Lowongan kerja dari rumah

Tips Memilih Lowongan Kerja Dari Rumah

54 views
Bagikan artikel ini

Memilih lowongan pekerjaan bukanlah sesuatu yang sangat ribet, namun juga tidak terbilang mudah. Perlu memperhatikan serta mempertimbangkan hal-hal yang dianggap penting dalam memilih sebuah lowongan pekerjaan. Apalagi jika lowongan kerja harus Anda pilih dari rumah, seperti yang akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, mari kita bahas mengenai apa saja tips yang bisa dilakukan memilih lowongan kerja dari rumah.

Lowongan kerja dari rumah
Lowongan kerja dari rumah

Dibawah Ini Berbagai Tips Saat Memilih Lowongan Kerja Dari Rumah

1. Memperhatikan Job Spec

Memilih lowongan kerja dari rumah tetap harus memperhatikan job spec perusahaan pada lowongan terlebih dahulu. Job spec sendiri maksudnya adalah kualifikasi atau spesifikasi minimum yang ditentukan oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Jadi, calon pelamar kerja harus sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan.

Paling tidak Anda bisa menjadi salah satu kandidat pelamar untuk perusahaan tersebut. Maka Anda harus memperhatikan beberapa hal misalnya kepribadian, pendidikan, kualifikasi, dan kemampuan yang dimiliki. Misalnya Anda tidak menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Cina, dan lain-lain, maka tidak perlu memilih lowongan kerja dengan spesifikasi kemampuan bahasa asing.

2. Meminta Pendapat Orang Rumah

Keuntungan yang bisa didapat ketika memilih lowongan kerja dari rumah salah satunya bisa meminta pendapat dan saran kepada orang yang serumah. Anda bisa meminta pendapat dan saran mengenai bidang pekerjaan apa yang cocok dan tidak cocok dengan diri sendiri.

Selain itu, bisa juga meminta pendapat dan saran mengenai pribadi diri Anda sebelum memilih lowongan pekerjaan. Bermacam saran yang Anda dapatkan bisa membantu untuk mengatasi berbagai kebingungan selama memilih lowongan pekerjaan. Apalagi, jika orang rumah yang dimintai saran jauh lebih berpengalaman.

Lowongan kerja dari rumah
Lowongan kerja dari rumah

3. Membuat Daftar Lowongan Kerja yang Akan Dilamar

Membuat daftar lowongan kerja dari rumah dapat mempermudah untuk menentukan prioritas dan acuan saat melamar kerja. Berbagai pilihan lowongan kerja yang sudah dikumpulkan juga bisa Anda beda-bedakan antara lowongan satu dengan yang lainnya. Sehingga, bisa menentukan lowongan mana yang lebih cocok untuk dicoba. Membuat daftar lowongan dilakukan sebagai pengganti tidak mengikuti job fair karena berada di rumah.

4. Memastikan Kebenaran Situs Lowongan Kerja

Apabila memilih lowongan pekerjaan dari rumah, biasanya informasi lowongan kebanyakan berasal dari situs online. Adanya situs online yang memberikan berbagai informasi lowongan kerja cuku berguna untuk seseorang yang sedang menetap di rumah. Selain mudah, jumlah lowongan yang ditawarkan sangat banyak dan bervariasi dari berbagai bidang pekerjaan.

Lowongan pekerjaan pun mulai dari yang full time maupun freelance. Namun, kebenaran informasi lowongan kerja yang ditemukan di beberapa situs tak jarang hanya penipuan dari berbagai pihak yang tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, Anda harus jeli memeriksa dan mengamati secara detail mengenai situs lowongan kerja yang ditemukan.

5. Memanfaatkan Aplikasi Lowongan Kerja

Selain melalui berbagai macam situs, mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja dari rumah bisa juga melalui aplikasi yang dapat diunduh pada smartphone milik Anda. Aplikasi lowongan kerja biasanya telah dilengkapi oleh besar gaji, alamat perusahaan, kualifikasi, tombol untuk melamar pekerjaan, dan formulir aplikasi. Lowongan pekerjaan yang ada dalam aplikasi juga akan lebih terpercaya.

Aplikasi yang dimaksud tersebut juga sering menawarkan lowongan kerja yang bisa Anda lakukan secara via online. Sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat, mudah, dan efisien. Jenis atau bidang pekerjaan pada lowongan juga beragam tergantung dengan minat yang Anda miliki.

Lowongan kerja dari rumah
Lowongan kerja dari rumah

6. Harus Selalu Update

Dikarenakan pemilihan lowongan kerja dilakukan dari rumah, jadi Anda harus selalu update mengenai informasi yang ada. Hal tersebut karena Anda hanya melakukannya dari rumah tanpa mengunjungi perusahaan secara langsung. Oleh karena itu, Anda harus tetap update dengan informasi mengenai lowongan pekerjaan seperti perubahan waktu penerimaan, kualifikasi, kuota pelamar, dan masih banyak lagi.

Sering-seringlah membuka berbagai website untuk memperbarui informasi mengenai lowongan pekerjaan. Hal tersebut untuk mengurangi berbagai kesalahan yang mungkin saja terjadi saat memahami informasi tentang lowongan pekerjaan. Sehingga, ketika memilih lowongan kerja dari rumah, jangan sampai ketinggalan dengan informasi terbaru.

7. Telusuri Website Resmi Perusahaan yang Tertera di Lowongan

Apabila Anda menginginkan sebuah posisi atau jabatan di perusahaan, dapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang sedang kosong. Jangan lupa untuk selalu senantiasa memantau website resmi agar memiliki informasi perusahaan. Biasanya ada pada menu career atau karir apabila tersedia di website tersebut.

Cara mendapatkan lowongan kerja dari rumah yang satu ini masih sering dilupakan oleh banyak orang. Padahal hal tersebut termasuk penting agar lebih memahami informasi yang ditulis pada lowongan pekerjaan. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan hal yang satu ini.

Lowongan kerja dari rumah
Lowongan kerja dari rumah

8. Pilih Pekerjaan yang Tidak Menyengsarakan

Saat memilih lowongan pekerjaan yang dilakukan dari rumah, pilihlah jenis atau bidang pekerjaan yang Anda senangi dan tidak menyengsarakan. Maka perlu memperhatikan secara baik dan teliti ulang lowongan pekerjaan yang Anda dapatkan. Jangan hanya terkecoh oleh gaji tinggi yang ditawarkan oleh suatu lowongan kerja.

Perhatikan pula tugas yang diberikan apakah akan menyengsarakan diri Anda sendiri atau malah sebaliknya. Pekerjaan yang terasa menyengsarakan akan membuat Anda merasa tidak betah melakukannya dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya, jika mengerjakan jenis pekerjaan yang Anda sukai, maka akan terasa santai tanpa ada beban yang ditanggung.

9. Ada Perjanjian

Pilih perusahaan yang memberikan lowongan pekerjaan yang mengikat suatu perjanjian dengan pekerja. Tips memilih lowongan kerja dari rumah tersebut sangat penting karena memuat kesepakatan yang terjadi antara kedua pihak yang berkaitan. Hal ini salah satunya untuk menghindari penipuan yang tidak ingin terjadi pada Anda.

Selain itu, dengan adanya ikatan perjanjian tersebut, keadilan untuk kedua pihak yang bersangkutan akan terjamin. Sehingga, nantinya saat sudah bekerja, perselisihan dan pertengkaran dapat dihindari. Perjanjian yang biasa dibuat umumnya berisi mengenai jenis dan bentuk pekerjaan, kewajiban, hak, dan lain-lain.

10. Tidak Ikut-Ikutan Teman 

Tips Lowongan kerja dari rumah yang selanjutnya yakni tidak ikut-ikutan dengan teman. Memilih lowongan pekerjaan yang sama dengan teman memang merupakan hal yang menyenangkan. Namun, Anda dan teman pasti memiliki kemampuan yang beda satu sama lain karena setiap orang tidak ada yang sama.

Maka, pilihlah lowongan pekerjaan yang memang sesuai dengan pilihan Anda untuk membangun karir yang baik serta bisa mengembangkan diri. Lagipula, nantinya Anda juga akan memiliki seorang teman baru yang memiliki pekerjaan yang sama. Jadi, jangan  khawatir apabila ingin memilih lowongan pekerjaan yang berbeda dengan teman.

Lowongan kerja dari rumah
Lowongan kerja dari rumah

Penutup

Nah, demikianlah berbagai informasi mengenai tips sederhana ketika memilih lowongan kerja dari rumah. Beberapa tips tersebut terbilang ampuh untuk memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan Anda. Hal yang terpenting adalah tetap semangat dengan pekerjaan apapun yang dipilih.