cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview

Cara Menjawab Kekurangan dan Kelebihan Saat Interview dengan Tepat

Kamu tentunya tidak akan merasa khawatir lagi ketika sudah sering mendatangi meja interview saat mencari kerja. Namun, bagaimana jika itu adalah pengalaman pertamamu? Apakah kamu sudah tahu cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview dengan tepat? Ada banyak tips yang diberikan oleh sebagian orang berpengalaman, tetapi kunci utamanya adalah tetap tenang.

cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview
Cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview

Cara Menjawab Kekurangan dan Kelebihan Saat Interview dan Contohnya

Ada berbagai cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview, di mana hasilnya akan berbeda bagi setiap perusahaan. Bagaimanapun juga, kecenderungan setiap pemilik usaha sangat bervariasi. Artinya, kemampuan untuk menjawab pertanyaan HRD sebenarnya bukan satu-satunya faktor penentu apakah kamu akan diterima bekerja atau ditolak, tetapi memang tidak boleh disepelekan.

1. Tunjukkan komitmen

Tidak ada perusahaan yang tidak menyukai kandidat dengan komitmen tinggi dan dedikasi maksimal. Mereka pastinya mengharapkan performa darimu untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Maka dari itu, saat menjawab pertanyaan HRD terkait kelebihan diri, kamu dapat menjadikan aspek komitmen sebagai salah satu keunggulan.

Namun demikian, bukan berarti kamu boleh sebarang mengimplementasikan tips cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview tanpa berpikir terlebih dahulu. HRD adalah orang yang sudah makan asam garam dalam dunia recruitment, mereka bisa mendeteksi mana kandidat jujur dan mana yang cuma menyampaikan bualan semata atau berlebihan saat mempromosikan diri.

Kuncinya, kamu hanya perlu menunjukkan bahwa dirimu adalah orang yang bisa diandalkan serta siap bertanggung jawab atas setiap tugas, sesulit atau semudah apa pun itu. Misalnya, memberikan jawaban berupa pencapaian atau apa yang sudah kamu lakukan saat bekerja di perusahaan sebelumnya, atau bagaimana caramu menyikapi kondisi tidak ideal.

Baca Juga :  Cara Menyusun Berkas Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

2. Bangun kesan menyenangkan

Menyenangkan di sini bukan membuat HRD senang dengan mengikuti kemauan mereka, melainkan fokus pada kepribadian dirimu. Menyenangkan merujuk pada kesan positif sehingga kamu mempunyai banyak relasi. Cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview seperti ini akan tercermin lewat pembawaanmu.

Harapannya, pewawancara bisa merasakan energi positif dan menilai kamu sebagai orang yang mampu dan mudah beradaptasi dalam berbagai situasi. Setiap perusahaan tentu menginginkan staf yang bisa berjalan sendiri tanpa dituntun seperti anak kecil. Hadirnya kesan menyenangkan ini satu paket dengan kemandirian.

cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview
Cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview

3. Skill komunikasi

Apabila kamu yakin memiliki skill komunikasi yang mumpuni, tidak masalah dijadikan aspek promosi diri. Tidak dapat dimungkiri, fakta di lapangan orang-orang yang pandai membangun komunikasi dua arah memang cenderung lebih cepat menyelesaikan tugas mereka.

Itu menandakan bahwa kamu adalah orang yang bisa memahami arah komunikasi. Salah satu modal penting adalah bisa bekerja sama dengan tim atau teamwork. Agar bisa optimal saat bekerja bersama tim, tentunya butuh kemampuan komunikasi yang memadai. Dalam hal ini, kamu tidak perlu bertele-tele, mudah dimengerti karena lugas.

Sebenarnya cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview tidak perlu mempromosikan diri secara berlebihan atau menunjukkan pencapaian setinggi langit. Justru sebaliknya, pewawancara bisa lebih terkesan ketika kamu mampu mengolah hal-hal sederhana tetapi terdengar luar biasa.

4. Punya rasa penasaran tinggi

Semua perusahaan menyukai karyawan dengan rasa penasaran tinggi. Itu menandakan bahwa mereka dapat mempelajari hal-hal baru, di mana akan berpengaruh pula terhadap kemampuannya melaksanakan tugas dan tanggung jawab selama bekerja. Rasa ingin tahu biasanya juga akan mendorong seseorang untuk senantiasa berkembang dan tidak betah ketika mengalami stagnasi.

Baca Juga :  Sudah Tahukah Anda?Ini Jurusan Kuliah Yang Peluang Kerjanya Banyak Diminati

Jika kamu termasuk orang yang senang meningkatkan kemampuan, maka perusahaan akan memandangmu sebagai sosok penyuka tantangan. Kamu akan dinilai punya keberanian keluar dari zona nyaman. Tentunya, kesan seperti ini akan sedikit banyak mendorong keyakinan pewawancara untuk menjadikanmu karyawan di perusahaan mereka.

cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview
Cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview

5. Skill interpersonal

Lebih dari sekadar mampu berkomunikasi dengan baik, cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview bisa juga dengan menonjolkan kemampuan interpersonal. Misalnya saja, negosiasi, di mana keterampilan ini sangat dibutuhkan ketika kamu mendapat tugas untuk melakukan tawar-menawar dengan klien di kemudian hari.

Saat kamu memiliki kemampuan semacam itu, perusahaan pastinya akan menilaimu sebagai aset berharga. Terlebih, jika perusahaan tersebut berorientasi pada iklan dan hal-hal yang mengutamakan kemampuan bernegosiasi.

6. Asyik dalam bekerja sama

Poin cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview berikutnya memiliki kaitan erat dengan skill komunikasi dan adanya kesan menyenangkan dalam diri. Memang tidak semua jenis pekerjaan akan melibatkan kamu dengan banyak pihak. Meski demikian, ketika bekerja di sebuah perusahaan, mau atau tidak kamu harus berinteraksi dengan orang lain.

Tidak masalah jika kamu orang yang cenderung lebih produktif ketika bekerja sendirian, tetapi bukan berarti itu menghalangimu dari kemampuan kerja sama tim. Pekerja yang baik dan kompeten adalah dia yang bisa menyesuaikan diri di mana pun dan kapan pun. Selama sesuatu itu diperlukan untuk kesuksesan pekerjaan, maka tidak ada alasan untuk tidak mencoba.

Oleh karena itu, jika sebelumnya kamu memiliki riwayat kerja sama tim yang baik, maka dapat disampaikan ketika sedang menjalani wawancara. Jangan lupa pula untuk memberikan gambaran bagaimana peranmu di dalam tim tersebut.

Baca Juga :  Sisko, Solusi Cerdas Untuk Digitalisasi Manajemen Sekolah

7. Passion di bidang yang dilamar

Kurang lengkap jika tidak memasukkan passion ke dalam daftar cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview. Sudah pasti perusahaan akan mencari kandidat yang memiliki passion dalam lowongan yang mereka perlukan.

Sejatinya, meski kamu belum memiliki passion mumpuni dalam suatu hal, tetapi punya ketertarikan besar terhadapnya, itu tetap bisa dijadikan sebuah keunggulan. Menunjukkan rasa ketertarikan terhadap bidang yang kamu lamar secara spesifik akan memberikan kesan sebagai orang dengan pemikiran terbuka dan punya aura positif.

cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview
Cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview

8. Mudah kecewa

Setelah mengetahui apa saja hal yang patut diunggulkan saat mewujudkan cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview, waktunya kamu memahami aspek kekurangannya. Dalam hal ini, sifat mudah kecewa bisa kamu sampaikan kepada pihak pewawancara.

Mudah kecewa merujuk pada performa pekerjaan, bukan malah menyinggung masalah pribadi. Misalnya, kamu mudah kecewa ketika mengalami kegagalan saat melakukan sesuatu. Itulah mengapa dibandingkan orang lain, kamu merasa lebih banyak membutuhkan dukungan dan motivasi.

9. Tidak sabaran

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan rasa tidak sabaran ketika menjawab perihal kekurangan diri. Sampaikan bahwa dirimu adalah orang yang cenderung ingin cepat menyelesaikan pekerjaan. Bahkan, hal itu mendorong kamu untuk rutin membuat to-do-list agar dapat bekerja secara terarah.

Hal paling penting saat ingin menjawab tentang kekurangan adalah menyertakan bagaimana kamu mengatasinya. Jangan sampai aspek kekuranganmu terdengar seperti keluhan tanpa solusi di telinga pihak pewawancara.

cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview
Cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview

Penutup

Ada banyak cara menjawab kekurangan dan kelebihan saat interview. Satu hal yang tidak boleh kamu lupakan bahwasanya setiap perusahaan punya prioritas dan visi berbeda. Oleh karena itu, sebelum datang ke lokasi wawancara pastikan kamu sudah mempelajari bagaimana sepak terjang perusahaan tersebut. Pemahaman tersebut bisa kamu jadikan bahan untuk melakukan improvisasi bila diperlukan.

Baca Juga : Tampil Percaya Diri dengan 12 Tips Interview Kerja Online ini