cara mendapatkan pasif income

Cara Mendapatkan Pasif Income Dengan 5 Money Skill

Apakah menurut anda pasif income itu ada? Apakah mungkin kita memiliki pasif income? Pada saat ini pasif income sangatlah penting karena berguna untuk memberikan penghasilan tambahan tanpa kita mengorbankan banyak waktu. Selain itu kita dapat tetap fokus pada pekerjaan utama kita. Akan tetapi dibutuhkan pula kemampuan yang dimiliki agar kita dapat membangun pasif income tersebut. Pada artikel kali ini kami akan membahas cara mendapatkan pasif income dengan lima keterampilan dasar tentang uang yang harus anda miliki jika anda ingin memiliki apa yang namanya pasif income.

5 Money Skill Sebagai Cara Mendapatkan Pasif Income

Bisa rebahan sambil tetap bisa menghasilkan uang adalah sebuah kondisi ideal yang diinginkan hampir semua orang. Banyak orang berharap bisa tetap menghasilkan uang sambil travelling, nonton, makan, jalan-jalan, atau melakukan aktivitas kecil lainnya yang menyenangkan namun memiliki uang dalam jumlah yang sangat banyak. Selain itu kita dapat tetap bekerja sebagai penghasilan utama dan mendapatkan pasif income sebagai penghasilan tambahan.

Kondisi itu sih kondisi yang sangat mungkin, syaratnya kamu telah memiliki apa yang namanya pasif income. Ketika kamu telah memiliki pasif income, itu pertanda bahwa kamu tetap bisa menghasilkan uang walaupun sambil tiduran dan sambil rebahan. Untuk mendapatkan passive income membutuhkan proses, waktu, dan yang terpenting kemampuan. Kamu harus menguasai lima kemampuan dasar terkait dengan uang. Berikut cara mendapatkan pasif income dengan money skill dasar yang wajib kamu ketahui.

1. Menghasilkan Uang

Skill pertama dalam cara mendapatkan pasif income adalah kemampuan menghasilkan uang. Semakin besar kemampuan menghasilkan uang akan semakin bagus, artinya semakin besar potensimu untuk memiliki apa yang namanya pasif income. Bekerja atau membangun bisnis adalah salah satu pilihan utama yang dapat kita lakukan agar kita bisa menghasilkan uang. Kita harus menukarkan waktu pikiran dan tenaga kita agar kita bisa mendapatkan uang. Tanpa bekerja atau membangun bisnis kita tidak mungkin bisa menghasilkan uang dan tentu saja tidak akan pernah tercapai pasif income tanpa kita memiliki kemampuan yang baik untuk menghasilkan uang.

Baca Juga :  Intel vs AMD : Kisah Rivalitas 50 tahun yang Sarat Pelajaran

Menghasilkan uang adalah skill dasar sebagai cara mendapatkan passive income yang pertama yang harus kamu miliki. Tentunya kita juga harus memiliki skill atau keterampilan untuk dapat menghasilkan uang. Teruslah mengasah potensi maupun kemampuanmu agar dapat meningkatkan value diri untuk menghasilkan uang. Dengan semakin tinggi keterampilanmu maka akan semakin banyak uang yang dapat kamu hasilkan.

cara mendapatkan pasif income
Cara mendapatkan pasif income

2. Menyimpan Uang

Skill kedua adalah saving atau menyimpan uang. Setelah kamu memiliki kemampuan yang baik dalam menghasilkan uang, langkah berikutnya adalah seberapa mampu kamu menyimpan atau menabungkan uang anda. Realitanya banyak orang memiliki kemampuan yang baik dalam menghasilkan uang. Mereka mempunyai gaji dan penghasilan besar namun justru tabungan mereka sangat sedikit.

Agar dapat memiliki pasif income kamu harus dapat menyisihkan penghasilannmu terlebih dahulu dan menabung. Cara mendapatkan pasif income yang mudah agar anda bisa menabung adalah ambillah uang anda di awal bulan setelah anda menerima gaji atau menerima penghasilan. Lalu sisihkanlah uang tersebut pada rekening terpisah yang khusus kita gunakan sebagai tabungan kita. Menabung dapat menjadi langkah awal anda untuk membangung pasif income anda.

cara mendapatkan pasif income
Cara mendapatkan pasif income

3. Melakukan Kontrol

Keterampilan ketiga terkait dengan controlling atau mengendalikan pemasukan dan pengeluaran dari uang tersebut. Skill ini terkait Bagaimana cara anda mengendalikan uang yang anda punya agar tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna. Agar uang tersebut tidak keluar kesana-kemari tanpa penggunaan yang bermanfaat. Kemampuan pengendalian uang dimulai dari kemampuan kita mengidentifikasi dan mengenali setiap jenis pengeluaran kita. Apakah pengeluaran kita pengeluaran yang penting atau tidak penting? mendesak atau tidak mendesak?

Kemampuan menetapkan prioritas pada pengeluaran uang kita adalah hal penting yang harus dimiliki agar kita mampu mengontrol uang kita. Kemampuan pengendalian uang sangat identik dengan kemampuan anda mengendalikan belanja anda. Bagaimana Anda memilih belanja yang fungsional jika dibandingkan dengan belanja yang konsumtif. Buatlah skala prioritas untuk pengeluaran kebutuhanmu. Pastikan kamu telah membagi dengan baik pengeluaran yang benar-benar menjadi kebutuhanmu.

Baca Juga :  4 Motivasi Kuliah di Luar Negeri bagi Anak-Anak Muda Indonesia
cara mendapatkan pasif income
Cara mendapatkan pasif income

4. Menumbuhkan

Skill keempat sebagai cara mendapatkan pasif income adalah menumbuhkan. Skill ini terkait dengan kemampuan anda menggunakan uang yang telah berhasil anda tabung atau anda kumpulkan untuk kemudian tetap bertumbuh dan memberikan nilai manfaat yang lebih tinggi atau sering juga kita kenal dengan konsep investasi. Menumbuhkan terkait dengan kemampuan anda memilih instrumen investasi terbaik untuk diri anda. Memilih cara investasi terbaik yang aman yang memberikan manfaat terbesar dan peningkatan nilai yang tinggi untuk keuangan kita. Bahasa sederhana dari konsep menumbuhkan adalah merubah tabungan kita menjadi investasi.

Fase menumbuhkan sejatinya adalah fase membangun aset, pada titik ini kita mulai membeli aset dan mulai membangun pondasi sebagai cara mendapatkan pasif income. Ketika aset yang kita miliki terus bertumbuh nilainya dan penghasilan yang juga terus naik, maka pada titik Inilah kita mulai mendapatkan apa yang namanya passive income. Fase menumbuhkan adalah fase yang sangat penting ketepatan anda dalam mengambil keputusan untuk menginvestasikan uang tabungan anda menentukan keberhasilan Anda dalam membangun aset. Sebelum anda memutuskan untuk membeli aset, Anda harus benar-benar memahami mempelajari dan memastikan bahwa instrumen investasi yang Anda pilih anda benar-benar memahami dan mengenalinya. investasi tanpa pengetahuan yang cukup adalah sebuah tindakan spekulasi. Untuk mengetahui dengan jelas tentang investasi ataupun menabung, simak artikel seputar kerja berikut.

cara mendapatkan pasif income
Cara mendapatkan pasif income

5. Proteksi

Skill kelima adalah proteksi. Skill ini terkait dengan kemampuan anda melindungi uang yang berhasil anda kumpulkan dan melindungi aset yang telah anda beli agar tidak mengalami kerugian atau penurunan. Dalam cara mendapatkan pasif income, skill ini menuntut anda untuk terus belajar meningkatkan pengetahuan anda tentang keuangan, tentang investasi, atau tentang hal teknis lain yang dapat melindungi anda dari kerugian atau penurunan nilai kekayaan yang anda miliki.

Baca Juga :  Pendapat Mahasiswa Tentang Kuliah Online di Masa Pandemi

Kemampuan proteksi yang buruk membuat banyak orang kaya raya tiba-tiba jatuh miskin. Investor besar pun dapat tiba-tiba bangkrut seketika karena dia salah mengambil keputusan. Proteksi terkait dengan ketenangan dan kemampuan teknis untuk menjaga dan mengambil keputusan dengan bijak. Target dari proteksi terhadap kekayaan dan keuangan kita adalah menjaga agar uang kita berada pada nilai yang minimal sama dan tidak mengalami penurunan.

cara mendapatkan pasif income
Cara mendapatkan pasif income

Penutup

Kelima keterampilan teknis tersebut akan sangat membantu anda dalam mewujudkan impian anda sebagai cara mendapatkan passive income. Jika anda telah memiliki kemampuan yang baik dalam menghasilkan uang, menyimpan uang, mengendalikan uang menumbuhkan uang, dan melindungi uang maka bisa dipastikan pelan namun pasti insya Allah anda akan mendapatkan passive income impian anda. Demikian pemaparan ringkas tentang lima skill terkait dengan uang yang wajib anda miliki untuk membangun passive income.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat!