cara menabung di atm mandiri

Cara Menabung Di ATM Mandiri Yang Harus Anda Ketahui!

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara menabung di ATM Mandiri. Padahal sebenarnya hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai cara menabung di ATM Mandiri.

cara menabung di atm mandiri
Cara menabung di ATM Mandiri

Cara Menabung Di ATM Mandiri

Sebelum menabung di ATM Mandiri, ada baiknya Anda mengetahui cara menabung di ATM mandiri terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami kesulitan ketika menabung di ATM Mandiri. Maka dari itu, berikut adalah cara menabung di ATM Mandiri:

1. Siapkan uang yang hendak disetorkan lewat ATM Setor Tarik Mandiri

Langkah pertama cara menabung di ATM Mandiri tentunya adalah menyiapkan uang yang akan ditabung terlebih dahulu. Saat Anda hendak menyetorkan uang untuk ditabung melalui ATM Mandiri, ada baiknya jika Anda menyusun uang tersebut dengan rapi serta mengelompokkannya sesuai dengan nominalnya. Tujuannya agar menghindari uang tersebut ditolak karena tidak dapat terbaca oleh mesin ATM.

cara menabung di atm mandiri
Cara menabung di ATM Mandiri

2. Masukkan kartu ATM kedalam mesin ATM

Selanjutnya Anda harus memasukkan kartu ATM kedalam mesin ATM. Namun saat hendak memasukkan kartu ATM, pastikan bahwa mesin tersebut aman. Jika Anda merasa mesin ATM yang hendak Anda gunakan tidak beres, cari mesin ATM lainnya. Tujuannya untuk menghindarkan Anda dari hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Harga Asuransi Kendaraan dengan Premi Murah Agar Tidak Salah Pilih

3. Pilih bahasa yang ingin digunakan

Tahap selanjutnya pada cara menabung di ATM Mandiri adalah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM, Anda akan diminta untuk memilih bahasa pengantar yang ingin Anda gunakan. Ada dua bahasa yang bisa Anda pilih nantinya sebagai bahasa pengantar, yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Namun untuk orang Indonesia lebih direkomendasikan untuk memilih bahasa Indonesia, sebab panduan yang ditampilkan oleh mesin ATM akan lebih mudah untuk dipahami.

4. Masukkan PIN dari kartu ATM

Kemudian Anda harus memasukkan nomor PIN dari kartu ATM. Pastikan Anda memasukkan nomor PIN kartu ATM dengan benar. Sebab jika sampai tiga kali salah memasukkan nomor PIN, maka kartu ATM Anda akan secara otomatis terblokir. Jika kartu ATM Anda terblokir jangan panik, karena Anda hanya harus mendatangi Bank Mandiri untuk meminta pihak Bank membuka pemblokiran kartu ATM tersebut. Dengan begitu kartu ATM Anda akan bisa digunakan lagi.

cara menabung di atm mandiri
Cara menabung di ATM Mandiri

5. Pilih menu setor tunai

Jika nomor PIN yang Anda masukkan sudah benar, layar akan menampilkan beberapa menu yang bisa Anda pilih. Namun karena Anda ingin menabung, maka menu yang harus Anda pilih adalah menu setor tunai. Karena menu itulah yang Anda perlukan untuk bisa melanjutkan proses cara menabung di ATM Mandiri.

6. Pilih opsi setor ke rekening pribadi

Pada menu setor tunai, akan ada akan dihadapkan dengan dua opsi pilihan yang harus Anda pilih. Yaitu setor ke rekening pribadi atau setor ke rekening lainnya. Sebab Anda hendak menabung, jadi Anda harus memilih opsi setor ke rekening pribadi. Sedangkan opsi setor ke rekening lainnya digunakan untuk transfer uang ke orang lain atau ke rekening Anda yang lainnya.

Baca Juga :  Langkat Tepat Klaim Asuransi Kendaraan Axa Mandiri

7. Masukkan uang ke mesin ATM

Nantinya pintu uang dari ATM Setor Tarik telah terbuka, Anda harus memasukkan uang yang hendak Anda setorkan tersebut. Agar nantinya uang yang hendak Anda tabung tidak tertolak dan bisa terbaca dengan benar oleh mesin ATM, masukkan uang tersebut dengan rapi. Pastikan juga jika jumlah uang yang hendak Anda tabung telah benar.

8. Tunggu perintah berikutnya di layar

Jika terdapat konfirmasi untuk Anda supaya mengambil uang yang telah Anda setorkan, maka segera ambil uang tersebut ketika pintu uang dari ATM setor tarik telah terbuka. Seringkali penyebab dari uang yang ditolak oleh ATM adalah uang yang  rusak, palsu atau mungkin lusuh. Sehingga hal tersebut membuat uang Anda tidak lolos dari pemeriksaan uang tunai dari mesin ATM tersebut. Jika tidak terdapat konfirmasi untuk mengambil uang yang telah Anda masukkan kedalam mesin, Anda dapat melanjutkan proses selanjutnya pada cara menabung di ATM Mandiri.

9. Layar akan menampilkan verifikasi dari nominal uang yang dimasukkan

Uang yang telah Anda masukkan kedalam mesin ATM tersebut kemudian akan dihitung oleh mesin. Setelah itu mesin akan menampilkan hasil perhitungan yang telah dilakukan. Pastikan jika jumlah perhitungan uang yang dilakukan mesin ATM tersebut sesuai dengan jumlah uang yang telah Anda masukkan.

Jika terdapat ketidaksesuaian dari jumlah uang yang Anda masukkan dan perhitungan yang dilakukan oleh mesin ATM, Anda bisa menekan tombol cancel yang terdapat pada mesin ATM tersebut untuk membatalkan proses setor tunai.

10. Pilih menu setor

Selanjutnya layar akan menampilkan konfirmasi nama,  jumlah setoran. Apabila telah sesuai, Anda harus memilih opsi “Ya” jika ingin melanjutkan proses setor tunai. Namun sebaliknya jika Anda ingin membatalkan proses setor tunai Anda dapat memilih opsi “Tidak”. Sebagai informasi, ketika Anda memilih opsi “Ya” maka uang tersebut secara otomatis akan masuk kedalam rekening Anda.

Baca Juga :  Mudah dan Murah Kirim Uang Lewat Indomaret

11. Proses setor tunai selesai

Jika proses setor tunai selesai dilakukan dan Anda tidak ingin melakukan proses lainnya, Anda bisa memilih menu keluar. Maka otomatis kartu ATM akan keluar dan Anda akan mendapatkan bukti setor tunai. Jika Anda masih ingin melakukan proses lainnya Anda dapat kembali ke menu utama.

cara menabung di atm mandiri
Cara menabung di ATM Mandiri

Tanya Jawab Seputar Cara Menabung Di ATM Mandiri

Apakah bisa menabung di ATM Mandiri?

Nasabah tidak perlu lagi antre di teller bank karena menabung di rekening sudah bisa dilakukan melalui ATM setor tunai Mandiri terdekat. Keberadaan ATM Mandiri setor tunai terdekat tentu memudahkan nasabah. Selain praktis, cara setor tunai di ATM Mandiri juga bisa dilakukan kapan saja.

Setor tunai di ATM Mandiri minimal berapa?

Layanan setor tunai di mesin ATM ini sangatlah praktis dan dapat memudahkan nasabah. Kamu bisa melakukan setor tunai menggunakan pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 dengan maksimal 50 lembar per transaksi.

Setor tunai Mandiri kena biaya berapa?

Transaksi setor tunai tidak dikenakan biaya.

Saldo ATM Mandiri 70 ribu apa bisa diambil?

Perlu diketahui, Bank Mandiri memberlakukan ketentuan saldo mengendap minimal 5-100 ribu sesuai jenis tabungannya. Jadi, jika di ATM kamu hanya tersisa 50ribu, maka tidak bisa diambil. Karena jika diambil, maka saldo jadi habis.

Berapa saldo minimal tabunganmu Mandiri?

Mandiri Tabungan Rupiah

Setelah berhasil membuka rekening, Anda akan langsung mendapatkan kartu debit mandiri yang bisa digunakan untuk bertransaksi di ATM, berbelanja, dan melakukan pembayaran di seluruh toko berlogo VISA. Mandiri Tabungan Rupiah merupakan jenis tabungan dengan saldo minimum Rp100.000.

Penutup

Jadi begitulah informasi mengenai cara menabung di ATM mandiri yang harus Anda ketahui. Semoga informasi mengenai cara menabung di ATM mandiri tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda. Terutama bagi Anda yang hendak menabung lewat ATM mandiri.