Motivasi kuliah sambil kerja

Bakar Semangat Dengan Motivasi Kuliah Sambil Kerja

24 views
Bagikan artikel ini

Kuliah merupakan kegiatan mencari ilmu yang berbeda dengan sekolah karena memiliki jam atau waktu yang fleksibel. Kuliah bisa Anda lakukan sambil bekerja sehingga menghasilkan uang atau pun pengalaman. Itulah salah satu motivasi kuliah sambil kerja bagi beberapa mahasiswa.

Motivasi kuliah sambil kerja
Motivasi kuliah sambil kerja

Beberapa Motivasi Kuliah Sambil Kerja

Namun, sebenarnya ada banyak sekali motivasi kuliah sambil kerja yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa tersebut. Yaitu sebagai berikut:

1. Dapat Membayar Kuliah Sendiri

Motivasi kuliah sambil kerja yang pertama adalah untuk membayar kuliah sendiri. Bagi orang yang berpenghasilan rendah dan kuliah di sekolah negeri biasanya akan mendapatkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang cukup rendah. Oleh karena itu, dengan kerja sampingan UKT tersebut bisa dibayarkan dengan mudah.

2. Dapat Digunakan untuk Menambah Uang Saku

Motivasi kuliah sambil kerja yang kedua adalah dapat digunakan untuk menambah uang saku. Terkadang uang saku yang diberikan oleh orang tua masih kurang cukup untuk membiayai hidup saat kuliah. Oleh karena itu, dengan bekerja sambil kuliah bisa menambah uang saku tersebut.

Anda tak takut lagi jika teman mengajak jalan-jalan atau sekadar makan di luar. Ya, Anda tak perlu lagi meminta uang lebih kepada orang tua. Dengan uang yang Anda dapatkan tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekunder maupun tersier.

Motivasi kuliah sambil kerja
Motivasi kuliah sambil kerja

3. Pendapatan Bisa Ditabung

Pendapatan dari kerja sambil kuliah juga bisa Anda tabung. Setelah lulus kuliah pastinya kebanyakan mahasiswa memilih untuk melamar pekerjaan. Melamar pekerjaan juga bukan urusan yang mudah dan murah, memerlukan biaya yang cukup besar.

Tabungan Anda tersebut bisa dipakai untuk mempersiapkan hari esok. Anda tak perlu meminta uang hingga Anda mendapatkan pekerjaan yang layak. Uang yang ditabung akan sangat berguna pada saat masa transisi Anda tak punya pekerjaan.

4. Bisa Mengasah Skill

Selain masalah uang atau penghasilan, bekerja sambil kuliah nyatanya juga dapat mengasah skill. Anda bisa menambah kemampuan dalam melakukan manajemen waktu, komunikasi, pelayanan konsumen, dan lain sebagainya.

Tak perlu magang lagi, Anda dapat melakukan pekerjaan sambil bekerja dan mendapatkan uang. Skill yang banyak membuat Anda menjadi manusia yang serba bisa, sehingga menambah sifat kemandirian.

5. Bisa Digunakan untuk Menambah Pengalaman Kerja

Motivasi yang berikutnya adalah dapat digunakan untuk menambah pengalaman kerja. Jika Anda bekerja sesuai dengan jurusan yang Anda lalui maka akan menjadi keuntungan besar. Ya, pengalaman kerja tak hanya berguna untuk Anda sendiri namun bisa Anda cantumkan di CV.

Dengan adanya pengalaman kerja yang banyak pastinya Anda akan lebih dipertimbangkan dibandingkan dengan pelamar yang lain di dunia kerja. CV Anda tidak akan kosong walaupun Anda merupakan seorang fresh graduate.

Motivasi kuliah sambil kerja
Motivasi kuliah sambil kerja

6. Dapat Digunakan untuk Mengisi Waktu Luang

Bekerja dan juga kuliah juga dapat digunakan untuk mengisi waktu luang. Bagi Anda yang memiliki waktu kuliah yang sangat sedikit dalam satu minggu, pekerjaan bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat. Anda dapat menghabiskan waktu dengan bekerja dan waktu tidak terbuang sia-sia.

7. Tersedia Kelas Pekerja yang Sangat Menguntungkan

Motivasi yang berikutnya adalah memang tersedianya kelas pekerja sehingga memang sangat menguntungkan. Biasanya motivasi ini terjadi pada mereka yang menjadikan pekerjaan sebagai prioritas utama pada saat itu.

Pekerjaan yang dilalui 5 hari kerja yaitu Senin sampai Jumat merupakan prioritas. Kemudian, pada saat hari Sabtu dan Minggu, kelas kuliah dapat dimulai. Kelas juga bisa dilakukan pada malam hari jika Anda memiliki pekerjaan pada pagi atau siang harinya.

8. Dapat Digunakan untuk Menaikkan Pangkat di Pekerjaan yang Dijalani

Masih sama seperti yang ada di atas jika pekerjaan Anda merupakan prioritas maka kuliah bisa menjadi hal yang dapat membantu kenaikan pangkat. Ya, pada saat Anda bekerja lalu kuliah lagi maka gelar akan bertambah, otomatis pangkat di pekerjaan juga akan naik.

9. Menambah Relasi

Pekerjaan pada saat kuliah juga sangat bagus untuk menambah relasi. Teman-teman Anda tak hanya berasal dari kampus saja melainkan juga berasal dari tempat kerja. Anda bisa memperluas relasi yang berdampak positif di masa depan.

Motivasi kuliah sambil kerja
Motivasi kuliah sambil kerja

Cara Memilih Pekerjaan yang Pas saat Kuliah

Bagi Anda yang memilih kuliah sebagai prioritas, maka Anda harus mengetahui beberapa cara memilih pekerjaan yang pas. Hal ini berkaitan dengan prestasi Anda di kuliah, dengan pemilihan pekerjaan yang sesuai maka kuliah dapat berjalan dengan lancar. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Pilih Pekerjaan yang Waktunya Tidak Bertabrakan dengan Jadwal Kuliah Anda

Pertama, pilihlah pekerjaan yang waktunya tidak bertabrakan dengan jadwal kelas kuliah Anda. Lakukan riset sederhana mengenai jadwal kuliah pada awal semester, kemudian diskusikan dengan pemilik kerja.

Jika kuliah dilaksanakan pada pagi hari, maka Anda bisa bekerja pada sore atau malam harinya. Jika kuliah dilakukan dari Senin hingga Jumat maka Anda bisa bekerja pada Sabtu atau Minggunya.

2. Pilih Pekerjaan yang Tidak Terlalu Berat karena Bisa Mengganggu Kesehatan Anda

Sebagai seseorang yang memprioritaskan kuliah, sebaiknya pilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Pilihlah pekerjaan yang sekiranya tidak memberatkan Anda. Hal ini sangat berkaitan dengan kualitas kesehatan.

Jika Anda sakit karena pekerjaan maka kuliah Anda sudah pasti terganggu. Jika nilai Anda merosot maka yang rugi adalah Anda sendiri.

3. Pilih Pekerjaan yang Memang Ditujukan kepada Anak Kuliah

Kemudian, pilihlah pekerjaan yang memang ditujukan kepada anak kuliah. Biasanya para pemberi kerja memang ada yang ingin mendapatkan pekerja dari anak kuliah. Mungkin dahulunya mereka juga merasakan sulitnya menjadi mahasiswa.

Jadi, mereka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja bersamanya. Dengan ini maka pemilik kerja juga tidak akan keberatan jika waktu Anda lebih banyak diberikan kepada kampus.

4. Sebaiknya Cari Pekerjaan yang Sesuai dengan Jurusan Anda

Sebaiknya, cari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang Anda lalui saat ini karena bermanfaat nantinya. Anda bisa menambah skill sambil mendapatkan uang sebelum bekerja setelah lulus nantinya.

Pekerjaan tersebut juga bisa menjadi ladang untuk belajar selain di kampus. Hal ini penting karena tak selamanya teori di kuliah dapat diaplikasikan ke lahan pekerjaan. Jika pekerjaan Anda bagus, bisa jadi setelah lulus Anda langsung diterima kerja.

5. Jangan Abaikan Liburan untuk Mengistirahatkan Tubuh

Kemudian, yang terakhir adalah jangan abaikan liburan. Bekerja keras memang bagus tetapi jika terlalu keras hanya akan menyiksa tubuh. Tubuh akan sakit dan Anda malah kehilangan banyak momen tertentu.

Motivasi kuliah sambil kerja
Motivasi kuliah sambil kerja

Penutup

Nah, itulah beberapa motivasi kuliah sambil kerja dan juga cara memilih pekerjaan  yang pas saat sedang kuliah. Dengan bekerja sambil kuliah ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan apalagi pada saat pandemi COVID-19 seperti ini. Namun ingat untuk tetap mengutamakan pendidikan di atas apa pun, jangan sampai kuliah Anda terganggu karena bekerja.