bisnis yang masih jarang digeluti

7 Jenis Bisnis Yang Masih Jarang Digeluti Tetapi Wajib Dicoba

Saat ini, hampir semua orang berlomba-lomba menjalankan bisnis, terutama secara online. Padahal sebenarnya, masih banyak jenis bisnis yang masih jarang digeluti selain secara online. Bahkan, banyak orang justru berpikir bahwa hanya bisnis online yang dapat meraup keuntungan besar.

Kenyataannya, banyak sekali bisnis yang dapat dilakukan secara offline, tanpa harus mengeluarkan modal sangat besar. Tetapi terkadang banyak orang meremehkannya. Memang, beberapa jenis bisnis tersebut harus dilakukan dengan kemampuan tertentu.  Tetapi, bukan berarti pelaku bisnis tidak dapat mempelajarinya.

Adakah Bisnis yang Masih Jarang Digeluti Tetapi Menguntungkan?

Banyak jenis bisnis yang sebenarnya sudah banyak dijalankan, tetapi tidak semua orang mau menjalankannya. Padahal, jenis  bisnis ini dapat meraup untung cukup lumayan. Lalu, apa saja jenis bisnis yang dapat dipertimbangkan?

1. Rental Properti

Rental properti yang dimaksud disini lebih dari sekedar bisnis menyewakan rumah kontrakan atau kamar kos-kosan. Bisnis yang masih jarang digeluti  adalah memanfaatkan rumah untuk disewakan melalui situs seperti Airbnb dan sebagainya. Yang menarik dari situs seperti  Airbnb adalah kemudahan pemilik properti untuk menyewakan rumah yang masih ia tempati. Salah satu contoh yang baru saja membuat publik cukup terkejut adalah rumah lokasi syuting Home Alone yang bisa disewakan selama sehari di awal Desember kemarin. Selama ini, rumah tersebut  ditempati oleh salah satu aktor pemeran film ini.

Intinya, peluang untuk memanfaatkan properti yang masih ditempati pun dapat menjadi cuan.  Properti yang kita miliki pun dapat menjadi  salah satu bisnis yang masih jarang digeluti tetapi dapat memberikan keuntungan.

Baca Juga :  Bisnis Untung 200 Ribu Per Hari : Cari Tahu Dan Jangan Salah Pilih!
bisnis yang masih jarang digeluti
Bisnis yang masih jarang digeluti

2. Jasa Penitipan Hewan

Selama ini, masih banyak orang ragu bahwa jasa ini cukup menguntungkan. Jasa penitipan hewan masih sangat dicari oleh mereka yang sering bepergian ke luar kota dan tidak ingin hewan peliharaan mereka terlantar.  Memang,  jasa seperti ini sangat tepat jika dijalankan oleh mereka  yang cukup paham dengan perawatan hewan pada umumnya.

Bisnis yang masih jarang digeluti ini mungkin belum terlalu  populer di Indonesia. Tetapi, bukan berarti bisnis ini tidak dapat  menjadi pertimbangan Anda untuk mendapat keuntungan. Sebagai saran awal, mungkin Anda bisa memulainya dengan refrensi bisnis sejenis terlebih dahulu.

bisnis yang masih jarang digeluti
Bisnis yang masih jarang digeluti

3. Jasa Servis Kendaraan Panggilan

Kerusakan pada motor atau mobil di saat  darurat tentu membuat siapapun kesal. Jangankan mobil atau motor yang  mogok  di jalan, kendaraan yang tiba-tiba ngadat saat pemilik hendak berangkat beraktivitas pasti cukup membuat kesal. Di sinilah pentingnya peran  jasa servis kendaraan panggilan.

Tentunya, penyedia jasa servis kendaraan panggilan harus siap dengan peralatan cukup lengkap untuk ‘pertolongan pertama  pada kendaraan’.  Biasanya, pemilik  kendaraan akan menggunakan jasa darurat seperti ini untuk kasus yang tidak terlalu berat seperti motor tidak dapat distarter karena harus  mengganti busi atau aki, roda bocor, gangguan pada karburator mobil dan banyak lagi. 

Jasa ini dapat dimulai oleh mereka yang tinggal di perumahan yang mayoritas  penghuninya memiliki kendaraan roda dua dan empat. Tentu, penyedia jasa juga dapat menyediakan jasa perawatan kendaraan. Pemilik kendaraan pun tidak usah repot mengunjungi bengkel.

bisnis yang masih jarang digeluti
Bisnis yang masih jarang digeluti

4. Antar Jemput Pribadi

Antar jemput anak sekolah dengan menggunakan motor masih sangat bermanfaat untuk para orang tua yang ingin menghemat. Biasanya, antar jemput anak dipercayakan dengan menggunakan mobil. Namun, antar jemput mobil dianggap terlalu lama sehingga anak merasa kelelahan di  jalan karena masih harus mengantar atau menjemput anggota antar jemput yang lain.

Baca Juga :  Simak Bisnis Online Gratis Lewat Hp yang  Paling Sesuai Untuk Anda

Memang, jasa ojek berbasis aplikasi sudah banyak tersedia.  Tetapi, tentu tarifnya jauh lebih mahal apabila antar jemput dilakukan rutin dan setiap hari. Di sinilah jasa antar jemput pribadi dengan menggunakan motor sangat diperlukan.

Namun, tentu jasa ini dapat dimulai secara terbatas dimana penyedia jasa dapat menawarkan jasa kepada orang terdekat terlebih dahulu. Apabila penyedia jasa sudah mendapatkan kepercayaan dari beberapa orang, maka penyedia jasa dapat mengembangkan layanan.

5. Food Truck

Bisnis food truck diprediksi akan terus tumbuh dan berkembang di kawasan pinggiran kota. Setelah sekian lama food truck merajai kota-kota metropolis, food truck bukan lagi menjadi bisnis yang masih jarang digeluti di beberapa kota di Indonesia. Memiliki toko kini butuh dana sangat besar. Bahkan, menyewa kios pun bisa menguras anggaran terlalu besar.

Food truck sesuai dengan perkembangan zaman dimana pemilik usaha harus bisa jemput bola. Mereka dapat berjualan sesuai dengan kebutuhan. Mereka yang memutuskan untuk memiliki food truck yang dapat mereka bawa di event yang berbeda.

Kelebihan utama food truck adalah bentuk display yang menarik. Modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar. Bahkan, pemilik food truck tidak perlu membeli produk franchise. Mereka dapat menciptakan produk sendiri. Bahkan, resep keluarga yang bisa jadi produk eksklusif pun dapat menjadi cuan.

bisnis yang masih jarang digeluti
Bisnis yang masih jarang digeluti

6. Jasa Perbaikan dan Perawatan Lingkungan

Pernahkah Anda mendengar bahwa salah satu  tetangga paling malas kerja bakti di akhir pekan? Namun, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan wajib terutama di  kalangan perumahan. Mengapa tidak memanfaatkan bisnis yang masih jarang digeluti ini?

Jangan salah, memberikan jasa untuk kerja bakti bukan berarti hanya membersihkan jalan dan pekarangan.  Merapikan taman depan pagar juga menjadi salah satu kewajiban pemilik rumah. Mereka yang memiliki kemampuan merapikan taman serta menanam tanaman hias dapat dengan mudah menawarkan jasa mereka.

Baca Juga :  Inilah 5 Tips Jualan Murah Untung Besar Dijamin Ampuh, Yuk Coba!

Tentu, peralatan yang dimiliki harus lengkap dan profesional. Biasanya berbagi jasa layanan seperti ini melalui grup  chat di lingkungan akan mendapat respon baik. Tidak perlu gengsi dalam menjalani pekerjaan seperti ini. Pasalnya, jasa seperti ini akan selalu diminati siapapun, terutama pemilik rumah yang sibuk.

Jasa ini juga pasti diminati oleh pemilik rumah yang tidak menempati rumah tersebut. Mereka hanya ingin melihat rumah mereka selalu rapi saat mereka hendak  mengunjungi kediaman mereka. Tentu, mereka lebih cenderung menggunakan jasa tetangga  dengan layanan  profesional dibandingkan jasa orang  lain yang tidak  mereka kenal dengan penawaran layanan yang sama.

7. Jasa Les Bidang Studi Menggunakan Platform

Memberikan les bidang studi memang sudah biasa. Namun memberikan les bidang studi dengan platform atau aplikasi yang canggih dapat menambah ‘nilai jual’ dimana hal ini menjadi jenis bisnis yang masih jarang digeluti. Penyedia jasa harus dapat mempelajari banyak platform yang dapat memudahkan murid les untuk memahami pelajaran, terutama sains, matematika dan bahasa.

Tak sedikit orang tua yang memilih untuk mencari jasa les pada bidang studi yang tidak mereka kuasai. Namun,  mungkin mereka lebih cenderung memilih guru les dengan metode pembelajaran modern. Dengan demikian anak dapat memahami bidang studi sesuai dengan perkembangan zaman dan metode pembelajaran modern.

bisnis yang masih jarang digeluti
Bisnis yang masih jarang digeluti

Penutup

Tujuh jenis bisnis yang masih jarang digeluti tersebut memang membutuhkan upaya lebih intens. Pasalnya, jenis bisnis tersebut juga masih jarang didengar banyak orang. Untuk itulah, penyedia jasa harus lebih kreatif dengan mempromosikan produk atau jasa mereka dengan cara yang dapat menjangkau pasar potensial lebih luas.

Semoga artikel ini bermanfaat!