Usaha kecil menguntungkan di desa

Berbagai Macam Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

131 views
Bagikan artikel ini

Tidak sedikit dari para warga desa yang memilih membuka usaha kecil sebagai profesi utamanya. Biasanya, sebelum mereka membangun atau membuka usaha kecilnya, mereka akan mencari tahu terlebih dahulu apa saja usaha kecil menguntungkan di desa. Hal ini mereka lakukan supaya prospek bisnis yang mereka jalankan akan bagus serta memperkuat ekonomi desa.

Dalam menopang perekonomian nasional, kontribusi desa sangatlah berperan besar. Apalagi, selama beberapa tahun belakangan ini pemerintah pusat telah menciptakan program pembangunan desa terutama dalam perbaikan sektor ekonomi. Maka dari itu, hal ini bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk mencari tahu berbagai macam pilihan usaha kecil menguntungkan di desa.

Sebenarnya, berbagai macam usaha kecil menguntungkan di desa ini tersedia dalam bidang yang sangat beragam, jadi tidak hanya di dalam 1 bidang saja. Mulai dari bisnis rumahan, usaha kecil di pinggir jalan, industri kreatif, atau bahkan bisnis online bisa Anda lakukan dengan baik. Usaha-usaha kecil sejenis ini dipercaya akan sangat menguntungkan jika Anda melakukannya dengan sangat telaten.

Pada umumnya alasan utama orang-orang memilih memanfaatkan peluang usaha kecil menguntungkan di desa ini adalah supaya bisa dekat dengan orang tua yang memang bertempat tinggal di desa atau kampung halamannya sehingga mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan yang digunakan untuk sewa lapak atau tempat bisnis itu berjalan. Sementara itu, jika memang harus sewa pun, harga sewanya tidak akan semahal di kota atau bahkan jauh lebih murah di desa.

Jadi bagaimana, apakah Anda semakin tertarik untuk membangun usaha kecil menguntungkan di desa? Jika iya, mari simak daftar lengkap dari usaha kecil menguntungkan di desa yang ada di bawah nanti.

Baca Juga : Jenis-jenis Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

Usaha kecil menguntungkan di desa
Usaha kecil menguntungkan di desa

5 Usaha Kecil Menguntungkan di Desa

Kembalinya para sarjana ke kampung halamannya alias desa juga menjadi sumber daya besar dalam pergerakan ekonomi di desa dan salah satunya adalah dengan mendirikan atau menciptakan usaha kecil atau pun besar di desa.

Berikut 5 macam jenis usaha kecil menguntungkan di desa yang bisa coba Anda ikuti:

1. Toko sembako

Usaha paling umum yang ada di sebuah desa adalah toko sembako. Toko sembako sudah pasti ada di setiap daerah di Indonesia. Toko yang bergerak di bidang sembako ini dipercaya memiliki tingkat keuntungan yang tinggi, karena apapun skalanya semua produknya bisa dibilang pasti laku sebab produk yang dijual di toko sembako adalah memang barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membangun atau membuka toko sembako pun sangatlah mudah untuk dipersiapkan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan sebelum membangun usaha ini:

  • Lapak atau tempat untuk membuka usaha tersebut
  • Modal awal yang mencukupi
  • Tempat kulakan barang yang tersedia dengan harga murah dan terpercaya
  • Transportasi yang memadai guna mengangkut barang dagangan dalam jumlah yang besar
Usaha kecil menguntungkan di desa
Usaha kecil menguntungkan di desa

2. Bisnis pulsa maupun token listrik

Selain sembako, sekarang ini pulsa dan token listrik juga menjadi kebutuhan pokok bagi para manusia dimana pun mereka berada. Jadi, bisa dibilang jualan pulsa dan token listrik merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki prospek menjanjikan di desa karena usaha sejenis ini hanya membutuhkan modal yang kecil namun akan menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang cukup besar.

Karena pasar dalam bisnis pulsa maupun token listrik terbilang sangat luas dan mencakup semua kelas ekonomi dalam masyarakat, jadi bisnis atau usaha yang satu ini bisa dibilang memiliki ciri khasnya tersendiri.

3. Usaha pangkas rambut

Anda pasti sudah sering melihat bagaimana usaha-usaha yang bergerak dalam bidang pangkas rambut selalu berjajaran dengan ciri khasnya masing-masing di suatu daerah tertentu. Hal ini terjadi karena usaha pangkas rambut termasuk dalam peluang usaha yang cocok untuk bergerak di desa.

Namun, supaya para pelanggan akan terus mengunjungi toko Anda ketika ingin memangkas atau memotong rambutnya, Anda wajib memiliki keterampilan dalam hal memotong rambut dengan model yang menarik namun juga rapi. Jika Anda memiliki keterampilan seperti ini, maka para pelanggan akan merasa puas dan ingin berkunjung kembali.

Usaha kecil menguntungkan di desa
Usaha kecil menguntungkan di desa

4. Warung makan

Ya, memang warung makan tidak hanya merupakan usaha kecil menguntungkan di desa saja namun di perkotaan juga memiliki prospek yang besar. Namun, jika Anda ingin membuka usaha sejenis ini di desa, maka Anda bisa menawarkan atau menjual makanan yang memang khas untuk desa yang Anda tinggali itu.

Selain itu, Anda juga perlu menciptakan ciri khas dari warung makan Anda sendiri supaya tidak akan tertutup dan kalah dengan warung makan-warung makan yang sudah ada sebelum warung makan Anda tercipta.

Usaha kecil menguntungkan di desa
Usaha kecil menguntungkan di desa

5. Peternakan ayam

Tidak sedikit warga desa yang memilih membuka usaha dalam bidang peternakan ayam, karena keuntungan dari bisnis atau usaha dengan jenis ini bisa dibilang cukup tinggi. Jenis ayam yang paling menjanjikan untuk dijadikan sebuah usaha adalah ayam kampung, karena ayam-ayam dengan jenis itu memang sentranya di desa.

Selain peternakan ayam kampung, Anda juga bisa mencoba membangun usaha atau bisnis ayam petelur maupun ayam potong. Keuntungan dari kedua jenis usaha ayam ini juga tidak akan kalah dari usaha peternakan ayam kampung.

Namun, untuk memulai bisnis atau usaha yang satu ini, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup besar karena jumlah ayam yang harus Anda persiapkan akan banyak dan pasti akan mengeluarkan modal yang cukup besar, entah itu untuk persiapannya maupun perawatannya.

Baca Juga : Tips Memulai Usaha Toko Plastik Modal Kecil

7 Peluang Usaha di Desa Yang Dipercaya Sangat Menjanjikan

Selain beberapa alasan yang telah kami sebutkan di paragraf-paragraf sebelumnya, alasan lain dari mengapa sebagian besar masyarakat Indonesia memilih untuk memulai sebuah usaha di desa atau kampung halamannya adalah karena lapangan kerja yang tersedia di kota sudah sangat terbatas dan jumlah penduduk di kota juga semakin mengalami peningkatan yang bukan main.

Apalagi, peluang usaha di desa juga banyak yang menarik dan berpotensi besar untuk menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Jadi, tidak mengherankan jika sampai saat ini pemikiran seperti ini selalu ada.

Tidak perlu basa-basi lagi, mari kita simak dengan baik beberapa peluang usaha di desa yang dipercaya sangat menjanjikan ini:

  • Budidaya pertanian organik
  • Usaha peternakan
  • Penyewaan dan penjualan alat produk pertanian
  • Mengembangkan produk kerajinan lokal atau khas daerah
  • Mengembangkan potensi wisata daerah tersebut
  • Bisnis makanan atau camilan kekinian
  • Membuka pom bensin mini

Meskipun beberapa usaha di atas ada yang membutuhkan modal yang cukup besar, akan tetapi keuntungan yang akan didapatkan dijamin dapat menutup modal awal tersebut.

Bagaimana, tertarik untuk memulai usaha di desa? Yang terpenting, sebelum memulai suatu bisnis apapun itu, Anda perlu memperhitungkan semua halnya terlebih dahulu, hal ini perlu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kerugian yang tidak disangka-sangka.

Usaha kecil menguntungkan di desa
Usaha kecil menguntungkan di desa

Tanya Jawab Seputar Usaha Sampingan di Desa Modal Kecil

Usaha apa yang cocok untuk pemula di kampung?

Berikut ini adalah beberapa pilihan bisnis yang bisa Anda mulai langsung dari kampung halaman:
1. Toko sembako atau kelontong
2. Pangkas rambut
3. Pertamini atau pom bensin mini
4. Warung makan
5. Peternakan ayam
6. Budidaya lele
7. Ternak sapi
8. Ternak kambing

Modal 3 juta bisa usaha apa di kampung?

Rekomendasi usaha di kampung modal kecil
1. Bisnis Thrift
2. Bisnis Makanan Unik yang Belum Ada di Sekitar Kamu
3. Membuka Usaha Minuman Kekinian
4. Menjadi Dropshipper
5. saha Tanaman
6. Berjualan Hijab
7. Jual Kaos Polos
8. Berjualan Atasan Wanita

Jual apa yang laris di desa?

8 Jenis Usaha usaha yang cocok di kampung dengan modal kecil
1. Usaha Konveksi atau Jahit
2. Jadi Agen Brilink
3. Jualan Khusus Plastik dan Pecah Belah
4. Jualan Beras dan Telor Ayam
5. Bisnis Cukur Rambut
6. Cucian Motor atau Mobil
7. Konter Hp (jualan hp, pulsa dan paket data)
8. Usaha Warung Makan

Jualan online apa yang laku di kampung?

Berikut berbagai jenis peluang usaha modal kecil di desa
1. Bisnis Pulsa
2. Penjualan Token Listrik
3. Usaha Galon
4. Jasa Pangkas Rambut
5. Jualan Kue Tradisional
6. Usaha Pertanian Hidroponik
7. Ternak Ayam Kampung
8. Usaha Sewa Alat Pertanian

Penutup

Penjelasan mengenai berbagai macam usaha kecil menguntungkan di desa ini cukup mudah untuk dipahami bukan? Kami harap artikel ini dapat membantu banyak orang. Terima kasih atas perhatiannya!

Baca Juga : Ini Dia Tips Buka Usaha Kelontong Modal Kecil