kerja sampingan untuk mahasiswa

10 Pilihan Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa berarti harus belajar mandiri, termasuk juga dalam hal mengelola keuangan. Tidak sedikit mahasiswa yang memilih bekerja sampingan untuk mengisi waktu luang. Selain mendapatkan tambahan uang saku, bekerja sampingan juga dapat menambah pengalaman dan menjadi lebih produktif. Berikut beberapa pilihan kerja sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba.

Kerja Sampingan untuk Mahasiswa Menambah Uang Saku

1. Bisnis Online

Bisnis online menjadi pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan sekarang ini terutama bagi kamu yang pintar dalam menawarkan suatu produk. Kerja sampingan untuk mahasiswa ini juga tidak memerlukan modal yang besar, kamu dapat menjadi dropshipper atau reseller sehingga hanya membutuhkan skill dalam berjualan saja.

Jika kamu mau mencoba dan bersungguh-sunguh untuk berbisnis online, pendapatan yang dihasilkan juga lumayan besar dan sangat cukup untuk tambahan uang saku. Pekerjaan ini juga fleksibel dan dapat dilakukan pada waktu-waktu senggang, sehingga berbisnis online dapat berjalan lancar namun juga tidak akan mengganggu kegiatan kuliah.

kerja sampingan untuk mahasiswa
Kerja sampingan untuk mahasiswa

2. Guru Les Privat

Saat ini, cukup banyak orang tua yang mencari guru les sehingga dapat menjadi peluang kerja sampingan untuk mahasiswa yang menawarkan jasa les privat. Pekerjaan sampingan satu ini tidak hanya menambah uang saku, namun juga mengasah skill komunikasi kamu. Selain itu, ilmu-ilmu yang kamu bagi akan bermanfaat nantinya ketika mengikuti psikotes kerja.

Kamu juga dapat membuat jadwal di hari dan jam mengajar yang tidak mengganggu kegiatan kuliah. Kamu juga bisa menawarkan mata pelajaran yang kamu kuasai, serta memilih murid SD, SMP, atau SMA sesuai dengan kemampuan kamu. Tidak perlu memberikan harga yang tinggi. Jika dilakukan dengan rutin, menawarkan harga terjangkau juga akan cukup menambah penghasilan.

Baca Juga :  Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu Yang Bisa Diterapkan

3. Content Creator

Jika kamu cukup kreatif untuk membuat konten-konten yang menarik, maka menjadi content creator dapat menjadi salah satu pilihan kerja sampingan untuk mahasiswa. Saat ini, pekerjaan menjadi conten creator cukup diminati karena hampir seluruh pengguna smartphone memiliki sosial media. Pekerjaan sebagai content creator juga cukup menjanjikan.

Akan tetapi pekerjaan ini memerlukan ketekunan dan tidak bisa dinikmati hasilnya secara instan. Kamu harus terus memiliki inovasi dan dituntut memiliki kreativitas tinggi agar konten-konten kamu diminati oleh banyak penonton. Semakin banyak penonton yang kamu miliki, maka akan semakin banyak pula pendapatan yang dihasilkan.

kerja sampingan untuk mahasiswa
Kerja sampingan untuk mahasiswa

4. Asisten Dosen

Kerja sampingan untuk mahasiswa yang satu ini terbilang keren dalam lingkungan kampus karena tidak semua mahasiswa bisa menjadi asisten dosen. Biasanya akan ada syarat tertentu, kualifikasi, serta melihat prestasi akademik. Kamu juga harus memiliki etos kerja yang baik. Menjadi asisten dosen juga memiliki manfaat lain, seperti kamu akan mendapatkan pengalaman untuk CV dan karir di masa depan.

5. Pelayan Café

Cukup banyak café-café yang mencari karyawan paruh waktu, terutama pada akhir pekan saat pengunjung lebih banyak. Ini menjadi peluang untuk kamu yang membutuhkan tambahan uang saku tanpa mengganggu kuliah. Jika kamu memiliki mimpi untuk membuka café suatu hari nanti, maka dengan menjadi pelayan café, kamu akan mendapatkan pengalaman dan ilmu-ilmu baru.

Pekerjaan menjadi pelayan café tidak bisa dibilang susah, namun juga tidak gampang. Kamu harus cukup sabar menghadapi pelanggan dan sepenuh hati dalam memberikan pelayanan. Namun, pekerjaan ini akan sangat cocok jika kamu memang menyukai bertemu orang-orang baru dan menjalin komunikasi.

Baca Juga :  Daftar Lengkap Peluang Usaha Modal 200 Ribu

6. MUA

Jika kamu memiliki bakat dalam hal kecantikan, maka kamu dapat mencoba kerja sampingan untuk mahasiswa yang satu ini. Apalagi jasa MUA cukup banyak dicari saat musim wisuda tiba. Biasanya, mahasiswa yang akan wisuda akan mencari MUA dengan harga yang terjangkau namun hasil yang memuaskan.

Tekun dalam menggeluti pekerjaan ini juga akan memberikan manfaat yang lain untuk kamu. Semakin banyak pelanggan, maka kamu akan mendapat banyak pengalaman yang nantinya bisa dijadikan bekal sebagai pekerjaan utama. Menjadi MUA sebagai pekerjaan sampingan bisa jadi merupakan langkah awal jika nantinya kamu ingin membuka salon kecantikan sendiri.

7. Penulis Artikel

Menjadi penulis artikel sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi menulis. Selain dapat dilakukan kapan saja, menjadi penulis artikel juga dapat dilakukan di mana saja. Bahkan kamu tidak perlu keluar kamar untuk menyelesaikan job yang diberikan. Dengan begitu, kamu bisa bekerja tanpa mengganggu jadwal atau kegiatan di perkuliahan.

Biasanya tema artikel yang harus kamu tulis tergantung dengan permintaan klien. Karena itu, menjadi penulis artikel harus memiliki wawasan yang luas. Kamu juga harus memastikan untuk mendapat job sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Meski begitu, pekerjaan ini juga cukup menjanjikan. Karena semakin baik tulisan kamu, maka akan bagus untuk karir di masa depan.

kerja sampingan untuk mahasiswa
Kerja sampingan untuk mahasiswa

8. Graphic Designer

Memiliki hobi membuat desain sayang sekali jika disia-siakan. Padahal menjadi Graphic Desainer dapat menjadi kerja sampingan untuk mahasiswa yang menjanjikan. Pekerjaan ini juga tidak terikat jam kerja dan dapat dilakukan di mana saja. Modal untuk pekerjaan ini adalah laptop. Kamu juga harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh mahasiswa dengan jurusan yang sama, namun tidak menutup kemungkinan untuk kamu yang punya keahlian dalam desain grafis meskipun berbeda jurusan. Permintaan untuk desain sendiri biasanya membuat logo, brosur-brosur kegiatan atau iklan, pamflet, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  7 Jenis Bisnis Yang Masih Jarang Digeluti Tetapi Wajib Dicoba
kerja sampingan untuk mahasiswa
Kerja sampingan untuk mahasiswa

9. Fotografer

Memiliki kamera dan bakat fotografer dapat menjadi kerja sampingan untuk mahasiswa selanjutnya. Apalagi saat ini, sosial media yang terus berkembang membuat banyak orang yang ingin mengabadikan momen berharga dengan alat dan hasil yang bagus. Acara-acara yang banyak membutuhkan fotografer seperti wisuda, acara ulang tahun, bahkan pre-wedding.

Untuk memulai pekerjaan sebagai fotografer, kamu bisa memilih acara-acara yang lebih casual sebagai tempat untuk menambah pengalaman. Setelah kamu menjadi fotografer yang profesional, maka acara-acara yang kamu ambil bisa lebih formal. Kamu juga bisa menawarkan jasa lain seperti videografi untuk memuaskan klien. Dengan begitu, pekerjaan ini bisa cukup menjanjikan.

kerja sampingan untuk mahasiswa
Kerja sampingan untuk mahasiswa

10. Penerjemah

Kerja sampingan untuk mahasiswa yang tidak kalah menjanjikan adalah menjadi penerjemah. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki kemampuan bahasa asing atau kuliah di jurusan bahasa tertentu. Dengan bekerja sebagai penerjemah, kamu akan mendapatkan penghasilan dan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa.

Menjadi penerjemah juga dapat dilakukan secara online maupun offline. Dengan begitu, kamu lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan dan tidak mengganggu perkuliahan. Harga jasa penerjemah saat ini juga tidak main-main. Bahkan menurut Himpunan Penerjemah Indonesia tahun 2016, acuan jasa penerjemah seharga Rp160.000 per lembarnya dengan sebanyak 250 kata.

kerja sampingan untuk mahasiswa
Kerja sampingan untuk mahasiswa

Penutup

Menambah penghasilan di masa kuliah tidak perlu harus mengorbankan tanggung jawab di kampus. Ada cukup banyak pilihan kerja sampingan untuk mahasiswa yang dapat dicoba dan dilakukan di waktu-waktu senggang kamu. Pekerjaan sampingan akan memberikan kamu uang tambahan, juga pengalaman untuk karir kamu di masa depan.

Baca Juga : Sudah Tahukah Anda?Ini Jurusan Kuliah Yang Peluang Kerjanya Banyak Diminati