Daftar jurusan kuliah

Inilah 10 Daftar Jurusan Kuliah Dengan Peluang Kerja Besar

4 views
Bagikan artikel ini

Di Indonesia banyak universitas yang menyediakan jurusan-jurusan dengan prospek kerja yang tinggi. Selain itu, beberapa jurusan juga memiliki gaji yang tinggi. Selain banyak diminati beberapa jurusan ini juga sangat populer di kalangan mahasiswa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar jurusan kuliah dengan peluang kerja besar di Indonesia.

Daftar Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar

1. Jurusan Hukum

Hukum adalah unsur yang sangat penting di Indonesia karena hukum adalah landasan utama dalam kehidupan. Dari berbagai segi kehidupan ilmu hukum sangat dibutuhkan sehingga jurusan ini sangat populer di berbagai universitas.

Beberapa universitas memiliki jurusan hukum dengan akreditasi yang baik dan bahkan sangat baik. Universitas-universitas ini memberikan kuota untuk jurusan hukum yang cukup banyak dibandingkan dengan kuota untuk jurusan lainnya. Selain karena daftar jurusan kuliah dengan peluang kerja besar, jurusan hukum juga memiliki banyak peminat.

Seorang mahasiswa lulusan hukum memiliki banyak peluang kerja saat lulus nanti. Contoh peluang kerja lulusan jurusan ini yakni dosen, diplomat, pengacara, notaris, konsultan, Hakim, PNS, Ahli Legal, Legal and Comoliance Risk Management dan Curator, bekerja di beberapa perusahaan, menjadi pengusaha dan lainnya.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

2. Jurusan Bisnis

Ilmu bisnis dan manajemen saat ini sedang naik daun. Dimana di beberapa sudut daerah di Indonesia, pemuda dan pemudinya bercita-cita menjadi seorang pebisnis hebat. Tidak kalah juga, beberapa universitas negeri maupun swasta menambahkan jurusan ini sebagai daftar jurusannya.

Ada beberapa pilihan program studi untuk jurusan bisnis ini yaitu program studi manajemen, program studi pemasaran, program studi startup development dan masih banyak lainnya.

Pilihan kerja untuk mahasiswa yang kuliah di jurusan bisnis ini adalah menjadi seorang manajer divisi, pengawas keuangan, investor, auditor, marketing, risk management, digital economy dan banyak lainnya.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

3. Jurusan Teknik

Bidang keilmuan ini adalah jurusan yang memiliki banyak pilihan program studi. Program studi yang disediakan oleh jurusan ini adalah berupa teknik mesin, teknik elektro, dan teknik sipil.

Jurusan ini memiliki spesialis untuk program studi masing-masing. Setiap program studi di jurusan ini sangat dibutuhkan. Selain itu, program studi ini memiliki banyak peminat.

Program studi ini juga memiliki banyak peluang kerja seperti surveyor kontrol bangunan, konstruksi gedung, pembangkit listrik, bidang pengembangan mesin lokomotif dan lainnya.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

4. Jurusan Sastra Inggris

Jurusan sastra inggris ini adalah salah satu jurusan daftar jurusan kuliah dengan peluang kerja besar. Lulus dari jurusan ini nantinya sangat menjanjikan pekerjaan. Namun, di Indonesia jurusan kuliah ini masih belum banyak peminatnya.

Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini akan dapat beberapa pekerjaan seperti penerjemah, dosen, guru, mentor. Selain banyak peluang kerjanya, jurusan ini akan mendapatkan gaji yang cukup.

Selain itu, saat ini di Indonesia sedang dikembangkan dunia pariwisata. Dengan berkembangnya dunia pariwisata ini maka Indonesia akan membutuhkan lebih banyak mahasiswa jurusan sastra Inggris.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

5. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan dari ilmu komunikasi ini memiliki beberapa program studi yaitu jurnalistik, periklanan, kekerabatan masyarakat, dan lainnya. Mahasiswa dari jurusan ilmu komunikasi ini dapat mempelajari beberapa manfaat yang berkembang seiring berkembangnya zaman.

Perkembangan dari dunia sosial dan internet saat ini, membuat jurusan ilmu komunikasi ini sangat dibutuhkan di beberapa tempat saat ini. Jurusan ilmu komunikasi ini adalah daftar jurusan kuliah dengan peluang kerja besar di masa mendatang.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

6. Jurusan Kedokteran

Jurusan yang selain membutuhkan otak yang cerdas ini, juga membutuhkan budget yang cukup. Jurusan dengan pembiayaan uang kuliah termahal di beberapa universitas adalah jurusan kedokteran. Tidak hanya mahal, jurusan ini nantinya dapat memiliki peluang kerja yang menjanjikan.

Saat ini, dunia kesehatan di semua pelosok daerah di Indonesia sangat membutuhkan jasa dan ilmu dari dokter. Ilmu dari jurusan kedokteran ini sangat banyak diminati. Mahasiswa lulusan kedokteran tidak perlu risau untuk mencari pekerjaan saat lulus, karena setiap lulusan kedokteran akan mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

7. Jurusan Teknik Kedirgantaraan dan Penerbangan

Jurusan teknik ini adalah jurusan yang spesialis mengatasi pengembangan dan perbaikan pada pesawat. Dimana, lulusan dari jurusan ini nantinya akan menjadi seorang insinyur penerbangan.

Saat ini di Indonesia seiring dengan berkembangnya banyak tempat wisata dan beberapa lokasi yang dijadikan area moto GP. Maka dari itu perkembangan dan kemajuan dari penerbangan di Indonesia akan semakin meningkat. Mahasiswa dari jurusan ilmu teknik dan penerbangan ini pun akan semakin banyak dicari.

Mahasiswa yang ingin memasuki jurusan ini harus handal dalam bidang ilmu perhitungan seperti kimia, fisika dan matematika. Selain itu kepribadian yang baik dapat menentukan Anda dapat lulus untuk jadi mahasiswa di daftar jurusan kuliah dengan peluang kerja besar ini.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

8. Teknik Perminyakan dan Pertambangan

Mahasiswa yang lulus dari jurusan perminyakan dan pertambangan ini, selain akan memiliki banyak peluang kerja. Mahasiswa dari dari lulusan ini akan memiliki gaji yang tinggi. Banyak dari universitas negeri di Indonesia sudah menyiapkan jurusan ini.

Di jurusan ini Anda akan dapat mengolah sumber daya alam seperti tambang, minyak dan gas. Mahasiswa dari lulusan ini akan mempelajari ilmu-ilmu tentang hidrokarbon dan cara mengolah energi mentah dari alam dan ilmu lainnya.

daftar jurusan kuliah dengan peluang kerja besar ini sangat dibutuhkan dan akan mendapatkan gaji yang tinggi. Tidak hanya di Indonesia, jika Anda dapat menjadi seorang lulusan terbaik dengan nilai yang tinggi, Anda akan menjadi mahasiswa yang di cari di seluruh dunia.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

9. Jurusan Psikologi

Jurusan ini merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang perilaku kehidupan dan cara hidup manusia. Ilmu psikologi ini sangat luas pengembangannya. Dimana beberapa cabang dari ilmu akan dibutuhkan menjadi konselor, terapis, psikologis di beberapa tempat seperti di perusahaan ataupun rumah sakit.

Jurusan ini memiliki peminat yang cukup di Indonesia. Universitas di Indonesia belum banyak menyediakan jurusan ini menjadi salah satu programnya. Menurut fakta mahasiswa dengan jurusan ini, selain akan mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan juga akan mendapatkan gaji yang tinggi.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

10. Jurusan Farmasi

Jurusan farmasi adalah jurusan yang masuk ke bidang kesehatan. Jika mencari kuliah di bidang kesehatan namun terkendala dengan biaya kuliah maka jurusan farmasi adalah solusinya. Jurusan farmasi ini adalah program studi favorit dengan biaya kuliah yang lebih murah dibandingkan jurusan kesehatan lainnya.

Beberapa alasan pemilih daftar jurusan kuliah ini adalah karena adanya prospek kerja tinggi. Lulusan farmasi akan dapat memilih banyak peluang kerja seperti di industri obat atau industri kosmetik. Lulusan farmasi juga dapat bekerja di Departemen Kesehatan, rumah sakit atau puskesmas di bagian apotek atau pun di bagian laboratorium.

Selain itu Anda juga dapat menjadi Apoteker di apotek sendiri atau apotek terkenal lainnya. Lulusan farmasi juga dapat menjadi seorang dosen yang hebat. Selain dapat menyalurkan kembali ilmu yang di dimiliki, Anda juga dapat belajar lagi untuk menambah wawasan dan memperluas pengetahuan.

Daftar jurusan kuliah
Daftar jurusan kuliah

Penutup

Nah, itulah daftar jurusan kuliah yang memiliki banyak peluang kerja dan dapat kamu pertimbangkan. Sudahkan menentukan pilihan anda? Kalau belum, yuk mulai mempertimbangkan untuk mengambil jurusan demi menunjang karir di masa depan.