over limit kartu kredit bca

Over Limit Kartu Kredit BCA: Cara Mengecek dan Menghindarinya

Anda akan terkena biaya over limit kartu kredit BCA jika melakukan kelebihan transaksi pada kartu kredit Anda. Hal ini karena setiap kartu kredit memiliki batasan maksimal nominal penggunaan dalam melakukan transaksi di setiap bulannya. Oleh karena itu, Anda harus melakukan pembayaran tambahan biaya kartu kredit karena melebihi batas kredit yang ditetapkan bank.

Lalu, mengapa ada biaya over limit kartu kredit? Bagaimana cara mengeceknya? Bagaimana caranya untuk menghindari over limit kartu kredit tersebut? Apa kemungkinan yang akan terjadi jika Anda tidak mengetahui ada biaya over limit BCA ini? Apa yang harus Anda lakukan jika terkena biaya ini? Dalam artikel ini akan diulas secara lengkap mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut. Yuk simak ulasannya berikut ini!

over limit kartu kredit bca
Over limit kartu kredit bca

Apa itu Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA?

Biaya over limit kartu kredit merupakan biaya yang dikenakan jika Anda sebagai nasabah menggunakan kartu kredit melebihi batas kredit yang diberikan setiap bulannya. Besaran biaya ini juga berbeda-beda karena tergantung pada jenis kartu kredit BCA yang Anda miliki.

Baca Juga :  Cara Membuat Asuransi Mobil All Risk Yang Wajib Kamu Ketahui

Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya over limit kartu kredit antara lain adalah penggunaan kartu kredit yang melebihi batas kredit yang tersedia, sisa saldo tagihan terhutang yang terus meningkat seiring dengan pertambahan bunga, serta kebiasaan membayar tagihan kartu kredit dengan cara mencicil sejumlah minimum.

Selain itu, riwayat penggunaan kartu kredit, sisa tagihan dari bulan sebelumnya, besaran bunga yang dikenakan, dan biaya-biaya lain yang mungkin muncul juga mempengaruhi biaya over limit tersebut. Jika sisa tagihan yang belum dibayarkan pada bulan sebelumnya cukup besar, maka penggunaan kartu kredit berisiko mengalami over limit apabila dijumlahkan dengan penggunaan pada bulan selanjutnya.

over limit kartu kredit bca
Over limit kartu kredit bca

Cara Mengetahui Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA

Untuk mengetahui adanya biaya karena terjadi over limit kartu kredit Anda, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa metode untuk memeriksa berapa biaya over limit kartu kredit BCA Anda:

1. Melalui Layanan Internet Banking BCA

Anda dapat menggunakan layanan internet banking BCA, seperti KlikBCA, untuk mengecek biaya over limit kartu kredit. Pastikan Anda telah mendaftarkan kartu kredit ke dalam sistem KlikBCA. Setelah login, pilih opsi menu “Informasi Saldo” untuk mengetahui apakah kartu kredit Anda telah melebihi batas limit dan dikenakan biaya over limit.

2. Melalui Aplikasi Mobile Banking BCA (mBCA)

Aplikasi mobile banking BCA juga dapat digunakan untuk mengecek biaya over limit kartu kredit. Pastikan Anda telah mengunduh dan mendaftarkan kartu kredit milik Anda ke dalam aplikasi mBCA. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau penggunaan kartu kredit dan memeriksa apakah telah terkena biaya over limit.

3. Menghubungi Bank

Untuk mengetahui secara pasti besaran biaya over limit yang dikenakan untuk kartu kredit BCA, Anda dapat menghubungi bank BCA langsung melalui kontak Halo BCA pada nomor 1500888 yang aktif 24 jam atau bahkan bisa datang langsung pada kantor cabang terdekat pada hari kerja. Bank akan memberikan informasi terkait besaran biaya over limit yang berlaku untuk kartu kredit Anda.

Baca Juga :  Meningkatkan Pengalaman Bermain Game dengan Top Up Voucher Game Garuda Voucher

Macam-Macam Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA

Biaya over limit dan denda yang dikenakan pada beberapa jenis kartu kredit BCA memang berbeda-beda. Berikut adalah biaya over limit pada setiap jenis kartu kredit BCA:

1. Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA Visa

Terdapat dua jenis kartu kredit BCA Visa, yaitu BCA Visa Batman dan BCA Visa Platinum. Kedua jenis kartu kredit BCA Visa dikenakan denda sebesar 1% atau maksimal Rp100.000. Biaya over limit kartu kredit pada BCA Visa Batman sebesar Rp40.000, sedangkan untuk BCA Visa Platinum tidak dikenakan biaya over limit.

2. Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA Mastercard

BCA memiliki lima jenis kartu kredit Mastercard, Basic Mastercard, Mastercard Black, Blibli Mastercard, tiket.com Mastercard, dan Mastercard Platinum. Denda keterlambatan semua kartu kredit BCA Mastercard sebesar 1% atau maksimal Rp100.000. Biaya over limit kartu kredit pada BCA Platinum tidak dikenakan biaya, sedangkan jenis kartu kredit BCA lainnya dikenakan biaya over limit sebesar Rp40.000.

3. Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA Card

Kartu kredit dengan jenis BCA Card terdiri dari Everyday Card, Card Platinum, dan Smartcash. Denda keterlambatan kartu kredit BCA Card sebesar 1% atau maksimal Rp100.000 berlaku untuk semua kartu. Biaya over limit kartu kredit BCA Card sebesar Rp40.000, kecuali untuk jenis Platinum yang tidak dikenakan biaya.

4. Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA Pada Kartu JCB

Biaya over limit kartu kredit BCA JCB tidak dikenakan alias gratis. Denda keterlambatan pembayaran kartu kredit BCA JCB Black sebesar 1% atau maksimal Rp100.000.

5. Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA Pada Visa Singapore Airlines

Biaya over limit kartu kredit BCA Visa Singapore Airlines tidak dikenakan alias gratis. Denda keterlambatan pembayaran kartu kredit BCA Visa Singapore Airlines sebesar 1% atau maksimal Rp100.000.

over limit kartu kredit bca
Over limit kartu kredit bca

Cara Menghindari Tagihan Biaya Over Limit Kartu Kredit BCA

Sebagai nasabah yang baik, tentunya Anda harus mengelola penggunaan kartu kredit dengan bijak. Berikut adalah lima cara menghindari biaya over limit kartu kredit:

Baca Juga :  Cara Menabung Emas di Pegadaian, Syarat, Biaya, dan Keunggulannya

1. Memahami Limit Kredit

Sebagai pemegang kartu kredit, penting bagi Anda untuk memahami limit saldo kartu kredit yang diberikan oleh bank dan selalu memantau penggunaan kartu kredit agar tidak melebihi batas kredit yang tersedia.

2. Mencatat Transaksi

Mencatat seluruh transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit dapat membantu Anda untuk menghindari over limit kredit BCA tersebut. Dengan mencatat transaksi, Anda dapat memantau penggunaan kartu kredit dan menghindari penggunaan yang berlebihan.

3. Membayar Tagihan Secara Lunas

Membayar seluruh tagihan transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit secara penuh dan tepat waktu juga dapat membantu Anda untuk menghindari over limit. Dengan membayar tagihan secara lunas setiap bulannya, Anda tidak perlu khawatir tentang sisa limit kartu kredit yang telah digunakan.

4. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan saja juga dapat membantu Anda untuk menghindari penggunaan yang berlebihan dan mengurangi risiko over limit. Hal ini tentunya untuk menghindarkan Anda dari biaya tambahan yang harus dibayarkan pada akhir bulan karena tagihan membengkak.

5. Minta Bank untuk Meningkatkan Batas Limit

Jika Anda sering menggunakan kartu kredit dan merasa batas kredit yang diberikan oleh bank kurang memadai, maka Anda dapat meminta bank untuk meningkatkan batas limit kartu kredit. Namun, pastikan Anda dapat mengelola penggunaan kartu kredit dengan bijak agar tidak terkena biaya over limit di masa mendatang.

over limit kartu kredit bca
Over limit kartu kredit bca

Tanya Jawab Seputar Over Limit Kartu Kredit BCA

Apa yang harus saya lakukan jika kartu kredit BCA saya melebihi batas limit?

Jika kartu kredit BCA Anda melebihi batas limit, sebaiknya segera lakukan pembayaran untuk mengurangi saldo yang belum dibayar. Anda juga dapat menghubungi layanan pelanggan BCA untuk mengetahui opsi dan solusi terbaik.

Bagaimana cara mengetahui besaran limit kartu kredit BCA saya?

Anda dapat mengecek besaran limit kartu kredit BCA Anda melalui layanan internet banking BCA atau dengan menghubungi pusat layanan pelanggan BCA. Informasi ini biasanya juga tertera pada tagihan kartu kredit Anda.

Apakah ada konsekuensi jika saya terus menggunakan kartu kredit BCA melebihi batas limit?

Ya, penggunaan kartu kredit melebihi batas limit dapat mengakibatkan dikenakannya biaya tambahan atau penalti. Selain itu, hal ini dapat mempengaruhi skor kredit Anda. Disarankan untuk menghindari penggunaan melebihi batas limit.

Bisakah saya meminta peningkatan batas limit kartu kredit BCA?

Ya, Anda dapat meminta peningkatan batas limit kartu kredit BCA. Anda perlu menghubungi pusat layanan pelanggan atau mengajukan permohonan melalui aplikasi atau situs web resmi BCA. Keputusan peningkatan limit akan bergantung pada evaluasi kredit Anda.

Dengan pemahaman yang baik tentang biaya over limit kartu kredit BCA, bagaimana cara mengecek limit kartu kredit, jenis-jenis biaya dan dendanya, serta bagaimana Anda sebagai nasabah harus menghindarinya diharapkan Anda dapat mengelolanya dengan baik. Selain itu, untuk mencegah pembengkakan biaya over limit tersebut diharapkan Anda bisa lebih bijak dan menghindari biaya tambahan yang tidak diinginkan.