Ide jualan makanan rumahan

Ide Jualan Makanan Rumahan Untuk Pemula

191 views
Bagikan artikel ini

Memiliki sebuah usaha sendiri memang menjadi impian banyak orang apalagi dalam situasi yang sekarang ini sulit untuk mencari pekerjaan. Dengan itu anda bisa memulai beberapa ide jualan makanan rumahan yang bisa dijadikan awal untuk memulai usaha bisnis anda. Menjalankan bisnis rumahan memiliki sistem bisnis yang terbilang menguntungkan, hal ini karena bisnis dilakukan di rumah sendiri tanpa harus menyewa tempat usaha.

Usaha rumahan merupakan salah satu bentuk usaha yang memang saat ini paling diinginkan oleh kebanyakan orang, khususnya pada bidang usaha kuliner rumahan. Usaha kuliner kini menjadi salah satu usaha yang paling banyak digemari oleh para pendiri usaha. Karena biasanya makanan memang menjadi yang paling di cari setiap orang, apalagi kaum muda yang gemar jajan.

Dan kita juga tahu bahwa makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, jadi tak heran bila jajanan kuliner selalu paling di cari oleh banyak orang. Untuk memulai usaha makanan ini anda bisa sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Yaitu baik bisa membuat makanan sendiri atau hanya dengan memasarkan jualan orang lain sehingga mendapatkan bagi hasil dari hasil penjualan.

Beberapa Ide Jualan Makanan Rumahan Untuk Awal Bisnis Kuliner

Biasanya orang-orang ketakutan untuk memulai usaha kuliner karena tidak tahu harus makanan rumahan apa yang harus di jual dan dipasarkan. Anda mungkin tahu bahwa kendala dalam memulai dalam bisnis adalah modal, tapi anda bisa melakukan bisnis kuliner ini dengan modal kecil saja. Berikut ini adalah ide jualan makanan rumahan untuk awal bisnis kuliner anda:

1. Gorengan

Gorengan adalah salah satu cemilan yang paling sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak dan gurih serta memiliki tekstur yang renyah. Gorengan ini juga merupakan masakan rumahan sehari hari dengan salah satu dengan bahan dasar yang terbilang cukup murah, sehingga jika memulai usaha makanan rumahan dengan berjualan gorengan anda hanya perlu modal usaha yang kecil.

Dalam berjualan gorengan sebaiknya menjual tidak hanya satu jenis gorengan tapi dengan berbagai jenis gorengan sehingga pembeli bisa memilih jenis-jenis gorengan sesuai selera mereka. Jenis gorengan yang bisa anda jadikan bahan jualan antara lain seperti tempe goreng atau mendoan, bakwan, pisang goreng, risoles, tahu isi, cireng, combro dan lain-lain. Gorengan ini juga merupakan jajanan anak rumahan yang paling sering ditemui.

Ide jualan makanan rumahan
Ide jualan makanan rumahan

2. Kue

Membuka usaha kue mungkin bisa menjadi ide jualan makanan rumahan bagi anda yang memiliki hobi baking mem-baking. Karena kue merupakan menu makanan rumahan yang sering ditemui. Kue yang dijual pun bisa beragam tergantung selera dan kemampuan anda dalam membuat kue tersebut. Jenis kue kering ataupun kue basah seperti kue bolu, kue kukus, brownies, kue ulang tahun, kue apem, atau kue-kue tradisional, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk melakukan pemasaran dalam berjualan anda bisa memanfaatkan aplikasi online Go-Food atau Grab Food, dan bisa juga dengan berjualan offline seperti memasuki ke warung-warung terdekat atau membuka toko kue kecil depan rumah.

Ide jualan makanan rumahan
Ide jualan makanan rumahan

3. Cemilan Ringan

Memproduksi cemilan ringan sendiri di rumah atau membeli cemilan ringan yang sudah jadi dan di kemas sendiri bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin memulai usaha makanan di rumah. Cemilan kering biasanya memiliki waktu konsumsi dalam waktu yang lama atau bertahan cukup lama dari masa kadaluwarsa, sehingga akan lebih mudah untuk menjual atau dalam melakukan pemasaran secara online ataupun langsung.

Jenis cemilan ringan yang bisa anda jual seperti keripik pedas, keripik asin, bahkan manis, bagelen, makaroni atau jenis cemilan ringan lainnya sesuai kemampuan dan selera anda. Atau anda juga bisa membuat varian baru dari ide jualan makanan rumahan yang anda buat sendiri.

Ide jualan makanan rumahan
Ide jualan makanan rumahan

4. Mie Ayam dan Bakso

Mie ayam dan bakso menjadi salah satu makanan yang paling diminati dan di cari oleh setiap kalangan. Namun untuk membuka usaha seperti membuka tempat strategis untuk usaha mie ayam dan bakso atau membuat gerobak memang memerlukan modal yang cukup besar. Tapi dengan begitu tidak memungkiri bagi anda yang memang ingin membuka usaha mie ayam dan bakso dengan modal yang pas-pasan yaitu menjual dan memasarkan secara online dengan memakai sistem pre-order.

Caranya dengan membuat mie ayam dan bakso dalam bentuk kemasan, sehingga konsumen bisa memesan secara online dan memasak nya kembali secara instan. Anda bisa mengemas bahan-bahan mie mentah, bakso, bumbu ayam kecap, kerupuk pangsit dan bumbu mie ayam yang dikemas secara terpisah agar tidak basi.

Ide jualan makanan rumahan
Ide jualan makanan rumahan

5. Martabak Mini

Martabak mini merupakan makanan yang cocok untuk dijual di tempat-tempat ramai seperti area pasar. Sehingga menjadi ide jualan makanan rumahan yang brilian dengan peluang usaha kuliner yang menjanjikan. Waktu jualnya pun biasanya pada pagi hari, tapi tak menutup kemungkinan jika anda ingin berjualan di siang atau malam hari. Karena ukurannya yang mini, harga martabak mini bisa di bandrol dengan harga murah sesuai modal yang anda keluarkan.

Harga yang terjangkau itulah banyak orang yang membeli martabak mini untuk dijadikan sebagai sarapan. Anda juga bisa menambah beberapa varian topping seperti cokelat susu, cokelat kacang, keju, dan bahan topping lainnya agar pembeli banyak pilihan dan tidak bosan.

Ide jualan makanan rumahan
Ide jualan makanan rumahan

6. Frozen Food

Frozen food menjadi salah satu jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai usaha kuliner yang menjanjikan. Ide jualan makanan rumahan dengan makanan beku ini bisa anda lihat otodidak dari Youtube atau media sosial lainnya. Sekarang ini ide menjual Frozen Food ini memang banyak yang menjalani karena menjadi makanan yang paling diminati.

Selain prosedur yang efektif banyak varian dari frozen food, seperti bakso, dimsum, siomay, nugget, bakpau, atau bahak risol, dan egg roll. Menjual makanan beku atau frozen food memang lebih mudah, karena frozen food dapat bertahan hingga beberapa minggu cukup disimpan dalam freezer.

Ide jualan makanan rumahan
Ide jualan makanan rumahan

7. Minuman

Sekarang ini banyak sekali muncul minuman-minuman zaman sekarang dengan berbagai varian seperti Thai Tea, berbagai minuman jenis kopi susu, minuman soda dan yakult, hingga minuman segar seperti berbagai varian jeruk, cocktail halal, dan sebagainya. Menjual minuman seperti ini bisa dijadikan sebagai ide jualan rumahan yang menjanjikan, karena tak sedikit orang yang suka dan gemar berburu minuman.

Ide jualan makanan rumahan
Ide jualan makanan rumahan

8. Jajanan Tradisional

Jajanan tradisional memang tak pernah turun popularitasnya, karena memang salah satu makanan yang sering dicari oleh para kalangan. Jajanan tradisional merupakan masakan rumahan yang enak dan murah ,biasanya dijual di area pasar tradisional. Salah satu jenis jajanan pasar seperti klepon yang dikemas dengan wadah daun pisang atau di bungkus dengan plastik kecil. Masih banyak jenis jajanan tradisional yang bisa anda jadikan sebagai ide jualan makanan rumahan seperti kue nagasari, kue apem, deplo, kepok dan lain sebagainya.

Ide jualan makanan rumahan
Ide jualan makanan rumahan

Penutup

Banyak sekali berbagai jenis makanan yang memang menjadi salah satu ikon yang paling di cari oleh setiap kalangan, maka tak heran jika anda menjadikan bisnis kuliner sebagai ide jual untuk memulai usaha anda dalam bidang kuliner. Dan itulah beberapa ide jualan makanan rumahan yang bisa dijadikan pilihan untuk ide makanan yang ingin anda jual.