pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan

Syarat Memperoleh Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan

Masyarakat yang bergerak dalam bisnis UMKM bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan. Biasanya bantuan yang diberikan berupa BLT UMKM dan KUR. Program pinjaman yang telah dikeluarkan pemerintah diharap dapat membantu bisnis kecil hingga menengah. Bagi kamu yang tertarik memperoleh pinjaman modal usaha harus mengetahui syarat terlebih dahulu.

pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan
Pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan

Syarat Memperoleh Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan

1. Tidak Dibiayai Lembaga Lain

Bagi Anda pelaku usaha yang ingin mengajukan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan tidak boleh mendapatkan biaya dari lembaga lain. Biasanya ada usaha yang mendapat bantuan dari koperasi atau sejenisnya untuk modal usaha. Jika kamu termasuk pengusaha yang masih mendapat bantuan dari lembaga lain selain pemerintah maka tidak bisa mengajukan pinjaman.

Pelaku usaha harus benar-benar memperhatikan syarat yang utama ini. Kamu tidak bisa berbohong karena data biasanya sudah ada. Pengajuan modal usaha dari pemerintah itu memang ditujukan kepada pengusaha kecil dan menengah yang belum memperoleh bantuan sama sekali. Jadi pastikan tidak menerima bantuan biaya dari pihak mana pun agar pengajuan ini bisa berjalan lancar.

2. Tercatat sebagai Warga Negara Indonesia

Syarat kedua sebelum memperoleh pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan adalah tercatat sebagai WNI. Pemerintah tidak akan memberi pinjaman modal usaha kepada orang dari luar Indonesia. Program ini memang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat Indonesia. Melalui pinjaman modal yang diberikan, masyarakat diharapkan bisa mengembangkan usaha tersebut.

Baca Juga :  Strategi Promosi Jualan Makanan Online yang Efektif dan Efisien

Biasanya status warga negara Indonesia bisa dilihat melalui beberapa bukti dokumen. Tempat lahir yang tercatat akan menjadi salah satu acuan untuk melihat status pengusaha. Syarat ini memang terlihat sederhana, tetapi perlu dicermati dengan baik oleh pelaku usaha yang mengajukan pinjaman. Sehingga status kewarganegaraan sangat penting sebagai pertimbangan penerima pinjaman modal.

3. Jenis Usaha

Usaha apapun yang bergerak dalam bidang UMKM boleh mengajukan modal pinjaman. Bisnis online pun dapat memperoleh pinjaman ini jika sudah memenuhi persyaratan. Tetapi khusus reseller dan dropshipper tidak bisa mendaftar sebagai calon penerima bantuan karena beberapa hal. Jadi jenis usaha itu juga dapat berpengaruh terhadap pinjaman modal usaha yang diberikan oleh pemerintah.

4. Mempunyai Izin Usaha

Setiap pelaku usaha yang hendak mengajukan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan harus memiliki surat izin usaha. Hal itu sangat penting untuk mengetahui apakah usaha tersebut legal atau tidak. Surat izin usaha yang dapat dibuktikan bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk konfirmasi pinjaman itu. Kamu harus menyertakan surat izin usaha yang asli dan telah terpercaya.

Surat keterangan yang telah dicantumkan pada saat pengajuan pinjaman biasanya akan dicek terlebih dahulu. Jika surat terbukti benar dan asli maka pihak terkait akan mempertimbangkan penerima pinjaman ini. Tetapi bagi kamu yang belum mempunyai surat izin usaha sebaiknya mengurus terlebih dahulu. Pastikan usaha yang telah dijalani sudah legal.

pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan
Pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan

5. Domisili Usaha

Tempat atau domisili usaha yang telah dirintas penting untuk diketahui. Pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan biasanya akan diberikan kepada pelaku UMKM daerah tertentu. Domisili Jawa, Bali, Makassar, Batam, Bali, dan masih banyak lagi yang terdaftar sebagai salah satu syarat penerima pinjaman. Bagi kamu yang mempunyai usaha di daerah itu bisa segera mengajukannya.

Baca Juga :  Pilihan Aplikasi Main Saham Terbaik yang Mudah Digunakan

Sebelum menerima pinjaman modal, lokasi usaha biasanya juga akan disurvei. Hal itu bertujuan untuk memastikan apakah benar usaha tersebut dijalankan atau tidak. Jika sudah bisa dibuktikan secara benar maka kamu dapat memenuhi syarat selanjutnya. Pastikan telah mengikuti setiap syarat dengan baik serta benar supaya tidak ada kendala selama pengajuan pinjaman modal.

6. Pendapatan Bisnis

Pendapatan rata-rata bisnis setiap bulan merupakan syarat penting pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan. Pendapatan yang masih relatif sangat rendah biasanya sulit mendapat pinjaman dalam jumlah banyak. Syarat ini diketahui untuk melihat sejauh mana pelaku usaha bisa mengembangkan modal dan mengembalikan pinjaman dalam jangka waktu tertentu.

Pelaku usaha yang mempunyai pendapatan berkisar 5 juta ke atas akan dipertimbangkan lagi jika mengambil pinjaman dalam nominal tertentu. Selain pendapatan, lama usaha berdiri juga menjadi faktor penentu. Bisnis yang sudah berdiri lebih dari 6 bulan dapat mengajukan diri sebagai penerima pinjaman. Tetapi jika pendapatan dan lama usaha belum sesuai maka harus menunggu dahulu.

7. Melengkapi Dokumen

Dokumen yang perlu dilengkapi ketika proses mengajukan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan tidak begitu sulit. Kamu cukup menyertakan foto KTP secara jelas, foto selfie, laporan penjualan, surat izin usaha, serta mutasi rekening 3 bulan terakhir. Semua dokumen harus dicantumkan secara lengkap dan benar untuk proses pendataan lebih lanjut.

Sampai saat ini sudah banyak orang yang mendaftar sebagai calon penerima pinjaman modal usaha. Tentunya kamu harus menyiapkan segala keperluan dengan benar serta jangan sampai salah mencantumkan dokumen. Tak hanya itu, kamu juga perlu mengecek ulang terkait dengan keaslian dokumen. Jadi penting untuk mengetahui syarat dokumen untuk proses pinjaman.

Baca Juga :  11 Cara Mengatur Modal Usaha Kecil Yang Efektif Agar Bisnis Lancar
pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan
Pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan

Tanya Jawab Seputar Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah Tanpa Jaminan

Bagaimana cara mendapatkan modal usaha UMKM dari pemerintah?

1. Penuhi Persyaratannya. Untuk mendapatkan bantuan modal UMKM dari pemerintah, hal pertama yang harus dilakukan adalah memenuhi semua persyaratannya.
2. Siapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan
3. Serahkan Dokumen
4. Mengisi Formulir
5. Proses Verifikasi Pengajuan Modal UMKM
6. Cek Status
7. Pencairan Modal UMKM

Apakah KUR BRI pakai jaminan?

KUR BRI bisa cair hingga Rp100 juta tanpa perlu syarat agunan tambahan. KUR dikhususkan untuk membantu UMKM agar bisa bangkit melanjutkan usaha dengan pinjaman modal.

Bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa jaminan?

Untuk bisa mendapatkan dana segar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar usaha Anda bisa dijalankan, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Kredit tanpa Agunan (KTA)
2. Melalui E-Commerce
3. Koperasi Simpan Pinjam
4. P2P Lending
5. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bagaimana cara untuk mendaftar UMKM?

Cara mendaftar UMKM, perizinan berusaha bagi UMK
1. Buka laman oss.go.id
2. Pilih Masuk
3. Masukkan username dan password serta isi kode captcha
4. Klik menu Perizinan Berusaha
5. Pilih Permohonan Baru
6. Lengkapi data-data seperti Daftar Produk/Jasa, Data Usaha, Daftar Kegiatan Usaha, dan Dokumen Persetujuan Lingkungan.

Apakah KUR BRI harus ada jaminan?

Selain karena KUR BRI bebas biaya administrasi dan provisi, KUR BRI juga menjadi salah satu program KUR yang banyak dipilih masyarakat karena proses dan persyaratannya yang mudah.

Bagaimana cara mencari modal usaha?

Agar bisnis bisa berkembang dan sukses, berikut cara mencari modal usaha yang dapat kamu terapkan.
1. Tabungan Pribadi
2. Jual Aset
3. Kredit Bank.
4. Dari Konsumen
5. Mencari Rekan Bisnis
6. Pinjam Orang Terdekat
7. P2P Lending
8. Suntikan Dana dari Investor

Penutup

Demikian syarat memperoleh pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa jaminan. Bagi kamu yang tertarik mengembangkan bisnis melalui pinjaman ini maka baca syarat dengan teliti. Siapkan semua keperluan yang dibutuhkan untuk proses data lebih lanjut. Selain itu pastikan kamu menggunakan modal pinjaman dengan baik agar mendapat keuntungan yang lebih maksimal dari bisnis tersebut.