Rumus debit kredit

Manfaat Mengetahui Rumus Debit Kredit Di Excel Dalam Laporan Keuangan

Rumus debit kredit sudah sangat familiar di dunia keuangan. Bagi yang sudah sering bergelut dengannya tentu sudah tidak asing dengan istilah-istilah yang digunakannya. Untuk itu sepertinya perlu sedikit mengulas arti dari debit, kredit, dan saldo. Ketika berbicara debit maka yang perlu kamu ingat adalah tentang penambahan. Debit memiliki pemahaman sebagia suatu kegitatan pencatatn keuangan yang menjelaskan adanya pertambahan jumlah kepemilikan tentang sesuatu, baik itu berbentuk uang maupun kepemilikan lainnya.

Sedangkan ketika membicarakan tentang kredit, maka yang perlu kamu ingat adalah tentang pengurangan. Kredit dapat dipahami sebagai suatu tindakan pencataatan terkait besarnya pengurangan dari suatu kepemilikan yang dimiliki, baik itu berbentuk nominal uang maupun kepemilikan lainnya.

Cara menghitung saldo debit dan kredit di excel ini sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan harus menghitung setiap transakisi secara manual. Belum lagi jika dalam perhitungannya hanya dilakukan dengan pencatatan manual. Selain banyak waktu yang terisita, tenaga pun bisa kewalahan jika rumus debit kredit excel dilakukan tanpa menggunakan program ms excel.

Rumus debit kredit
Rumus Debit Kredit

Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan rumus excel debit kredit saldo menjadi tampilan yang lebih sederhana dalam satu tampilan saja, tapi ms excel tetap menjadi nomor satu. Banyak orang yang lebih memilih excel dalam menyelesaikan perhitungan keuangannya karena program ini sudah menjadi program bawaan pada setiap pc.

Jika tidak sebagai program bawaan pun ms excel semacam menjadi program wajib yang harus ada di setiap perangkat ponsel. Mayoritas data terkait perhitungan akan meminta user untuk membukan menggunakan ms excel. Maka dari itu, daripada harus menginstal aplikasi baru untuk melakukan perhitungan menggunakan rumus debit kredit di excel, mereka akan lebih memilih menggunakan program yang sudah ada.

Baca Juga :  Masa Depan Industri Penerbangan Dan Dosa Masa Lalu Garuda

Penggunan rumus debit kredit saldo ini tidak hanya digunakan untuk dunia bisnis. Bagi kamu yang ingin melakukan pembukuan rumah tangga menggunakan ms excel pun bisa. Ms excel ini memang menjadi andalan untuk perihal hitung menghitung dan pengolahan data. Jadi kamu bisa mengandlkannya untuk hal-hal yang berkaitan dengan pengolahan data ini.

Banyak data yang bisa di olah ketika kamu menggunakan ms excel. Akan tetapi, untuk bisa menggunakannya kamu harus tahu rumus dari masing-masing data tersebut. Dimana rumusnya bisa saja sangat sederhana dan bisa jadi rumus itu sangat rumit. Meskipun rumus rumit sebetulnya dapat digantikan dengan rumus sederhana.

Rumus Debit Kredit di Excel dan Saldo

Ketika terjadi suatu transaksi yang mengakibatkan saldo bertambah maka ia disebut debit. Namun ketika suatu transaksi itu mengakibatkan saldo berkurang maka ia disebut kredit. Cara menghitung debit kredit dan saldo di excel dapat diilustrasikan dengan bebrapa langkah berikut.

  • Misalnya kamu melakukan penulisan keterangan nominal debit di kolom F, kredit di kolom G, dan saldo di kolom H. Sedangkan untuk barisnya, kamu menuliskan mereka mulai pada baris ketujuh danberakhir di baris ke dua puluh satu.
Rumus debit kredit
Gambar Rumus debit kredit di excel 1

Biasanya penulisan debit ditulis secara manual untuk setiap waktunya begitu juga dengan kredit. Namun untuk saldo, kamu bisa mendapatkan jumlahnya secara otomatis dengan menggunakan rumus. Dimana dalam pengerjaannya agar lebih memudahkan maka dibuatlah satu rumus yang nantinya bisa di copy paste pada sel berikutnya.

  • Rumus debit dan kredit menjadi syarat utama agar diperoleh besaran saldo, khususnya pada setiap baris transaksi harian yang dilakukan. Rumus debit kredit excel lebih sederhana dibandingkan rumus saldonya. Karena untuk mendapatkan nominal akhir dari rumus debit kredit hanya menggunakan rumus sum.
Baca Juga :  Pokemon Go : Kisah dan Pelajaran 25 Tahun Jatuh Bangun

Untuk mendapatkan total debit yang ada, kamu tinggal menuliskan di cel F22 dengan “=SUM(F7:F22)” kemudian tekan enter. Maka setelah itu akan memperoleh total keseluruhan debet yang ada. Perlu diingat bahwa penulisan rumus tersebut tanpa menggunakan tanda petik.

Sedangkan untuk memperoleh total kredit, kamu hanya perlu mengetikkan di cell G22 dengan “=SUM(G7:G22)”lalu tekan enter pada keyboardmu. Maka cell G22 akan menunjukkan jumlah nominal dari seluruh data kredit yang diinput.

Untuk mendapatkan besarnya nilai saldo, ada dua rumus yang bisa digunakan. Rumus pertama yaitu dengan mengurangkan debit dengan kredit pada setiap barisnya yang jika dituliskan dalam rumus menjadi “=F7-G7” pada cell H7 dan begitu seterusnya. Atau cara lainnya yaitu dengan menuliskan rumus  di cell H7 dengan format “=IF(OR(F7<>0;G7<>0);SUM(F$7:F7)-SUM(G$7:G7);0)

Rumus debit kredit
Gambar Rumus debit kredit di excel 2

Cara menghitung saldo debit dan kredit di excel ini terkadang berbeda untuk penggunaan tanda : dan ; . Karena setiap perangkat biasanya mempunyai settingan yang berbeda. Sehingga amu harus menyesuaikan tanda tersebut di perangkatmu.

Manfaat Pencatatan Debit Kredit, dan Saldo

Setiap pencatatan keuangan akan berkaitan erat dengan rumus debit kredit. Rumus debit kredit menjadi tonggak utama dalam sebuah laporan keuangan. Dalam lini manapun akan selalu menggunakan laporan keuangan untuk merekap segala aktifitas keuangan yang terjadi. Sehingga setiap detailnya dapat terekam dengan baik.

Di dalam laporan keuangan biasanya rumus debit kredit ini sudah menjadi satu kesatuan. Jika laporan keuanganmu benar, maka kamu akan mendapatkan banyak nilai positif darinya. Beberapa keuntungan tersebut yaitu :

  1. Bisa mengetahui bagian keuangan mana yang mengalami pembengkakan.
  2. Bisa melakukan evaluasi mengenai sisi mana yang harus dievaluasi lebih dalam dan dilakukan perbaikan.
  3. Jika terjadi korupsi, kamu bisa langsung mengambil tindakan yang tepat.
  4. Kamu bisa mengetahui pola keuangan yang ada di usahamu.
Baca Juga :  Kuliah Dengan Beasiswa Double Degree Sudah Bukan Mimpi Lagi!

Itulah rumus debit kredit di excel dan beberapa manafaat yang bisa dijadikan  refrensi untuk lebih mengenal debit kredit.

Rumus debit kredit
Rumus Debit Kredit

Tanya Jawab Seputar Rumus Debit Kredit

Bagaimana cara mengetahui debit dan kredit?

Berikut ini adalah perbedaan debit dan kredit dalam akuntansi yang perlu dipahami:
1. Debit mengacu pada sisi kiri akun buku besar, sedangkan kredit berhubungan dengan sisi kanan akun pada buku besar
2. Di dalam akun neraca, apapun yang masuk akan didebit
3. Untuk laporan laba-rugi, semua pengeluaran dan kerugian akan didebit

Apakah debit dan kredit sama?

Perbedaan debit dan kredit paling umum yaitu jika debit diartikan sebagai pertambahan uang, sementara kredit diartikan sebagai pengeluaran uang dalam proses transaksi. Namun dalam istilah perbankan kredit lebih dikenal dengan penyediaan uang atas kesepakatan pinjam antara pihak bank dan nasabahnya.

Apakah aturan debit dan kredit berlaku untuk semua jenis perusahaan?

Ya. karna ketika terjadi transaksi di dalam perusahaan maka akan dicatat di dalam jurnal, dimana jurnal tersebut ada debit dan kreditnya.

Apa itu debit dan contohnya?

Pengertian Debit
Berasal dari kata bahasa Latin, yaitu Debere, debit merupakan sebuah catatan pada akun pembukuan yang mampu menambah nilai aset serta mengurangi jumlah kewajiban. Arti lain dari debit adalah uang yang harus ditagih ke orang lain atau biasa disebut dengan piutang.

Prive itu masuk kredit apa debit?

Meskipun akun prive adalah akun debit dan menunjukkan pengurangan total uang yang tersedia dalam bisnis, ini bukan akun pengeluaran – ini bukan biaya yang dikeluarkan oleh bisnis.