Tips interview kerja online

Tampil Percaya Diri dengan 12 Tips Interview Kerja Online ini

24 views
Bagikan artikel ini

Di era teknologi yang sudah maju ini, semua hal dapat dilakukan melalui handphone dan laptop selama terkoneksi dengan internet. Begitu pula di dunia kerja, interview pekerja baru juga dapat dilakukan secara online. Tentu ada perbedaan antara interview online dengan tatap muka. Jadi, agar Anda lebih siap menghadapi interview online, berikut kami bahas tips interview kerja online.

Tips interview kerja online
Tips interview kerja online

12 Tips Interview Kerja Online Agar Tetap Percaya Diri 

1. Pastikan koneksi internet dan laptop yang digunakan baik

Sebelum memulai interview, ini adalah tips interview kerja online yang paling penting. Pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan baik untuk menghindari koneksi terputus di tengah jalan.

Jika Anda menggunakan wifi, pastikan koneksi stabil dan cukup kencang. Anda bisa meminjam wifi di café atau tetangga yang memiliki koneksi yang baik. Jika menggunakan paket data, pastikan kuota data Anda masih banyak dan cukup untuk melakukan video call.

Selain koneksi internet yang baik, laptop yang digunakan juga harus dalam keadaan baik. Hindari laptop yang rusak untuk menghindari aplikasi yang tiba-tiba tertutup. Gunakan juga laptop dengan baterai yang penuh. Hindari menggunakan laptop dengan baterai yang rusak dengan charger selalu terpasang. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah saat terjadi pemadaman listrik.

2. Siapkan rencana cadangan ketika internet terputus atau laptop bermasalah

Jika koneksi internet dan laptop sudah disiapkan dengan baik, tak ada salahnya untuk membuat rencana cadangan. Karena ada hal-hal yang tidak bisa Anda hindari dan tidak terduga, walaupun semua persiapan sudah rapi dan siap.

Dalam tTips interview kerja online jangan lupa untuk mencatat berbagai informasi seperti nomor telepon pribadi pewawancara, nomor telepon perusahaan, atau alamat surel perusahaan. Jika koneksi terputus, Anda bisa menghubungi salah satu informasi tersebut untuk menunjukkan keseriusan dak kekreatifan Anda dalam pekerjaan.

3. Siapkan dan Pelajari platform yang akan digunakan

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan platform yang akan digunakan interview, Anda wajib mempelajari aplikasi tersebut sehari sebelumnya. Banyak fitur yang nantinya digunakan saat proses wawancara berlangsung, seperti menghidupkan dan menyalakan mic atau menyembunyikan dan menyalakan video.

Buat akun Anda sendiri, beri nama akun dengan nama lengkap Anda. Jangan menggunakan nama palsu, nama alias, atau inisial. Pastikan juga nama akun Anda ditampilkan pada video Anda.

Tips interview kerja online
Tips interview kerja online

4. Memakai pakaian formal dan rapi

Walaupun interview berlangsung dari dalam kamar atau tidak berhadapan langsung dengan pewawancara, memakai pakaian yang formal dan rapi adalah keharusan. Pakaian yang formal dan rapi menunjukkan profesionalitas dan  kesopanan Anda.

Anda juga perlu sedikit berdandan agar terlihat segar. Untuk wanita, gunakan make up yang tidak terlalu tebal dan mencolok. Jangan lupa menata rambut Anda juga baik pria maupun wanita. Jika Anda berjilbab, gunakan jilbab yang rapi dan formal.

5. Pilih tempat yang tenang dan nyaman

Memilih tempat yang tenang dan nyaman juga merupakan hal yang penting dalam tips interview kerja online. Interview tentunya berlangsung cukup lama, jadi pemilihan tempat berpengaruh cukup besar pada kelancaran interview Anda.

Pilih tempat yang tenang dan sunyi, terhindar dari suara-suara ramai seperti suara anak kecil, pembangunan,dan suara ramai kendaraan. Jika tidak memungkinkan di rumah, Anda bisa pergi ke luar rumah seperti café atau perpustakaan.

6. Periksa volume dan pencahayaan

Jika sudah mendapatkan tempat yang tenang dan nyaman, jangan lupa memilih background yang tepat. Jangan sampai backgorund yang Anda pilih adalah sumber cahaya sehingga menimbulkan backlight. Backlight akan membuat video Anda gelap dan wajah Anda tidak terlihat.

Anda juga harus memilih ruangan yang terang dengan pencahayaan cukup,  tepat di depan jendela atau menggunakan lampu tambahan. Karena dalam interview, penting untuk menunjukkan wajah Anda kepada pewawancara.

Selain pencahayaan,dalam tips interview kerja online volume suara juga perlu diperhatikan. Pastikan suara pewawancara terdengar baik oleh Anda, begitu pula dengan volume mic Anda. Hal ini untuk menjaga komunikasi tetap lancar dan tidak menimbulkan miscommunication.

Tips interview kerja online
Tips interview kerja online

7. Latihan interview sebelum online

Setelah menyiapkan berbagai periapan teknis, saatnya Anda menyiapkan diri Anda. Walaupun Anda sudah sering melalui interview, tetaplah melakukan latihan wawancara. Jika Anda sangat siap, maka Anda tidak akan terlalu gugup ketika menghadapi pewawancara. Berbagai pertanyaan juga dapat Anda jawab dengan baik dan tepat.

Tak hanya latihan berbicara, evaluasi pula posisi duduk yang nyaman dan terlihat dengan kamera, posisi duduk, kejelasan suara, dan pencahayaan. Anda bisa minta bantuan seseorang saat mengevaluasi hal ini.

8. Siapkan pertanyaan

Setelah proses interview, biasanya pewawancara memberi kesempatan Anda untuk mengajukan pertanyaan. Anda bisa bertanya mengenai perusahaan, job description, hingga gaji. Maka, menyiapkan pertanyaan-pertanyaan untuk Anda tanyakan juga perlu dilakukan. Tunjukkan bahwa Anda serius dengan pekerjaan ini dengan berbagai kesiapan Anda.

9. Hindari keterlambatan dengan alasan internet atau laptop lemot

30 menit sebelum jam interview, usahakan semua teknis dan diri Anda sudah siap. Ketika sudah waktunya, Anda tinggal masuk dan menyapa para pewawancara. Jangan sampai Ada keterlambatan dengan alasan internet dan laptop yang lemot atau sedang loading.

Keterlambatan, apalagi saat interview adalah hal tidak dapat di tolerir karena menunjukkan ketidakseriusan dan ketidakdisiplinan Anda. Pewawancara tidak akan menerima alasan apapun untuk keterlambatan.

Tips interview kerja online
Tips interview kerja online

10. Fokus pada interview

Saat interview berlangsung, penting untuk selalu stand by di aplikasi tempat interview berlangsung. Jangan mengalihkan jendela aplikasi pada aplikasi lain atau melakukan kegiatan lain seperti download atau browsing.

Selain mengganggu fokus Anda, hal ini juga menyebabkan koneksi internet menjadi terganggu. Sikap Anda yang terlihat sibuk sendiri juga tentu terlihat tidak sopan. Pastinya Anda tidak ingin merusak interview Anda sendiri bukan?

11. Melihat pada kamera ketika berbicara

Melakukan eye contact atau menatap mata ketika berbicara dengan orang lain adalah suatu bentuk kesopanan. Hal itu juga berlaku saat wawancara, walaupun berlangsung secara online. Selain itu dalam tips interview kerja online, memandang lawan bicara juga menunjukkan kepercayaan diri.

Begitu pun saat pewawancara berbicara, selalu memandang ke layar, menyimak, dan jangan sibuk sendiri sehingga tidak fokus. Hal ini untuk menghargai dan menghormati lawan bicara. Apalagi pembicara tersebut adalah calon pimpinan Anda.

12. Selalu tersenyum dan terlihat bersemangat

Tunjukkan potensi Anda melalui senyuman dan gerak-gerik yang bersemangat. Karena tak hanya berpakaian formal dan rapi saja, senyuman juga merupakan pakaian yang baik. Pertahankan sikap ramah Anda dengan menyimak setiap perkataan pewawancara, dan memberi reaksi seperti mengangguk-angguk, sebagai bukti bahwa kita mendengarkan.

Tips interview kerja online
Tips interview kerja online

Penutup

Setelah proses interview online berakhir, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pewawancara untuk menutup interview. Selalu tampilkan kepercayaan diri dan kesan yang bersahabat bahkan sampai proses interview berakhir. Demikian 12 tips interview kerja online, semoga beruntung dengan interview Anda dan selalu berdoa ya.