Data scientist adalah

Data Scientist Adalah Profesi Penting : Mengenal Apa Itu Data Scientist

Data Scientist – Banyak sekali pekerjaan yang bisa diambil oleh para lulusan IT, seperti misalnya programmer, software developer, game developer, Ui/Ux designer, network engineer dan lain sebagainya. 

Namun, ada satu lagi jenis pekerjaan IT yang populer belakangan ini, yakni Data Scientist. Secara sederhana data scientist adalah profesi yang mengharuskan seseorang untuk mengelola data hingga menjadikan data tersebut bisa dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan.

Di Indonesia, profesi data scientist yang memenuhi kualifikasi cukup jarang ditemukan. Tak heran jika perusahaan kerap kesulitan ketika ingin meng-hire karyawan untuk ditempatkan di bagian ini. Jika tak mendapatkannya di Indonesia, ujung ujungnya mereka menggunakan tenaga asing.

Lalu, sebetulnya apa sih data scientist itu, apa pengertian, tugas dan pentingnya menggunakan data scientist dalam sebuah perusahaan. Untuk menjelaskannya, mari kita simak ulasan dibawah ini.

Data scientist adalah
Data scientist adalah

Apa Itu Data Scientist

Data scientist adalah sebuah profesi yang bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis data-data berbentuk mentah untuk kemudian dikelola sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah big data yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk pengambilan keputusan.

Seorang data scientist akan menganalisa, memproses dan juga memodelkan data dari bentuk terstruktur maupun tidak terstruktur sehingga menjadi data lain yang dapat diinterpretasikan hasilnya untuk kepentingan bisnis. Ini tentunya penting untuk kemajuan sebuah perusahaan.

Umumnya para ilmuwan data memiliki keterampilan dalam bidang ilmu komputer, matematika, statistik dan juga domain bisnis. Ia adalah penghubung antara dunia data dan dunia nyata, kehadirannya sangat dibutuhkan, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki database dan sistem besar.

Baca Juga :  Bagaimana Alasan Resign Yang Baik Saat Interview? Simak Tipsnya
Data scientist adalah
Data scientist adalah

Tugas Data Scientist

Dalam sebuah perusahaan, data scientist akan memiliki tugas-tugas yang setiap harinya harus ditangani. Beberapa tugas dan tanggung jawab sebagai seorang data scientist diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengolah Data

Tugas utama dari seorang data scientist adalah mengelola data mulai dari pengumpulan data, penyaringan data, pemrosesan data, analisis data sampai dengan melaporkan data dalam bentuk visual agar lebih mudah dipahami oleh orang-orang dari divisi lain yang berkebutuhan dengan data tersebut.

Setidaknya ada beberapa disiplin ilmu yang harus dimiliki oleh seorang data scientist diantaranya adalah data extraction, data cleansing, data warehousing, data, data mining, data modeling, analisa kualitatif dan prediktif sampai dengan data reporting dan data visualization.

Disiplin ilmu tersebut mengharuskan seseorang memahami bahasa pemrograman, database, ilmu komputer dan jenis ilmu lain, terutama ilmu yang berkaitan dengan analisa.

Menjadi seorang data scientist adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian tingkat tinggi, tak heran jika gaji yang ditawarkan untuk profesi ini cukup besar dan menggiurkan.

2. Mengetahui Aktivitas Bisnis

Beda jenis perusahaan, beda juga goal yang mungkin ditetapkan. Seorang data scientist akan bekerja sesuai dengan goal atau tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, selain memahami segala hal berkaitan dengan teknologi data, ia juga harus mengerti aktivitas bisnis yang terjadi dalam perusahaan, sehingga ia bisa lebih memahami apa yang harus dilakukan dan apa juga inovasi-inovasi yang dapat dilakukannya.

So, untuk menjadi seorang data scientist anda harus belajar banyak hal diluar teknologi dan analisis data. Ini adalah pekerjaan yang seru dan sangat menyenangkan bagi sebagian orang yang suka dengan hal-hal baru.

Baca Juga :  Cara Membuat Webinar dengan Zoom yang Sangat Mudah

3. Melakukan Presentasi Hasil

Untuk menjadi seorang data scientist anda dituntut untuk memiliki skill komunikasi yang baik, karena apapun yang anda kerjakan, hasilnya pastilah harus diperlihatkan pada orang-orang yang berkepentingan, baik itu pimpinan perusahaan ataupun tim dari divisi lain yang membutuhkan data tersebut.

Selain itu, ia juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam critical thinking, problem solving dan juga business sense. Semua itu dibutuhkan untuk menunjang karirnya dalam perusahaan.

Pentingnya Data Scientist di Perusahaan

Menggunakan data science sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan-perusahaan yang ada di masa sekarang ini, entah itu perusahaan di bidang kesehatan, pendidikan, perdagangan ataupun pertanian.

Dengan menggunakan data science, data yang dimiliki dapat dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna bagi kemajuan perusahaan di masa mendatang.

Begitupun misalnya dalam industri perbankan, kehadiran data science dan unsur teknologi lainnya diharapkan mampu mengangkat kinerja perbankan dalam pelayanannya kepada para nasabah.

Hal ini sudah dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia, sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, bank BRI sudah menggunakan berbagai teknologi digitalisasi yang disebut dengan BRITECH.

Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kemudahan kemudahan dalam mengakses layanan perbankan.

Data scientist adalah
Data scientist adalah

Penutup

Nah itulah tadi artikel singkat berkenaan dengan data scientist. Data scientist adalah hal yang penting yang digunakan oleh perusahaan. Sebetulnya data scientist mempunyai keterikatan satu sama lain dengan profesi lain seperti misalnya data analytic. Begitu pula sama halnya dengan teknologi digitalisasi bank BRI yang disebut dengan BRITECH.

Selain itu data scientist juga erat kaitannya dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Penggunaannya biasanya selalu berdampingan dan saling melengkapi satu sama lain.