perbedaan zoom dan google meet

Ini Dia Perbedaan Zoom dan Google Meet yang Mencolok

Pandemi yang masih tetap berlangsung mengharuskan kita untuk melakukan semua kegiatan secara daring. Dua aplikasi yang paling sering dipakai untuk melancarkan tujuan tersebut adalah Zoom dan Google Meet. Meskipun kedua aplikasi ini memiliki sistem dan metode penggunaan yang mirip, namun perbedaan Zoom dan Google Meet bisa dibilang sangat mudah untuk diperhatikan.

perbedaan zoom dan google meet
Perbedaan zoom dan google meet

Beberapa Perbedaan Antara Zoom dan Google Meet

1. Durasi Meeting

Perbedaan Zoom dan Google Meet yang paling menonjol bisa dilihat dari durasi meeting yang dimiliki oleh kedua aplikasi tersebut. Untuk aplikasi Zoom, durasi paling lama yang bisa digunakan adalah sekitar 40 menit lebih dan meeting pun akan berakhir secara otomatis apabila melewati durasi tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut hanya terjadi pada pengguna aplikasi Zoom yang tidak premium. Apabila kamu membayar aplikasi Zoom ini, maka durasi meeting yang tersedia pun akan semakin bertambah lama dan kamu tidak perlu lagi merasa kesulitan atau kerepotan atas meeting yang melewati batas waktu.

Sementara itu, Google Meet lebih unggul dibandingkan dengan Zoom. Sebab, Google Meet memiliki durasi meeting hingga 60 menit atau satu jam, sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan ketika ingin melakukan konferensi video yang singkat. Meskipun begitu, durasi satu jam ini hanya berlaku pada bulan September tahun lalu.

Sejak saat itu, pengguna harus membayar dalam biaya tertentu untuk menggunakan Google Meet dengan durasi yang lama. Tidak hanya durasi meeting yang bertambah lama, namun ada pula berbagai macam fitur seperti rekaman audio yang bisa digunakan dengan efisien.

Baca Juga :  Cara Menyusun Berkas Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar
perbedaan zoom dan google meet
Perbedaan zoom dan google meet

2. Fitur Pendukung

Perbedaan Zoom dan Google Meet yang lainya terdapat pada fitur pendukung yang ada pada kedua aplikasi tersebut. Pada aplikasi Zoom, kamu akan diberi kemudahan untuk memakai beberapa fitur yang tersedia seperti rekaman, filter untuk memperindah penampilan, atau fitur untuk membuat background menjadi tidak terlalu jelas untuk dilihat.

Hal tersebut memang tersedia di aplikasi Google Meet, akan tetapi fitur yang tersedia tidak selengkap aplikasi Zoom. Filter yang ada pada Google Meet cenderung monoton dan tidak semenarik filter yang ada pada aplikasi Zoom, sehingga penampilan yang bisa dihasilkan oleh pengguna cenderung terlihat stagnan.

Meskipun begitu, Google Meet tetap menyediakan beberapa fitur pendukung yang canggih dan mampu memperlancar proses meeting yang sedang berjalan. Bentuknya yang sangat simpel tentu akan memudahkan pengguna yang sebelumnya tidak terlalu akrab dengan aplikasi yang digunakan untuk melakukan online meeting.

perbedaan zoom dan google meet
Perbedaan zoom dan google meet

3. Aplikasi Tambahan

Pada Google Meet, kamu tidak hanya memperoleh aplikasi Meet saja. Justru sebaliknya, kamu akan diberi tambahan aplikasi yang sudah lama berada di G Suit seperti Gmail, Google Chat, Google Calendar, dan Drive. Hal tersebut bisa terjadi apabila kamu memang menyambungkan akun Google yang kamu miliki dengan aplikasi lainnya yang masih satu jalur dengan Google.

Perbedaan Zoom dan Google Meet yang satu ini membuat Google Meet berada pada posisi yang lebih tinggi sebab Zoom tidak menyediakan aplikasi tambahan seperti Google Meet. Dengan menyambungkan data dengan aplikasi lainnya, maka kemungkinan besar data yang kamu miliki tetap aman dan kamu pun akan diberi peringatan mengenai beberapa hal yang membantu meeting kamu.

Baca Juga :  Berikut 9 Daftar Pekerjaan di Malam Hari Untuk Sampingan
perbedaan zoom dan google meet
Perbedaan zoom dan google meet

4. Biaya

Perbedaan Zoom dan Google Meet juga terletak pada jumlah biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan seluruh fitur dan kelebihan yang ada pada kedua aplikasi tersebut. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk berlangganan di aplikasi Google Meet cenderung lebih murah apabila dibandingkan dengan Zoom, bahkan tidak mencapai 200 ribu per bulan.

Meskipun harganya murah, namun kualitas yang dihasilkan oleh Google Meet tidak bisa disebut murahan begitu saja. Sebab, ketika sudah berlangganan Google Meet maka kamu bisa mengakses seluruh fitur yang sudah tersedia secara lengkap.

Sementara itu, untuk berlangganan Zoom kamu harus menyiapkan uang yang lebih tinggi sebab harganya lebih dari 200 ribu per bulan. Meskipun cukup mahal, namun tidak perlu merasa khawatir sebab kualitas yang dihadirkan memang setara dengan harga tersebut.

Dengan harga yang cukup tinggi, kamu bisa merasakan berbagai macam kelebihan yang dihadirkan oleh aplikasi ini dengan lebih mudah. Meeting yang kamu jalankan pun akan terasa jauh lebih lancar tanpa terkena gangguan apapun.

5. Kapasitas Peserta

Kapasitas peserta yang bisa ditampung dalam suatu meeting menjadi salah satu perbedaan Zoom dan Google Meet yang paling sering disebut oleh banyak pihak. Hal tersebut karena kapasitas peserta yang bisa ditampung Zoom dan Google Meet cukup berbeda dan keduanya pun memiliki kelebihan serta kekurangan yang menonjol.

Untuk aplikasi Zoom, jumlah peserta yang bisa ditampung ketika sedang mengadakan meeting berkisar antara 500 orang. Jumlah tersebut terbilang sangat besar dan bisa bertambah ketika sudah membayar biaya untuk berlangganan Zoom setiap bulannya.

Hal itu berbeda dengan Google Meet yang jauh lebih kecil. Kapasitas peserta yang bisa ditampung oleh Google Meet hanya berkisar antara 250 orang setiap meeting, jumlah yang cukup sedikit apabila digunakan untuk melakukan meeting yang membutuhkan banyak orang. Karena itulah, apabila diadakan rapat besar banyak pihak yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi Zoom.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Menjawab Wawancara Kerja Ketika Menghadapai Pertanyaan
perbedaan zoom dan google meet
Perbedaan zoom dan google meet

6. Tampilan Antarmuka

Perbedaan Zoom dan Google Meet yang selanjutnya bisa dilihat dari tampilan antarmuka yang ada pada kedua aplikasi ini. Bisa dibilang, aplikasi Google Meet memiliki tampilan antarmuka yang cenderung lebih berantakan dan kurang rapi untuk dilihat karena fitur-fitur lain seperti chatbox dan alat rekam sulit untuk ditemukan.

Hal itu tentunya akan menyulitkan pengguna yang memang tidak terlalu familiar dengan aplikasi Google Meet. Selain itu, aplikasi ini hanya mampu memperlihatkan tampilan video pengguna dalam jumlah yang terbatas, sehingga apabila peserta lainnya sedang mematikan videonya maka kamu akan merasa kesulitan untuk mengetahui hal tersebut.

Berbeda dengan Zoom yang jauh lebih rapi dan tidak membutuhkan terlalu banyak waktu untuk mengetahui letak beberapa fitur yang berguna untuk kelangsungan meeting. Pada aplikasi Zoom, kamu bisa melihat tampilan video peserta dengan lebih mudah sebab tampilan antarmuka yang lebih rapi dan tidak memakan ruang yang terlalu banyak.

Zoom pun menjadi pilihan sempurna sebab aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan lebih cepat untuk mengingat lokasi setiap fitur yang tersedia di dalamnya. Tidak heran apabila banyak yang beranggapan bahwa Zoom adalah aplikasi yang paling mudah untuk dimengerti dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

perbedaan zoom dan google meet
Perbedaan zoom dan google meet

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa perbedaan Zoom dan Google Meet yang bisa diketahui. Semua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga sebagai pengguna harus memikirkan terlebih dahulu mengenai aplikasi mana yang sekiranya cocok untuk dipakai dalam meeting. Selain itu, pastikan kamu memiliki budget untuk berlangganan salah satu dari aplikasi itu.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Mudah dan Cepat