cara transfer dari bri ke bca

Yuk, Cari Tahu Cara Transfer Dari BRI Ke BCA

Cara transfer dari BRI ke BCA kini semakin mudah. Dengan berkembangnya dunia perbankan, maka pengguna bank dapat dengan mudah melakukan transfer antar bank. Jika dulu transfer antar bank harus dilakukan di teller bank masing-masing, kini transfer antar bank dapat dilakukan di ATM atau bahkan melalui aplikasi ponsel pintar.

Banyak orang kini memang sudah mengenal cara transfer dari BRI ke BCA. Kedua bank ini memang digunakan oleh mayoritas masyarakat di Indonesia. BCA merupakan bank dengan nasabah dari berbagai kalangan di Indonesia. Sedangkan BRI juga merajai setiap wilayah di Indonesia hingga ke pelosok.

Tak heran, banyak orang ingin mengetahui cara transfer dari BRI ke BCA. Banyak cara dilakukan termasuk ATM, e-banking, atau mobile banking. Meski banyak cara dapat dilakukan, tetapi seringkali pengguna bank masih belum memahami caranya secara detail. Tidak sedikit yang tahu bahwa transfer antar bank juga dikenakan biaya yaitu Rp 6.500.

cara transfer dari bri ke bca
Cara transfer dari bri ke bca

Kenali Cara Transfer Dari BRI Ke BCA

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara transfer dari BRI ke BCA, simak beberapa cara berikut ini:

1. Melalui ATM

Metode ini adalah metode paling banyak digunakan, terutama oleh pengguna BRI yang tinggal di pelosok daerah. Tak jarang, problem susah sinyal adalah kendala untuk melakukan transfer. Cara transfer dari BRI ke BCA melalui ATM adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Kerja Polis Asuransi Mobil Yang Banyak Memberikan Keuntungan Bagi Masyarakat
  • Masukkan kartu ATM BRI Anda ke slot yang tersedia
  • Saat muncul pilihan bahasa, pilih sesuai yang Anda inginkan
  • Masukkan pin ATM Anda sebanyak 6 digit
  • Muncul beberapa pilihan. Pilih MENU LAIN
  • Setelah itu, pilih menu TRANSFER
  • Lalu pilih opsi DARI REKENING TABUNGAN
  • Muncul lagi beberapa pilihan. Tekan KE REKENING BANK LAIN
  • Nantinya, Anda akan diminta memasukkan KODE BANK dan NOMOR REKENING BANK.  Jika Anda masih bingung, akan muncul menu PILIHAN KODE BANK. Kode BCA yang dapat Anda masukkan adalah 014 dan lanjutkan dengan nomor rekening yang akan ditransfer.
  • Muncul menu NOMINAL YANG AKAN DITRANSFER
  • Apabila muncul nama dan nomor rekening yang tepat, maka Anda dapat langsung memilih YA.  Apabila ada kesalahan, maka ATM akan memunculkan notifikasi.
  • Saat transaksi sukses, maka akan muncul struk bukti transfer.
cara transfer dari bri ke bca
Cara transfer dari bri ke bca

2. Melalui BRIMO

Cara transfer dari BRI ke BCA yang menjadi tren saat ini adalah melalui BRIMO. Aplikasi mobile banking ini memang sangat mudah digunakan para pemilik akun BRI. Hanya dengan mengunduhnya di aplikasi Google Play Store atau AppStore, maka pengguna dapat dengan bebas bertransaksi menggunakan rekening BRI mereka.

Para pengguna BRIMO tentu harus mendaftarkan rekening mereka terlebih dahulu. Setelah itu, mereka dapat bertransaksi. Berikut cara transfer dari BRI ke BCA dari aplikasi BRIMO

  • Buka aplikasi BRImo di smartphone.
  • Muncul menu BRI MOBILE.
  • Lalu pilih menu TRANSFER.
  • Pilih TRANSFER KE BANK LAIN dan pilih BCA
  • Tanpa kode, Anda dapat langsung memasukkan rekening BCA yang Anda tuju
  • Input nominal dana yang akan ditransfer.
  • Anda akan diminta memasukkan PIN
  • Anda akan mendapat pemberitaan menunggu SMS dari 3300.
  • Anda diminta reply YA pada pesan dari 3300 tersebut.
  • Masukkan token nomor unik ke aplikasi yang ada di SMS tersebut.
  • Transfer berhasil
Baca Juga :  Agar Tidak Tertular Virus, Begini Tips Jaga Kesehatan Saat Pandemi
cara transfer dari bri ke bca
Cara transfer dari bri ke bca

3. SMS Banking

Mungkin tidak banyak bank yang masih memberlakukan SMS banking. Bagi pengguna BRI, mereka masih dapat memanfaatkan fitur ini. Berikut cara transfer dari BRI ke BCA melalui metode ini. Cara ini digunakan bagi mereka yang sudah mendaftarkan rekening mereka di sistem SMS banking di BRI

  • Buka menu SMS
  • Ketik di kotak SMS sebagai berikut: TRANSFER <spasi> KODE BANK dan NOMOR REKENING TUJUAN <spasi> NOMINAL TRANSFER <spasi> PIN ATM. Kode BCA adalah 014
  • Pastikan format penulisan Anda sudah benar. Jika sudah benar semua, kirim ke 3300
  • SMS konfirmasi transfer muncul apabila transfer telah berhasil
  • Setelah muncul laporan keterangan sukses, Anda perlu mengecek rekening Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa transaksi tersebut berhasil atau tidak.

Kenali Limit Transfer

Limit transfer dari rekening BRI memang berbeda. Sebelum Anda melakukan transfer, Anda perlu mengetahui limit transfer Anda dimana hal ini tergantung pada jenis tabungan BRI dan ATM yang Anda miliki. Biasanya, hal ini diinformasikan oleh customer service saat Anda membuka tabungan untuk pertama kalinya.

Apabila Anda memiliki ATM BRI Classic, maka limit transfer ke berbagai bank adalah Rp 10.000.000 /hari.  Sedangkan pemilik ATM BRI Gold dapat melakukan transfer Rp 15.000.000 per hari. Bagi Anda yang memiliki ATM BRI Platinum, maka Anda dapat melakukan transfer dengan limit Rp 25.000.000/hari. Hal ini perlu diketahui karena banyak nasabah yang kebingungan gara-gara transfer tidak berhasil. Bisa jadi, mereka melakukan transfer dengan jumlah melebihi limit yang ditentukan.

cara transfer dari bri ke bca
Cara transfer dari bri ke bca

Tanya Jawab Seputar Cara Transfer Dari BRI Ke BCA

Berapa kode transfer BRI ke BCA?

Jadi, kode BRI ke BCA adalah 014, hal ini karena bank tujuan transfernya merupakan BCA. Sebaliknya, bila bank penerima transfer adalah BRI, kode yang dimasukkan adalah 002. Nasabah yang melakukan transfer ke bank berbeda akan dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Asuransi Kesehatan Dan Manfaatnya

014 kode bank apa?

Cara Transfer dari BRI ke BCA via ATM

Pilih ‘Dari Rekening Tabungan’, lalu pilih ‘Rekening Bank Lain’. Masukkan ‘Kode Bank BCA (014) + Nomor Rekening Tujuan. Masukkan nominal uang yang ingin ditransfer.

Kode Transfer Bank BCA berapa?

Kode sortir BCA yang sedang digunakan adalah 014. Ini penting untuk transfer antar bank.

Berapa harga transfer BRI ke BCA?

Mengutip dari laman resmi BRI, untuk biaya transfer antarbank, termasuk biaya transfer BRI ke BCA ditetapkan sebesar Rp6.500 per transaksi. Biaya transfer BRI ke BCA sebesar Rp 6.500 juga berlaku untuk transfer yang dilakukan di jaringan ATM Artajasa, ATM Prima, dan Link (Himbara).

Berapa minimal saldo di bank BRI?

Saldo minimum yang mengendap di produk BRI Simpedes ialah Rp50 ribu dan biaya tutup rekening: ialah sebesar Rp25 ribu. Untuk biaya pergantian buku karena rusak ialah Rp25 ribu namun pergantian buku karena penuh gratis. Selain itu, berikut rincian suku bunga tabungan Simpedes BRI : Kurang dari Rp1 juta : 0 persen.

Penutup

Saat ini, banyak aplikasi platform keuangan yang memudahkan pengguna untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya. Hal ini juga sangat memudahkan pengguna yang sering melakukan transfer.  Platform tersebut dapat menguntungkan pengguna karena biasanya platform tersebut juga menawarkan berbagai macam layanan seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan dan banyak lagi.

Jadi, sebenarnya cara transfer dari BRI ke BCA sangat mudah, tergantung dari bagaimana nasabah memilih metode transfer yang diinginkan.  Namun, tentunya nasabah juga harus memperhatikan langkah-langkah yang tepat seperti sudah tersebut diatas.  Salah langkah dapat sangat merepotkan nasabah. Semoga bermanfaat!