Contoh aptitude test

Contoh Aptitude Test untuk Rekrutmen Karyawan ala KitaLulus.com

Berbagai jenis tes biasanya dilakukan oleh tim HRD sebuah perusahaan untuk merekrut karyawan terbaik bagi perusahaan. Salah satu tes yang biasa dilakukan adalah aptitude test atau biasa dikenal dengan tes bakat.

Aptitude test umumnya dilakukan sebelum tahapan wawancara kerja. Tes ini bertujuan untuk mengetahui bakat, keterampilan, pengetahuan ataupun wawasan dari pelamar.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu aptitude test. Berikut ini kita akan membahasnya mulai dari pengertian sampai contoh aptitude test.

Contoh aptitude test
Contoh aptitude test

Apa Itu Aptitude Test?

Secara sederhana, aptitude test didefinisikan sebagai sebuah tes yang dilakukan secara terstruktur untuk mengetahui bakat, keterampilan, kepribadian, keahlian, pengetahuan serta wawasan yang dimiliki oleh pelamar.

Dengan hasil tes ini, perusahaan nantinya bisa melakukan evaluasi terhadap calon pelamar untuk melakukan penempatan ataupun hal hal lainnya yang berkaitan dengan nasib si pelamar di perusahaan.

Adapun, dalam dunia pendidikan, aptitude test biasa digunakan untuk menentukan bakat dari seorang murid. Dengan seperti itu, nantinya murid bisa diarahkan untuk memilih jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minat dan bakatnya berdasarkan hasil tes tersebut.

Manfaat Aptitude Test

Dalam dunia HRD, aptitude test memiliki banyak manfaat bagi perusahaan dalam hal perekrutan ataupun penempatan karyawan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari contoh aptitude test.

1.Mencari Calon Karyawan yang Kreatif

Sebuah perusahaan tentu saja ingin mendapatkan seorang karyawan yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam bekerja. Utamanya, dalam jenis pekerjaan yang berhubungan dengan startUp, teknologi ataupun bidang pekerjaan kreatif lainnya.

Baca Juga :  Untung Rugi Kerja Work From Home Dan Cara Mengoptimalkannya

Dengan tes bakat, nantinya karyawan akan dites dengan pertanyaan tertentu. Hasil dari jawaban mereka akan menentukan apakah mereka dianggap orang yang memiliki kreativitas atau tidak.

2.Menemukan Karakter Karyawan Tertentu

Selain mencari karyawan yang memiliki kreativitas dan inovasi, terkadang perusahaan membutuhkan karakter karyawan tertentu seperti misalnya karyawan yang pandai berkomunikasi, karyawan yang mampu memecahkan masalah dan sebagainya.

Tes bakat bisa ditujukan untuk melakukan hal tersebut karena dalam tes bakat atau aptitude test terdapat beberapa karakter pertanyaan yang bisa menunjukan karakter dari seorang pelamar.

Pekerjaan yang Butuh Aptitude Test

Tidak semua jenis pekerjaan membutuhkan tes bakat untuk para calon pelamarnya. Namun, ada beberapa jenis pekerjaan yang biasanya membutuhkan tes ini, diantaranya adalah:

  • Desain interior
  • Arsitek
  • Analis
  • Projek Manajer
  • Web developer
  • Translator atau penerjemah
  • Analis keuangan dan sebagainya.
Contoh aptitude test
Contoh aptitude test

Contoh Aptitude Test

Ada beberapa jenis contoh aptitude test yang biasa digunakan oleh HRD perusahaan, diantaranya adalah:

1.Tes Numerik

Tes numerik adalah tes yang berhubungan dengan angka angka statistik dan numerik. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kandididat dalam hal kemampuan mengingat dan penghitungan.

Contoh aptitude test numerik diantaranya adalah aritmatika keuangan, seri angka, soal cerita dan juga grafik.

2.Tes Penalaran Logis

Jenis tes ini berguna untuk mengetahui kemampuan calon karyawan dalam melakukan pemecahan masalah. Nantinya peserta tes dipaksa untuk berpikir bagaimana menghubungkan antara satu pola dengan pola lainnya.

Tes penalaran biasanya menggunakan pola gambar berpilihan ganda. Peserta harus memilih gambar yang tepat sesuai dengan jawaban yang diinginkan oleh pihak HRD.

3.Tes Penalaran Verbal

Tes penalaran jenis verbal biasanya menggunakan teks cerita dalam bentuk tertulis. Nantinya peserta akan diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkaan cerita tersebut.

Baca Juga :  Inilah 14 Cara Mendapat Uang Dengan Menonton Iklan, Apa Saja?

Jawaban dari peserta tes nantinya bisa menentukan apakah ia memiliki jiwa analisis yang baik danĀ  apakah ia bisa mengambil kesimpulan yang benar dari sebuah masalah yang terjadi.

4.Tes Silogisme

Tes silogisme adalah sebuah tes untuk mengukur kemampuan berpikir logis dari seorang peserta tes. Tes ini biasanya mempunyai 3 bagian, diantaranya adalah premis mayor, premis minor dan juga premis kesimpulan.

Selain jenis tes yang telah disebutkan diatas, ada juga beberapa tes lain yang termasuk ke dalam aptitude test. Diantaranya adalah tes penalaran spasial, tes kognitif, abstract reasoning test dan lain sebagainya.

Contoh aptitude test
Contoh aptitude test

Tips Menghadapi Aptitude Test

Sebagai peserta tes atau calon pelamar kerja. Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk mengikuti tes ini diantaranya adalah:

  • Persiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti test. Istirahat yang cukup dan jangan begadang di malam harinya
  • Kerjakan tes secara cepat dan akurat
  • Bawalah peralatan yang mungkin dibutuhkan untuk mengerjakan tes ini seperti misalnya kalkulator
  • Latihan mengerjakan soal soal aptitude test yang ada di berbagai website online.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang contoh aptitude test. Untuk anda yang sedang mencari kerja, anda bisa mencarinya di aplikasi lowongan kerja terbaik untuk pencari kerja.

Adapun, jika anda memiliki lowongan pekerjaan dan ingin pasang iklan lowongan kerja gratis tanpa registrasi, anda bisa mencobanya di kitalulus.com. Semoga bermanfaat!