Daftar Isi
Anda sedang menggeluti bisnis penjualan baju online? Jika Anda seorang pemula, salah satu yang membuat Anda merasa kebingungan adalah dalam membuat laporan keuangan bisnis online. Program toko baju, baik kaos distro hingga seragam kantor akan berjalan lebih baik kalau Anda juga membuat laporan penjualan harian, baik secara manual maupun memanfaatkan fitur di excel. Dengan adanya pembukuan penjualan harian, Anda dapat mengetahui perkembangan bisnis online yang digeluti. Kalau Anda belum pernah membuatnya, berikut kami berikan contoh laporan penjualan harian toko baju yang akan diulas dan patut Anda perhatikan.
Contoh Laporan Penjualan Harian Toko Baju Manual
Sebagian penjual baju yang masih pemula terkadang merasa bingung dalam membuat laporan keuangan. Padahal, keberadaan laporan tersebut cukup vital untuk mengetahui perkembangan toko baju yang dijalankan. Salah satu laporan yang cukup penting ialah laporan penjualan per harinya. Bentuk dari laporan penjualan sebenarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Salah satu contoh laporan penjualan harian toko baju paling mudah dan sederhana dapat Anda lihat di bawah ini.
Laporan Penjualan Harian Galeri Fashion
Tanggal: 10 Agustus 2021
No. Nama Barang Harga Beli Harga Jual 1 KP Hitam Rp20.000 Rp40.000 2 KD Greenlight Rp30.000 Rp50.000 3 SK Batik Rp50.000 Rp70.000 4 SK PNS Rp150.000 Rp170.000 5 KK Navy Rp22.000 Rp42.000 Total Pemasukan Rp 1.254.000 Rp380.000 Qty Laba Kotor Laba Bersih 8 Rp320.000 Rp160.000 4 Rp210.000 Rp80.000 2 Rp140.000 Rp40.000 3 Rp510.000 Rp60.000 2 Rp84.000 Rp40.000
*Keterangan:
KP = Kaos Polos
KD: Kaos Distro
SK: Seragam Kantor
KK: Kaos Kerah
Supaya tidak bingung, Anda perlu memahami penjelasan dari setiap kolom pada contoh laporan penjualan harian toko baju di atas.
1. Nama Barang
Kolom nama barang sudah pasti diisi dengan baju apa saja yang terjual pada hari itu. Mencatat nama barang ini cukup penting supaya Anda juga dapat mengetahui penjualan baju apa saja yang terjadi per harinya. Anda dapat menggunakan singkatan tertentu sebagai kode supaya isiannya tidak terlalu panjang, seperti KD sebagai Kaos Distro atau SK sebagai Seragam Kantor.
2. Harga Beli dan Harga Jual
Aspek berikutnya yang perlu dicantumkan dalam pembukuan penjualan harian ialah harga beli dan jual. Yang dimaksud dengan harga beli ialah biaya satuan yang Anda keluarkan saat membeli baju. Keberadaan kolom harga beli ialah memudahkan Anda dalam menghitung laba bersih. Sedangkan harga jual ialah harga baju yang Anda tawarkan kepada para pelanggan toko baju Anda.
3. Quantity
Berikutya ialah kolom Qty yang merupakan kependekan dari Quantity. Kolom tersebut dapat Anda isi dengan jumlah penjualan baju harian. Adanya kolom Qty juga dapat memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah stok baju yang tersisa.
4. Laba Kotor dan Laba Bersih
Kolom terakhir yang terdapat pada contoh laporan penjualan harian toko baju di atas ialah laba kotor dan bersih. Laba kotor diisi dengan hasil perkalian harga jual dengan Qty. Sedangkan laba bersih diisi dengan selisih harga beli dengan harga jual, kemudian mengkalikannya dengan quantity. Anda juga dapat menambahkan kolom biaya pengemasan dan transportasi supaya tidak kerja dua kali untuk mengetahui laba yang benar-benar bersih.
Cara Membuat Laporan Penjualan Harian di Excel
Cara membuat pembukuan penjualan harian untuk toko baju Anda akan makin efektif dan efisien kalau memanfaatkan fitur di MS Excel. Proses pembuatannya pun cukup sederhana seperti contoh laporan penjualan harian toko baju yang manual.
Langkah pertama, Anda dapat memulainya dengan membuat tabel tersebut di Excel. Kemudahan dengan adanya Excel daripada manual ialah Anda dapat memakai rumus supaya tidak salah dalam menjumlahkan uang. Untuk menghitung jumlah laba kotor, Anda dapat menuliskan =D6*E6. Untuk menghitung laba bersih, Anda dapat menuliskan =(D6-C6)*E6. Sedangkan untuk menghitung total pemasukan, Anda dapat menuliskan =SUM pada kolomnya, lalu menekan dan menyeret kolom laba kotor maupun bersih dari nomor satu sampai lima.
Pentingnya Membuat Laporan Penjualan
Setelah melihat contoh laporan penjualan harian toko baju sebelumnya, apakah menurut Anda masih cukup rumit? Bagi yang menganggapnya rumit, sebenarnya kerumitan tersebut dapat dibayar dengan manfaat yang begitu besar. Ada dua manfaat pembuatan laporan penjualan yang akan Anda rasakan.
1. Mengetahui Kondisi Bisnis
Dengan Anda membuat pembukuan penjualan harian, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi bisnis online atau pun offline yang sedang dijalankan. Kalau laba yang didapatkan per harinya sesuai target, artinya keadaan bisnisnya sedang baik. Namun, kalau dalam beberapa hari tidak sesuai target, artinya perlu adanya evaluasi.
2. Elemen Penting dalam Evaluasi
Evaluasi termasuk hal yang wajib dilakukan dalam berbisnis. Nah, laporan penjualan harian atau pun bulanan dapat dikatakan sebagai bahan/elemen penting dalam melakukan evaluasi. Dari laporan tersebut, Anda menjadi tahu bagaimana laju usaha dalam periode tertentu. Dengan begitu, Anda dapat memutuskan langkah terbaik yang perlu diambil ke depannya supaya berjalan lebih baik.
Tanya Jawab Seputar Contoh Laporan Penjualan Harian Toko Baju
Apa itu penjualan harian?
Laporan penjualan harian adalah alat manajemen yang digunakan oleh bisnis, perwakilan penjualan, dan manajer untuk mengekstrak data penjualan harian yang paling relevan seperti jumlah transaksi yang ditutup, percakapan klien, peluang yang dibuat, dan banyak KPI terkait penjualan lainnya.
Laporan penjualan apa saja?
Jenis Jenis Laporan Penjualan
– Laporan dan Jurnal Penjualan: berisi tentang berbagai rincian dari seluruh transaksi penjualan.
– Laporan Penjualan Rangkuman: informasi seputar rangkuman penjualan dari seluruh pelanggan.
– Laporan Penjualan Rincian: berisi tentang informasi seputar rincian penjualan dari seluruh pelanggan.
Langkah laporan penjualan?
Langkah Pembuatan Laporan Penjualan Untuk Bisnis
– Menetapkan tujuan pembuatan laporan. Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat laporan ini yaitu menerapkan tujuan pelaporan keuangan
– Mengumpulkan seluruh bukti transaksi
– Menentukan bentuk laporan
Bagaimana cara menentukan target penjualan?
Cara menentukan target penjualan yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:
1. Menentukan jenis tujuan yang akan Anda terapkan.
2. Tujuan Anda harus SMART.
3. Bagikan dan terapkan semua sasaran penjualan.
4. Tingkatkan Closing Anda.
5. Maksimalkan penggunaan sosial media.
6. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan.
Mengapa laporan penjualan yang sedemikian rupa dapat meningkatkan produktivitas usaha?
Mengapa laporan penjualan yang sedemikian rupa dapat meningkatkan produktivitas usaha? Apabila informasi yang disajikan tersaji dengan terinci maka akan menghasilkan data yang sangat membantu pengambilan keputusan usaha secara akurat.
Mengapa kita harus membuat laporan keuangan?
Setiap perusahaan menggunakan laporan keuangan untuk melihat bagaimana kondisi perusahaan selama periode tertentu. Sumber data tersebut diolah agar menjadi laporan keuangan yang jelas dan detail. Setiap data transaksi yang tercatat akan menjadi bukti keabsahan transaksi dalam bisnis selama periode tertentu.
Apa maksud dari target penjualan?
Target Penjualan adalah fitur pada Accurate Online yang berfungsi untuk menentukan target penjualan dari produk yang dijual. Target penjualan bisa dibuat berdasarkan kuantitas, kategori barang, penjual (salesman) atau periode. Target penjualan juga bisa ditentukan untuk semua cabang atau hanya cabang tertentu.
Penutup
Nah, begitulah contoh laporan penjualan harian toko baju yang cukup mudah untuk Anda terapkan, baik manual maupun di Excel. Kini Anda juga mengetahui manfaat dari pembuatan laporan tersebut. Dengan membuat laporan penjualan dan informasi yang disajikan dapat tersaji dengan terinci maka akan menghasilkan data yang sangat membantu pengambilan keputusan usaha secara akurat. Semoga artikel ini bermanfaat.