Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga Untuk Mengatur Anggaran Keuangan

Siapa diantara kamu yang masih bertanya-tanya tentang contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga? Contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga memang sangat diperlukan untuk mendapatkan guidelines dalam mempraktekannya. Sering dari kita merasa rincian pengeluaran bulanan rumah tangga itu tidak penting. Kondisi yang beragam membuat otak kita memprogram bahwa rincian pengeluaran bulanan rumah tangga tidak penting untuk di catat. Contoh tabel pengeluaran dan pemasukan uang pun malah dianggap tabu untuk dikomunikasikan dalam keluarga.

Padahal mencatat adalah salah satu hal yang bisa dilakukan seseorang untuk menyelesaikan permasalahan hidupnya kelak. Mungkin kamu akan berfikir bagaimana mungkin catatan hari ini bisa memperbaiki permasalah yang terjadi masa yang akan datang. Mungkin kamu perlu mengingat kembali bahwa apa yang terjadi pada kita saat ini pun juga salah satu efek dari tindakan kita di masa lampau.

Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga
Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Begitu pula dengan kehidupan yang akan datang. Tentunya ia juga merupakan dampak dari hal yang pernah dilakukan saat ini. Lau pertanyaannya adalah apakah kamu akan masih ingat setiap detail peristiwa ataupun rincian pengeluaran bulanan rumah tanggamu yang telah lalu? Mungkin saja kamu hanya mengingatnya sepintas. Meskipun ingatan yang sepintas dapat membantumu, tapi contoh tabel pengeluaran dan pemasukan uangmu di masa lalu akan lebih memberi manfaat untukmu.

Perlu diingat pula bahwa ketika mencatat pun kamu perlu memperhatikan ketentuan yang berlaku agar ia tidak menjadi boomerang di kemudian hari. Jika kamu berpegang pada kalimat bahwa manusia tidak sempurna, sesungguhnya itu benar adanya. Namun sebagai manusia kita juga wajib untuk berusaha sebaik mungkin.

Baca Juga :  Cara Kerja Polis Asuransi Mobil Yang Banyak Memberikan Keuntungan Bagi Masyarakat

Tabel Pengeluaran Harian

Contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga dapat dibuat sesuai keinginan dan kebutuhanmu. Contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga bisa dibuat simpel yaitu hanya dengan menuliskan tentang keterangan pengeluaran dan nominal yang dihabiskan untuk memenuhi. Contoh laporan keuangan rumah tangga itu nantinya bisa dikumpulkan menjadi rincian pengeluaran bulanan rumah tangga.

Dengan contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga yang sederhana itu, kamu bisa menuliskan pada space kategori yang sama apapun keperluan pengeluarannya. Karena menjadi satu dalam pencatatannya inilah yang nantinya berpotensi untuk membuatmu menjadi rancu. Rancu disini yaitu kamu tidak tahu budget untuk masing-masing kategori pengeluarannya. Sehingga batasannya tidak jelas antara jenis pengeluaran A, B, maupun C.

Padahal dalam format keuangan rumah tangga seharusnya ada pembatasan untuk setiap kategorinya. Hal ini dimaksudkan agar agenda pembelanjaan yang satu dengan lainnya tidak saling meniadakan dan semuanya tetap bisa diakomodir. Contoh tabel anggaran belanja rumah tangga yang seperti inilah yang sebaiknya dihindari.

Contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga yang sederhana ini memang tidak terlalu di rekomendasikan untuk diaplikasikan. Tapi jika dihadapkan pada pilihan antara menuliskan format keuangan rumah tangga yang sederhana dengan pilihan lain untuk tidak mencatatnya, maka pilih lah yang pertama. Tulislah ia dengan sesederhana yang kamu inginkan, daripada nantinya kamu tidak memiliki data keuanganmu yang telah lampau.

Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga
Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga juga bisa kamu buat lebih detail dari sekedar mencantumkan keterangan pengeluaran dan jumlah nominalnya. Contoh tabel pengeluaran dan pemasukan uang yang lebih detail yaitu dengan mengkategorikannya ke dalam kebutuhan dan tabungan serta menuliskan detai waktunya.

Baca Juga :  Asuransi Kendaraan Komprehensif untuk Pengendara

Pengkategorian kebutuhan dan tabungan ini biasanya disesuaikan dengan persentase yang dianggarkannya. Untuk persentase tabungan setidaknya sekitar 1/5 dari total pemasukan dan sisanya untuk kebutuhan. Contoh tabel anggaran belanja rumah tangga tentang kategori ini bisa dipilah berdasarkan si penggunanya nanti, misal ayah, ibu, dan anak.

Setiap anggota keluaraga itu pasti memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Maka dari itu setiap dari mereka sebaiknya diberikan anggarannya masing-masing. Sedangkan untuk kebutuhan rumah tangga yang bisa dijadikan satu dimasukkan dalam kolom yang sama. Misalnya dalam satu keluarga membutuhkan detergen dan pasta gigi, maka anggaran itu cukup dalam satu pengeluaran bersama saja.

Begitu pula ketika semuanya membutuhkan llistrik dan air, maka satukan pula pengeluaran yang sifatnya bersama dalam satu kategori. Contoh tabel anggaran belanja rumah tangga ini sebenarnya bersifat fleksibel. Kefleksibelannya inilah yang seharusnya kamu komunikasikan bersama pasangan dan tentukanlah contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga yang sesuai dengan keluargamu.

Jangan sampai kamu memilih contoh tabel anggaran belanja rumah tangga yang sangat detail tapi ternyata malah membuat rumah tanggamu menjadi tidak nyaman. Setelah membagi jenis kategori dan besaran nominal untuk setiap posnya, kamu juga perlu menuliskan pelengkapnya. Catatan pelengkap yang dimaksud yaitu anggaran rencana, anggaran realisasi, selisih nominal dan sisa ataupun hutangmu saat itu. Setelah semuai itu tercatat, lalu lakukanlah evaluasi dan perbaikan bersama pasanganmu.

Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga
Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga

Aplikasi Keuangan Rumah Tangga

Di zaman serba modern ini, mencatat keuangan seharusnya bukan menjadi hal yang rumit. Segala sesuatunya sudah dimudahkan, begitu juga aplikasi keuangan rumah tangga. Aplikasi keuangan rumah tangga ini sudah banyak pilihannya. Kamu bisa mendapatkan banyak pilihannya ketika kamu menanyakannya pada google. Aplikasi keuangan rumah tangga itu nantinya bisa kamu download di play store.

Baca Juga :  Inilah Cara Membuat Nota Di Word
Contoh Tabel Pengeluaran Harian Rumah Tangga Untuk Mengatur Anggaran Keuangan
Contoh Aplikasi Keuangan Rumah Tangga

Penutup

Semoga uraian di atas dapat memberikan gambaran singkat mengenai contoh tabel pengeluaran harian rumah tangga yang paling sesuai denganmu. Format keuangan rumah tangga bisa saja berbeda, tapi untuk hal-hal penting yang harusnya dicantumkan sebaiknya tidak diabaikan. Karena pengabaian terhadap hal-hal pokok malah akan berpotensi membuat keuangan rumah tanggamu menjadi goncang.