan dengan pemberitahuan sebelumnya kepada pihak bank. Lalu bagi para nasabah ketika ingin melakukan penarikan, harus membawa surat aksep sesuai dengan jumlah yang ditarik dan diserahkan kepada pihak bank. Bahkan para nasabah bisa melakukan penarikan secara berkali-kali, asalkan tidak melebihi plafon.

Beberapa Jenis Pinjaman Aksep Dalam Kredit Modal Kerja

Setelah mengetahui pengertian tentang kredit modal kerja adalah fasilitas kredit modal kerja, anda harus mengetahui tentang jenis-jenis pinjaman aksep. Jenis dari pinjaman tersebut terbagi menjadi 4, diantaranya adalah :

  • Pinjaman Aksep (PA) adalah sebuah pinjaman yang bisa dilakukan penarikan berulang kali oleh nasabah. Namun tidak  bisa dilakukan apabila melebih plafon yang diberikan.
  • Pinjaman Aksep Conditional (PAC) merupakan sebuah pinjaman yang membuat nasabah bisa melakukan penarikan bisa berkali-kali, asalkan tidak melebihi plafon. Bedanya dengan PA adalah, pada pinjaman ini mempunyai ketentuan pada penarikan atau pelunasan. Sehingga, nasabah harus memenuhi persayaratan khusus sesuai dengan kesepakatan bersama pihak bank.
  • Pinjaman Aksep Non Revolving (PAN) merupakan sebuah fasilitas kredit yang bisa ditarik sesuai dengan plafon yang sudah ditentukan. Kemudian ketika akan melunasi outstanding kredit, pembayaran tersebut tidak bisa ditarik.
  • Pinjaman Aksep Conditional Non Revolving (CAN) adalah sebuah fasilitas yang dapat ditarik hingga mencapai plafon. Sama halnya dengan PAN, pembayaran tidak bisa ditarik kembali setiap melunasi outstanding kredit. Akan tetapi dalam melakukan pelunasan atau penarikan, kalian harus memenuhi syarat tertentu yang telah disepakati bersama dengan pihak bank.
Kredit modal kerja adalah
Kredit modal kerja adalah

Cara Mengajukan Kredit Modal Kerja

Bagaimana, setelah membaca pengertian serta jenis kredit modal kerja apakah anda tertarik ? Anda bisa mengajukan kredit dengan mudah.

Cara mengajukan kredit modal kerja adalah dengan 3 langkah yang akan dibahas di bawah ini. Bahkan, anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke bank. Sebab, anda bisa melakukannya secara online. Berikut cara pengajuannya :

  • Mengajukan kredit modal kerja online

Anda mencari bank yang sudah ditunjuk dan kemudian ajukan kredit modal kerja. Kemudian anda isi formulir pengajuan kredit pada aplikasi atau  jasa peminjaman tersebut.

  • Validasi data

Setelah mengisi formulir, maka kemudian pihak bank atau jasa peminjaman akan menghubungi anda. Setelah itu, anda diminta untuk melakukan validasi data. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua data yang anda kirim itu benar.

  • Terima dana kredit

Apabila pengajuan kredit modal usaha disetujui, maka anda akan menerima langsung dana kredit. Sehingga modal untuk usaha siap digunakan. Bagaimana mudah bukan ? Dengan adanya kredit modal kerja, anda bisa mengajukan kredit agar bisa mengembangkan usaha anda.

Apabila dana kredit sudah cair dan berada di tangan anda, maka seharusnya anda memanfaatkannya dengan baik-baik. Sehingga, ini bisa menjadikan bisnis atau usahamu semakin berkembang. Selain itu, perlu adanya korelasi yang kuat dalam membangun sebuah bisnis.

Manfaat Kredit Modal Kerja

Manfaat yang bisa anda ambil dari kredit modal kerja adalah bisa mengembangkan bisnis atau keberlangsungan bisnis. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain yang harus anda ketahui, diantaranya :

  • Mempercepat pengembangan usaha atau bisnis,
  • Memastikan adanya dana yang cukup dalam mengembangkan usaha atau melayani konsumen,
  • Melindungi perusahaan anda dari krisis modal kerja,
  • Melancarkan operasional perusahaan, seperti dari produksi, distribusi, hingga mendapatkan barang atau kebutuhan yang diperlukan.
Kredit modal kerja adalah
Kredit modal kerja adalah

Penutup

Dengan segala manfaat dan kemudahan pengajuannya, maka tak heran apabila kredit modal kerja dicari oleh para calon pengusaha atau pelaku bisnis. Maka dari itu, anda perlu memanfaatkanya dengan baik kredit modal kerja ini.