belajar interview bahasa inggris

Pentingnya Menekuni Tentang Cara Belajar Interview Bahasa Inggris

34 views
Bagikan artikel ini

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan digunakan untuk melakukan komunikasi semua negara. Oleh karena itu ada beberapa kondisi di mana Anda harus melakukan interview dengan bahasa Inggris sebagai nilai lebih. Untuk itu di bawah ini akan kita bahas mengenai pentingnya dan cara belajar interview bahasa Inggris.

Belajar interview bahasa inggris
Belajar interview bahasa inggris

Pentingnya Belajar Interview Bahasa Inggris Untuk Segala Bidang

Mengapa belajar interview dengan menggunakan bahasa Inggris itu penting? Di Indonesia sendiri, ada beberapa hal yang menggunakan nilai interview bahasa Inggris sebagai tolak ukur kemampuan berkomunikasi secara internasional. Berikut beberapa hal yang membuat belajar ini menjadi penting, yaitu:

1. Untuk Persiapan Melamar Pekerjaan

Belajar interview bahasa Inggris biasanya dan yang paling banyak adalah untuk melamar pekerjaan. Ya, biasanya Anda akan melalui tahap interview ini apalagi jika Anda ingin bekerja di perusahaan internasional. Nilai speaking Anda dalam bahasa Inggris akan dinilai penuh sebab semua pekerjaan nantinya menggunakan bahasa tersebut.

Bahkan, pada perusahaan dalam negeri pun juga sering mengadakan interview dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini untuk menilai seberapa kemampuan berbahasa Inggris calon pekerjanya. Karena tak sedikit perusahaan dalam negeri yang bekerja sama dengan perusahaan luar negeri.

2. Untuk Persiapan Melamar Beasiswa ke Luar Negeri

Interview tak hanya melulu soal pekerjaan. Bagi Anda yang ingin belajar di negeri orang dengan jalur beasiswa biasanya juga harus melewati tahap yang satu ini. Ya, kemampuan berbahasa Inggris sangat penting apalagi Anda yang ingin sekolah di Inggris, Amerika, atau di negara yang menggunakan bahasa Inggris lainnya.

Bahasa Inggris penting sekali untuk melakukan komunikasi di sana. Tak hanya itu saja, kemampuan berbahasa Inggris juga penting untuk mendukung proses pendidikan. Apa pun jurusan yang Anda ambil, semuanya akan diajarkan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Belajar interview bahasa inggris
Belajar interview bahasa inggris

3. Sebagai Persiapan Ujian Speaking di Sekolah atau Kampus

Interview dengan menggunakan bahasa Inggris nyatanya tak hanya dilakukan pada saat melamar pekerjaan atau beasiswa saja. Ada saatnya Anda baik di sekolah atau di kampus diberikan ujian dalam bentuk interview dengan bahasa Inggris.

Ya, ujian ini yang pasti adalah untuk mengukur kemampuan Anda melakukan pembicaraan menggunakan bahasa Inggris. Baik itu memahami apa yang dimaksudkan oleh interviewer maupun bagaimana cara Anda menjawab pertanyaan tersebut.

Keduanya menjadi nilai apalagi jika Anda berkuliah di program studi Bahasa Inggris. Ya, nantinya setelah lulus Anda harus bisa berbahasa Inggris. Sehingga pada saat di kampus akan digodok sampai matang agar kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris bisa bagus.

Belajar interview bahasa inggris
Belajar interview bahasa inggris

Cara Belajar Interview Bahasa Inggris

Setelah mengetahui seberapa penting belajar interview bahasa Inggris, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai cara belajar interview bahasa Inggris. Yaitu sebagai berikut:

1. Sering Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris Kepada Orang di Rumah

Cara yang pertama, Anda bisa memulainya dengan sering berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan orang rumah. Ya, pada dasarnya interview adalah mengetes bagaimana Anda berbicara menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, latihan berbicara adalah kunci yang paling utama.

Sering-seringlah berbicara menggunakan bahasa Inggris walaupun mungkin kurang benar. Jika Anda merasa ada yang salah dengan ucapan, segera cari grammar yang benar dan segera perbaiki kalimat Anda. Biasakan kembali kalimat yang sudah Anda benarkan tersebut.

2. Mendengarkan dan Mempraktikkan Beberapa Kalimat dari Berbahasa Inggris

Cara kedua, Anda bisa mendengarkan dan juga mempraktikkan beberapa kalimat yang sering muncul pada proses interview dengan menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa mencarinya di YouTube atau di mana saja seusai keinginan. Kemudian coba praktikkan kalimat tersebut.

Dengan cara ini, lidah Anda akan terlatih dan otak Anda pun juga akan mulai mengingat struktur kalimat yang benar. Otak Anda akan otomatis merekam grammar yang benar sehingga saat Anda berbicara otomatis menggunakan grammar tepat.

3. Lakukan Komunikasi dengan Orang yang Juga Belajar Interview Bahasa Inggris

Berikutnya, Anda juga bisa melakukan komunikasi dengan orang yang juga sama-sama belajar interview dengan bahasa Inggris. Ya, Anda bisa mengajak teman atau kekasih Anda untuk sama-sama belajar. Buat kesepakatan untuk melakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dan grammar yang benar.

Dengan cara ini, Anda dan juga orang yang Anda ajak belajar akan sama-sama mendapatkan benefit atau keuntungan. Kalian berdua atau lebih bisa segera dapat berbahasa Inggris dengan mudah. Lidah akan terbiasa mengucapkan kalimat-kalimat berbahasa Inggris.

Belajar interview bahasa inggris
Belajar interview bahasa inggris

4. Berbicaralah di Depan Kaca dengan Menggunakan Bahasa Inggris

Apa yang paling penting dalam interview selain kemampuan berbahasa Inggris? Ya, penampilan dan juga kepercayaan diri. Anda juga harus melatih diri Anda seakan-akan sedang diinterview oleh seseorang.

Menghadaplah ke kaca dan coba berbicara di kaca seolah-olah Anda sedang di ruang interview. Benarkan semua sikap maupun tingkah laku Anda sehingga terlihat sopan dan juga manis di hadapan interviewer. Buat penampilan Anda semenarik mungkin agar lolos.

5. Menggunakan Bantuan Aplikasi HP untuk Belajar Interview Bahasa Inggris

Kemudian, di era yang serba digital ini Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pada HP. Di Google Play Store maupun di App Store telah tersedia banyak sekali aplikasi interview bahasa Inggris. Aplikasi yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk membantu Anda dalam mempersiapkan kemampuan berbahasa Inggris untuk interview.

Di sana terdapat beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan baik untuk pekerjaan atau beasiswa. Kemudian ada juga contoh jawaban menggunakan bahasa Inggris yang bisa Anda dengarkan. Jawaban tersebut bisa Anda ulang-ulang terus menerus hingga Anda mampu mengucapkan kalimat atau kosakata tersebut dengan benar.

Bahkan, aplikasi semacam ini juga menyediakan video edukatif. Video tersebut berisi tentang tips dan trik mempersiapkan interview menggunakan bahasa Inggris. Dengan ini, Anda akan lebih siap menghadapinya.

6. Ikut Bimbingan Belajar Khusus Interview Bahasa Inggris

Cara terakhir dan yang banyak dilakukan oleh para masyarakat Indonesia adalah mengikuti bimbingan belajar. Bimbingan belajar khusus bahasa Inggris ini banyak terdapat di Indonesia dalam bentuk kursus atau les. Nantinya Anda akan diajarkan bahasa Inggris secara menyeluruh terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda akan dibimbing untuk menyiapkan dari mulai mental, kemampuan berbicara, grammar, dan lain-lain untuk menghadapi interview. Bimbingan belajar ini bisa dilakukan baik secara online maupun secara offline.

Dengan cara ini, Anda bisa bebas bertanya kepada tutor sehingga jika ada hal yang kurang paham dapat Anda tanyakan. Bimbingan khusus bahasa Inggris ini sangat cocok bagi Anda yang belum memiliki basic berbahasa Inggris.

Belajar interview bahasa inggris
Belajar interview bahasa inggris

Penutup

Begitulah pentingnya dan juga cara belajar interview bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui. Belajar tidak pernah membatasi usia, berapapun usia Anda yang ingin belajar interview dengan bahasa Inggris tidak pernah terlambat. Lakukan mana yang sekiranya Anda bisa, lakukan semaksimal mungkin, dan semoga berhasil!