trading saham online

Cara Trading Saham Online Untuk Pemula

Trading Saham OnlinePerkembangan teknologi saat ini sudah bisa menjangkau sektor kehidupan. Khususnya dalam bidang ekonomi, Indonesia sendiri siap menjelang revolusi industri 4.0 yang mengusung teknologi sebagai core utamanya.

Investasi saham yang sedang naik daun ini pun banyak diminati oleh para investor baik yang pemula maupun yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia bursa saham. Manfaat teknologi yang diterapkan pada dunia saham ini adalah pemanfaatan gadget dan optimalisasi teknologi dengan basis jaringan internet yang mempunyai akses luas.

Ada banyak sekali aktivitas trading yang bisa dioperasikan secara daring. Seperti melihat pergerakan saham , jual beli saham, melihat list emiten yang direkomendasikan Bursa Efek Indonesia dan lain sebagainya. Pembaharuan sistem ini memberikan banyak kemudahan bagi trader untuk melakukan kegiatan trading.

trading saham online
Trading saham online

Pengertian Trading Saham Online

Menurut definisi, trading saham dapat diartikan sebagai kegiatan jual beli saham yang akan mendatangkan keuntungan bagi pelaku investasi itu sendiri. Keuntungan atau profit yang didapat dari trading saham biasa disebut dengan capital gain. Setiap kegiatan jual beli saham tentunya mempunyai tujuan mendapatkan return gain dengan meminimalisir loss.

Anda tidak perlu lagi menyiapkan waktu khusus untuk pergi ke Bursa Efek Indonesia untuk bisa memantau pergerakan saham atau bahkan melakukan aktivitas jual beli asset. Anda hanya perlu memanfaatkan teknologi dan perangkat yang Anda miliki. Perdagangan saham secara daring ini memberikan banyak sekali keuntungan untuk Anda.

Baca Juga :  Jangan Takut Memiliki Hutang untuk Modal Usaha, Ini Dia Tipsnya!

Trading saham dengan metode daring

Trading saham online sendiri memiliki pengertian bahwa melakukan proses jual beli saham yang dapat Anda lakukan secara online (daring). Biasanya data-data yang tertera dapat Anda akses melalui perangkat yang ada.

Saat ini banyak sekali aplikasi trading saham online yang dapat membantu kegiatan investasi Anda. Sehingga waktu Anda dapat dipergunakan secara efektif dan tepat guna. Anda dapat menyesuaikan penggunaannya pada gadget yang Anda miliki.

Keuntungannya tentu saja Anda bisa mengakses aktivitas perdagangan dimanapun dan kapanpun disesuaikan dengan waktu yang Anda miliki. Metode online seperti memang banyak diminati oleh trader. Karena cakupan pasar investasi modal sangat luas. Mudahnya, Anda tidak harus terus-terusan berada di Jakarta untuk memantau pergerakan saham Anda.

trading saham online
Trading saham online

Cara Trading Saham Online

Cara trading saham online ini melewati beberapa tahap, yaitu:

1. Tentukan saham online Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan akun pada saham online Anda. Anda harus melakukan riset yang panjang dan mendalam. Mendapatkan banyak data-data penting sehingga bisa mengetahui pada akun saham online manakah yang Anda tuju untuk berinvestasi.

Kemudian pilihlah broker atau pialang yang memiliki reputasi yang baik. Pialang ini adalah perpanjangan tangan Anda untuk melakukan perdagangan aset. Jadi Anda harus benar-benar teliti dalam memilih broker ini.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam jangka waktu tertentu akan mengeluarkan daftar berisi pialang-pialang yang berada dibawah pengawasan OJK. Daftar ini bisa Anda jadikan referensi dalam memilih akun trading aset online Anda.

2. Pilih Platform Trading

Setelah mengetahui tujuan akun saham online Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan platform trading. Platform dengan broker atau pialang biasanya berkaitan erat. Platform trading ini harus mencakupi semua kebutuhan Anda dalam berinvestasi. Contohnya dalam aplikasinya terdapat fitur-fitur yang memudahkan Anda dalam bertransaksi. Fitur umum yang ada pada platform ini adalah Anda dapat menganalisis pergerakan saham saat ini. Dan memberikan kemudahan untuk Anda ketika melakukan jual atau beli saham sesuai dengan keadaan saat itu. Kemudahan ini sendiri bertujuan untuk menghindari kerugian besar dan mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

Baca Juga :  Ketahui Cara Menghitung Persentase Kepemilikan Saham dengan Benar

Salah satu aplikasi trading saham online yang banyak digunakan di Indonesia misalnya IPOT yang baru saja meluncurkan fitur trading baru. Fitur tersebut dinamakan Robo Trading. Robo Trading memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas transaksi tanpa pengawasan penuh dari Anda. Secara otomatis robo trading akan membantu Anda untuk melakukan jual beli dengan margin yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Biasanya pada aplikasi ini akan memberikan kemudahan yang berbeda satu dengan lainnya. Ada yang memberikan kemudahan pada deposit awal. Ada juga yang memberikan webinar yang bersifat education untuk trader pemula.

Aplikasi-aplikasi trading saham online berkembang seiring dengan meningkatnya minat publik untuk melakukan perdagangan saham. Sebut saja Stockbit, MOTS, BIONS dan lain sebagainya.

3. Susun Strategi Investasi

Selayaknya maju ke medan perang, seorang trader harus memiliki strategi yang baik agar dapat mendapatkan return profit sesuai dengan yang diperhitungkan. Banyak sekali strategi berinvestasi yang bisa Anda aplikasikan.

Sebagai dasar dari strategi ini, Anda harus melakukan riset dan analisis data baik secara fundamental maupun riil. Analisis fundamental biasanya menitikberatkan pada kondisi emiten yang menjual sahamnya. Baik melalui profil perusahaan, laporan keuangan hingga data ekonomi umum pada emiten tersebut.

Sedangkan analisis teknis berhubungan dengan keadaan saham pada emiten tersebut. Contohnya pada penetapan harga, pergerakan harga yang bisa diakses melalui aktivitas pasar serta pola aktivitas harga saham. Hal ini akan menjadi dasar untuk Anda memprediksi potensial keuntungan yang akan didapatkan.

Banyak sekali strategi yang bisa Anda terapkan untuk aktivitas perdagangan saham ini. Beberapa strategi yang bisa Anda terapkan seperti swing trading, day trading, hingga position trading.

Tanya Jawab Seputar Trading Saham Online

Bagaimana cara trading saham?

Cara Daftar Trading Saham
1. Membuka Rekening Efek
2. Menyetor Dana Investasi
3. Mulai Berinvestasi
4. Memilih Sekuritas yang Pas dan Sesuai
5. Melakukan Transaksi dengan Penuh Kesabaran
6. Menentukan Indeks Saham yang Tepat
7. Membuat Planing Periode Trading

Baca Juga :  Investasi Trading Forex Sebagai Pemodalan Dengan Keuntungan Tinggi

Beli saham lewat aplikasi apa?

Berikut Daftar Aplikasi Saham Terbaik OJK yang Sudah Terbukti
1. Ajaib
2. Bibit
3. Bareksa
4. BIONS Mobile
5. BCAS Mobile 2.0
6. IPOT
7. Neo HOTS Mobile
8. MOST Mobile Mandiri Sekuritas

Berapa modal awal untuk trading saham?

Modal membeli saham sangat ditentukan oleh tiga faktor, yaitu harga saham perusahaan yang akan dibeli, fee transaksi sekuritas, dan jumlah saham yang akan dibeli. Saat ini, seseorang bisa mulai membeli saham di BEI dengan modal sekitar Rp 100.000 untuk pemula.

Kapan saat yang tepat untuk membeli saham?

Periode terbaik untuk membeli saham adalah pada bulan Mei, Agustus, November dan Februari. Karena pada bulan-bulan tersebut, perusahaan sudah merilis laporan keuangan, sehingga dapat menjadi pertimbangan Anda membeli saham.

Apa yang Harus Diketahui Sebelum Membeli saham?

5 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Pemula Sebelum Membeli Saham
1. Harga yang ditawarkan dibanding dengan harga wajarnya
2. Besarnya ‘market cap’ dari sebuah emiten
3. Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan
4. Berapa persen besarnya hutang perusahaan
5. Prospek perusahaan dalam beberapa tahun ke depan

trading saham online
Trading saham online

Penutup

Perdagangan saham secara daring atau trading saham online saat ini memang makin banyak digemari. Sebagai trader pemula, sudah selayaknya Anda memiliki banyak informasi dan data sebelum masuk ke dunia bursa saham itu sendiri.