Website untuk mencari lowongan kerja

13 Website untuk Mencari Lowongan Kerja Terlengkap

88 views
Bagikan artikel ini

Kecanggihan teknologi semakin memudahkan para pencari kerja. Pasalnya, sekarang Anda tak perlu mengunjungi kantor satu per satu untuk untuk bertanya dan mengajukan berkas lamaran. Hanya bermodalkan ujung jempol, Anda sudah bisa melakukannya. Caranya dengan memanfaatkan website untuk mencari lowongan kerja. Selanjutnya, Anda tinggal menyiapkan berkas dan persyaratan yang dibutuhkan.

Rekomendasi 13 Website untuk Mencari Lowongan Kerja yang Patut Dicoba

1. Karir

Lowongan kerja akan muncul berdasarkan resume pengguna karenanya penting untuk memoles profil Anda sebaik mungkin. Tersedia pula informasi seputar program manajemen trainee (MT) dari pelbagai perusahaan. Selain itu, masih ada fitur untuk konsultasi karir kepada ahlinya yang dapat Anda akses secara gratis.

Menariknya, Anda dapat memanfaatkan tes gaya komunikasi dan minat, serta kemampuan bahasa Inggris untuk menjadikannya sebagai pertimbangan dalam menentukan karir. Lowongan pekerjaan disaring berdasarkan alamat domisili. Website ini merangkum belasan bidang meliputi produk konsumen, asuransi, e-commerce, telekomunikasi, perdagangan umum, dan sebagainya.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

2. Urbanhire

Tampaknya website untuk mencari lowongan kerja yang satu ini menyasar para pencari kerja berskala internasional, khususnya kawasan Asia Tenggara. Tercermin melalui penggunaan bahasa Inggris di seluruh situsnya. Urbanhire memfasilitasi komunikasi via email antara pelamar kerja dan perusahaan guna menyepakati waktu wawancara. Ada pula artikel seputar informasi dan tips mengembangkan karir.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

3. Glints

Lowongan dikategorikan ke dalam empat jenis, yaitu pekerjaan paruh waktu, penuh waktu, freelance, dan remot. Ini akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan. Glints menyasar seluruh kalangan mulai dari lulusan baru hingga profesional. Tampilannya enak dipandang dengan desain khas milenial.

Tidak hanya lowongan kerja, Glints juga menawarkan fitur live chat untuk konsultasi karir. Anda juga dapat mengikuti kelas pelatihan khusus yang dimentori para ahli di bidangnya. Apabila Anda masih ragu terhadap kemampuan diri, disarankan untuk memanfaatkan fasilitas konsultasi dan pelatihan tersebut.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

4. LinkedIn

Keunggulan LinkedIn dibanding website untuk mencari lowongan kerja lain terletak pada pengemasan berbasis sosial media. Perekrut dapat mengamati pola interaksi profesional para pelamar kerja. Anda dapat pula menampilkan kolega sesuai keahlian untuk membangun citra diri.

Website ini tidak hanya memungkinkan pencari kerja untuk melamar pekerjaan, melainkan perekrut yang datang langsung kepada Anda. Ada mode khusus yang memang memfasilitasi situasi tersebut. Tentu, Anda harus sesuai kualifikasi yang diinginkan perusahaan. Apabila Anda sedang mengincar perusahaan tertentu, menggunakan LinkedIn adalah pilihan yang tepat.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

5. Kalibrr

Selain menyajikan lowongan pekerjaan, Kalibrr juga memungkinkan Anda untuk membangun branding diri. Tersedia tes bakat dan minat yang nantinya akan dinilai. Ini dapat menambah daya tarik Anda di mata perusahaan. Dengan catatan, Anda harus mencapai hasil tes tertentu sesuai kualifikasi terlebih dahulu.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

6. Jobstreet

Boleh dibilang, Jobstreet merupakan website untuk mencari lowongan kerja yang bersahabat. Anda dapat mengamati perkembangan suatu lamaran pekerjaan dari awal hingga akhir. Pengguna juga akan diinformasikan melalui email oleh sistem bila posisi incaran telah terisi.

Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot selalu membuka situs ini karena rekomendasi pekerjaan akan dikirimkan langsung lewat email. Ini menyesuaikan dengan profil Anda. Apabila beruntung, Anda mungkin akan dikontak oleh perekrut langsung.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

7. Jobs.id

Jobs.id menyediakan fitur pencarian khusus bagi para lulusan baru. Rekomendasi pekerjaan biasanya muncul di halaman pertama berdasarkan tingkat kepopuleran. Tersedia filter domisili, ekspektasi gaji, dan posisi atau perusahaan guna memudahkan pencarian Anda. Website untuk mencari lowongan kerja ini juga menjalin kerja sama dengan Kemenaker sehingga kategorinya semakin beragam.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

8. Qerja

Di sini Anda dapat memantau review dari para pekerja yang pernah bergabung di suatu perusahaan tertentu. Review meliputi jobdesk, situasi perusahaan, dan gaji. Ini bermanfaat sebagai salah satu bahan pertimbangan sebelum Anda mengirimkan lamaran. Dengan fitur tersebut, Anda dapat pula mencari tahu informasi real tentang perusahaan incaran.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

9. JobsDB

Rekomendasi website untuk mencari lowongan kerja berikutnya datang dari Hongkong. Berdiri pada tahun 1998, JobsDB tumbuh menjadi salah satu situs favorit di Asia. Di sini menyediakan banyak lowongan dari beragam sektor industri bahkan kategori PNS.

Anda dapat menyaring pencarian berdasarkan fungsi pekerjaan, posisi atau perusahaan, level karir, ekspektasi gaji, hingga kota domisili. Selain itu, lowongan dikategorikan dalam 7 bagian yaitu, freelance, contract, permanent, part time, full time, internship, dan temporary. Tidak hanya berupa laman website, JobsDB mendukung instalasi aplikasi pada smartphone.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

10. Loker.id

Didirikan pada tahun 2007 silam, Loker.id telah dipercaya sebagai website untuk mencari lowongan kerja yang mudah, simpel, dan akurat. Setiap harinya menyajikan lowongan terpercaya setelah melewati peninjauan pihak redaksi. Fitur pencarian dapat disaring berdasarkan posisi atau perusahaan, serta tempat yang Anda tuju.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

11. Indeed

Memiliki tampilan yang simpel dan cenderung polos, menjadikan Indeed layak digemari. Filter pencarian di sini hanya ada posisi  atau nama perusahaan dan domisili. Tersedia fitur untuk melihat ulasan perusahaan dan rentang gaji untuk setiap posisi.

Website untuk mencari lowongan kerja ini menyajikan pekerjaan berdasarkan keywoard yang baru Anda masukan pada kolom pencarian. Anda dimungkinkan untuk mengatur informasi rekomendasi lowongan melalui email sesuai keinginan. Selain itu, Indeed juga menghubungkan lowongan kerja yang berasal dari situs lain.

12. Job-Like

Kolom pencarian di Job-Like memungkinkan Anda menyaring lowongan sesuai latar belakang pendidikan dan keahlian. Situs ini merangkum beragam jenis pekerjaan di segala penjuru Indonesia. Tidak hanya perusahaan swasta, melainkan BUMN bahkan PNS pula.

Pada halaman pertama, disajikan artikel seputar dunia kerja, mulai dari pengembangan diri hingga tips dan trik. Telah bergabung hampir 33.000 perusahaan, dengan cakupan 10.000 lowongan kerja, dan 1 juta lebih pengguna di website untuk mencari lowongan kerja ini. Ditampilkan pula pencarian terpopuler meliputi sektor industri, area, dan keahlian.

13. JobPlanet

Website ini menyajikan beragam wawasan kerja seperti rentang gaji, budaya kerja dan gambaran suatu perusahaan, cuplikan wawancara, serta masih banyak lagi. Berdiri di Korea pada 2014 silam, JobPlanet menjadi platform yang tepat untuk berbagi wawasan sesama pencari kerja.

Sayangnya, kolom pencarian utama hanya bisa disaring manual berdasarkan posisi atau perusahaan. Selain itu, Jika ingin mengakses seluruh fitur yang tersedia, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Tentu, ini sedikit memberatkan bagi Anda yang hanya ingin sekadar melihat-lihat saja.

Website untuk mencari lowongan kerja
Website untuk mencari lowongan kerja

Penutup

Banyak cara dapat ditempuh dalam rangka mendapatkan pekerjaan impian, salah satunya dengan rajin mengunjungi website untuk mencari lowongan kerja. Namun demikian, sebelum mengajukan lamaran, Anda harus menyiapkan beberapa berkas penting seperti curriculum vitae (CV), KTP, ijazah terakhir, KK, hingga protofolio bila perlu. Jangan lupa, pastikan Anda telah memenuhi seluruh kualifikasi dan persyaratan. Dengan demikian, potensi Anda dilirik perusahaan akan semakin besar.